Alat-Alat Pertukangan Kayu Dasar yang Wajib Dimiliki

alat alat pertukangan kayu

Alat-Alat Pertukangan Kayu Dasar yang Wajib Dimiliki


Dalam dunia konstruksi dan kerajinan kayu, penggunaan alat-alat pertukangan yang canggih makin penting untuk mencapai hasil yang presisi. Alat-alat pertukangan kayu jelas memainkan peran penting dalam setiap proyek konstruksi maupun kerajinan kayu yang dijalankan.

Penggunaan alat pertukangan kayu juga Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan singkat tentang berbagai alat pertukangan kayu dasar yang wajib dimiliki. Mengetahui berbagai alat ini akan membantu Anda dalam melakukan proyek-proyek konstruksi dengan lebih baik dan efektif.

Kepemilikan berbagai alat pertukangan tersebut juga bukan hanya penting untuk orang-orang yang bekerja dalam dunia konstruksi. Kalau Anda suka membuat lemari atau meja sendiri untuk memenuhi kebutuhan di rumah maka kepemilikan seluruh alat dasar pertukangan juga jadi penting.

Coba cari tahu apa saja berbagai alat pertukangan dasar yang wajib dimiliki berikut ini.


15 Alat-Alat Pertukangan Kayu Dasar yang Wajib Dimiliki

Alat pertukangan kayu yang dimaksudkan tidak harus selalu mengacu kepada mesin-mesin berukuran besar yang digunakan dalam bisnis produksi kayu. Sejatinya alat-alat pertukangan dasar juga mengacu pada alat sederhana seperti palu dan obeng. Penasaran? Langsung saja perhatikan semua alat-alat pentingnya di bawah ini!

1. Mesin Gergaji

Mesin gergaji merupakan alat yang digunakan untuk memotong kayu dengan presisi. Ada berbagai jenis mesin gergaji, termasuk gergaji bundar, gergaji meja, dan gergaji jigsaw. Penggunaan gergaji yang sudah ditenagai oleh mesin sangat penting dimiliki agar Anda tidak menghabiskan banyak tenaga untuk memotong kayu.

2. Mesin Profil

Mesin profil sejatinya digunakan untuk membentuk atau memotong kayu dengan desain yang lebih spesifik daripada sekadar persegi panjang saja. Penggunaan mesin profil lebih banyak untuk Anda yang ingin membuat ukiran atau lekukan secara presisi. Pasalnya alat ini memungkinkan Anda untuk membuat desain pada kayu sesuai dengan bentuk yang diinginkan, seperti alur, lekukan, atau tepi yang melengkung.

3. Mesin Serut

Seperti namanya, penggunaan mesin serut juga berguna untuk menyerut permukaan kayu yang Anda gunakan. Namun tidak sembarangan menyerut kayu, sebenarnya proses penyerutan ini berguna untuk meratakan dan memperhalus permukaan.

Alat ini bekerja dengan menghapus lapisan atas kayu untuk menghasilkan permukaan yang lebih rata dan halus sehingga tidak berbahaya saat digunakan oleh siapa pun.

4. Meteran

Meteran adalah alat pengukur yang sangat penting dalam pertukangan kayu. Melalui penggunaan meteran Anda dapat mengukur dimensi kayu dengan akurasi yang tinggi, memastikan bahwa potongan tersebut sudah sesuai dengan rencana. Meteran yang di pasaran juga dijual dalam berbagai desain serta ukuran panjang yang berbeda sehingga Anda bisa menyesuaikan pembeliannya berdasarkan kebutuhan.

5. Mesin Bor

Mesin bor juga sangat penting untuk di beli karena memudahkan berbagai aktivitas pertukangan. Contohnya seperti saat akan menyatukan bagian kayu yang satu dengan yang lainnya menggunakan baut.

Tentu kedua kayu perlu dilubangi sesuai ukuran baut tersebut. Proses melubanginya inilah yang membutuhkan mesin bor. Pasalnya penggunaan mesin bor untuk melubangi permukaan kayu sangat cepat tanpa usaha keras.

6. Siku

Siku merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sudut pada kayu. Ketika akan menyatukan berbagai potongan kayu menjadi satu kesatuan yang utuh maka Anda perlu menggunakan siku untuk memastikan bahwa kemiringannya sudah tepat. Jangan sampai justru penyatuan kayu yang satu dengan yang lainnya malah melenceng dan akhirnya menciptakan hasil yang buruk.

Baca Juga: Tips Menjaga Performa Angle Grinder Agar Tetap Andal Digunakan

7. Alat Pahat

Alat pahat adalah alat yang digunakan untuk memahat atau mengukir kayu. Meski tidak serta-merta selalu memahat kayu, Anda tetap menggunakannya untuk membuat berbagai bentuk yang diinginkan.

