5 Tips Membersihkan Sofa yang Kotor dan Berkuman

membersihkan sofa

5 Tips Membersihkan Sofa yang Kotor dan Berkuman


Sofa adalah salah satu komponen penting di dalam rumah. Selain sebagai tempat duduk yang nyaman, sofa juga seringkali menjadi pusat kegiatan keluarga. Mulai dari menonton televisi, berkumpul bersama teman-teman, hingga sekadar bersantai, sofa menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, membersihkan sofa secara berkala menjadi hal penting yang tidak boleh Anda abaikan. 

Penggunaan yang intensif seringkali membuat sofa rentan menjadi kotor dan berkuman. Oleh karena itu, menjaga kebersihan sofa sangat penting. Dalam artikel ini, Kawan Lama Sejahtera akan memberikan Anda tips membersihkan sofa yang kotor dan berkuman dengan mudah. Yuk langsung simak saja di bawah ini. 

5 Tips Membersihkan Sofa yang Kotor dan Berkuman

Sofa menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang sering digunakan, sehingga rentan terhadap kotoran dan kuman. Misalnya, kotoran dari sepatu, noda makanan, atau bahkan kuman yang tidak terlihat dengan mata telanjang bisa mengganggu kebersihan sofa. Sebab itu, penting bagi Anda menjaga kebersihkan sofa. Ada pun caranya dapat Anda simak berikut ini. 

1. Rutin Vacuuming

Langkah pertama untuk menjaga kebersihan sofa adalah melakukan vacuuming secara rutin. Gunakan vacuum cleaner dengan alat penyedot debu dan kotoran yang tepat untuk sofa. Anda bisa mulai dengan menyedot debu dan kotoran yang terlihat di permukaan sofa. 

Pastikan Anda juga menyedot di sela-sela bantal dan lipatan-lipatan sofa. Vacuuming secara rutin akan membantu menghilangkan debu dan partikel-partikel kecil yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

2. Menggunakan Brush Khusus

Untuk mengatasi noda atau kotoran yang menempel pada permukaan sofa, Anda dapat menggunakan brush khusus yang dirancang untuk membersihkan bahan sofa tertentu. Sikat lembut ini dapat membantu mengangkat noda tanpa merusak bahan sofa. Pastikan Anda membersihkan sofa dengan gerakan lembut dan hati-hati agar tidak meninggalkan goresan atau merusak warna sofa.

3. Menggunakan Pembersih Cair

Pada beberapa kasus, noda yang sulit dihilangkan memerlukan bantuan pembersih cair khusus untuk sofa. Pastikan Anda memilih pembersih yang sesuai dengan jenis bahan sofa Anda. Sebelum menggunakan pembersih cair, selalu lakukan uji coba pada bagian yang tidak terlihat dari sofa untuk memastikan tidak ada reaksi yang merusak. Setelah itu, ikuti petunjuk penggunaan pembersih cair tersebut dengan saksama.

Baca Juga: Tips Memilih Ukuran Karpet Buat Ruangan Anda

4. Mencuci Sarung Sofa

Jika sofa Anda dilengkapi dengan sarung yang dapat dilepas, sebaiknya rutin mencuci sarung sofa tersebut. Sarung sofa lebih mudah dicuci dan dijaga kebersihannya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pencucian yang tertera pada label sarung sofa dan hindari mencuci dengan air panas yang bisa merusak warna dan bentuk sarung.

5. Hindari Makan di Atas Sofa

Salah satu penyebab sofa menjadi kotor adalah kebiasaan makan di atas sofa. Aktivitas ini seringkali mengakibatkan tumpahan makanan dan minuman yang sulit dibersihkan. Cobalah untuk menghindari kebiasaan ini atau jika memang perlu, gunakan alas makan khusus di atas sofa untuk mencegah tumpahan.

