5 Cara Membersihkan Lantai Keramik

5 Cara Membersihkan Lantai Keramik

5 Cara Membersihkan Lantai Keramik


Ketika memasuki sebuah ruangan, pandangan pertama sering tertuju pada lantai. Lantai keramik, dengan kilauannya yang khas, mampu menambahkan sentuhan elegan pada interior rumah Anda. Namun, menjaga kilau dan keindahan lantai keramik tidaklah semudah kelihatannya. Sebab itulah Anda perlu mengenal cara membersihkan lantai keramik untuk menjaganya tetap bersih dan awet.

Dalam panduan ini, Kalista ( Kawan Lama Solution Intellegent Assistance ) akan membahas cara membersihkan lantai keramik dengan tepat, membagikan langkah-langkah praktis untuk merawat permukaannya agar tetap bersih, mengkilap, dan tahan lama. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

5 Cara Membersihkan Lantai Keramik

Lantai keramik adalah salah satu elemen penting dalam desain interior rumah Anda. Namun, agar tetap indah dan tahan lama, perawatan yang tepat diperlukan. Berikut adalah cara membersihkan lantai keramik dengan benar:

1. Bersihkan Debu Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan debu dan kotoran ringan dari permukaan lantai keramik. Anda dapat menggunakan sapu tahan debu atau penyedot debu untuk membersihkan area tersebut. Pastikan Anda juga membersihkan sudut-sudut ruangan yang sulit dijangkau. Membersihkan debu secara rutin akan mencegah partikel-partikel abrasif menggores permukaan lantai saat proses pembersihan berikutnya.

2. Gunakan Cairan Pembersih Lantai

Setelah membersihkan debu, langkah selanjutnya adalah menggunakan cairan pembersih khusus untuk lantai keramik. Anda dapat mencampurkan cairan pembersih dengan air hangat sesuai petunjuk pada kemasan. Pastikan cairan pembersih yang Anda pilih aman digunakan pada lantai keramik. Untuk mencegah munculnya goresan, hindari penggunaan bahan-bahan keras yang dapat merusak lapisan pelindung lantai keramik.

Baca Juga: 7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet

3. Siapkan Alat

Sebelum memulai proses membersihkan keramik, pastikan Anda telah menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Anda akan memerlukan ember berisi air bersih untuk membersihkan sikat selama proses pembersihan. Selain itu, siapkan juga sikat lembut dan spons yang tidak akan merusak permukaan lantai keramik. 

4. Sikat Lantai dengan Gerakan Memutar

Setelah mengaplikasikan cairan pembersih, gunakan sikat lembut atau spons untuk membersihkan noda membandel atau kotoran yang menempel pada lantai keramik yang kusam. Lakukan gerakan menyikat dengan lembut dan berhati-hati, terutama pada area yang memiliki noda yang sulit dihilangkan. Gunakan gerakan memutar untuk menghindari goresan-goresan yang tidak diinginkan. Selain itu, pastikan Anda tidak menggunakan tekanan berlebihan yang dapat merusak permukaan lantai.

5. Pel Lantai

Langkah terakhir adalah melakukan proses mengepel lantai untuk menghilangkan residu cairan pembersih dan kotoran yang telah terangkat. Gunakan pel lantai yang dirancang khusus untuk lantai keramik. 

Pastikan kain pel dalam kondisi bersih sebelum digunakan. Basahi kain pel dengan air bersih dan peras hingga lembap. Lalu, lap lantai secara perlahan dan merata. Hindari penggunaan terlalu banyak air, karena kelebihan air dapat merusak lantai atau merembes ke sela-sela lantai.

Baca Juga: 6 Cara Perawatan Mesin Gerinda agar Tahan Lama

11 Tips Merawat Lantai Keramik

Lantai keramik adalah investasi penting dalam desain interior rumah Anda. Untuk memastikan keindahannya tetap terjaga dan umurnya lebih panjang, perawatan yang tepat diperlukan. Berikut adalah 5 tips merawat lantai keramik Anda:

1. Hindari Goresan

Salah satu cara terbaik untuk merawat lantai keramik adalah dengan mencegah goresan. Hindari menggeser atau menjatuhkan benda berat langsung ke lantai. Gunakan alas kaki yang lembut dan bersih di dalam ruangan untuk mengurangi risiko goresan akibat gesekan.

Selain itu, pastikan Anda tidak menggunakan alat pembersih yang kasar atau bahan yang bisa menggores permukaan lantai. Jika terlanjur terdapat goresan di lantai keramik, Anda bisa mengatasinya dengan mengolesi pasta gigi dan menggosoknya secara perlahan dengan sikat lembut.

2. Bersihkan Tumpahan Secara Cepat

Tumpahan cairan seperti minuman atau saus bisa merusak lantai keramik jika dibiarkan dalam waktu lama. Penting untuk membersihkan tumpahan segera setelah terjadi. Gunakan kain bersih dan lembut yang dibasahi dengan air hangat untuk menghapus tumpahan. Hindari menggosok terlalu keras, karena itu dapat merusak lapisan pelindung lantai.

3. Lakukan Pembersihan Rutin

Melakukan pembersihan rutin adalah langkah penting dalam merawat lantai keramik. Sapu atau sedot debu setidaknya beberapa kali dalam seminggu untuk menghilangkan debu, pasir, dan kotoran halus yang dapat menggores permukaan lantai. 

Selain itu, lakukan pembersihan basah dengan menggunakan cairan pembersih yang sesuai untuk lantai keramik. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label produk pembersih dan tidak menggunakan bahan yang keras atau asam.