Pahat yang tersedia juga berbeda-beda sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan sehingga pemakaian alat pahat jadi maksimal. Melalui penggunaan berbagai jenis alat pahat, seperti pahat datar, pahat lengkung, dan pahat sudut maka Anda dapat menciptakan bentuk dan detail pada kayu sesuai dengan kreativitas.

8. Obeng berbagai Bentuk

Kemudian ada juga alat perkakas yang disebut sebagai obeng. Alat ini sering digunakan untuk memasang atau melepas baut dengan mudah pada kayu. Setelah kayu dibor menggunakan mata bor yang benar maka pemasangan baut dengan obeng jadi lebih mudah.

Obeng sendiri memiliki berbagai bentuk ujung berbeda untuk berbagai tujuan. Apabila ujung obengnya berbentuk plus maka penggunaannya juga lebih cocok untuk baut dengan bentuk plus. Jika ujungnya berbentuk minus maka penggunaannya akan tepat dengan baut minus.

9. Palu Berbagai Jenis

Palu adalah alat yang digunakan untuk memaku atau memukul kayu. Dalam pertukangan kayu, terdapat berbagai jenis palu, seperti palu garpu, palu penggetar, dan palu pengepakan yang digunakan sesuai kebutuhan.

10. Tang Berbagai Jenis

Tang termasuk alat yang memiliki fungsi untuk memegang atau memotong benda di kayu. Saat ini tidak sulit untuk mencari tang yang Anda butuhkan karena hampir semua toko perkakas menjualnya.

Bahkan Anda bisa membelinya secara online dari mana saja dengan mudah. Namun tang terbagi ke dalam beberapa jenis sehingga Anda harus mengetahui tang seperti apa yang dibutuhkan agar tidak salah melakukan pembelian.

12. Nailer Gun

Nailer gun adalah alat yang digunakan untuk memasang paku atau penjepit pada kayu dengan cepat dan mudah. Alat ini sangat membantu dalam mempercepat proses pemasangan dan mengamankan potongan kayu dengan kuat.

Namun Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena sedikit kesalahan saja bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Pasalnya kekuatan nailer gun untuk memasang paku menggunakan kecepatan tinggi dan kekuatan yang besar.

13. Mesin Gerinda

Terakhir ada mesin gerinda yang digunakan untuk memoles, menghaluskan, atau memotong material kayu. Melalui penggunaan mata gerinda yang sesuai, Anda dapat mencapai hasil yang halus dan presisi pada kayu. Mesin gerinda memberikan fleksibilitas dan kecepatan dalam proses pertukangan kayu.

14. Wood Router

Fungsinya adalah untuk menciptakan beragam profil kayu dan dapat pula digunakan untuk menghasilkan sponing pada kusen pintu atau jendela, membuat alur, serta meratakan tepi kayu.

15. Mesin Amplas Kayu

Sesuai seperti namanya, alat tukang kayu canggih ini memiliki fungsi untuk melakukan pengamplasan pada permukaan kayu dengan lebih efisien. Tingkat kehalusan yang dihasilkan oleh mesin amplas kayu ini bisa disesuaikan dengan nomor kertas amplas yang digunakan.

Baca Juga: 5 Bagian Penting Mesin CNC Milling yang Harus Anda Ketahui

Kepemilikan alat-alat pertukangan kayu dasar dalam rumah Anda jelas akan banyak memudahkan ketika ingin melakukan renovasi atau perbaikan minor. Seperti keberadaan mesin gergaji dan mesin gerinda yang memberikan hasil signifikan sesuai dengan perencanaan awal.

Penggunaan berbagai alat pertukangan kayu tersebut juga sangat mudah sehingga Anda tidak perlu membuang banyak tenaga hanya untuk memotong atau menghaluskan permukaan kayu. Itu sebabnya kepemilikan berbagai alat dasar pertukangan kayu akan banyak memberikan keuntungan serta bantuan yang Anda butuhkan.

Jika Anda sedang mencari mesin potong kayu dan alat perkakas lainnya yang berkualitas maka tidak perlu khawatir. Kalista (Kawan Lama Intelligent Assistance) merupakan distributor tepercaya yang menyediakan berbagai pilihan mesin potong kayu dan alat-alat pertukangan lainnya dengan kualitas dan harga terbaik.

Jadi mesin atau alat pertukangan apa yang Anda butuhkan? Langsung saja cari semuanya hari ini juga hanya di Kawan Lama Solution!

Sumber:

  • https://salamadian.com/alat-tukang-kayu-tradisional-modern/
  • https://yaletools.com/id/macam-peralatan-tukang-kayu/
  • http://dapurteknik.com/dnews/50013/jenis-alat-teknik-yang-digunakan-tukang-kayu-modern.html

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.