Cek 4 Cara Ini untuk Memastikan Keamanan Rak Gudang Anda

keamanan rak gudang

Cek 4 Cara Ini untuk Memastikan Keamanan Rak Gudang Anda


Rak memiliki fungsi sebagai media penyimpanan barang persediaan (stock). Pada umumnya, barang persediaan yang disimpan mengalami pergerakan secara jumlah setiap hari. Pergerakan jumlah barang ini menyebabkan keselamatan rak mengalami fluktuasi beban sehingga berpengaruh pada material rak, seperti contohnya lelah material (fatigue).

Lelah material (fatigue) ini menjadi berbahaya saat terjadi deformasi plastis (perubahan bentuk material secara permanen) akibat fluktuasi beban yang diterima. Jika tidak dilakukan pemeriksaan atau pemeliharaan secara berkala, sistem rak akan mengalami kerusakan atau ketidakmampuan menopang beban dan runtuh. Hal ini berdampak buruk terutama pada keselamatan pekerja di area gudang.

Selain itu akan menyebabkan kerugian baik secara finansial dan waktu akibat terjatuhnya barang dari rak. Pihak pendukung operasional gudang seperti pergerakan forklift yang kurang cermat dapat menabrak rak serta komponen pendukung. Hal ini mengakibatkan rak mengalami deformasi plastis. Tak hanya itu, pergerakan kontur tanah, juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan saat rak menjalankan fungsinya.


Baca Juga: Shuttle Racking, Solusi Optimal untuk Efisiensi Penyimpanan Barang, Penggunaan Waktu, dan SDM


Bagaimana Cara untuk Memastikan Keamanan Rak Gudang?

Inspeksi teknis merupakan persyaratan mendasar pada rak sebagai syarat rak berfungsi dengan baik yang bertujuan untuk memastikan keamanan. Beberapa cara yang perlu dilakukan untuk memastikan rak dapat berfungsi secara aman antara lain:


 1. Pemeriksaan Lendutan pada Balok Penopang Beban (beam)

Sag (lendutan) maksimum L/200 , sebagai contoh:

L=2700 mm -> d=13.5 mm

L=3600 mm -> d=18 mm

Lendutan wajar terjadi pada beam sesuai batas yang yang sudah di tentukan. Lendutan yang melebihi batas, terjadi akibat beban barang yang disimpan melebihi batas dari kapasitan yang ditentukan. Jika beam mengalami lendutan saat menopang beban dengan nilai lebih dari L/200, maka wajib segera dilakukan penggantian dengan size ketebalan yang lebih besar.


2. Pemeriksaan Safetylock

Hal lain yang harus dilakukan ialah dengan pemeriksaan Safetylock. Apabila Safetylock hilang, maka wajib segera dilakukan penggantian atau dipasang kembali.


Baca Juga: ASRS Racking, Investasi Optimal dengan Sistem Automation


3. Pemeriksaan Kerusakan pada Rack Frame and Bracing

Batas Deformasi Frame

  • 3 mm pada kedalaman upright
  • 5 mm pada sisi tegak upright
  • 10 mm pada horizontal dan diagonal bracing

Berdasarkan parameter yang disebutkan di atas adalah batas deformasi pada frame. Kerusakan pada frame biasa terjadi kelalaian operator material handling menabrak frame dan berat barang yang melebihi kapasitas.


4. Pemeriksaan Parameter Tingkat Risiko Frame

Parameter Tingkat Kemiringan Rak

Posisi hijau     : Rak hanya membutuhkan pemantauan.

Posisi kuning   : Tindakan diperlukan sesegera mungkin, setidaknya 4 minggu sebelum meningkatkan risiko merah.

Posisi merah    : Bongkar dan isolasi rak segera. Komponen yang rusak harus diganti.

Nah, setelah Anda mengetahui cara untuk memastikan atau mengecek tingkat keamanan rak di gudang Anda, akan mengurangi tingkat kecelakaan dan proses penyimpanan akan lebih efektif. Apabila Anda mengalami masalah penataan gudang, Kawan Lama siap membantu untuk memberikan solusi terbaik, agar kegiatan distribusi tetap berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan warehouse safety standard.


5. Pelatihan Karyawan Berkelanjutan

Pelatihan keselamatan gudang memberikan karyawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di lingkungan industri yang dinamis serta menghadapi situasi berpotensi berbahaya dengan tepat.


Baca Juga: Bagaimana Mengelola Manajemen Pergudangan yang Transparan dengan WMS?


6. Melakukan Inspeksi Secara Berkala

Setelah semua peralatan yang diperlukan dan prosedur keselamatan telah tersedia, langkah penting berikutnya adalah melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan kelangsungan operasi yang aman. Pemeriksaan visual sehari-hari membantu Anda dalam mengenali gejala kerusakan atau keausan, sedangkan inspeksi yang lebih teliti secara berkala seperti setiap minggu atau bulanan dapat mengidentifikasi masalah yang lebih serius.

Demikian penjelasan mengenai cara memastikan keamanan rak gudang. Kawan Lama menyediakan GUT Racking System dengan kualitas material dan servis yang tidak perlu diragukan, mulai dari selective pallet racking, medium duty racking, dan light duty racking. GUT Racking System memberikan solusi untuk customize dan tepat untuk segala industri yang memiliki gudang, terutama Automotive, F&B, Farmasi, Manufaktur, dan lainnya.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.