Rekomendasi Alat Pel Lantai Terbaik untuk Rumah Anda

rekomendasi alat pel lantai

Rekomendasi Alat Pel Lantai Terbaik untuk Rumah Anda


Mengepel lantai adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan debu, kotoran, dan noda yang bisa menumpuk di permukaan lantai Anda seiring waktu. Lantai yang bersih memberikan tampilan yang lebih menarik dan membantu menjaga kebersihan rumah Anda. Tentu Anda perlu rekomendasi alat pel lantai.

Mengepel juga membantu mengurangi paparan debu, alergen, dan mikroorganisme seperti bakteri yang dapat berkembang biak di permukaan lantai. Ini dapat membantu menjaga kualitas udara di dalam rumah dan mengurangi risiko penyakit terkait dengan udara dalam ruangan.

Namun, apakah Anda sudah pernah melihat rekomendasi alat pel lantai yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda? Jika belum, maka artikel ini tepat untuk Anda. Kali ini Kawan Lama Sejahtera akan memberikan beberapa rekomendasi alat pel lantai terbaik dan berkualitas yang bisa Anda gunakan di rumah. Yuk, simak selengkapnya di sini. 

9 Cara Mengepel Lantai Rumah dengan Benar

1. Persiapkan Alat dan Bahan 

Air adalah bahan pembersih utama yang digunakan untuk mengepel lantai. Anda dapat menambahkan sedikit deterjen khusus untuk lantai jika lantai Anda sangat kotor atau berminyak. 

Untuk lantai tertentu seperti lantai kayu atau marmer, Anda mungkin perlu menggunakan pembersih lantai khusus yang direkomendasikan oleh produsen. Anda memerlukan lap bersih, biasanya terbuat dari kain atau mikrofiber, untuk mengeringkan lantai setelah mengepel. 

Jika Anda menggunakan bahan kimia atau pembersih yang kuat, selalu penting untuk melindungi tangan dan mata Anda dengan pelindung tangan dan kacamata.

2. Hapus Debu dan Kotoran Kasar 

Sebelum mulai, sapulah debu dan kotoran kasar dari lantai dengan menggunakan sapu atau alat penyedot debu. Pastikan untuk mengambil semua kotoran yang bisa merusak lantai jika diinjak-injak.

Debu dan kotoran kasar seperti pasir atau kerikil bisa bertindak seperti abrasif ketika Anda mengepel. Jika Anda tidak menghapusnya terlebih dahulu, mereka dapat menciptakan goresan atau kerusakan pada lantai Anda.

3. Campur Pembersih dengan Air 

Jika Anda menggunakan pembersih lantai, ikuti petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan. Biasanya, Anda perlu mencampurkan pembersih dengan air hangat di dalam ember. Pembersih lantai dirancang khusus untuk mengangkat kotoran, noda, minyak, dan kotoran yang mungkin sulit dihilangkan hanya dengan air biasa. 

Mereka memiliki formulasi kimia yang membantu menguraikan dan mengangkat kotoran dengan lebih baik, sehingga lantai Anda akan lebih bersih. Beberapa pembersih lantai mengandung agen antibakteri atau desinfektan yang dapat membantu membunuh bakteri dan kuman yang ada di lantai. 

Ini adalah penting terutama jika Anda memiliki anak-anak kecil atau hewan peliharaan di rumah. Selain itu juga penggunaan cairan pembersih bisa untuk menghilangkan bau tidak sedap pada lantai. 

4. Mop Lantai 

Basahi pel dalam air yang sudah dicampur dengan pembersih, lalu peras hingga tidak ada air berlebih yang menetes. Anda ingin lantai lembab, bukan basah. Mop dirancang khusus untuk mengangkat kotoran, debu, noda, dan cairan dari lantai. 

Mop memiliki permukaan yang bisa menyerap dan mengangkut kotoran dengan lebih baik daripada hanya menggunakan kain lap atau sapu. Mop memungkinkan Anda membersihkan area yang lebih besar dengan cepat dibandingkan dengan membersihkan dengan tangan atau sapu. Ini menghemat waktu dan usaha Anda dalam melakukan pekerjaan pembersihan.

Baca Juga: 6 Tips Mengepel Lantai Rumah Agar Lebih Bersih

5. Mulai Mengepel 

Mulailah dari salah satu sudut ruangan dan gerakkan pel dengan gerakan searah, seperti menggambar huruf "S" atau huruf "Z," tergantung pada preferensi Anda. Pastikan untuk tidak menginjak lantai yang sudah dibersihkan. 

