3 Cara Ini Bikin Alat Injector Cleaner Tetap Awet

3 Cara Ini Bikin Alat Injector Cleaner Tetap Awet

Table Of Content

3 Cara Ini Bikin Alat Injector Cleaner Tetap Awet


Injektor merupakan komponen penting pada kendaraan, terutama dalam proses pembakaran. Pada prinsipnya, karburator dan Injektor memiliki fungsi yang sama, yaitu menyuplai bahan bakar ke ruang bakar. Pada karburator, mesin masih mengandalkan gerakan hisap piston. Sedangkan pada sistem injeksi sudah mengandalkan alat elektronik berupa injektor. Injektor sendiri merupakan penyempurnaan dari sistem karburator karena proses pembakaran yang terjadi lebih sempurna. Komposisi bahan bakar dan udara akan diatur oleh Electronik Control Unit (ECU) secara otomatis sehingga lebih efisien dan efektif.


Mesin injektor sendiri punya kelebihan yaitu memiliki tekanan yang tinggi saat menyemprotkan bahan bakarmelalui lubang nozzle akan lebih halus, sehingga lebih efisien. Oleh karena itu untuk menjaga kondisinya tetap baik, injektor wajib dibersihkan setiap interval 10.000 km sekali. Tujuannya untuk menghilangkan endapan karbon sisa pembakaran.


Nah, untuk menjaga alat Injektor cleaner tetap awet ada 3 hal yang harus diperhatikan berikut ini:


  • Gunakan bahan bakar kendaraan yang berkualitas

Gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi agar pembakaran lebih sempurna. BBM oktan rendah akan berisiko mengotori mesin, dan asap yang digunakan kotor dan jorok. Itu dikarenakan sisa pembakaran karbon tertinggal di ruang bakar, sehingga bisa merusak mesin.

 

  • Gunakan cairan injector cleaner

Injector cleaner biasa digunakan untuk membersihkan lubang pada komponen injektor dari sisa-sisa pembakaran. Tak hanya itu, cairan pembersih ini juga berperan penting dalam menjaga bahan bakar sebuah kendaraan agar kebersihannya tetap terjaga, sehingga performa mesin kendaraan menjadi lebih baik.

 

  • Pakai alat injector cleaner yang berkualitas

Jika Injektor sudah terlalu kotor, bongkar mesin dan bersihkan secara manual. Selama memiliki alat-alat yang dibutuhkan, maka penggunaan cairan injector cleaner ini cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan ialah memasang cairan injector cleaner tersebut ke alat injector cleaner yang biasa digunakan pada bengkel, yaitu LAUNCH INJECTOR CLEANER & TEST GENERIC CNC-602A, dengan input Power 450 W dan memiliki ultrasonic cleaning Power 100 W. Dilengkapi dengan fitur back flush cleaning dan forward flush cleaning.


Lalu kemudian salurkan ke konektor saluran bensin. Selanjutnya, nyalakan mesinnya dan secara otomatis alat tersebut akan membersihkan bagian komponen injektor.

Mau tahu lebih detail seputar LAUNCH INJECTOR CLEANER & TEST GENERIC? Langsung saja hubungi sales consultant Kawan Lama.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.