5 Tips Material Handling yang Efektif dan Aman di Tempat Kerja

tips material handling

5 Tips Material Handling yang Efektif dan Aman di Tempat Kerja


Material handling seperti pergerakan mengangkat, membawa, dan mendorong beban berat di area kerja seperti pabrik maupun gudang dapat menimbulkan risiko yang berbahaya bagi karyawan, terutama jika dilakukan secara manual. Padahal keselamatan menjadi hal yang harus diutamakan bagi setiap industri.

Jika Anda membawa beban berat setiap hari, maka Anda harus mengikuti teknik material handling yang aman. Hal ini tidak hanya akan mengurangi kecelakaan kerja, tetapi juga meningkatkan produktivitas dan keuntungan. Untuk semakin jelasnya, yuk simak pembahasan seputar tips material handling di bawah ini!


Bagaimana Tips Material Handling?

Apabila terjadi kecelakaan kerja, maka akan memakan biaya medis yang sangat mahal dan kehilangan produktivitas karyawan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, maka Anda harus mengambil tindakan pencegahan untuk meminimalkan cedera dan biaya yang terkait dengan hal tersebut. Berikut 5 tips material handling yang dapat membantu agar tetap bekerja dengan aman:


1. Penyediaan Alat Pelindung Diri (APD)

Meminimalkan risiko kecelakaan kerja bagi beberapa pengusaha di industri seperti pertambangan, konstruksi, dan manufaktur adalah hal yang paling utama. Menyediakan karyawan dengan peralatan Alat Pelindung Diri (APD) yang tepat adalah cara yang efektif untuk mengurangi dan menghilangkan risiko material handling. Perusahaan harus menyediakan peralatan APD untuk pekerja, seperti:

  • Helmets
  • Gloves
  • Alat pelindung mata/ googles
  • Safety boots
  • Pelindung metatarsal dari serat logam atau plastik untuk melindungi area di dalam langkah dari benturan atau tekanan.
  • Setelan HAZMAT

Selain menyediakan APD, pekerja juga perlu diberikan pelatihan yang memadai untuk melakukan material handling dengan baik di lokasi kerja. Dengan tersedianya peralatan dan pelatihan tersebut, perusahaan dapat membantu memastikan peningkatan keselamatan bagi karyawan mereka dan mengelola penanganan material yang lebih baik.


2. Meminimalkan Faktor Risiko Ergonomis

Faktor risiko ergonomis adalah masalah yang menyebabkan kelelahan fisik pada karyawan. Kelelahan dan ketidaknyamanan sering terjadi saat melakukan tugas material handling secara manual. Tiga faktor utama gerakan tubuh pada saat material handling manual yakni membungkuk atau memutar, gerakan yang sangat berulang seperti meraih dan mengangkat, dan tenaga yang kuat seperti membawa atau mengangkat beban berat. Jika Anda melihat tanda-tanda kelelahan pada pekerja, segera lakukan tindakan perbaikan. Ini memastikan bahwa kelelahan tidak berlanjut menjadi cedera yang mungkin memerlukan perawatan medis. Identifikasi semua faktor risiko tersebut dan minimalkan dengan menerapkan langkah-langkah pengendalian untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi.


3. Gunakan Peralatan Material Handling yang Tepat

Material handling secara manual akan berisiko, memakan waktu, dan melelahkan. Teknik dan peralatan material handling yang tepat akan membuat proses lebih aman, lebih cepat, mudah, dan efisien. Dengan menggunakan alat material handling, akan memberikan banyak manfaat saat membawa beban berat dengan berbagai ukuran dan gaya. Pekerja harus memastikan carts dan peralatan material handling mereka dalam kondisi yang baik untuk mengurangi risiko cedera. Peralatan material handling yang ergonomis akan mengurangi risiko cedera ketika pekerja harus mengangkat atau mendorong dan menarik beban berat. Ini juga akan menghilangkan kemungkinan masalah muskuloskeleta (gangguan fungsi pada ligamen, otot, saraf, sendi dan tendon, serta tulang belakang). Penggunaan alat material handling seperti pallet, rak, drums, grain elevator, dan lainnya untuk meningkatkan keamanan saat membawa beban dengan berbagai ukuran dan berat.


