7 Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun untuk Kesehatan

manfaat mencuci tangan dengan sabun

7 Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun yang Jarang Diketahui


Salah satu manfaat mencuci tangan dengan sabun adalah membantu membersihkan tangan Anda dari kuman dan bakteri secara menyeluruh. Namun manfaatnya bukan hanya itu saja, masih ada manfaat lain yang jarang diketahui.

Dalam artikel ini Anda akan diajak mempelajari berbagai manfaat mencuci tangan dengan sabun yang mungkin belum pernah disadari sebelumnya. Siapkan diri Anda untuk terkejut oleh fakta-fakta menarik yang sudah tersedia di bawah ini! 

Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun

Berikut berbagai manfaat mencuci tangan dengan sabun yang perlu Anda pahami. 

1. Menghilangkan Kuman dan Bakteri

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa manfaat utama yang paling penting dari kebiasaan cuci tangan dengan sabun ialah penghilangan kuman dan bakteri yang menempel pada kulit Anda.

Tangan sering kali menjadi sarana bagi kuman dan bakteri untuk berpindah, entah itu ke benda-benda, atau permukaan lainnya.

Namun dengan mencuci tangan memakai sabun maka Anda sebenarnya sedang membunuh dan menghilangkan kuman, serta membantu mencegah infeksi.

2. Mencegah Penyebaran Penyakit

Dengan mencuci tangan dengan sabun, Anda telah mencegah penyebaran penyakit secara tidak langsung. Saat menyentuh berbagai permukaan dan benda sepanjang hari, Anda bisa dengan mudah mengambil kuman. 

Membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah bersentuhan dengan orang yang sakit akan memberikan pencegahan terhadap penyebaran penyakit seperti flu, demam, dan infeksi saluran pernapasan.

3. Mencegah Infeksi Saluran Pencernaan

Mencuci tangan dengan sabun bukan hanya penting untuk mencegah infeksi saluran pernapasan, tetapi juga infeksi saluran pencernaan.

Tangan yang bersih membantu mencegah infeksi yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Tindakan ini merupakan langkah sederhana untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

4. Menjaga Kebersihan Kulit

Selain menghilangkan kuman, mencuci tangan dengan sabun juga membantu menjaga kebersihan kulit Anda. Sabun mengangkat kotoran dan minyak yang bisa mengakumulasi pada kulit sepanjang hari. Ini bisa membantu mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Meningkatkan Keamanan Pasien di Rumah Sakit

Dalam konteks lingkungan rumah sakit, praktik mencuci tangan dengan sabun memiliki manfaat yang penting. Ini adalah langkah penting dalam menjaga keamanan pasien di rumah sakit.

Petugas kesehatan yang mencuci tangan dengan benar membantu mencegah penyebaran infeksi nosokomial, yang bisa berbahaya bagi pasien yang sedang sakit.

6. Menjaga Kebersihan Makanan

Mencuci tangan dengan sabun juga penting dilakukan ketika mempersiapkan makanan untuk mencegah kontaminasi silang dan penyebaran kuman dari tangan ke makanan yang akan disajikan. Kebersihan dalam pengolahan makanan merupakan kunci untuk mencegah keracunan.

7. Mengurangi Risiko Infeksi Mata

Mencuci tangan dengan sabun juga membantu mengurangi risiko infeksi mata seperti konjungtivitis (mata merah). Kuman yang berpindah dari tangan ke mata dapat menyebabkan infeksi tersebut yang sebenarnya dapat dicegah dengan mencuci tangan secara teratur.

Baca Juga: Alat Kebersihan yang Wajib Dimiliki di Rumah Anda

Cara Mencuci Tangan dengan Sabun yang Benar

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah langkah penting dalam menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran penyakit. Berikut adalah langkah-langkah yang benar untuk mencuci tangan dengan sabun:

1. Basahi Tangan dengan Air Bersih

Langkah pertama adalah basahi tangan Anda dengan air mengalir dan dilanjutkan dengan menggunakan sabun.

