7 Cara Membersihkan Lantai Vinyl dengan Cepat

7 Cara Membersihkan Lantai Vinyl dengan Cepat

7 Cara Membersihkan Lantai Vinyl dengan Cepat


Lantai vinyl adalah jenis lantai yang terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang tahan air dan mudah dibersihkan. Lantai vinyl sangat populer di kalangan pemilik rumah karena keindahan dan kemudahan perawatannya. Namun, untuk menjaga keindahan dan kebersihan lantai vinyl, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Berikut adalah beberapa cara membersihkan lantai vinyl dengan cepat.

Berbagai Cara Membersihkan Lantai Vinyl

Lantai vinyl adalah jenis lantai yang terbuat dari bahan PVC yang tahan air dan mudah dibersihkan. Lantai vinyl memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah kemudahan dalam membersihkannya, ketahanan terhadap air, tahan goresan, dan mudah untuk diaplikasikan. Lantai vinyl juga memiliki banyak pilihan warna dan desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Ada dua jenis lantai vinyl, yaitu lantai vinyl berbentuk lembaran dan lantai vinyl berbentuk plang. Lantai vinyl berbentuk lembaran lebih mudah dipasang dan cocok untuk ruangan yang berukuran kecil. Sedangkan lantai vinyl berbentuk plang lebih cocok untuk ruangan yang berukuran besar.

Nah, jika Anda masih belum tahu bagaimana caranya untuk bisa membersihkan lantai ini dengan baik, maka Kawan Lama Sejahtera siap membantu melalui beberapa tips berikut ini.

1. Menyapu Lantai Secara Rutin

Cara membersihkan lantai vinyl yang pertama adalah dengan menyapu lantai secara rutin. Gunakan sapu dengan bulu yang lembut untuk membersihkan debu dan kotoran pada lantai vinyl. Hindari menggunakan sapu dengan bulu yang kasar karena dapat merusak permukaan lantai. Debu atau kotoran yang menumpuk tentu tidak hanya membuat lantai cepat rusak saja, namun juga akan mengganggu kenyamanan.

2. Membersihkan Lantai Vinyl dengan Sikat Nilon

Cara membersihkan lantai vinyl selanjutnya adalah dengan menggunakan sikat nilon untuk membersihkan kotoran pada lantai vinyl. Sikat nilon dapat membersihkan kotoran yang sulit diangkat dengan sapu. Pastikan sikat nilon yang digunakan tidak terlalu kasar agar tidak merusak permukaan lantai vinyl.

Baca Juga: 3 Cara Ini Bikin Alat Injector Cleaner Tetap Awet

3. Segera Pel Lantai dan Keringkan Jika Ada Tumpahan Air

Usahakan untuk segera mengepel lantai dengan kain pel dan cairan pembersih dan mengeringkannya jika ada tumpahan air pada lantai vinyl. Air yang tertinggal pada lantai vinyl dapat merusak lantai permukaan vinyl dan membuat noda menempel pada lantai. Untuk keperluan mengepel, Anda bisa gunakan air bersih saja dan segera mengeringkannya agar lantai vinyl tidak lembap.

4. Gunakan Larutan Cuka dan Bubuk Baking Soda

Cara membersihkan lantai vinyl selanjutnya adalah dengan menggunakan larutan cuka dan bubuk baking soda. Campurkan air dan cuka atau bubuk baking soda untuk membuat campuran khusus sebagai pembersih ampuh untuk membersihkan kotoran yang menempel pada lantai dan menghilangkan noda membandel. Ingat untuk segera bilas dengan air bersih lalu keringkan agar tidak merusak lantai vinyl.

5. Vacuum Kotoran pada Lantai Vinyl

Penggunaan vacuum cleaner adalah cara yang efektif untuk membersihkan lantai vinyl. Vacuum dapat menyedot kotoran dan debu yang tertinggal di lantai, membuatnya terlihat bersih. Vacuum juga dapat menghilangkan kotoran yang terjebak di celah-celah lantai vinyl, yang mungkin tidak bisa dihilangkan dengan cara lain.

6. Pastikan Menyediakan Keset

Untuk menjaga kebersihan lantai vinyl, perlu selalu memiliki keset yang ditempatkan di berbagai lokasi dalam ruangan untuk membersihkan telapak kaki manusia. Keset dapat membantu mengurangi masuknya kotoran ke dalam ruangan dan menjaga kebersihan lantai vinyl.

7. Menghilangkan Goresan di Lantai

Lantai vinyl juga dapat mengalami goresan seperti akibat kontak tidak sengaja dengan objek tajam. Salah satu kelemahan utama dalam penggunaan lantai vinyl adalah ketidakmampuannya menghindari goresan. Goresan pada lantai vinyl bisa merusak penampilannya dan mengurangi keindahannya.

Akan tetapi, Anda tidak usah khawatir karena goresan ringan tersebut dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak dan kain lembut. Gosokkan kain yang telah diolesi minyak ke bagian lantai vinyl yang terdapat goresan.

Baca Juga: 7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet

Tips Perawatan Lantai Vinyl

Untuk menjaga keindahan dan kebersihan lantai vinyl, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Berikut adalah langkah-langkah merawat lantai vinyl:

  1. Membersihkan lantai vinyl secara rutin dengan menyapu dan mengepel.
  2. Hindari penggunaan produk pembersih lantai yang mengandung bahan kimia keras.
  3. Gunakan alat pembersih lantai vinyl yang lembut dan tidak kasar.
  4. Hindari penggunaan alat untuk membersihkan lantai yang kasar atau tajam.
  5. Gunakan alas karpet untuk melindungi lantai vinyl dari goresan dan noda.
  6. Jangan menggosok permukaan lantai vinyl terlalu keras karena dapat merusak permukaan lantai vinyl.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Karat pada Besi secara Mudah

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Merawat Lantai Vinyl

Beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam merawat lantai vinyl adalah:

  1. Menggunakan produk pembersih lantai yang mengandung bahan kimia keras.
  2. Menggunakan alat untuk membersihkan lantai yang kasar atau tajam.
  3. Menggosok permukaan lantai vinyl terlalu keras.
  4. Tidak membersihkan noda atau kotoran pada lantai vinyl secepat mungkin.
  5. Tidak menggunakan alas karpet untuk melindungi lantai vinyl dari goresan dan noda.

Jika Anda tidak hati-hati dalam merawat lantai vinyl, maka akan terjadi kerusakan di permukaan lantai vinyl. Kemudian tampilan dari lantai vinyl akan terlihat kusam dan tidak menarik, yang juga membuatnya tidak akan bertahan dengan lama.

Kini Anda sudah tahu beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan merawat lantai vinyl dengan benar. Kegiatan seperti seperti menyapu dan mengepel jika dilakukan dengan rutin dan benar bisa memperpanjang usia penggunaan lantai vinyl.

Agar perawatan lantai vinyl bisa dilakukan dengan lebih maksimal, tentu Anda memerlukan peralatan yang berkualitas. Temukan langsung berbagai alat pembersih rumah tangga yang diperlukan di Kawan Lama Sejahtera. Tersedia berbagai macam alat sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja terjamin kualitasnya.

Jadi tunggu apa lagi? Temukan solusi untuk peralatan pembersih rumah yang tepercaya di sini!

Sumber:

  • https://www.blibli.com/friends/blog/cara-membersihkan-lantai-vinyl-06/
  • https://bintoroclean.co.id/cara-membersihkan-lantai-vinyl-dari-kusam-dan-noda-membandel/#2._Menghilangkan_goresan_lantai_vinyl
Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.