6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Dengan Benar

6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi dengan Benar

6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Dengan Benar


Kamar mandi menjadi salah satu area di rumah yang membutuhkan perhatian khusus dalam hal kebersihan. Lantai kamar mandi sering terpapar oleh air, sabun, noda, dan kotoran lainnya yang dapat mengakibatkan pertumbuhan kuman, jamur, dan bakteri jika tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, mengetahui cara membersihkan lantai kamar mandi yang benar dan tepat adalah hal yang penting.

Melalui rutinitas membersihkan lantai kamar mandi yang tepat, Anda tidak hanya akan meraih lantai yang bersih secara visual, tetapi juga akan merasakan manfaat luar biasa dari aspek kesehatan dan kenyamanan. Ingin tahu lebih lanjut tentang cara membersihkan lantai kamar mandi? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.


6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi dengan Benar


Membersihkan lantai kamar mandi dengan benar bukanlah tugas sepele, melainkan suatu langkah penting untuk memastikan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi seluruh penghuni rumah. Berikut ini adalah enam cara efektif untuk membersihkan lantai kamar mandi dengan benar:


1. Persiapan yang Teliti sebelum Memulai

Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan Anda melakukan persiapan yang teliti. Pertama, pastikan semua peralatan dan bahan pembersih yang diperlukan sudah tersedia. Selain itu, pastikan area sekitar lantai kamar mandi sudah bersih dari barang-barang yang dapat menghambat proses pembersihan. Apabila Anda melakukan persiapan yang baik, Anda akan lebih mudah menjalankan tahapan-tahapan pembersihan selanjutnya.


2. Pengangkatan Debu dan Sampah

Langkah pertama dalam proses pembersihan adalah mengangkat debu dan sampah yang mungkin ada di lantai kamar mandi. Gunakan sapu atau penyedot debu untuk menghilangkan partikel-partikel kecil seperti rambut, serpihan sabun, atau kotoran lainnya. Pastikan Anda fokus pada sudut-sudut ruangan dan area di bawah wastafel atau toilet yang sering terabaikan. 


Baca Juga: 3 Cara Ini Bikin Alat Injector Cleaner Tetap Awet


3. Mengatasi Noda dan Kotoran

Noda dan kotoran seperti tumpahan cairan atau sisa-sisa sabun seringkali menempel pada lantai kamar mandi. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan sabun pembersih khusus lantai kamar mandi. 

Oleskan sabun pada permukaan lantai yang terkena noda dan biarkan beberapa saat agar sabun dapat melunakkan kotoran. Gunakan sikat dengan bulu-bulu lembut untuk membersihkan noda yang membandel. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, Anda dapat mengulangi proses ini beberapa kali.


4. Pembersihan dengan Air Bersih

Setelah mengatasi noda dan kotoran, langkah selanjutnya adalah membilas lantai dengan air bersih. Isi ember dengan air bersih dan gunakan kain lap untuk membersihkan lantai secara menyeluruh. Proses ini akan membantu menghilangkan residu sabun dan kotoran yang mungkin masih tersisa. Pastikan Anda mengganti air dalam ember jika airnya sudah terlihat keruh atau kotor dan agar tetap menjaga kebersihannya.


5. Keringkan dengan Baik

Pengeringan lantai kamar mandi merupakan langkah penting untuk mencegah penumpukan air yang dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri. Gunakan kain lap bersih atau alat pengering lantai untuk menghilangkan kelebihan air. Jangan lupa untuk mengeringkan juga area di sekitar wastafel, bathtub, dan toilet. Untuk lantai yang lebih sensitif, pastikan kain lap yang digunakan tidak menggores permukaannya.


6. Menjaga Kebersihan Secara Rutin

Langkah terakhir namun tak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan lantai kamar mandi secara rutin. Buatlah jadwal pembersihan mingguan atau dua mingguan untuk memastikan lantai tetap bersih dan nyaman digunakan. Selain itu, hindari menunda pembersihan jika terjadi tumpahan atau noda agar lebih mudah diatasi. Menjaga kebersihan secara rutin dapat mencegah penumpukan kotoran atau kerak yang sulit dihilangkan di masa depan.


