Mengenal Shuttle Racking untuk Efisiensi Penyimpanan Barang, Waktu, dan SDM

shuttle racking, racking solution, kawan lama sejahtera, kawan lama

Mengenal Shuttle Racking untuk Efisiensi Penyimpanan Barang, Waktu, dan SDM


Racking merupakan sarana yang berfungsi untuk menyimpan barang. Seiring dengan pertumbuhan dunia industri dan keterbatasan area penyimpanan, racking menjadi kebutuhan wajib bagi setiap pelaku industri. Area penyimpanan menjadi lebih efisien karena barang dapat disusun secara vertikal. Terdapat berbagi jenis racking untuk kebutuhan industri, salah satu jenisnya yaitu shuttle racking.

Shuttle racking merupakan solusi yang mampu meningkatkan efisiensi dalam hal penyimpanan barang dan penggunaan sumber daya, baik dalam hal waktu, manusia maupun peralatan. Hal ini mendasari salah satu customer Kawan Lama di bidang food and beverages yang terletak di kawasan Sukabumi, Jawa Barat melakukan investasi dalam bentuk pembelian shuttle racking.


Apa Itu Shuttle Racking System?

Shuttle racking system adalah sebuah solusi penyimpanan otomatis yang menggunakan teknologi sistem rak "shuttle" atau alat bantu untuk mengangkut barang-barang ke dalam rak tersebut. Sistem ini memungkinkan penyimpanan barang dengan kapasitas tinggi sehingga menjadi lebih efisien dibandingkan dengan sistem penyimpanan manual konvensional.

Dalam shuttle racking system, shuttle atau alat bantu otomatis bertugas untuk membawa barang ke dalam rak penyimpanan dan mengambilnya kembali secara otomatis. Oleh karena itu, hal ini dapat mengurangi waktu dan upaya yang dibutuhkan untuk mengambil barang secara manual. Umumnya, sistem shuttle ini dikendalikan oleh remote control dan komputer terintegrasi, yang memungkinkan pengaturan stok barang dengan akurat dan efisien.

Kemudian terdapat beberapa fitur atau keunggulan dari shuttle racking system, yaitu diantaranya sebagai berikut:


  • Lebih aman dikarenakan forklift tidak perlu masuk ke lorong rak gudang.
  • Sistem penempatan barang menerapkan prinsip FIFO (First In First Out).
  • Lebih efisien dalam operasional kerja.
  • Dapat digunakan dalam suhu ruangan yang ekstrem, yaitu mulai dari -30 hingga -50 derajat Celsius.


Baca Juga: Cek 4 Cara Ini untuk Memastikan Keamanan Rak Gudang Anda


Bagaimana Contoh Penerapan Shuttle Racking System?

Berawal dari kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas produksi, maka pihak customer memutuskan untuk menambahkan line produksi. Penambahan line produksi mendorong kebutuhan sarana penyimpanan barang yang lebih besar. Namun itu semua harus diimbangi dengan efisiensi penggunaan sumber daya waktu, manusia, dan peralatan secara optimal.

Salah satu jalan keluar yang ditawarkan oleh tim produk Kawan Lama yaitu penggunaan shuttle racking. Ditinjau dari pengunaan area, penyimpanan barang akan lebih optimal, karena keseluruhan level area pada racking dapat terisi oleh barang. Hal ini terjadi berkat konstruksi shuttle racking yang dibantu dengan penggunaan smart shuttle sehingga memungkinkan penyusunan barang secara berdekatan dengan jarak ± 2 cm antar barang.


Baca Juga: GUT Pallet Racking, Solusi Andalan untuk Warehouse Anda!


Secara penggunaan sumber daya manusia dan peralatan akan lebih efisien, karena aktivitas memasukkan dan mengeluarkan barang dibantu oleh smart shuttle yang akan membawa dan menyusun barang di dalam racking. Operator reach truk/forklift, hanya perlu meletakkan barang pada ujung depan/belakang rak serta menekan perintah “IN” pada remote dan shuttle akan bekerja secara otomatis. Langkah yang sama untuk keperluan pengeluaran barang dari rak. Benefit yang ditawarkan shuttle racking system menjadi salah satu dasar dari customer melakukan pemesanan shuttle racking kepada tim produk Kawan Lama.

Dengan solusi shuttle racking yang telah disampaikan di atas, pihak Kawan Lama mampu menawarkan solusi dengan harga yang kompetitif jika dibandingkan dengan para kompetitor. Selain itu, relasi yang baik antara pihak Kawan Lama dengan customer – yang sudah terjalin dalam beberapa tahun belakangan lewat berbagai project – memberikan kepuasan jangka panjang. Termasuk layanan purna jual yang terus didukung oleh pihak Kawan Lama, juga menjadi dasar yang kuat bagi pihak customer untuk menjadikan Kawan Lama sebagai mitra dalam project shuttle racking ini.


Instalasi racking yang dilaksanakan pada bulan November 2021 ini selesai dalam waktu 2 bulan. Setelah instalasi selesai dilaksanakan, customer merasa puas dengan shuttle racking yang mereka pesan baik secara kualitas material, konstruksi racking, proses instalasi dan shuttle itu sendiri. Beberapa faktor tersebut diyakini mampu meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya maupun kapasitas produksi yang menjadi tujuan awal pemesanan. Kepuasan customer dibuktikan dengan adanya repeat order baik dalam hal pembelian shuttle racking ataupun racking jenis lainnya pada cabang di kota-kota lain.

Customer juga memberikan kepercayaan pada Kawan Lama dalam bentuk pekerjaan relokasi racking dari gudang lama ke gudang baru. “Mulai minggu depan (minggu ke-4 Maret 2022), setelah pekerjaan conveyor selesai, pekerjaan relokasi racking sudah bisa dimulai ya,” ujar Supervisor Product kepada tim Kawan Lama.


Baca Juga: Cerdas Ciptakan Pergudangan Omni Channel Produktif Melalui Seminar Warehouse Solution Kawan Lama


Apabila Anda memiliki permsalahan bisnis dalam dunia industri, segera hubungi tim Product Kawan Lama untuk tuntaskan masalah bisnis Anda.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.