11 Cara Merawat Rumah Agar Tetap Bersih dan Terasa Nyaman

cara merawat rumah

11 Cara Merawat Rumah Agar Tetap Bersih dan Terasa Nyaman


Secara literal rumah merupakan sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal oleh manusia untuk beraktivitas, beristirahat, dan melindungi diri dari cuaca, hewan liar, serta ancaman dari lingkungan luar. Rumah memiliki berbagai komponen, seperti dinding, atap, lantai, pintu, jendela, dan ruangan-ruangan yang berfungsi untuk berbagai keperluan seperti tidur, makan, mandi, dan lainnya.

Namun, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara merawat rumah dengan baik? Ketahuilah jika merawat rumah dengan benar agar dapat menciptakan lingkungan yang nyaman untuk tinggal. Ruangan yang rapi dan bersih dapat memberikan perasaan relaksasi dan ketenangan kepada penghuninya. 

Untuk itu, Kawan Lama Sejahtera dalam artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara merawat rumah untuk Anda agar tetap terasa bersih dan nyaman untuk ditempati. Mari simak dan pahami lebih lanjut tentang cara merawat rumah pada deskripsi di bawah ini. 

Cara Merawat Rumah Anda Agar Tetap Bersih dan Nyaman 

Agar rumah tetap dalam keadaan yang bersih dan nyaman, Anda harus memastikan cara merawatnya sudah benar agar tetap dalam kondisi baik dan indah untuk ditempati. Berikut merupakan beberapa cara merawat rumah yang bisa Anda terapkan. 

1. Jadwalkan Pembersihan Rutin 

Buat jadwal pembersihan rutin mingguan atau bulanan. Pisahkan tugas-tugas seperti membersihkan lantai, membersihkan kamar mandi, mencuci piring, dan mencuci pakaian. Dengan menentukan jadwal pembersihan rutin ini, Anda akan lebih mudah mengatur waktu dan mengetahui ruang mana saja yang harus dibersihkan pada saat itu. 

2. Simpan Barang dengan Tertib 

Miliki tempat penyimpanan yang cukup untuk barang-barang Anda. Simpan barang-barang dengan rapi dan sesuai dengan kategorinya. Ini akan membantu menghindari tumpukan barang yang berantakan. Menyimpan barang dengan tertib adalah kunci untuk menjaga agar barang-barang Anda tetap teratur, mudah ditemukan, dan dalam kondisi baik. 

Tentukan lokasi yang sesuai untuk menyimpan barang. Pastikan tempat penyimpanan tersebut sesuai dengan jenis barang yang akan Anda simpan. Misalnya, simpan pakaian di lemari, alat-alat dapur di dapur, dan peralatan taman di gudang atau area outdoor.

3. Kontrol Kebiasaan Mengotori 

Hindari membawa sepatu di dalam rumah. Tempatkan alas kaki di dekat pintu atau gunakan alas kaki dalam. Ini dapat mengurangi debu dan kotoran yang masuk ke dalam rumah. Mengontrol kebiasaan mengotori ruangan dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kebersihan, kesehatan, dan kenyamanan rumah Anda.

Ingatlah bahwa mengendalikan kebiasaan mengotori ruangan adalah upaya yang memerlukan kesabaran dan konsistensi. Mulailah dengan langkah kecil dan tingkatkan seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Optimalkan Food Safety Melalui Perawatan Cleaning Tools

4. Lakukan Pembersihan Ringan Setiap Hari 

Selain pembersihan rutin, luangkan waktu sebentar setiap hari untuk membersihkan hal-hal kecil seperti membersihkan meja, menghapus debu, dan merapikan ruangan. Pembersihan harian membantu mencegah penumpukan kotoran dan debu di ruangan. Hal ini membantu menjaga ruangan tetap bersih dan rapi setiap saat.

Menghilangkan debu dan alergi setiap hari dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Ini sangat penting untuk kesehatan pernapasan Anda, terutama jika Anda atau anggota keluarga memiliki alergi atau masalah pernapasan.

