7 Jenis Sarung Tangan Safety dan Fungsinya

jenis sarung tangan safety

7 Jenis Sarung Tangan Safety dan Fungsinya


Sarung tangan safety bukan sekadar aksesoris, tetapi alat pelindung yang krusial untuk menjaga tangan Anda dari berbagai risiko yang mungkin timbul ketika sedang bekerja. Dalam artikel ini, Anda akan diajak menjelajahi beragam jenis sarung tangan safety yang tersedia. 

Kemudian ada yang tidak kalah penting, yaitu mengetahui masing-masing fungsi sarung tangan safety yang ada. Melalui penjelasan tentang jenis-jenis sarung tangan safety dan fungsinya di bawah ini, semoga Anda jadi bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan nyaman tanpa khawatir akan terluka. 

Kalau begitu mari langsung pelajari informasi lengkapnya di bawah ini! 

Apa itu Sarung Tangan Safety?

Sarung tangan safety adalah alat pelindung yang dirancang khusus untuk melindungi tangan Anda dari berbagai risiko dan bahaya selama bekerja atau beraktivitas. Mereka bukan hanya perlengkapan tambahan, melainkan bagian integral dari peralatan keselamatan yang membantu mencegah cedera serius. 

Sarung tangan safety biasanya dibuat menggunakan berbagai jenis bahan yang tahan terhadap risiko berbeda. Ada yang dibuat dengan tujuan untuk menahan panas, menahan bahan kimia berbahaya, luka potong, dan masih banyak lagi.

Pentingnya penggunaan sarung tangan safety tidak boleh diabaikan, terutama ketika Anda berada di lingkungan kerja yang berpotensi berbahaya. Baca lebih lanjut pada poin berikutnya agar Anda bisa memahami jenis sarung tangan safety seperti apa yang dibutuhkan. 

Baca Juga: Alat Kebersihan yang Wajib Dimiliki di Rumah Anda

Jenis-Jenis Sarung Tangan Safety

Sarung tangan safety hadir dalam berbagai varian, masing-masing dirancang untuk menghadapi risiko tertentu. Berikut ini beberapa jenis sarung tangan safety yang paling umum digunakan, beserta penjelasan lengkap tentang fungsinya.

1. Heat Resistant Gloves (Sarung Tangan Tahan Panas)

Sarung tangan tahan panas adalah pilihan yang ideal untuk Anda yang bekerja dalam lingkungan yang terpapar suhu tinggi atau api. Contohnya seperti dalam industri pengelasan atau pekerjaan dapur komersial ketika sedang memasak. 

Jenis sarung tangan ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas ekstrem, seperti karet silikon atau serat Kevlar, dan dirancang untuk menjaga tangan Anda tetap aman dari luka bakar.

2. Impact Hand Gloves (Sarung Tangan Anti Hantaman)

Sarung tangan anti hantaman dirancang khusus untuk melindungi tangan Anda dari dampak keras, seperti benturan atau pukulan. Mereka memiliki bantalan atau pelindung tambahan di area-area yang paling rentan terhadap cedera, seperti punggung tangan dan bagian atas jari. Sarung tangan ini umumnya banyak digunakan dalam konstruksi dan pekerjaan berat lainnya.

3. Cut and Puncture Resistant Gloves (Sarung Tangan Tahan Luka Potong dan Tusuk)

Sarung tangan tahan luka potong dan tusuk sangat penting di industri yang melibatkan manipulasi bahan tajam, seperti pisau atau alat potong berukuran besar. Sarung tangan ini umumnya terbuat dari bahan seperti kain Kevlar atau nitril yang diperkuat dan dirancang untuk mencegah luka pada tangan pengguna.

4. Chemical Resistant Gloves (Sarung Tangan Tahan Kimia)

Pada pekerjaan yang melibatkan bahan-bahan berbahaya atau kimia beracun, sarung tangan tahan kimia sangat diperlukan. Bahan pembuatnya juga sangat kuat dalam mencegah kulit tangan Anda terpapar bahan kimia yang berbahaya. 

Individu yang menggunakan jenis sarung tangan ini pasti dapat dengan tenang beraktivitas melakukan pekerjaan mereka. Namun ingatlah untuk tetap berhati-hati meski sudah menggunakan sarung tangan yang tahan terhadap bahan kimia. 

