6 Tips Mengepel Lantai Rumah Agar Lebih Bersih dan Kinclong

tips mengepel lantai

6 Tips Mengepel Lantai Rumah Agar Lebih Bersih dan Kinclong


Siapa pun yang memiliki rumah atau bangunan komersial apa pun pasti ingin menjaganya tetap bersih dan terawat dan salah satu langkah penting dalam merawat rumah adalah dengan mengikuti tips mengepel lantai yang efektif. Apalagi lantai adalah salah satu bagian rumah yang paling sering digunakan dan rentan terhadap kotoran, debu, dan noda. 

Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kilau lantai menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan indah. Dalam artikel ini, Kawan Lama Sejahtera akan membagikan beberapa tips berharga yang akan membantu Anda merawat lantai Anda agar tetap bersih dan kinclong, sehingga bangunan Anda dapat selalu tampak sempurna.

6 Tips Mengepel Lantai Rumah agar Lebih Bersih dan Kinclong

Lantai yang bersih dan berkilau bukan hanya menyajikan tampilan yang estetis, tetapi juga mencerminkan tingkat kebersihan dan perawatan rumah Anda. Berikut ini merupakan enam tips penting yang akan membantu Anda menjaga lantai rumah tetap bersih dan kinclong:

1. Sapu Lantai Terlebih Dahulu

Langkah pertama dalam membersihkan lantai rumah adalah dengan menyapu lantai terlebih dahulu. Hal ini penting sebab Anda perlu menghilangkan kotoran kasar seperti debu, pasir, dan serpihan lain yang justru bisa menempel di permukaan lantai saat proses pel. 

Selain itu, menyapu lantai juga membantu menjaga kebersihan udara di dalam rumah Anda. Debu dan kotoran yang terkumpul di lantai dapat menjadi sumber masalah pernafasan jika tidak diatasi dengan baik.

2. Pastikan untuk Menggunakan Air Bersih

Setelah selesai menyapu lantai, langkah berikutnya adalah memastikan bahwa air yang akan digunakan untuk mencuci lantai adalah air bersih. Menggunakan air yang kotor dapat meninggalkan noda pada lantai Anda, menimbulkan bau tidak sedap pada lantai, dan mengurangi kilau alami permukaannya. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan air bersih dan segar untuk proses pencucian lantai.

Baca Juga: 5 Jenis Alat Pel Lantai Beserta Fungsinya

3. Pilih Alat Pel yang Dapat Menyerap Air

Perlu Anda ketahui bahwa pemilihan alat pel yang tepat juga memiliki peran besar dalam menjaga kebersihan lantai. Disarankan untuk menggunakan alat pel yang dapat menyerap air dengan baik. Seperti kain pel microfiber, yang mana memiliki serat-serat halus sehingga mampu menyerap air dan kotoran dengan efisien dan lantai akan lebih bersih serta kering lebih cepat.

Jika ingin yang lebih praktis, beberapa alat pel juga dilengkapi dengan sistem semprotan air yang memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah air yang digunakan saat membersihkan. Pilihan alat pel ini bisa jadi opsi yang memudahkan proses mengepel lantai.

4. Gunakan Pembersih Lantai yang Wangi

Selain menjaga kebersihan, Anda juga bisa memberikan aroma segar di dalam rumah Anda dengan menggunakan pembersih lantai yang wangi. Aroma segar pada produk pembersih lantai akan bukan hanya akan membuat lantai lebih bersih, tetapi juga membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Jangan lupa untuk memilih pembersih lantai yang sesuai dengan jenis lantai Anda. Misalnya, jika Anda memiliki lantai kayu, gunakan pembersih lantai kayu yang dirancang khusus untuk merawat jenis lantai tersebut.

5. Ganti Air Jika Sudah Kotor

Ketika Anda sedang dalam proses membersihkan lantai, penting untuk selalu memantau kebersihan air pel Anda. Jika air sudah terlihat kotor atau keruh, segera gantilah dengan air bersih yang baru. Menggunakan air yang kotor hanya akan membuat lantai Anda makin kotor dan mengurangi efektivitas pembersihan. 

6. Hindari Menginjak Lantai Sebelum Kering

Setelah Anda selesai mengepel lantai dengan baik, penting untuk menunggu hingga lantai benar-benar kering sebelum Anda mulai menginjaknya. Bagian ini adalah kunci untuk memastikan bahwa lantai tetap bersih dan kinclong. Sebab menginjak lantai yang masih basah dapat meninggalkan jejak dan noda serta dapat membuat Anda tergelincir, yang bisa berpotensi berbahaya.