6 Alat dan Bahan untuk Membersihkan Sofa

Ketika berbicara tentang membersihkan sofa, memiliki alat dan bahan yang tepat adalah langkah awal yang sangat penting. Sofa, sebagai salah satu peralatan penting dalam rumah, memerlukan perawatan khusus agar tetap terlihat cantik dan nyaman. Apa saja alat dan bahan yang Anda butuhkan? Yuk simak selengkapnya berikut ini. 

1. Brush Khusus Sofa

Alat ini didesain khusus untuk membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada permukaan sofa tanpa merusak atau menggores bahan sofa Anda. Kelebihan brush ini adalah seratnya yang lembut dan sensitif terhadap berbagai jenis bahan sofa, sehingga Anda dapat membersihkan dengan hati-hati tanpa khawatir merusak atau mengubah tekstur sofa Anda. 

Penting untuk memilih brush yang sesuai dengan jenis bahan sofa Anda agar hasilnya optimal dan membantu menjaga sofa tetap bersih dan terawat.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Karpet Masjid

2. Pembersih Cair Khusus Sofa

Pembersih cair khusus sofa menjadi solusi jika Anda menemukan noda yang sulit dihilangkan. Anda bisa memilih pembersih yang sesuai dengan jenis bahan sofa Anda. Pastikan juga untuk membaca petunjuk penggunaan dengan cermat sebelum mengaplikasikannya ke sofa. Jangan sampai sofa Anda rusak akibat penggunaan pembersih yang tidak sesuai dengan spesifikasi sofa Anda. 

3. Sarung Sofa

Jika memungkinkan, memiliki sarung sofa yang dapat dilepas dan dicuci adalah pilihan yang baik. Sarung sofa dapat dianggap sebagai perlindungan tambahan untuk sofa Anda dan dapat dicuci secara berkala untuk menjaga kebersihannya. Menggunakan sarung sofa double juga tidak menjadi masalah jika berfungsi untuk menjaga kebersihan sofa secara keseluruhan. 

4. Alas Makan Khusus Sofa

Alas makan khusus sofa menjadi salah satu perlengkapan yang sangat penting, terutama jika Anda memiliki kebiasaan makan atau minum di dekat sofa. Fungsi utamanya adalah melindungi permukaan sofa dari potensi tumpahan makanan atau minuman yang bisa meninggalkan noda yang sulit dihilangkan. Selain menjaga kebersihan sofa, alas makan khusus juga dapat menjadi aksesori dekoratif yang menambah estetika ruang tamu Anda.

5. Kain Mikrofiber

Kain mikrofiber menjadi pilihan terbaik untuk membersihkan permukaan sofa Anda. Kain ini memiliki kemampuan luar biasa dalam mengangkat debu dan kotoran tanpa menghasilkan goresan pada sofa. 

Jenis kain ini memiliki serat-serat halus yang sangat efektif dalam menarik partikel-partikel kecil yang sulit dijangkau oleh kain biasa. Penting untuk selalu menyediakan beberapa kain mikrofiber yang bersih dan siap pakai agar Anda dapat membersihkan sofa secara berkala.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Lantai Keramik

6. Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner adalah alat yang sangat penting untuk membersihkan sofa dengan efektif. Anda bisa pilih vacuum cleaner yang dilengkapi dengan alat penyedot khusus untuk sofa. Alat ini akan membantu Anda menghilangkan debu dan kotoran secara menyeluruh dari permukaan dan sela-sela sofa.

Jika Anda mencari vacuum cleaner yang efisien untuk membersihkan sofa Anda hingga ke sudut yang sulit, Kawan Lama Sejahtera memiliki beragam pilihan produk berkualitas. Vacuum cleaner dari Kawan Lama Sejahtera dilengkapi dengan teknologi terkini yang akan membantu Anda menjaga kebersihan sofa dengan mudah dan efektif. 

Dapatkan vacuum cleaner terbaik di Kawan Lama Sejahtera sekarang juga dan nikmati sofa bersih dan nyaman setiap saat.

Sumber rujukan:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.