5 Jenis Lantai Yang Cocok Untuk Perkantoran

5 Jenis Lantai yang Cocok untuk Perkantoran

5 Jenis Lantai Yang Cocok Untuk Perkantoran


Memilih jenis lantai yang tepat untuk perkantoran Anda dapat mempengaruhi keseluruhan tampilan dan kenyamanan ruangan. Ada banyak jenis lantai yang dapat digunakan untuk perkantoran, tentu saja dengan dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda untuk tiap jenis lantai tersebut. Kali ini, Kawan Lama Sejahtera akan memberikan informasi dan tips terbaru tentang jenis lantai yang cocok untuk perkantoran, serta bagaimana cara memilih lantai yang tepat untuk kebutuhan gedung dan perkantoran.


Tips Memilih Jenis Lantai untuk Perkantoran


Sebelum memilih jenis lantai untuk perkantoran Anda, ada beberapa faktor dan juga tips yang perlu dipertimbangkan:


1. Kebutuhan Gedung dan Perkantoran

Pertimbangkan luas ruang, jumlah lalu lintas, dan jenis aktivitas yang dilakukan di ruangan tersebut. Beberapa jenis lantai mungkin lebih cocok untuk ruangan dengan lalu lintas yang tinggi, sementara yang lainnya lebih cocok untuk ruangan dengan lalu lintas yang rendah.


2. Ketahanan dan Perawatan yang Mudah

Pastikan jenis lantai yang Anda pilih memiliki daya tahan yang baik dan mudah perawatannya. Ini akan membantu mengurangi biaya perawatan dan penggantian lantai di masa depan.


3. Perhatikan Estetika dan Desain

Pilih jenis lantai yang sesuai dengan desain dan tampilan ruangan Anda. Beberapa jenis lantai mungkin lebih cocok untuk tampilan yang elegan, sementara yang lainnya lebih cocok untuk tampilan yang modern dan minimalis.


4. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Pastikan jenis lantai yang Anda pilih tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan kerja karyawan Anda. Beberapa jenis lantai mungkin lebih licin atau tidak aman untuk digunakan di area kerja.


5. Biaya dan Efisiensi

Pertimbangkan biaya dan efisiensi dari jenis lantai yang Anda pilih. Beberapa jenis lantai mungkin membutuhkan biaya lebih untuk pemasangan atau perawatan. Faktor ini tentu sangat penting untuk diperhatikan bagi pemilik gedung perkantoran.


Baca Juga: 3 Cara Mengasah Mata Bor yang Tumpul


Apa Saja Jenis Lantai yang Cocok Untuk Perkantoran?


Aktivitas yang padat dengan trafik lalu lalang yang begitu tinggi tentu menjadi ciri khas dari sebuah gedung perkantoran. Untuk bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut, diperlukan lantai yang tidak hanya kokoh, tapi juga sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa jenis lantai yang sering digunakan untuk perkantoran:


1. Lantai Karpet

Lantai karpet adalah salah satu jenis lantai yang paling umum digunakan untuk perkantoran. Lantai karpet dapat memberikan tampilan yang elegan dan nyaman untuk ruangan. Namun, lantai karpet juga dapat menjadi sarang debu dan kotoran jika tidak dirawat dengan baik. Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:


Kelebihan Lantai Karpet

  • Memberikan tampilan yang elegan dan nyaman untuk ruangan.
  • Meredam suara dan getaran, sehingga membuat ruangan lebih tenang.
  • Meningkatkan kualitas udara di ruangan dengan menangkap debu dan kotoran.

Kekurangan Lantai Karpet

  • Memerlukan perawatan yang intensif untuk menjaga kebersihan dan keindahan.
  • Rentan terhadap noda dan kerusakan.
  • Tidak cocok untuk ruangan dengan lalu lintas yang tinggi.


Ketika ingin menggunakan jenis lantai ini, pilih karpet dengan kualitas yang baik dan mudah dibersihkan. Kemudian tentu kan warna dan desain yang sesuai dengan tampilan ruangan Anda, dan pilih juga ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan ruangan.