4. Tingkatkan Peralatan Anda

Anda dapat meminimalkan manual material handling dengan cara meningkatkan peralatan ke mesin otomatis. Di antaranya dengan:


a. Truk Industrial

Merupakan material handling berupa kendaraan atau peralatan yang dapat dioperasikan oleh mesin otomatis dan juga manual dengan seorang operator. Automatic Guided Vehicle (AGV) berada di bawah sistem rekayasa dan truk industri. Contoh material handling industrial adalah hand stacker, side-loader, forklift, truk pallet, walkie stackers, high lifter, dan sebagainya.


b. Sistem Rekayasa

Material handling ini melibatkan sistem yang lebih rumit yang memiliki banyak komponen. Biasanya digunakan untuk otomatisasi dalam gudang penyimpanan. Misalnya seperti AGV yakni sebuah ban berjalan atau sistem pengiriman robot yang didesain dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Dengan alat-alat ini, Anda tidak hanya akan membantu mengurangi risiko penanganan material tetapi juga meningkatkan produktivitas dan profitabilitas.


Baca Juga: 5 Cara Ini Wajib Diketahui Agar Operasional Gudang Lebih Efisien, Cepat dan Akurat


5. Mengurangi Kebisingan dan Getaran

Kebisingan dan getaran biasanya terjadi di pabrik. Maka, sangat penting untuk melindungi pendengaran karyawan Anda. Getaran yang menyebabkan kebisingan, juga dapat menyebabkan gangguan muskuloskeletal terkait pekerjaan dan kelelahan karyawan secara umum. Dengan menggunakan peralatan yang tepat, Anda dapat mengurangi kebisingan dan getaran. Sesuaikan material roda dengan permukaan lantai juga untuk meminimalkan getaran dan kebisingan. Anda juga dapat menggunakan roda yang lebih lembut untuk mengurangi kebisingan.


Apa Saja yang Termasuk Material Handling Equipment dalam Bidang Industri?

Terdapat beberapa contoh material handling equipment yang umum digunakan dalam bidang industrial dengan fungsi serta tujuan penggunaannya yang berbeda-beda. Berikut adalah daftar material handling equipment.


1. Lifting Scissors

Lifting scissors adalah peralatan yang memiliki fungsi serupa dengan tangga, yang dapat membawa Anda ke ketinggian tertentu. Hal yang membedakannya adalah, lifting scissors ini adalah alat angkat yang menggunakan sistem hidrolik. Alat ini dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan, dan pengoperasiannya dilakukan menggunakan listrik serta bisa dinaiki oleh maksimal dua operator.


2. Hand Pallet

Alat ini berguna untuk memindahkan beban yang tingginya sejajar dan tidak melebihi tinggi dari hand pallet itu sendiri. Hand pallet terdiri dari empat roda kecil, dua papan yang sejajar seperti garpu, dan satu pegangan yang dapat difungsikan secara manual oleh operator. Material handling satu ini terkadang Anda jumpai di tempat-tempat umum misalnya supermarket.


3. Hand Stacker

Hand stacker adalah versi yang ditingkatkan dari hand pallet karena dilengkapi dengan sistem hidrolik, sehingga dapat digunakan untuk mengangkat dan memindahkan beban ke tingkat yang lebih tinggi. Alat ini masih dioperasikan secara manual oleh operator.


4. Forklift

Secara teknologi, forklift merupakan alat material handling yang paling canggih di antara sebelum-sebelumnya yang sudah disebutkan diatas. Forklift dilengkapi dengan mesin, badan, serta roda layaknya kendaraan, sehingga dapat memindahkan barang secara lebih efisien.

Forklift umumnya digunakan di lingkungan pabrik, gudang, pelabuhan, perusahaan ekspedisi, dan lainnya. Kapasitas forklift ini bisa mencapai hingga 10 ton, dan tingginya dapat mencapai kurang lebih 6 meter.


Baca Juga: Bagaimana Mengelola Manajemen Pergudangan yang Transparan dengan WMS?


Nah, setelah membaca tips di atas, pasti Anda akan semakin pintar memilih material handling untuk memudahkan proses kerja dan meningkatkan produktivitas. Kawan Lama menyediakan pilihan produk material handling lengkap untuk kebutuhan industrial. Cek produk-produk lainnya di kawanlama.com. Anda juga dapat berkonsultasi dengan sales consultant Kawan Lama untuk menemukan solusi terbaik untuk meningkatkan produktivitas dalam perusahaan Anda.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.