5 Cara Mencuci Tangan yang Benar dan Manfaatnya

cara mencuci tangan yang benar

5 Cara Mencuci Tangan yang Benar dan Kenapa Penting Dilakukan


Mencuci tangan mungkin terdengar seperti tindakan sepele, tetapi tahukah Anda bahwa ini adalah kunci rahasia yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan?

Bahkan sejak keberadaan pandemi, cara mencuci tangan yang benar terus digaungkan agar masyarakat tidak memberikan kesempatan bagi kuman untuk bertumbuh. 

Meskipun sederhana, Anda perlu tahu bahwa mencuci tangan yang tepat dapat memberikan perlindungan dari berbagai penyakit yang mengintai di sekitar.

Pasalnya setiap hari Anda bisa secara tidak sadar menyentuh berbagai benda yang memiliki bakteri atau kuman berbahaya. 

Jika tangan tidak dicuci maka bakteri atau kuman akan terus tinggal serta mulai berkembang. Supaya Anda dapat menjaga kesehatan lebih baik lagi, pastikan penjelasan cara mencuci tangan yang benar di bawah ini diperhatikan dengan baik. 

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Meskipun sudah banyak imbauan yang diberikan, tetapi masih ada sebagian kelompok masyarakat yang tidak mengerti bagaimana cara cuci tangan yang tepat. Untuk mengingatkan sekaligus menyadarkan, berikut cara mencuci tangan yang efektif menghilangkan bakteri dan kuman. 

1. Basahi Tangan Anda dengan Air Bersih yang Mengalir

Langkah pertama dalam mencuci tangan yang benar adalah membasahi tangan dengan air bersih. Tidak peduli menggunakan air hangat atau air dingin, Anda bisa memilihnya sesuai preferensi.

2. Gunakan Sabun

Tentu mencuci tangan dengan air saja tidak cukup, Anda perlu mengaplikasikan sabun. Gunakan sabun yang lembut, aman, dan dapat membunuh berbagai kuman di kulit Anda.

Hindari sabun yang terlalu keras karena bisa membuat tangan Anda kering berlebihan yang pada akhirnya justru menjadi pintu terbuka bagi bakteri masuk ke dalam tubuh. 

Baca juga: 7 Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun

3. Gosok Kedua Telapak Tangan Secara Menyeluruh

Setelah Anda membasahi tangan dan menggunakan sabun, langkah ketiga yang harus dilakukan ialah menggosok tangan secara menyeluruh.

Pastikan Anda menggosok punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku Anda. Gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik, seperti menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" dua kali.

4. Bilas Tangan dengan Air Bersih

Jika semua bagian tangan sudah terkena sabun maka sekarang saatnya membilan tangan secara menyeluruh di bawah air mengalir. Pastikan semua sisa sabun terbilas dengan baik sehingga tangan Anda benar-benar bersih.

5. Keringkan Tangan dengan Tisu atau Handuk Bersih

Setelah tangan Anda dibasahi dan dibilas dengan baik, langkah selanjutnya adalah mengeringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu. Jangan lupa mengeringkan sela-sela jari dan area di bawah kuku dengan baik.

Baca Juga: 7 Jenis Sarung Tangan Safety dan Fungsinya

Mengapa Penting Mencuci Tangan dengan Benar?

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa mencuci tangan yang benar sangat penting untuk memberikan perlindungan terhadap kuman.

Namun hal ini bukan satu-satunya alasan mengapa Anda perlu mencuci tangan dengan benar. Coba cari tahu lebih banyak mengapa mencuci tangan sangat penting dilakukan. 

1. Mencegah Penyebaran Penyakit

Salah satu alasan terpenting untuk mencuci tangan dengan benar adalah mencegah penyebaran penyakit. Kuman, bakteri, dan virus sering menempel pada tangan melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi atau orang lain yang mungkin sudah terinfeksi. 

Mencuci tangan dengan benar dapat membantu menghilangkan kuman ini sebelum mereka memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam tubuh atau menyebar ke orang lain.

2. Melindungi Diri dan Orang Lain

Mencuci tangan dengan benar bukan hanya dilakukan untuk melindungi diri Anda, tetapi juga melindungi orang lain di sekitar. 

Hal ini secara khusus penting bagi individu yang lebih rentan terhadap infeksi, seperti anak-anak kecil, lansia, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Namun dengan mencuci tangan yang benar maka Anda sudah ikut serta dalam melindungi kesehatan mereka.

3. Mencegah Keracunan Makanan

Mencuci tangan sebelum memasak atau menyentuh makanan adalah langkah penting dalam mencegah keracunan makanan.

Tanpa mencuci tangan dengan benar, Anda bisa mentransfer kuman dari tangan Anda ke makanan yang akan dimakan. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, terutama jika makanan tersebut tidak dimasak dengan baik.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Dengan Benar

Kapan Harus Mencuci Tangan?

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa denagn rutin cuci tangan dapat mencegah penularan berbagai penyakit yang terjadi karena infeksi virus maupun bakteri. Lalu pada saat kapan harus mencuci tangan?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan untuk mencuci tangan pada waktu berikut ini:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan.
  • Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang sudah menggunakan toilet.
  • Sebelum dan sesudah merawat orang di rumah yang sakit muntah atau diare.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah menangani makanan hewan atau camilan hewan peliharaan.
  • Sebelum dan sesudah merawat luka.
  • Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewan.
  • Setelah membuang sampah.

Baca juga: 13 Alat Kebersihan yang Wajib Dimiliki di Rumah Anda

Sekarang Anda telah mempelajari betapa pentingnya cara mencuci tangan yang benar dalam menjaga kesehatan diri dan orang-orang di sekitar.

Tindakan sederhana ini merupakan langkah pertama yang kuat dalam mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesejahteraan bersama. 

Namun untuk memastikan Anda selalu mencuci tangan dengan baik, tentu diperlukan tempat sabun berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan. Kawan Lama Solution adalah tempat yang tepat untuk mencari berbagai jenis tempat sabun yang Anda butuhkan.

Kawan Lama Solution menyediakan beragam pilihan, mulai dari bentuk botol yang ditekan hingga bentuk tabung dengan sistem otomatis yang canggih untuk menghindari pertumbuhan kuman. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi Kawan Lama Solution dan lengkapi langkah penting ini dalam menjaga kesehatan Anda!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.