7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet

7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet

Table Of Content

Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet


Vacuum cleaner merupakan alat pembersih elektronik yang memudahkan kita saat membersihkan dari debu dan kuman yang menempel dalam waktu singkat. Peralatan elektronik ini juga bisa digunakan untuk menyedot debu di karpet, hingga lingkungan kerja Anda. Namun, agar tidak mudah rusak, Anda harus mengetahui tips dalam menggunakan vacuum cleaner. Simak tipsnya berikut ini!

 

Tips Menggunakan Vacuum Cleaner

Sebagian orang memilih vacuum cleaner karena memberikan kemudahan proses pembersihan, di antaranya dapat menjangkau kotoran atau debu hingga sudut terpencil yang ada di ruangan. Namun, pada saat pemakaian, ada hal-hal perlu Anda perhatikan agar vacuum cleaner memiliki umur yang panjang.

 

  1. Gunakan Vacuum yang Sesuai Jenis Kotoran

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah jenis vacuum yang Anda pilih harus disesuaikan dengan kebutuhan. Ada 2 jenis vacuum cleaner, 2 yaitu wet vacuum cleaner dan dry vacuum cleaner. Vacuum dry dikhususkan untuk membersihkan area ataupun permukaan lantai yang kering seperti menyedot debu, partikel kecil ataupun kotoran padat lainnya. Sedangkan untuk vacuum wet & dry dapat membersihkan kotoran yang kering maupun basah seperti cairan tumpah. Apabila menggunakan dry vacuum untuk kotoran yang basah, akan mempercepat kerusakan mesin vacuum Anda.

 

  1. Cek Kondisi Vacuum Cleaner

Sebelum menggunakan vacuum cleaner, bagian yang harus dicek adalah selang Hose, Nozzle, kabel, filter, kantong debu (dustbag) dan tentu saja bagian kompartemen mesin. Mengecek kondisi vacuum cleaner merupakan tindakan antisipasi dari risiko kerusakan peralatan yang Anda miliki.

 

  1. Sesuaikan Nozzle dengan Kebutuhan

Nozzle memiliki berbagai jenis model dan fungsinya. Jika Anda ingin membersihkan karpet, maka nozzle yang tepat berbentuk seperti sikat. Sedangkan jika ingin membersihkan sela-sela sofa, dinding ataupun daerah yang sulit dijangkau menggunakan nozzle berbentuk tabung atau pipa yang pipih.

 

  • Bersihkan Secara Perlahan dan Dua Arah

Salah satu cara yang tepat membersihkan secara maksimal dengan vacuum cleaner adalah tidak tergesa-gesa atau secara perlahan. Dengan cara perlahan, maka area yang memiliki kotoran akan terangkat secara maksimal dan lebih efekfif dengan gerakan dua arah atau bolak balik supaya tidak ada debu yang tersisa.

 

  • Bersihkan Kantong Debu

Maintenance penggunaan vacuum cleaner harus diperhatikan salah satunya pergantian kantong debu. Kantong debu minimal 1 bulan sekali harus diganti supaya kinerja vacuum cleaner dapat menghisap secara maksimal dan tidak cepat mengalami kerusakan mesin.

 

  • Mematikan Vacuum Setelah Dipakai

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah membiarkan vacuum cleaner dalam kondisi tercolok ataupun mesin menyala. Hal ini dapat mempercepat kerusakan mesin yang disebabkan mesin terlalu panas atau overheat.

 

  • Simpan Vacuum Cleaner

Selain cara menggunakan maupun menjaga vacuum cleaner, tak lupa juga untuk menyimpan vacuum cleaner di tempat yang aman terutama di area kering, tidak lembab, panas ataupun cuaca ekstrem.

 

Dengan beberapa tips di atas maka Anda akan memaksimalkan penggunaan vacuum cleaner serta merawatnya secara berkala untuk menjaga produktivitas dalam membersihkan area bisnis Anda. Temukan vacuum cleaner Nilfisk yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda hanya di www.kawanlama.com. Konsultasikan kebutuhan cleaning solution bisnis Anda dengan product specialist Kawan Lama.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.