5. Menggunakan Alat Pembersih yang Tepat 

Pastikan Anda memiliki peralatan pembersih yang sesuai untuk berbagai permukaan. Gunakan penyedot debu, sapu, lap khusus, dan pembersih yang sesuai dengan jenis lantai atau permukaan.Pastikan juga Anda selalu siap sedia peralatan pembersih pada rumah dan simpan peralatan tersebut pada tempat yang mudah dijangkau dan ditemukan. 

6. Atur Kamar Tidur 

Ganti seprai secara teratur dan jaga agar tempat tidur selalu rapi. Ini akan memberikan kenyamanan ekstra ketika Anda ingin bersantai atau tidur. Kamar tidur yang teratur dan rapi dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan menenangkan. Ini membantu Anda merasa lebih rileks dan dapat tidur dengan lebih baik.

Anda dapat mengatur kamar tidur Anda untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya, Anda dapat memilih warna-warna yang menenangkan, menggantungkan dekorasi dinding yang membuat Anda merasa bahagia, atau menggunakan pencahayaan yang lembut untuk menciptakan suasana yang lebih romantis.

7. Daur Ulang dan Buang Sampah dengan Benar 

Pastikan Anda memiliki wadah daur ulang yang sesuai dan buang sampah dengan benar. Daur ulang bahan-bahan yang dapat didaur ulang dan selalu bersihkan wadah sampah secara berkala. Praktik mendaur ulang dan membuang sampah dengan benar di rumah dapat membantu meningkatkan kesadaran lingkungan di masyarakat. 

Ini dapat mendorong perilaku yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan ini Anda bisa menjadi contoh yang baik bagi lingkungan rumah Anda dengan memulai terlebih dahulu dari rumah Anda sendiri. 

8. Jaga Kebersihan Dapur dan Kamar Mandi 

Dapur dan kamar mandi cenderung menjadi tempat yang cepat kotor. Bersihkan peralatan dapur dan perangkat kamar mandi secara rutin. Buang sisa-sisa makanan dengan segera dan hindari meninggalkan cucian kotor.

Dapur adalah tempat di mana makanan disiapkan, dan kamar mandi adalah tempat yang digunakan untuk membersihkan diri. Kebersihan yang buruk di dua tempat ini dapat menyebabkan penyebaran penyakit dan infeksi. 

Dapur adalah area di mana banyak peralatan yang berhubungan dengan panas digunakan. Kebersihan yang buruk dapat meningkatkan risiko kebakaran akibat tumpahan minyak atau lemak yang mudah terbakar. Kamar mandi yang kotor dapat menjadi tempat yang licin dan berbahaya, meningkatkan risiko tergelincir atau jatuh.

9. Ventilasi yang Baik 

Pastikan rumah memiliki ventilasi yang baik untuk menghindari kelembaban berlebihan yang dapat menyebabkan masalah dengan jamur dan bau tidak sedap. Ventilasi membantu pertukaran udara segar dengan udara dalam ruangan. Ini membantu menghilangkan udara tercemar, mengurangi kelembaban, dan menggantikan udara yang terkumpul dengan udara bersih, yang penting untuk kesehatan pernapasan.

Ventilasi yang baik juga dapat membantu mencegah kerusakan struktural pada bangunan, seperti kerusakan kayu akibat kelembaban berlebihan atau kehadiran serangga pengganggu.

10. Mintalah Bantuan 

Jika Anda memiliki anggota keluarga atau teman serumah, mintalah mereka untuk membantu dalam menjaga kebersihan rumah. Pekerjaan rumah tangga dapat dibagi agar tidak menjadi beban satu orang saja.

Merawat kebersihan rumah memang bukan hal yang sulit, terlebih saat Anda sudah biasa melakukannya. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk meminta bantan kepada orang lain seperti anggota keluarga Anda agar pekerjaan yang dilakukan menjadi jauh lebih ringan. 

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Dapur dengan Cepat dan Mudah

11. Belajar dan Tingkatkan Keterampilan Pembersihan 

Pelajari teknik pembersihan yang efektif dan efisien. Terus tingkatkan keterampilan pembersihan Anda untuk menjaga rumah tetap bersih dengan waktu yang lebih singkat. Belajar dan meningkatkan keterampilan pembersihan adalah penting karena memiliki dampak positif yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan Anda

Keterampilan pembersihan yang baik membantu menjaga lingkungan Anda tetap bersih dan bebas dari kuman, bakteri, dan alergen yang dapat menyebabkan penyakit. Ini berkontribusi pada kesehatan fisik dan kesejahteraan Anda serta anggota keluarga.