2. Lantai Vinyl

Lantai vinyl adalah jenis lantai yang sering digunakan untuk perkantoran karena memiliki daya tahan yang baik dan mudah perawatannya. Lantai vinyl juga dapat memberikan tampilan yang modern dan estetis untuk ruangan. Kelebihan dan kekurangan dari lantai ini adalah:


Kelebihan Lantai Vinyl

  • Mudah dipasang dan mudah dirawat.
  • Tahan lama dan tahan terhadap goresan dan noda.
  • Tersedia dalam berbagai warna dan desain.

Kekurangan Lantai Vinyl

  • Tidak tahan terhadap panas dan api.
  • Tidak cocok untuk ruangan dengan lalu lintas yang sangat tinggi.
  • Tidak ramah lingkungan.


Pilihlah lantai vinyl dengan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan ruangan, memiliki lapisan pelindung yang tahan terhadap goresan dan noda, serta desain yang menyesuaikan dengan ruangan kantor.


Baca Juga: 6 Cara Perawatan Mesin Gerinda agar Tahan Lama


3. Lantai Kayu

Lantai kayu adalah salah satu jenis lantai yang paling populer digunakan untuk perkantoran. Lantai kayu solid dan lantai kayu laminate keduanya dapat memberikan tampilan yang elegan dan alami untuk ruangan. Namun, lantai kayu memerlukan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.


Kelebihan Lantai Kayu

  • Memberikan tampilan yang elegan dan alami untuk ruangan.
  • Tahan lama dan mudah dirawat dengan baik.
  • Tersedia dalam berbagai warna dan desain.

Kekurangan Lantai Kayu

  • Memerlukan perawatan yang intensif untuk menjaga keindahan dan kekuatan.
  • Rentan terhadap kerusakan akibat kelembaban dan air.
  • Lebih mahal dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.


Saat ingin memilih lantai kayu, perhatikan kualitas dari kayu dan ketahanannya terhadap kelembaban. Jangan gunakan lantai kayu yang berkualitas rendah agar dapat bertahan dengan lama.


4. Lantai Keramik

Lantai keramik adalah jenis lantai yang sering digunakan untuk perkantoran karena memiliki daya tahan yang baik dan mudah perawatannya. Lantai keramik juga dapat memberikan tampilan yang modern dan estetis untuk ruangan. Kelebihan dan juga kekurangan dari lantai jenis ini adalah sebagai berikut.


Kelebihan Lantai Keramik

  • Tahan lama dan mudah dirawat.
  • Tersedia dalam berbagai warna dan desain.
  • Tahan terhadap kelembaban dan air.

Kekurangan Lantai Keramik

  • Tidak nyaman untuk berjalan di atasnya.
  • Rentan terhadap retakan dan pecah.
  • Tidak tahan terhadap suhu yang sangat tinggi.


Ketahanan terhadap kelembapan menjadi salah satu poin penting dalam memilih lantai ini. Pastikan kualitas lantai juga kuat dan cocok dengan nuansa ruangan kantor Anda.


5. Lantai Beton Polished

Lantai beton polished adalah jenis lantai yang sering digunakan untuk perkantoran karena memiliki daya tahan yang sangat baik dan mudah perawatannya. Lantai beton polished juga dapat memberikan tampilan yang modern dan minimalis untuk ruangan.


Kelebihan Lantai Beton Polished

  • Tahan lama dan mudah dirawat.
  • Tahan terhadap goresan dan noda.
  • Memberikan tampilan yang modern dan minimalis untuk ruangan.

Kekurangan Lantai Beton Polished

  • Tidak nyaman untuk berjalan di atasnya.
  • Tidak cocok untuk ruangan dengan lalu lintas yang sangat tinggi.
  • Memerlukan perawatan yang intensif untuk menjaga keindahan.


Lantai jenis tidak akan mudah cocok dengan banyak nuansa ruangan. Jadi Anda harus memastikan tema ruangan seperti apa yang ingin digunakan pada kantor.


Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis lantai, Anda dapat memilih jenis lantai yang tepat untuk perkantoran. Agar lantai bisa tetap bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama, tentu diperlukan perawatan yang baik. Gunakan hyegine cleaning tools berkualitas yang bisa Anda temui di Kawan Lama Sejahtera. Tunggu apa lagi, temukan solusi yang dibutuhkan di sini!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.