5. Anti Slip Hand Gloves (Sarung Tangan Anti Selip)

Sarung tangan anti selip dirancang untuk memberikan cengkeraman yang lebih baik saat Anda bekerja dengan benda-benda licin atau basah. Mereka sering digunakan dalam sektor industri seperti konstruksi, restoran, atau aktivitas luar ruangan lainnya. 

6. Lifting Hand Gloves (Sarung Tangan Angkat)

Sarung tangan angkat dirancang khusus untuk pekerjaan pengangkatan beban berat. Mereka memiliki pad tambahan di telapak tangan dan jari-jari untuk membantu Anda mengangkat benda berat dengan aman dan mengurangi tekanan pada tangan.

7. Kevlar Gloves (Sarung Tangan Kevlar)

Sarung tangan Kevlar terkenal dengan kekuatan dan ketahanannya terhadap luka potong dan tusukan. Mereka sering digunakan dalam pekerjaan yang berhubungan langsung dengan benda-benda yang memiliki potensi bahaya seperti kaca atau logam tajam. Sarung tangan ini menjaga tangan Anda tetap aman dan nyaman selama pekerjaan berbahaya.

Baca Juga: 5 Tips Material Handling yang Efektif dan Aman di Tempat Kerja

Mengapa Penting Menggunakan Sarung Tangan Safety?

Menggunakan sarung tangan safety adalah keputusan yang bijak ketika Anda berada di lingkungan kerja yang penuh dengan risiko potensial. Berikut beberapa alasan lainnya mengapa penting untuk selalu menggunakan sarung tangan safety.

1. Perlindungan Terhadap Cedera

Salah satu fungsi utama sarung tangan safety adalah melindungi tangan Anda dari cedera serius. Ketika Anda bekerja dengan bahan-bahan tajam, panas, atau bahan kimia berbahaya, sarung tangan ini dapat menjadi penghalang vital yang mencegah kejadian buruk terjadi.

2. Keamanan dalam Lingkungan Kerja

Banyak industri memiliki peraturan ketat terkait keselamatan kerja dan penggunaan sarung tangan safety sering menjadi bagian dari persyaratan tersebut. Menggunakan sarung tangan yang sesuai fungsinya dapat membantu mematuhi peraturan dan memastikan Anda serta seluruh pekerja tetap aman.

3. Kesehatan Anda

Penggunaan sarung tangan safety juga melibatkan kesehatan jangka panjang. Mencegah kontak dengan bahan berbahaya atau alergen potensial seperti latex dapat mengurangi risiko masalah kesehatan serius, seperti iritasi kulit atau alergi yang bisa mengganggu kualitas hidup Anda. 

Baca Juga:Ukuran Tekanan Angin Ban Motor yang Ideal dan Aman

4. Efisiensi Kerja

Sarung tangan safety yang dirancang dengan baik untuk dapat meningkatkan efisiensi kerja Anda. Mereka memberikan cengkeraman yang lebih baik, mengurangi kelelahan tangan, dan memungkinkan Anda bekerja dengan lebih nyaman. Menggunakan sarung tangan safety bahkan dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih baik serta cepat.

Pemilihan sarung tangan safety yang tepat jelas akan menyelamatkan Anda dari berbagai kejadian berbahaya yang dapat terjadi selama bekerja. Namun sekarang Anda tidak perlu takut lagi karena sudah mengetahui berbagai jenis sarung tangan safety dan fungsinya masing-masing.

Jika Anda sedang mencari sarung tangan berkualitas, jangan ragu untuk langsung mengunjungi Kawan Lama Sejahtera yang dapat dipercaya dalam memenuhi kebutuhan perlengkapan keselamatan kerja. 

Kawan Lama Sejahtera punya semua jenis sarung tangan safety yang Anda butuhkan. Mulai dari jenis sarung tangan tahan panas hingga sarung tangan anti selip, semuanya bisa langsung Anda temukan di Kawan Lama Sejahtera. 

Melalui investasi kecil ini Anda jadi dapat menghindari risiko besar yang dapat mengganggu kualitas hidup pada masa depan. Tunggu apa lagi? Dapatkan jenis sarung tangan safety yang Anda butuhkan sekarang juga di Kawan Lama Sejahtera sekarang! 

Sumber: 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.