Alat Kebersihan yang Wajib Dimiliki di Rumah Anda

alat kebersihan yang ada di rumah

Alat Kebersihan yang Ada Di Rumah dan Wajib Dimiliki


Rumah adalah tempat di mana Anda dan keluarga menghabiskan sebagian besar waktu. Oleh karena itu, menjaga rumah dalam keadaan bersih dan rapi menjadi hal yang sangat penting. Kebersihan bukan hanya sekadar masalah estetika, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan penghuninya. Untuk menjaga kenyamanan rumah, Anda memerlukan berbagai alat kebersihan yang ada di rumah. Apa saja itu? Yuk simak uraian lengkapnya di bawah ini. 

13 Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah

Kebersihan rumah menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan tempat tinggal. Namun, untuk mencapai tingkat kebersihan yang diinginkan, Anda memerlukan sejumlah alat kebersihan yang tepat. Berikut alat kebersihan yang ada di rumah dan wajib dimiliki. 

1. Sapu dan Penyaring Debu

Sapu dan penyaring debu adalah dua alat kebersihan yang wajib Anda miliki di rumah. Sapu dapat mengatasi kotoran dan debu yang menumpuk di lantai rumah Anda. Bagi yang memiliki lantai kayu atau keramik, sapu menjadi alat andalan untuk menjaga kebersihan sehari-hari. 

Namun, sapu ijuk dan sapu lidi saja mungkin tidak cukup ketika berbicara tentang menghilangkan partikel-partikel debu halus. Ini saatnya penyaring debu berperan. Kombinasi sapu dan penyaring debu akan menjadikan lantai rumah Anda bebas dari kotoran dan debu yang tidak diinginkan.

2. Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner, atau sering disebut mesin penyedot debu, merupakan alat kebersihan yang memiliki keunggulan luar biasa dalam membersihkan beragam jenis lantai, karpet, dan bahkan permadani. Keunggulan utama vacuum cleaner terletak pada daya isapnya yang kuat, mampu menghilangkan debu, rambut, dan kotoran dengan sangat efisien. 

Beberapa model vacuum cleaner modern juga dilengkapi dengan berbagai aksesori yang memudahkan Anda mencapai sudut-sudut yang sulit dijangkau. Berkat vacuum cleaner, proses membersihkan rumah menjadi lebih cepat dan efektif, sehingga Anda dapat menghemat waktu dan energi.

3. Pengki

Sapu dan pengki termasuk alat kebersihan yang berperan penting dalam membersihkan noda dan kotoran yang melekat pada permukaan yang lebih keras seperti ubin, keramik, atau kaca. Alat ini biasanya terbuat dari bahan plastik atau logam, dan hadir dalam berbagai bentuk yang dirancang untuk berbagai jenis pekerjaan pembersihan. 

Jenis pengki yang dibekali dengan sikat berbulu lembut cocok untuk membersihkan permukaan yang lebih sensitif, sementara pengki dengan sisi berbahan logam dapat digunakan untuk mengikis noda yang lebih keras. 

Baca Juga: Mengenal 18 Macam-Macam Alat Ukur dan Fungsinya

4. Kain Pel Lantai

Setelah Anda selesai menyapu atau menggunakan vacuum cleaner, pel lantai adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Pel lantai hadir dalam berbagai jenis, termasuk yang menggunakan kain microfiber, sehingga lebih efisien dalam mengangkat debu dan kotoran.

Jenis pel lantai ini tidak hanya membersihkan lantai, tetapi juga mengurangi risiko meninggalkan bekas air di lantai. Pel lantai dengan stik teleskopik juga memudahkan Anda mencapai sudut-sudut ruangan yang biasanya sulit dijangkau.

5. Sabun Pencuci Piring

Sabun pencuci piring menjadi salah satu alat kebersihan yang wajib ada di dapur Anda. Selain digunakan untuk mencuci piring, sabun ini juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan lain seperti meja dan kompor. 

Keunggulan sabun pencuci piring yaitu untuk menghilangkan lemak dan minyak dengan cepat, sehingga sangat efektif dalam membersihkan permukaan yang berminyak seperti kompor. Apabila Anda memiliki sabun pencuci piring yang berkualitas, Anda dapat menjaga dapur tetap bersih dan higienis setiap hari.

6. Sikat Toilet

Membersihkan toilet menjadi hal yang wajib Anda lakukan agar merasa nyaman saat Anda menggunakannya. Sikat toilet adalah alat yang dirancang khusus untuk tugas ini. Sikat ini biasanya memiliki bulu-bulu yang kuat dan tahan lama, serta pegangan yang nyaman untuk digenggam. Anda pun dapat membersihkan toilet dengan efisien dan higienis, menjaga kebersihan kamar mandi, dan mencegah penumpukan kotoran yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 10 Peralatan Mekanik Dasar dan Fungsinya

7. Pembersih Jendela

Pembersih jendela termasuk salah satu alat yang penting untuk menjaga jendela tetap kinclong dan bebas dari noda. Anda dapat memilih antara pembersih semprot atau kain kering khusus untuk membersihkan jendela. 