Baca Juga: 7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet


Alat dan Bahan untuk Membersihkan Lantai Kamar Mandi


Membersihkan lantai kamar mandi bukan hanya tentang membersihkan noda dan kotoran, tetapi juga melibatkan pemilihan alat dan bahan yang tepat. Persiapan yang cermat akan memastikan bahwa Anda dapat melakukan tugas pembersihan dengan efisiensi dan hasil yang maksimal. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk membersihkan lantai kamar mandi:


1. Sabun Pembersih Khusus Lantai Kamar Mandi

Dalam proses membersihkan lantai kamar mandi, sabun pembersih khusus memiliki peran utama. Pilihlah sabun yang diformulasikan khusus untuk mengatasi tumpahan sabun, noda mineral, dan kotoran lain yang umumnya terdapat di lantai kamar mandi. Pastikan sabun tersebut aman digunakan pada jenis lantai Anda, sehingga dapat membersihkan tanpa merusak permukaan.


2. Sikat dengan Bulu-bulu Lembut

Sikat dengan bulu-bulu lembut menjadi mitra penting dalam mengatasi noda dan kotoran yang menempel pada lantai. Pilih sikat dengan bulu-bulu lembut agar tidak menggores atau merusak permukaan lantai, terutama jika lantai terbuat dari bahan yang sensitif seperti kayu atau vinyl. Sikat ini akan membantu Anda membersihkan dengan teliti tanpa mengorbankan integritas lantai.


3. Ember dan Kain Lap

Proses pembersihan tidak hanya melibatkan mengangkat kotoran, tetapi juga melibatkan bilasan yang menyeluruh. Untuk itu, persiapkan ember berisi air bersih yang akan digunakan untuk membilas lantai setelah pembersihan selesai. Juga, pastikan Anda memiliki kain lap yang berkualitas baik dan mampu menyerap air dengan efektif untuk mengeringkan lantai setelah dibersihkan.


4. Sarung Tangan Pelindung

Perlindungan diri adalah hal yang tak boleh diabaikan ketika Anda berurusan dengan bahan pembersih dan kotoran. Gunakan sarung tangan pelindung yang sesuai ukuran tangan Anda untuk melindungi kulit dari paparan bahan kimia dan mikroorganisme berbahaya. Sarung tangan ini juga akan membantu menjaga kesehatan kulit Anda saat melakukan pembersihan.


Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Karat pada Besi secara Mudah


5. Alat Pengering atau Kipas Angin

Setelah proses pembersihan dan pembilasan selesai, lantai perlu dikeringkan dengan baik. Alat pengering lantai khusus atau kipas angin dapat membantu mempercepat proses pengeringan. Pastikan Anda mengeringkan lantai secara merata, termasuk di sudut-sudut yang sulit dijangkau, untuk mencegah kelebihan air yang dapat menyebabkan lantai menjadi licin atau bahkan rusak.

Membersihkan lantai kamar mandi melibatkan lebih dari sekadar menghapus noda. Perlu Anda ketahui menjaga kebersihan kamar mandi merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan rumah. 

Kamar mandi adalah salah satu area yang sering digunakan dan memiliki potensi tinggi untuk menjadi tempat berkembang biaknya kuman, bakteri, jamur, dan mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Sebab itu, menerapkan cara membersihkan lantai kamar mandi di atas bukan hanya membuat tampilan kamar mandi menjadi lebih bersih saja, tetapi juga membantu menjaga kesehatan. 


Namun, dalam prosesnya, Anda tentu membutuhkan peralatan yang tidak sembarangan untuk membuat keramik agar lebih awet. Tenang saja, Anda dapat menjaga kebersihan seluruh rumah dengan lebih efektif dengan menggunakan alat pembersih rumah tangga berkualitas dari Kawan Lama Sejahtera. 

Kawan Lama Sejahtera memahami pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan higienis, dan itulah sebabnya kami menawarkan beragam pilihan alat pembersih berkualitas tinggi yang dirancang untuk membuat rutinitas pembersihan Anda lebih efisien dan efektif.


Dapatkan kualitas terbaik dalam menjaga kebersihan rumah atau bangunan komersial, sehingga Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat, nyaman, dan menyegarkan. Kunjungi Kawan Lama Sejahtera untuk melihat berbagai produk pembersih yang tersedia dan mulailah perjalanan Anda menuju kebersihan dan kesehatan yang lebih baik.


Sumber:

https://www.happyfresh.id/blog/lifestyle/cara-membersihkan-lantai-kamar-mandi/ 

https://www.ruparupa.com/blog/cara-membersihkan-kerak-di-kamar-mandi/

https://www.cleanipedia.com/id/5-cara-membersihkan-keramik-kamar-mandi-yang-kuning.html

https://www.ruparupa.com/blog/cara-membersihkan-keramik-kamar-mandi/

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.