5 Jenis Alat Pel Lantai Beserta Fungsinya

jenis alat pel lantai

5 Jenis Alat Pel Lantai Beserta Fungsinya


Apakah Anda sering merasa kesulitan saat membersihkan lantai di rumah atau tempat kerja Anda? Jangan khawatir, karena ada berbagai jenis alat pel lantai yang dapat membantu Anda membuat lantai bersih dan bersinar kembali. 

Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa jenis alat pel lantai beserta fungsinya, sehingga Anda dapat memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk langsung simak saja uraian lengkapnya di bawah ini. 

Jenis Alat Pel Lantai dan Fungsinya

Membersihkan lantai adalah salah satu tugas rumah tangga yang tidak boleh diabaikan. Untuk melakukannya dengan efisien, Anda memerlukan alat pel lantai yang tepat. Ada berbagai jenis alat pel lantai yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan kegunaan dan karakteristiknya sendiri. Mari simak jenis alat pel lantai tersebut berikut ini. 

1. Flat Mop

Flat mop adalah salah satu alat pel lantai yang paling sering digunakan dan efisien. Alat ini terdiri dari kepala datar yang biasanya terbuat dari bahan microfiber yang dapat mengangkat debu dan kotoran dengan mudah. 

Jenis alat pel flat mop cocok untuk membersihkan lantai kayu, ubin, atau laminasi. Desain alat pel ini ramping, sehingga mudah disimpan setelah Anda menggunakannya. Hasil pembersihan lantai menggunakan jenis alat pel ini juga akan optimal. 

2. Sponge Mop

Sponge mop, seperti namanya, memiliki spons pada bagian bawahnya. Alat ini cocok untuk membersihkan lantai yang terkena tumpahan cairan atau ceceran makanan. Sponge mop sangat efektif dalam menyerap cairan dan membantu Anda mengeringkan lantai dengan cepat. Penggunaannya sangat mudah, cukup basahi sponsnya, lalu keringkan lantai Anda dengan gerakan naik-turun yang lembut.

Baca Juga: Alat Kebersihan yang Wajib Dimiliki di Rumah Anda

3. String Mop

String mop adalah alat pel lantai yang memiliki serat-serat berbentuk tali pada kepala pelnya. Alat ini cocok untuk membersihkan lantai yang agak kotor dan berdebu. Serat-serat tali pada string mop dapat mengumpulkan debu dan kotoran dengan efisien. Anda dapat merendamnya dalam larutan pembersih lantai sebelum digunakan, dan hasilnya akan membuat lantai Anda bersih dan segar.

4. Dust Mop

Dust mop, atau sering disebut juga sebagai swiffer, merupakan alat pel lantai yang dirancang khusus untuk mengumpulkan debu dan rambut. Biasanya, dust mop memiliki permukaan yang dilengkapi dengan bahan penyerap debu yang elektrostatis. Alat ini sangat baik digunakan pada lantai yang sering terkena serbuk atau rambut hewan peliharaan. Anda dapat dengan mudah mengganti kapasitas penyerapnya ketika sudah penuh dengan debu.

5. Strip Mop

Strip mop termasuk jenis alat pel lantai yang sering digunakan di area komersial atau industri. Alat ini memiliki kepala berbentuk strip yang panjang dan lebar, yang memungkinkan Anda membersihkan area yang lebih besar dengan cepat. Strip mop biasanya digunakan dengan ember dan larutan pembersih khusus yang dapat mengatasi noda atau kotoran yang sulit dihilangkan.

Baca Juga: Wet and Dry Vacuum Cleaner: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Cara Mengepel dengan Benar

Sekarang Anda telah mengetahui beberapa jenis alat pel lantai, penting juga untuk tahu cara menggunakannya dengan benar agar hasilnya optimal. Kalau begitu, mari simak beberapa langkah sederhana mengepel dengan efisien dan efektif berikut ini. 

1. Siapkan Lantai

Langkah pertama, pastikan lantai Anda dalam kondisi yang siap dibersihkan. Ini berarti Anda harus memastikan bahwa lantai sudah bebas dari barang-barang atau hambatan lainnya. Ini termasuk mengangkat karpet, perabotan yang dapat digeser, atau barang-barang lain yang bisa menghalangi alat pel Anda bergerak dengan bebas. Apabila lantai sudah bersih dari hambatan, Anda akan lebih leluasa dan efisien dalam membersihkan setiap sudut ruangan.

2. Rendam Alat Pel

Jika Anda menggunakan alat pel yang memerlukan cairan pembersih, pastikan Anda telah merendamnya dalam larutan yang sesuai. Larutan pembersih yang Anda gunakan sebaiknya sesuai dengan rekomendasi produsen alat pel Anda. Ini penting karena penggunaan larutan yang salah dapat merusak lantai Anda. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan yang benar dan tidak berlebihan dalam penggunaan larutan tersebut.

3. Mulai dari Ujung Ruangan

Setelah alat pel Anda siap, Anda bisa mulai membersihkan lantai dari ujung ruangan. Hal ini sangat penting agar Anda tidak menginjak lantai yang sudah dibersihkan. Gerakkan alat pel Anda dengan gerakan maju-mundur atau dari sisi ke sisi dengan perlahan. Pastikan untuk menjangkau sudut-sudut dan bawah perabotan agar kotoran dan debu tidak tersembunyi di sana.

4. Gunakan Gerakan Zigzag

Saat Anda mengepel, gunakan gerakan zigzag yang lembut. Hindari menggerakkan alat pel dengan keras karena hal ini dapat merusak lantai Anda, terutama jika lantai Anda terbuat dari kayu atau bahan yang lebih lembut. Gerakan zigzag akan membantu Anda menghindari pembentukan goresan pada lantai dan juga membantu mengumpulkan debu dan kotoran dengan lebih baik.

Baca Juga: Kenali Bahaya Debu di Tempat Kerja

5. Keringkan Lantai

Jika Anda menggunakan alat pel yang memerlukan pengeringan setelahnya, pastikan lantai Anda benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Pengeringan lantai adalah langkah penting untuk mencegah terbentuknya noda atau lingkaran air yang dapat merusak penampilan lantai Anda. Gunakan kain bersih dan kering untuk mengeringkan lantai atau biarkan lantai mengering secara alami sebelum Anda kembali menginjaknya.

Bagaimana, langkah-langkah dalam mengepel lantai dengan benar ini mudah bukan? Memilih alat pel yang sesuai dengan jenis lantai dan kebutuhan Anda sangat penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan rumah atau tempat kerja Anda. 

Jika Anda membutuhkan alat pembersih lantai berkualitas, Anda dapat mengunjungi Kawan Lama Sejahtera. Jangan biarkan lantai kotor mengganggu kenyamanan dan estetika ruangan Anda. Di sini, tersedia berbagai jenis alat pel lantai yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. 

Tunggu apalagi? Segera dapatkan alat pel tersebut hanya di Kawan Lama Sejahtera sekarang juga. 

Sumber rujukan:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.