5 Cara Membersihkan Lantai Marmer Dengan Mudah

5 Cara Membersihkan Lantai Marmer dengan Mudah

5 Cara Membersihkan Lantai Marmer Dengan Mudah


Lantai marmer adalah salah satu jenis lantai yang paling indah dan elegan. Namun, lantai marmer juga sangat rentan terhadap kerusakan dan noda jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan lantai marmer di rumah Anda. Pada artikel kali ini, Kawan Lama Sejahtera panduan lengkap dalam cara membersihkan lantai marmer dengan mudah, termasuk tips dan trik untuk menjaga kebersihan dan keindahan dari lantai ini.


Berbagai Cara Membersihkan Lantai Marmer


Lantai marmer adalah jenis lantai yang sangat sensitif terhadap goresan dan noda. Jika tidak dirawat dengan baik, lantai marmer bisa rusak dan kehilangan kilauannya. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan lantai marmer secara teratur dan menggunakan bahan yang tepat untuk menjaga kebersihan dan keindahan lantai marmer.

Selain rentan terhadap kerusakan, lantai marmer juga bisa menjadi sarang bakteri jika tidak dibersihkan secara teratur. Kotoran dan debu bisa menumpuk di permukaan lantai marmer dan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan virus. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan lantai marmer secara teratur untuk menjaga kesehatan keluarga Anda.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan lantai marmer. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba di rumah:


1. Menggunakan Cairan Pembersih yang Lembut

Penggunaan cairan pembersih yang lembut seperti sabun pencuci piring cair atau cairan pembersih yang dirancang khusus untuk lantai marmer tidak akan merusak kualitas lantai marmer. Gunakan kain lembut atau spons untuk membersihkan lantai marmer dengan cairan pembersih tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet

2. Gunakan Pembersih Khusus Marmer

Terdapat cairan khusus yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan lantai marmer. Cairan ini biasanya mengandung bahan-bahan yang aman untuk jenis lantai ini dan tidak akan merusak kualitasnya. Aplikasikan cairan khusus ini dengan kain lembut atau spons untuk membersihkan lantai marmer. Ikuti petunjuk yang tersedia agar tidak salah dalam mengaplikasikannya.


3. Gunakan Baking Soda

Penggunaan campuran baking soda dan air pada permukaan marmer bisa membersihkan kotoran pada lantai. Campur baking soda dengan air hingga membentuk pasta, setelah itu ambil kain halus untuk mengaplikasikannya pada permukaan lantai marmer. Gosok perlahan dan lanjutkan dengan pembilasan menggunakan air bersih dan keringkan.


4. Hidrogen peroksida

Penggunaan hidrogen peroksida yang tepat bisa membantu dalam menghilangkan noda pada lantai marmer. Campurkan hidrogen peroksida dengan air dalam rasio 1:1, lalu aplikasikan pada noda pada lantai marmer. Gosok dengan kain lembut atau spons, lalu bilas dengan air bersih dan segera keringkan.


5. Segera Bersihkan Tumpahan

Jangan biarkan tumpahan dari zat apapun berada terlalu lama pada permukaan lantai marmer. Tumpahan dari zat seperti minyak, jus, atau wine bisa meninggalkan noda pada lantai marmer jika tidak segera dibersihkan. Gunakan berbagai cara di atas untuk menghilangkan noda dari tumpahan ini.


Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Karat pada Besi secara Mudah


Tips dan Trik untuk Menjaga Kebersihan dan Keindahan Lantai Marmer


Selain membersihkan lantai marmer secara teratur, terdapat beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan lantai marmer. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba di rumah:


1. Mengurangi Kotoran dari Luar Dengan Alas Kaki Dalam Ruangan

Gunakan alas kaki dalam ruangan untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke dalam rumah. Dengan mengurangi kotoran dari luar, Anda bisa mengurangi jumlah kotoran yang menempel pada lantai marmer sekaligus menjaga kebersihan tempat tinggal.


2. Sapu dan Pel Lantai dengan Rutin

Kegiatan menyapu dan mengepel jika dilakukan secara rutin dapat membantu Anda dalam menjaga kebersihan dari lantai marmer. Tidak hanya itu saja, tapi kenyamanan juga bisa dirasakan oleh penghuni ataupun tamu-tamu yang berkunjung.


Baca Juga: 3 Cara Ini Bikin Alat Injector Cleaner Tetap Awet


3. Gunakan Pembersih yang Dianjurkan

Hindari penggunaan pembersih yang keras atau berbahan kimia yang dapat merusak lantai marmer. Gunakan pembersih yang dianjurkan untuk lantai marmer atau bahan alami seperti baking soda dan sabun pencuci piring cair.

 

Membersihkan lantai marmer tidak akan menjadi sulit jika Anda tahu cara yang tepat. Dengan perawatan yang tepat, lantai marmer Anda akan tetap indah dan tahan lama. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin dan menghindari penggunaan bahan kimia yang keras untuk menjaga keindahannya.

Pemilihan peralatan pembersih dan perawatan rumah juga akan mempengaruhi kualitas tampilan dan usia lantai marmer Anda. Gunalan alat pembersih rumah tangga dari Kawan Lama Sejahtera yang tentu saja berkualitas dan bisa diandalkan. Cek berbagai produk unggulan kami di sini.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.