Keterampilan pembersihan pribadi, seperti mandi dan mencuci tangan dengan benar, adalah aspek penting dari perawatan diri dan menjaga kebersihan tubuh Anda. Ini dapat membantu menghindari masalah kesehatan kulit dan infeksi. 

Bagian Rumah yang Harus Dirawat dan Dibersihkan

Bagian-bagian rumah juga harus diperhatikan dan tidak boleh terlewat dari perawatan, jika tidak bisa jadi beberapa barang dan bagian rumah Anda akan rusak dan kotor. Mari simak bagian-bagian rumah apa saja yang harus dirawat dan dibersihkan. 

1. Kamar Tidur 

Cara merawat dan menjaga kebersihan kamar tidur bisa dengan ganti seprai dan sarung bantal secara rutin agar terhindar dari kotoran atau debu yang menempel, bersihkan lantai dengan cara menyapu dan sesekali mengepel lantai menggunakan air dan cairan pembersih lantai. 

Selain itu, membersihkan gorden, tirai atau karpet yang ada di kamar tidur juga harus dilakukan agar kualitas bahan dari ketiga barang tersebut tetap terjaga dan debu yang bertengger pada barang-barang tersebut bisa dihilangkan. 

2. Kamar Mandi 

Kamar mandi merupakan salah satu bagian ruangan pada rumah yang kebersihannya benar-benar harus diperhatikan. Selain karna untuk kesehatan, keselamatan pun juga menjadi salah satu alasan kamar mandi hars selalu bersih. 

Merawat kamar mandi bisa dengan menggunakan cairan pembersih kamar mandi dan digosokan menggunakan sikat atau kain yang sesuai dengan petunjuk perawatan tergantung pada barang yang akan dibersihkan. 

3. Dapur 

Dapur juga merupakan ruangan yang paling sering digunakan di dalam rumah, cara merawat dapur juga tidak begitu sulit jika Anda sudah terbiasa dan bisa mengatur waktu dengan baik. Salah satunya adalah dengan langsung membersihkan dapur sesaat setelah selesai menggunakannya, bersihkan peralatan yang habis digunakan termasuk peralatan masak dan countertop

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Lantai Vinyl dengan Cepat

4. Ruang Tamu dan Keluarga

Ruang tamu dan ruang keluarga adalah area yang sering digunakan oleh anggota keluarga dan tamu. Membersihkannya secara teratur dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan bersih untuk semua orang yang tinggal di rumah Anda. Ketika ruang tamu dan ruang keluarga bersih, orang merasa lebih nyaman dan bahagia di rumah, yang mendukung kesejahteraan fisik dan emosional.

Ruang tamu dan ruang keluarga sering menjadi tempat berkumpul, bermain, dan bersantai, dan ini berarti banyak interaksi manusia dengan area tersebut. Membersihkan ruang tamu dan ruang keluarga secara teratur membantu mengendalikan penumpukan debu, kotoran, dan alergen seperti tungau debu dan bulu hewan peliharaan. 

Ini adalah langkah penting dalam menjaga kualitas udara dalam ruangan dan mencegah masalah kesehatan seperti alergi dan gangguan pernapasan.

5. Ruang Makan 

Ruang makan adalah tempat di mana Anda makan dan mengonsumsi makanan. Jika ruang makan tidak bersih, makanan Anda dapat terkontaminasi oleh debu, kotoran, atau bakteri yang ada di meja, kursi, atau peralatan makan. Kebersihan ruang makan membantu memastikan makanan Anda tetap aman untuk dikonsumsi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan menjadikannya sebagai kebiasaan, Anda dapat menjaga rumah Anda tetap bersih, nyaman, dan menyenangkan untuk tinggal. Selain itu, memiliki rumah yang bersih juga dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan.

Jika Anda tengah mencari peralatan hygienic cleaning tools dengan kualitas bagus, pastikan untuk kunjungi Kawan Lama Sejahtera dan temukan berbagai peralatan pembersih rumah yang siap membantu merawat rumah Anda. Yuk, jangan ragu untuk mengunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga. 

Sumber rujukan: 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.