4. Perhatikan Grout

Grout atau cairan pengisi pada sela-sela keramik juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Pastikan grout tetap bersih dengan membersihkannya secara rutin. Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas yang lembut atau sikat khusus grout untuk membersihkan kotoran atau jamur yang mungkin berkembang di area tersebut. Selain itu, pertimbangkan untuk menerapkan segel grout setiap beberapa tahun untuk mencegah penyerapan kotoran dan cairan.

5. Hindari Paparan Berlebihan terhadap Air

Meskipun lantai keramik tahan terhadap air, paparan berlebihan terhadap air dapat merusak grout dan memengaruhi lapisan pelindung lantai. Hindari menggenangi lantai dengan air, terutama di area yang rentan seperti kamar mandi atau dapur. Pastikan juga Anda mengeringkan lantai setelah membersihkannya dengan menggunakan kain bersih atau mop yang tidak terlalu basah.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Karat pada Besi secara Mudah

6. Gunakan Kain yang Lembut

Saat membersihkan atau mengeringkan lantai keramik, gunakan kain yang lembut dan tidak berkasar. Kain mikrofiber adalah pilihan yang baik karena dapat mengangkat kotoran dan debu dengan lembut tanpa merusak permukaan lantai. Hindari menggunakan kain yang kasar atau berkarat, karena dapat meninggalkan goresan yang tidak diinginkan.

7. Hindari Menggunakan Sabun yang Memiliki Asam Tinggi

Meskipun sabun sering digunakan dalam pembersihan, pastikan untuk menghindari sabun yang memiliki kandungan asam tinggi. Asam dapat merusak lapisan pelindung lantai keramik dan mengurangi kilau alaminya. Pilihlah pembersih yang netral atau diformulasikan khusus untuk lantai keramik, dan pastikan untuk membilas dengan baik setelah proses pembersihan.

8. Pel Lantai Secara Rutin

Pel lantai secara berkala juga diperlukan untuk menjaga kilau dan kebersihan lantai keramik. Gunakan pel lantai yang dirancang khusus untuk permukaan keramik. Pastikan kain pel bersih sebelum digunakan dan peras dengan baik sehingga lantai tidak terlalu basah. Hindari penggunaan terlalu banyak air, karena kelebihan air dapat merusak lantai atau merembes ke sela-sela lantai.

9. Manfaatkan Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang efektif untuk membersihkan lantai keramik. Anda dapat mencampurkan baking soda atau soda kue dengan air untuk membuat pasta pembersih yang lembut namun efektif. Gunakan pasta ini untuk menghilangkan noda atau kotoran membandel pada lantai keramik. Setelah membersihkan dengan baking soda, pastikan Anda membilas lantai dengan air bersih dan mengeringkannya dengan kain lembut.

10. Manfaatkan Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk menghilangkan kotoran dan memberikan kilau pada permukaan lantai. Cara melakukannya adalah dengan menyiapkan seember air dan cuka. Campurkan setengah cangkir cuka ke dalam air seember tersebut. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda dapat menambahkan perasan air lemon untuk mengatasi kotoran yang sulit dihilangkan.

11. Manfaatkan Larutan Teh

Ternyata, teh memiliki khasiat yang efektif untuk menjaga kilau lantai keramik glossy. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menyeduh teh dalam air panas dan biarkan hingga suhu menjadi dingin. Setelah itu, ambil sehelai kain bersih dan celupkan ke dalam teh yang sudah disiapkan. Gosokkan kain tersebut pada bagian lantai yang memiliki noda yang sulit dihilangkan, dan noda pun akan segera menghilang.

Dalam dunia desain interior, menjaga keindahan lantai keramik adalah langkah penting untuk mempertahankan pesona visual ruangan Anda. Melalui cara membersihkan lantai keramik yang tepat di atas, Anda tidak hanya merawat permukaan lantai, tetapi juga menjaga kesan estetika yang menawan. Tidak perlu khawatir, langkah-langkah perawatan di atas dapat membantu Anda meraih lantai keramik yang bersih, cemerlang, dan tahan lama.

Perlu diingat bahwa perawatan lantai keramik bukanlah hal yang rumit, namun Anda perlu mempersiapkan peralatan yang tepat dan perencanaan yang baik agar dapat mencapai hasil yang memuaskan. Apabila Anda sedang mencari alat pembersih yang andal untuk membantu proses perawatan lantai dan juga aspek kebersihan rumah tangga secara umum, jangan ragu untuk mempertimbangkan produk dari Kawan Lama Sejahtera.

Melalui koleksi alat pembersih rumah tangga dari Kawan Lama Sejahtera, Anda akan mengalami transformasi dalam merawat lingkungan tempat tinggal Anda. Kawan Lama Sejahtera menyediakan produk-produk berkualitas tinggi untuk kebutuhan kebersihan bangunan komersial Anda atau bahkan kebutuhan harian di rumah. 

Jadikan ruangan Anda tampak cantik dengan lantai keramik yang berkilau dan nikmati suasana bersih dan rapi dalam rumah Anda. Dapatkan koleksi lengkap alat pembersih dari Kawan Lama Sejahtera sekarang.

Sumber:

  • https://muliaceramics.com/article_detail/282/5_cara_mudah_untuk_membersihkan_keramik_kusam
  • https://muliaceramics.com/article_detail/156/7_tips_bersihkan_keramik_garasi_agar_terlihat_baru
  • https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/16/074600776/cara-membersihkan-lantai-keramik-yang-benar-agar-tetap-bersinar?page=all 
  • https://www.cleanipedia.com/id/membersihkan-lantai-permukaan/buat-lantai-keramik-lebih-berkilau-dengan-4-cara-alami-ini.html

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.