5 Tips Membersihkan Dapur dengan Cepat dan Mudah

tips membersihkan dapur

Table Of Content

5 Tips Membersihkan Dapur dengan Cepat dan Mudah


Dapur adalah salah satu ruangan yang paling penting, baik itu di rumah maupun di kantor. Dapur bukan hanya tempat untuk memasak, tetapi juga menjadi pusat kegiatan untuk berkumpul dan menghabiskan banyak waktu. Untuk itu, menjaga kebersihan dapur itu sangat penting. Bagaimana tips membersihkan dapur yang mudah dan cepat? Tenang, Kawan Lama Sejahtera punya caranya, kalau begitu yuk langsung simak saja di bawah ini. 

5 Tips Membersihkan Dapur dengan Cepat dan Mudah

Dapur menjadi tempat di mana makanan lezat diciptakan dan momen-momen berharga bersama keluarga terjadi. Namun, karena intensitas penggunaan yang tinggi, dapur seringkali menjadi salah satu tempat yang paling cepat kotor di rumah. Untuk menjaga dapur tetap bersih dan nyaman, Yuk simak tips membersihkan dapur dengan cepat dan mudah berikut ini. 

1. Keluarkan Semua Barang dari Dalam Lemari Dapur

Langkah pertama dalam membersihkan dapur adalah mengosongkan lemari dapur Anda. Ini termasuk peralatan masak, piring, gelas, dan semua barang lainnya. Anda pun dapat dengan mudah mengakses semua sudut dan celah untuk membersihkannya. Jangan lupa untuk membersihkan barang-barang yang dikeluarkan juga sebelum meletakkannya kembali ke tempatnya.

2. Bersihkan Permukaan Dapur 

Setelah dapur Anda benar-benar kosong, gunakan pembersih multifungsi yang aman untuk permukaan dapur. Anda dapat membuat campuran pembersih sendiri dengan mencampurkan air hangat dan sedikit detergen cuci piring. Gunakan spons atau kain lembut untuk membersihkan meja dapur, kompor, dan permukaan lainnya. Pastikan untuk membersihkan dengan cermat hingga semua noda dan lemak hilang.

3. Jangan Lupakan Sudut-Sudut dan Ceruk-Ceruk Dapur

Sudut-sudut dapur adalah tempat yang sering terlupakan saat Anda membersihkan dapur. Gunakan sikat kecil atau kuas untuk membersihkan daerah ini. Anda juga dapat menggunakan penyedot debu kecil untuk menghilangkan debu dan kotoran dari celah di antara peralatan dapur Anda.

4. Membersihkan Kulkas dan Freezer

Kulkas dan freezer adalah dua bagian penting dalam dapur Anda yang perlu dibersihkan secara berkala. Buang semua makanan yang kedaluwarsa atau tidak terpakai. Selanjutnya, keluarkan rak-rak dan laci dari dalam kulkas dan cuci dengan air hangat dan detergen. Pastikan untuk mengeringkannya sebelum meletakkannya kembali. Bersihkan juga bagian luar kulkas dan freezer dengan kain lembut dan pembersih.

5. Bersihkan Lantai Dapur

Hal penting lainnya yang perlu Anda bersihkan yaitu lantai dapur. Gunakan sapu atau vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran dari lantai. Kemudian, mop lantai dengan pembersih lantai yang sesuai dengan jenis lantai Anda. Pastikan lantai kering sebelum Anda mulai mengganti barang-barang yang telah Anda bersihkan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Jenis Alat Pel Lantai Beserta Fungsinya

7 Alat dan Bahan untuk Membersihkan Dapur

Untuk membersihkan dapur dengan efisien, ada beberapa alat dan bahan yang sangat diperlukan. Bagi Anda yang pertama kali membersihkan dapur, penting untuk memiliki alat dan bahan yang akan diuraikan di bawah ini. Yuk langsung simak saja berikut ini. 

1. Pembersih Multifungsi

Pembersih multifungsi adalah bahan utama yang perlu Anda gunakan melawan kotoran dan lemak di dapur Anda. Bila Anda memiliki pembersih yang cocok untuk berbagai jenis permukaan, seperti stainless steel, granit, atau laminasi, Anda dapat mengatasi berbagai macam noda dan kotoran dengan mudah. Pastikan untuk memilih produk yang aman dan sesuai dengan permukaan dapur Anda agar hasil pembersihan lebih efektif.

2. Spons atau Kain Lembut

Spons atau kain lembut menjadi alat dasar yang harus Anda miliki untuk membersihkan permukaan dapur. Keduanya sangat efektif dalam menghilangkan noda dan kotoran ringan. Penting untuk mengganti spons secara berkala agar tetap higienis dan menghindari penyebaran kuman.

Baca Juga: 6 Jenis Cairan Pembersih Rumah yang Wajib Punya

3. Sikat Kecil atau Kuas

Sikat kecil atau kuas termasuk alat penting yang Anda perlukan untuk membersihkan sudut-sudut yang sulit dijangkau jika hanya membersihkan dapur menggunakan lap biasa. Sikat kecil ini ideal untuk membersihkan area-area seperti sudut kran, sela-sela tile, atau sela-sela rak. Hasilnya, dapur Anda jadi bersih sepanjang waktu. 

4. Penyedot Debu Kecil

Penyedot debu kecil akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan debu dan kotoran dari celah di antara peralatan dapur. Anda pun bisa mengakses tempat-tempat yang sulit dijangkau, sehingga Anda dapat memastikan dapur yang bersih hingga ke detail terkecil. Untuk hasil yang maksimal, setelah Anda menggunakan sikat kecil untuk menjangkau sudut dapur yang sulit dijangkau, selanjutnya Anda bisa gunakan penyedot debu kecil ini. 

5. Vacuum Cleaner

Jika lantai dapur Anda cenderung cepat kotor dan penuh debu, memiliki vacuum cleaner adalah pilihan yang cerdas. Vacuum cleaner akan membantu Anda menghilangkan debu, serpihan makanan, dan kotoran lainnya dengan cepat dan efisien, sehingga menjadikan lantai dapur Anda bersih dan nyaman.

6. Mop dan Ember

Mop dan ember merupakan alat yang diperlukan untuk membersihkan lantai dapur setelah Anda menghilangkan debu dan kotoran dengan vacuum cleaner. Pastikan Anda memiliki pembersih lantai yang sesuai dengan jenis lantai Anda agar proses mop menjadi lebih efektif. Selain itu, ember berguna untuk membilas mop selama proses pembersihan.

Baca Juga: Alat Kebersihan yang Wajib Dimiliki di Rumah Anda

7. Sarung Tangan

Peralatan yang tidak kalah penting saat membersihkan dapur adalah sarung tangan. Fungsinya tentu untuk melindungi tangan Anda dari bahan kimia yang ada dalam pembersih, serta menjaga tangan Anda tetap bersih selama proses pembersihan. Ini adalah langkah keamanan yang sangat penting untuk kesehatan Anda.

Bagaimana, tips membersihkan dapur menggunakan alat dan bahan yang telah disebutkan di atas cukup mudah bukan? Jangan lupa untuk selalu membersihkan dapur secara berkala agar tetap bersih dan teratur. Alhasil, kesehatan keluarga dan lingkungan kerja juga makin terjaga. 

Untuk mendapatkan alat dan bahan tersebut, Anda bisa mengeceknya di Kawan Lama Sejahtera. Tersedia berbagai macam peralatan dapur terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Yuk, segera perbarui peralatan dapur Anda dan nikmati dapur yang bersih dan rapi setiap hari.

Sumber rujukan:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.