4 Cara Membersihkan Lantai Granit dengan Mudah

4 Cara Membersihkan Lantai Granit dengan Mudah

4 Cara Membersihkan Lantai Granit dengan Mudah


Apakah Anda ingin memberikan sentuhan elegan dan modern pada konsep interior rumah Anda? Kalau begitu, lantai granit bisa menjadi pilihan. Namun, seperti lantai lainnya, lantai granit juga memerlukan perawatan yang tepat agar tetap bersih dan terlihat indah. Bagaimana cara membersihkan lantai granit tersebut? 

Salah satu aspek penting dari perawatan ini adalah membersihkan lantai granit dengan cara yang benar. Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah yang mudah dan tepat dalam membersihkan lantai granit tersebut, Anda bisa simak uraian lengkapnya di bawah ini. 


4 Cara Membersihkan Lantai Granit dengan Mudah


Untuk menjaga tampilan lantai granit, diperlukan perawatan yang tepat dan metode pembersihan yang benar. Pentingnya menjaga kebersihan lantai granit ini tidak dapat diabaikan. Kotoran, debu, dan tumpahan cairan sehari-hari secara perlahan bisa mengurangi kilau asli lantai ini. Namun, dengan beberapa langkah sederhana di bawah ini, Anda bisa memastikan lantai granit tetap bersih dan memukau sepanjang waktu. 


1. Pembersihan Sehari-hari

Pembersihan lantai sehari-hari secara rutin menjadi langkah pertama yang penting Anda lakukan. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran ringan dari permukaan lantai. 

Jika ada tumpahan cairan, segera lap dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan air hangat dan sedikit sabun netral. Hindari penggunaan pembersih dengan kandungan abrasif yang dapat merusak lapisan pelindung lantai granit di rumah Anda. 


2. Cuci Rutin dengan Larutan Lembut

Lakukan pembersihan secara rutin menggunakan larutan pembersih yang lembut. Campurkan air hangat dengan beberapa tetes detergen ringan atau pembersih khusus untuk batu alam. Pastikan tidak menggunakan bahan kimia abrasif atau asam yang dapat merusak permukaan granit. 

Gunakan kain lembut atau mop mikrofiber untuk mengaplikasikan larutan ini. Gosok secara lembut dan bilas dengan air bersih untuk menghindari residu pembersih yang dapat meninggalkan noda.


3. Mengatasi Noda Membandel

Jika di lantai granit tersebut ada noda membandel seperti noda minyak atau tinta, segera tangani dengan hati-hati. Ambil kain lembut atau tisu bersih, kemudian basahi dengan sedikit alkohol atau penghapus tinta. 

Tempelkan dengan lembut pada noda dan gosok perlahan sampai noda terangkat. Setelah noda hilang, bersihkan area tersebut dengan air hangat dan lap kering. Jangan sampai Anda membersihkan noda dengan benda tajam, karena ini dapat merusak permukaan lantai granit.


Baca Juga: 3 Cara Ini Bikin Alat Injector Cleaner Tetap Awet


4. Penutup Lantai dan Perawatan Tambahan

Untuk mencegah kerusakan akibat goresan atau benturan, gunakan karpet atau permadani pada area yang sering dilalui atau ditempati. Pastikan karpet memiliki lapisan pelindung di bagian bawahnya untuk menghindari gesekan yang dapat merusak lantai granit. Selain itu, perawatan tambahan seperti penggunaan pelindung lantai dapat membantu mempertahankan kilau dan keindahan lantai granit Anda dalam jangka panjang.


Baca Juga: 7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet


Tips Merawat Lantai Granit dengan Mudah


Selain cara membersihkan lantai granit, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda terapkan untuk merawat lantai ini dengan lebih baik. Penting untuk Anda merawat lantai granit ini agar awet dan tahan lama. Yuk langsung simak saja tipsnya di bawah ini. 


1. Hindari Bahan Abrasif

Langkah pertama dalam merawat lantai granit dengan benar adalah menghindari penggunaan bahan-bahan abrasif yang dapat merusak permukaan indahnya. Bahan-bahan seperti sikat kasar atau spons yang kasar memiliki potensi untuk merusak lapisan pelindung pada lantai granit, bahkan menghasilkan goresan yang tidak diinginkan. 

Jadi, pastikan Anda menggunakan kain yang lembut saat membersihkan lantai granit ini. Bila ingin menghindari potensi goresan, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan dan menjaga tampilan lantai granit tersebut. 


2. Jaga Kelembapan Ruangan

Meskipun granit memiliki ketahanan yang baik, lantai ini tetap merupakan material yang rentan terhadap perubahan suhu dan kelembapan yang ekstrem. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan ruangan di mana lantai granit ini dipasang. 

Perubahan suhu dan kelembapan yang drastis dapat mengakibatkan lantai retak atau pecah. Pastikan ruangan tetap memiliki kelembapan yang seimbang dengan menggunakan pengontrol kelembapan jika diperlukan, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan iklim kering. Upayakan menjaga kondisi lingkungan yang stabil agar lantai granit tetap dalam kondisi prima.


3. Gunakan Pelindung Bawah Furnitur

Seringkali, furnitur seperti meja, kursi, atau lemari memiliki kaki yang bersentuhan langsung dengan permukaan lantai granit. Sentuhan ini bisa menyebabkan gesekan yang berpotensi merusak atau menggores permukaan lantai granit yang halus. 

Untuk mencegah hal ini, gunakan pelindung atau karet di bawah kaki furnitur tersebut. Pelindung ini berfungsi sebagai penghalang antara permukaan lantai granit dan kaki furnitur, serta mengurangi risiko goresan atau kerusakan. 


Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Karat pada Besi secara Mudah


4. Lakukan Pemolesan Berkala

Meskipun granit dikenal dengan kekuatannya, lapisan pelindung yang ada pada permukaannya tetap dapat mengalami aus seiring berjalannya waktu dan penggunaan. Untuk mempertahankan kilau alami dan estetika lantai granit Anda, lakukan pemolesan berkala.

Pemolesan ini tidak hanya akan memberikan lapisan pelindung tambahan, tetapi juga membantu dalam memperpanjang umur lantai granit Anda. Ingat untuk mengikuti petunjuk penggunaan produk pemoles dengan cermat dan hati-hati agar hasilnya memuaskan.


Bagaimana, cara membersihkan lantai granit ini cukup mudah bukan? Penting untuk selalu melakukan pembersihan dan perawatan rutin pada lantai granit Anda agar tampilannya selalu dalam keadaan optimal. Interior rumah Anda pun akan tampak bagus setiap saat. 

Perawatan yang tepat akan meningkatkan umur lantai granit Anda hingga bertahun-tahun. Untuk membersihkan debu pada lantai granit, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner yang tersedia di Kawan Lama Sejahtera.


Vacuum cleaner tersebut dibekali dengan fitur dan mesin yang canggih, sehingga proses pembersihan ini dapat dilakukan dengan optimal. Tidak hanya vacuum cleaner, Kawan Lama Sejahtera juga menyediakan alat pembersih rumah tangga lainnya.

Untuk mendapatkan vacuum cleaner serta alat pembersih rumah tangga tersebut, Anda bisa kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga. 


Sumber rujukan:

https://demix.co.id/cara-membersihkan-noda-membandel-pada-granit/#:~:text=Untuk%20membersihkan%20lantai%20granit%2C%20selain,kain%20lembut%20atau%20kain%20pel

https://berita.99.co/cara-membersihkan-lantai-granit-yang-kusam/ 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.