Anda dapat menggunakan sabun cair atau sabun batangan yang bersih dan meletakkan di telapak tangan Anda. Pastikan sabun tersebut cukup untuk menutupi seluruh permukaan tangan.

2. Gosok Telapak Tangan

Pastikan Anda menggosokkan telapak tangan Anda dan mencakup seluruh permukaan tangan, termasuk sela-sela jari dan bagian bawah kuku satu sama lain hingga menghasilkan busa, selama minimal 20 detik

3. Bilas Tangan dengan Air Bersih dan Keringkan

Setelah dirasa cukup, bilas tangan Anda dengan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa sabun dan kotoran.

Kemudian keringkan tangan Anda dengan handuk bersih atau kertas tisu. Pastikan untuk menyeka tangan dengan lembut hingga benar-benar kering.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencuci tangan dengan sabun secara efektif untuk membersihkan dan melindungi diri dari kuman dan penyakit. Idealnya, mencuci tangan dilakukan selama minimal 20 detik.

Baca juga: 3 Rekomendasi Dispenser Sabun Berkualitas

Cara Praktis Lainnya untuk Menjaga Kesehatan Tangan

Selain mencuci tangan dengan sabun, ada beberapa cara praktis lainnya untuk menjaga kesehatan Anda dan mencegah penyebaran penyakit. Mari bahas beberapa di antaranya berikut ini. 

1. Gunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer yang mengandung alkohol dapat menjadi alternatif yang baik ketika Anda tidak memiliki akses ke air dan sabun. Gunakan hand sanitizer dengan benar dan gosokkan pada seluruh permukaan tangan hingga kering.

Sebaiknya Anda selalu membawa hand sanitizer untuk memudahkan membersihkan tangan meski sedang berada di tempat atau transportasi umum.

2. Hindari Menyentuh Wajah

Kuman juga dapat masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Itu sebabnya Anda perlu menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih.

Terutama jika Anda telah bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi seperti smartphone, meja, pegangan tangan di kereta, dan lain sebagainya.

3. Tutup Mulut dan Hidung saat Batuk atau Bersin

Ketika Anda batuk atau bersin, jangan lupa untuk menutupnya dengan tisu atau siku tangan yang terlipat. Hal ini sangat penting karena dapat membantu mencegah penyebaran tetesan cairan yang mengandung kuman ke lingkungan di sekitar Anda.

4. Jaga Jarak Sosial

Terutama selama pandemi atau musim flu, menjaga jarak sosial dengan orang lain sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit.

Hindari kerumunan, pertemuan besar, dan interaksi fisik yang berdekatan dengan orang yang mungkin sedang sakit. Gunakan masker sehingga mulut dan hidung Anda terlindungi dari virus yang ada di udara. 

5. Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Selain menjaga kebersihan tubuh, menjaga kebersihan lingkungan juga penting. Bersihkan permukaan-permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu, tombol lift, atau meja dengan disinfektan secara berkala untuk mengurangi risiko kontaminasi silang.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Tempat Sampah dengan Benar

Jadi itu dia berbagai manfaat mencuci tangan dengan sabun yang perlu Anda pahami. Semoga adanya informasi ini membuat Anda menyadari bahwa mencuci tangan dengan sabun merupakan tindakan yang krusial untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang tersayang yang ada di sekitar Anda. 

Mulai sekarang, pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan bawa hand sanitizer ketika bepergian. Jika Anda belum punya tempat sabun di rumah, kantor, atau hotel atau tempat bisnis lainnya, coba kunjungi Kawan Lama Sejahtera.

Di sini Anda akan menemukan berbagai jenis tempat sabun yang akan berguna ketika ingin mencuci tangan. 

Kalau begitu langsung saja temukan tempat sabun terbaik sesuai kebutuhan hanya dengan mengunjungi Kawan Lama Solution!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.