Untuk pembersih semprot biasanya mengandung bahan-bahan khusus yang membantu melunakkan noda dan kotoran pada kaca, sehingga memudahkan Anda saat membersihkannya dengan kain kering.

8. Ember dan Kain Lap

Ember dan lap adalah alat dasar yang sangat berguna untuk membersihkan berbagai permukaan di rumah. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan meja, kursi, atau tumpahan cairan di lantai. 

Untuk ember juga bisa menjadi tempat penyimpanan sementara air bersih, terutama saat Anda akan membersihkan berbagai ruangan. Lap berbahan microfiber menjadi pilihan terbaik, karena mampu mengangkat debu dan kotoran dengan efisien tanpa meninggalkan serat atau noda di permukaan.

9. Alat Pembersih Multifungsi

Alat pembersih multifungsi seperti cairan pembersih serbaguna atau cairan pembersih khusus kamar mandi adalah alat yang praktis untuk membersihkan berbagai jenis permukaan. Cairan pembersih serbaguna biasanya dapat digunakan untuk membersihkan dapur, kamar mandi, dan bahkan permukaan kayu atau plastik. 

Cairan pembersih khusus kamar mandi memiliki formulasi yang dirancang khusus untuk mengatasi noda dan kotoran yang umumnya ditemukan di kamar mandi. Apabila Anda memiliki alat pembersih multifungsi, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan dan mempermudah tugas pembersihan.

Baca Juga: Alat-Alat Pertukangan Kayu Dasar yang Wajib Dimiliki

10. Sarung Tangan Karet

Tidak kalah penting, Anda juga perlu memiliki sarung tangan karet. Sarung tangan ini melindungi tangan Anda dari bahan kimia berbahaya yang sering digunakan dalam pembersihan. 

Selain melindungi kulit tangan, sarung tangan karet juga dapat menjaga kebersihan tangan saat Anda melakukan tugas-tugas pembersihan yang kotor dan berantakan. Apabila menggunakan sarung tangan karet, Anda dapat bekerja dengan aman dan nyaman tanpa khawatir tentang efek buruk dari bahan kimia berbahaya. 

11. Kemoceng

Kemoceng adalah alat pembersih debu yang biasa terbuat dari bulu ayam, tali raffia, atau serat kain. Alat ini sangat penting untuk membersihkan debu dan langit-langit rumah yang sering menjadi tempat bersarang laba-laba. Anda disarankan untuk menjadikan kebiasaan membersihkan debu menggunakan kemoceng setiap hari. Dengan begitu, debu tidak akan menumpuk dan menyebabkan masalah pernapasan.

12. Spons

Spons umumnya dipakai untuk membersihkan peralatan makan dan peralatan dapur. Permukaan salah satu sisi spons biasanya dirancang lebih kasar, memungkinkan untuk menggosok dan membersihkan kotoran yang sulit, contohnya seperti lumut yang mungkin muncul pada permukaan gayung dan objek serupa.

13. Mesin Cuci Piring

Mesin cuci piring adalah alat kebersihan modern yang sangat membantu dalam mengatasi tumpukan piring kotor setelah makan. Mesin cuci piring dirancang untuk membersihkan piring, gelas, dan peralatan makan lainnya secara efisien dan higienis. 

Caranya dengan memasukkan piring ke mesin ini, lalu mesin akan melakukan pembersihan selama beberapa jam. Anda pun dapat menghemat waktu dan usaha yang biasanya dibutuhkan untuk mencuci piring secara manual. Mesin cuci piring juga dapat mengurangi risiko kerusakan pada piring karena cenderung lebih lembut dalam proses pencuciannya. 

Apabila Anda memiliki berbagai alat kebersihan yang ada di rumah, Anda akan siap untuk menjaga rumah tetap bersih dan nyaman. Kebersihan rumah bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga tentang kesehatan dan kenyamanan penghuninya. 

Pastikan Anda memiliki alat kebersihan yang tepat, agar Anda dapat dengan mudah menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari kuman serta bakteri yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. 

Jadi, pastikan untuk selalu memiliki alat-alat kebersihan di rumah Anda dan jadikan aktivitas membersihkan rumah sebagai rutinitas penting yang perlu Anda lakukan. Untuk proses pembersihan rumah yang lebih efisien, Anda memerlukan peralatan kebersihan rumah tangga modern, Anda bisa menemukannya di Kawan Lama Sejahtera.

Tersedia berbagai alat kebersihan rumah tangga yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga dan buat rumah Anda lebih nyaman. 

Sumber rujukan:

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/alat-kebersihan-33492
  • https://www.cleanipedia.com/id/bagian-dalam-rumah/alat-kebersihan-yang-wajib-dimiliki-setiap-rumah.html

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.