Untuk mempercepat proses pengeringan lantai, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik. Buka jendela atau pintu untuk membiarkan udara bersirkulasi dengan baik. Anda juga dapat menggunakan kipas angin atau alat pengering lantai jika Anda ingin lebih mempercepat proses pengeringan.

Baca Juga: 6 Jenis Cairan Pembersih Rumah yang Wajib Punya

5 Alat dan Bahan untuk Mengepel Lantai

Memilih alat dan bahan yang tepat adalah langkah penting dalam merawat dan membersihkan lantai agar selalu bersih dan kinclong. Berikut adalah daftar alat dan bahan untuk mengepel lantai yang perlu Anda persiapkan:

1. Sapu dengan Serat Lembut

Untuk memulai proses membersihkan lantai, Anda akan memerlukan sapu dengan serat yang lembut. Sapu ini memiliki peran penting dalam menghilangkan kotoran kasar seperti debu, serpihan makanan, atau rambut hewan peliharaan yang dapat terakumulasi di lantai Anda. 

Pilih sapu dengan serat yang lembut dan kuat sehingga tidak merusak permukaan lantai Anda. Selain itu, pastikan sapu tersebut bersih dari debu dan kotoran sebelum digunakan untuk menghindari penyebaran lebih lanjut saat Anda mulai menyapu lantai.

2. Ember atau Bak Besar

Alat ini digunakan untuk mengisi air bersih yang nantinya akan digunakan dalam proses pengepelan lantai. Pastikan ember atau bak tersebut cukup besar untuk menampung jumlah air yang Anda butuhkan tanpa perlu sering-sering menggantinya. Penting juga untuk menjaga kebersihan ember atau bak tersebut dengan membersihkannya secara berkala..

3. Alat Pel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kain pel microfiber adalah salah satu alat pembersih yang sangat efisien dan populer dalam membersihkan lantai. Anda dapat menggunakan kain pel microfiber yang sudah dibasahi untuk mengepel lantai, dan setelah selesai, Anda dapat mencucinya untuk digunakan kembali. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jenis string mops yang umumnya terbuat dari katun agar lebih mudah mengangkat kotoran di lantai dan meratakan air pembersih lantai yang digunakan.

4. Pembersih Lantai

Pembersih lantai adalah produk pembersih yang dirancang khusus untuk jenis lantai tertentu, seperti lantai kayu, keramik, atau marmer. Pemilihan pembersih lantai yang tepat sangat penting karena tidak semua produk cocok untuk semua jenis lantai. 

Pastikan Anda memilih pembersih lantai yang sesuai dengan jenis lantai yang Anda miliki dan yang memiliki formula yang aman untuk permukaan tersebut. Selain membersihkan, beberapa pembersih lantai juga memberikan lapisan pelindung yang membantu menjaga kilauan lantai lebih lama.

Baca Juga: 5 Manfaat Membersihkan Rumah Setiap Hari

5. Air Bersih

Air adalah komponen utama dalam proses mengepel lantai. Pastikan Anda memiliki akses mudah ke air bersih dan segar. Sebaiknya gunakan air dingin atau suhu ruangan untuk mencuci lantai Anda, tergantung pada preferensi Anda dan jenis lantai. Memiliki air bersih cadangan juga merupakan ide yang baik, terutama jika Anda memiliki area lantai yang luas dan membutuhkan penggantian air. 

Itu dia beberapa tips mengepel lantai dan alat serta bahan yang perlu Anda persiapkan. Lantai yang bersih bukan hanya menciptakan lingkungan yang nyaman, tetapi juga meningkatkan kesan positif bagi siapa pun yang mengunjungi rumah Anda. Apabila Anda merawat lantai dengan baik, dapat dipastikan bahwa rumah atau bangunan komersial akan selalu tampak indah dan lebih sehat.

Bagi Anda yang membutuhkan berbagai alat pembersih lantai yang berkualitas dan lengkap, Kawan Lama Sejahtera adalah tempat yang tepat. Kawan Lama Sejahtera sebagai distributor alat untuk kebutuhan komersial dan industri menyediakan berbagai produk berkualitas tinggi yang dapat membantu Anda merawat dan membersihkan lantai bangunan dengan mudah. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan alat pembersih lantai terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga yang terjangkau dan jadikan proses perawatan lantai Anda lebih efektif. Tunggu apalagi? Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan perawatan lantai Anda di Kawan Lama Sejahtera sekarang juga.

Sumber:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.