Mengenal Sistem Operasional Gudang yang Efisien dan Akurat

sistem operasional gudang

Mengenal Sistem Operasional Gudang yang Efisien dan Akurat


Operasional gudang efisien, cepat, akurat Gudang merupakan suatu fasilitas yang berfungsi sebagai lokasi penyaluran barang dari supplier (pemasok), sampai ke end user (pengguna). Pengaturan operasional gudang memiliki peranan penting dalam proses kerja supply chain.

Dalam operasionalnya, setiap perusahaan cenderung memiliki ketidakpastian akan permintaan sehingga sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Tentunya ini akan membuat perusahaan harus memiliki sistem inventory agar segala permintaan dapat diatur dengan cermat dengan cara yang efisien, cepat, dan akurat.

Apa yang Dimaksud Sistem Operasional Gudang?

Sistem operasional gudang atau sistem pengelolaan gudang adalah sebuah tindakan dalam mengontrol dan mengatur seluruh aspek yang ada di dalam gudang serta memastikan seluruhnya berjalan secara efisien dan optimal.

Operasional meliputi beberapa aspek, diantaranya pengaturan tata letak gudang, pengaturan inventaris, pemeliharaan peralatan pergudangan, penyimpanan barang, daftar stok barang, pemasukan barang, pengeluaran barang, pengambilan barang, pengemasan barang, pengiriman barang, dan sebagainya.

Baca Juga: Cek 4 Cara Ini untuk Memastikan Keamanan Rak Gudang Anda

Apa Saja Manfaat Sistem Operasional Gudang yan Baik?

Terdapat beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menerapkan manajemen pergudangan yang baik. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Melayani Pelanggan dengan Lebih Baik

Dengan mengadopsi sistem gudang khususnya untuk bisnis ritel, tentunya Anda dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Terlebih lagi ketika mencari barang pesanan pelanggan, jika barang-barang di gudang tersebut tidak tersusun dengan baik, pencarian tentunya akan menjadi lebih sulit.

Oleh karena itu, penerapan manajemen pergudangan dapat membantu Anda mengoptimalkan pengelolaan stok barang dengan lebih efisien, sehingga Anda dapat memberikan pengalaman yang memuaskan kepada pelanggan.

2. Memperoleh Data secara Real Time

Umumnya, beberapa perusahaan secara berkala melakukan stock opname atau inventarisasi persediaan barang untuk menghitung total persediaan yang ada. Untuk mempermudah proses inventarisasi tersebut, Anda dapat mengintegrasikan tahap ini melalui sistem barcode. Dengan begitu, Anda akan bisa melakukan inventarisasi dengan lebih mudah dan cepat.

3. Mencegah Risiko Kerugian

Untuk memastikan ketersediaan stok barang yang konsisten, mungkin beberapa diantara Anda seringkali membeli barang dalam jumlah besar tanpa mempertimbangkan apakah barang tersebut akan selalu diminta oleh konsumen.

Namun, jika barang tersebut tidak laku dan terlalu lama disimpan di gudang, risiko barang rusak atau cacat akan meningkat. Oleh karena itu, penting untuk memiliki manajemen gudang yang efisien, dan salah satu solusinya adalah dengan mengaplikasikan sistem manajemen gudang berbasis WMS (Warehouse Management System).

Baca Juga: Bagaimana Mengelola Manajemen Pergudangan yang Transparan dengan WMS?

4. Menghindari Kecurangan

Sistem operasional gudang yang baik juga bisa menjadi salah satu alat untuk menghindari risiko penipuan atau tindakan tidak jujur dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan sistem gudang berbasis teknologi.

Dengan demikian, semua transaksi barang yang masuk dan keluar akan terekam secara digital, dan sulit untuk dicurangi.

5. Proses Reorder Barang Lebih Akurat

Terakhir, jika Anda memakai sistem operasional gudang, maka salah satu keuntungannya adalah Anda akan menerima pemberitahuan saat stok barang mulai menipis. Terutama jika bisnis yang Anda jalankan jenis ritel, sistem ini tentu sangat krusial.

Anda tentunya tidak ingin mengalami situasi dimana terdsapat banyak pesanan atau permintaan tetapi persediaan barang dagangan Anda telah habis.

Baca Juga: Shuttle Racking, Solusi Optimal untuk Efisiensi Penyimpanan Barang, Penggunaan Waktu, dan SDM

Bagaimana Cara Menerapkan Sistem Operasional Gudang yang Efisien?

Sebagai perusahaan yang baik, tentu harus menyediakan fasilitas gudang sebagai tempat penyimpanan hasil produksi. Agar dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, maka perusahaan harus punya perencanaan tata letak dan alur kerja yang baik. Berikut 5 tips agar operasional gudang lebih efisien, cepat, dan akurat:

1. Pastikan Tata Letak Tepat

Untuk membuat gudang yang memiliki alur distribusi yang cepat dan akurat, harus dipastikan tata letak barang bagian luar dengan bagian dalamnya harus sesuai.

2. Berikan Kode Khusus untuk Setiap Barang

Supaya sistem pergudangan menjadi lebih efisien, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memberikan kode pada setiap stok barang gudang. Cara ini melibatkan penandaan setiap item dengan nomor seri dan nomor batch agar Anda dapat dengan mudah melacak barang tersebut.

3. Lacak Barang Masuk dan Keluar

Kode khusus yang sudah dijelaskan diatas tidak hanya berfungsi sebagai identifikasi unik untuk barang, melainkan juga sangat krusial untuk memahami setiap tahap proses pergudangan. Jika saat ini Anda sedang mencari sistem pengelolaan gudang, disarankan untuk memilih yang menyediakan fitur pelacakan keluar masuk barang secara transparan, misalnya dengan scan barcode.

4. Area Penerimaan Barang

Area ini bisa dibilang sebagai area paling sibuk di gudang. Lalu bagaimana caranya? Dengan membuat standar arus kerja para pekerja transporter memasuki loading dock, dapat mengurangi kemacetan operasional.

5. Pemindahan

Proses penerimaan barang di lokasi gudang dan kemudian membawanya ke posisi akhir di mana produk tersebut disimpan.

6. Material Handling Equipment (MHE)

MHE dengan material terbaik adalah hal penting dimiliki dalam mengelola gudang, karena akan memberi dukungan maksimal dalam proses pemindahan dan penyimpanan produk dan barang dalam gudang, sehingga ketersediaan barang menjadi leboih optimal.

7. Pengambilan

Pengambilan atau persiapan pesanan sebelum proses pengiriman merupakan salah satu proses gudang logistik. Pastikan proses ini berjalan dengan lancar karena sangat penting dalam memenuhi pesanan pelanggan.

Itu dia beberapa solusi dalam pergudangan agar operasional gudang lebih efisien, cepat dan akurat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja dan operasional bisnis. Segera kunjungi Kawan Lama Solution untuk mendapatkan beragam promo dan informasi produk industrial lainnya.

Sumber:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.