6. Perhatikan Setiap Sudut dan Sisi Ruangan 

Pastikan untuk membersihkan sudut-sudut ruangan, sisi-sisi, dan dibawah furniture. Gunakan pengki atau alat kecil lainnya untuk membersihkan area yang sulit dijangkau. Seringkali, kotoran, debu, atau serpihan kecil dapat tersembunyi di sudut-sudut dan sisi-sisi ruangan yang jarang terlihat. Dengan memperhatikan setiap sudut dan sisi, Anda dapat memastikan bahwa tidak ada kotoran yang terlewatkan.

Jika Anda mengabaikan sudut-sudut dan sisi-sisi ruangan, maka seiring waktu kotoran akan terkumpul di sana, menciptakan lapisan yang sulit dihilangkan. Hal ini dapat membuat ruangan terlihat kotor dan tidak terawat.

7. Ganti Air Bila Perlu 

Jika air dalam ember sudah kotor atau berwarna keruh, gantilah dengan air bersih dan pembersih baru. Air kotor atau kotoran yang sudah tercampur dalam air pembersih tidak akan efektif membersihkan permukaan. Ini akan meninggalkan residu dan meningkatkan risiko bekas noda atau flek pada lantai atau permukaan.

Saat Anda membersihkan lantai atau permukaan dengan air, air tersebut akan menjadi kotor karena mengandung kotoran, debu, dan partikel lain yang terangkut dari permukaan yang sedang dibersihkan. Mengganti air secara teratur membantu mencegah penyebaran kotoran ini ke seluruh permukaan dan memastikan bahwa Anda benar-benar membersihkan dengan air bersih.

8. Keringkan Lantai 

Biarkan lantai mengering alami atau gunakan kipas angin untuk membantu proses pengeringan. Pastikan tidak ada yang menginjak lantai yang masih basah. Lantai yang basah dapat menjadi sangat licin, yang dapat mengakibatkan kecelakaan dan cedera. Dengan mengeringkan lantai, Anda menghilangkan resiko orang jatuh atau tergelincir saat berjalan di atasnya.

9. Lakukan dengan Rutin 

Agar rumah tetap bersih, lakukan pengel pel lantai secara rutin, terutama di area yang sering digunakan. Rutin mengepel membantu mencegah penumpukan kotoran, debu, dan serpihan yang dapat mengendap di lantai dan permukaan lainnya. Ini membantu menjaga ruangan tetap bersih dan rapi.

Menjaga kebersihan ruangan dengan rutin adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan Anda dan anggota rumah tangga. Kotoran dan alergen yang terjebak di dalam rumah dapat menyebabkan masalah pernapasan dan alergi. Dengan mengepel secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko ini.

Baca Juga: 11 Cara Merawat Rumah Agar Tetap Bersih dan Terawat

7 Rekomendasi Alat Pel Lantai Terbaik

1. Mop Mikrofiber 

Mop mikrofiber sangat efektif untuk membersihkan berbagai jenis lantai, termasuk kayu, keramik, dan laminasi. Mop ini mampu menangkap debu dan kotoran dengan baik. Pastikan untuk memilih mop dengan kepala yang dapat dicuci agar dapat digunakan berulang kali.

2. Mop Kain Rayon 

Mop kain rayon cocok untuk membersihkan lantai yang lebih besar dan dapat menyerap lebih banyak air daripada mop mikrofiber. Mop ini juga efektif untuk membersihkan lantai yang lebih kasar.

3. Steam Mop 

Steam Mop menggunakan uap panas untuk membersihkan lantai dan membunuh bakteri serta kuman. Mereka biasanya cocok untuk lantai keras seperti keramik dan lantai kayu yang dilapisi dengan pelindung yang tahan panas. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar.

4. Vacuum Cleaner 

Untuk lantai yang sering berdebu atau memiliki rambut hewan peliharaan, vacuum cleaner dengan alat penyedot debu dan sikat lantai adalah pilihan yang baik sebelum melakukan pembersihan lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Sofa yang Kotor dan Berkuman

5. Mop Elektrik 

Mop elektrik atau mesin pel lantai adalah pilihan jika Anda mencari cara yang lebih efisien untuk membersihkan lantai. Mereka biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti penyemprotan air dan getaran untuk membersihkan kotoran yang sulit.

6. Alat Pel dengan Teknologi Swiffer 

Alat pel Swiffer menggunakan kain pembersih yang dapat dilepas dan diganti secara mudah. Mereka adalah pilihan yang nyaman untuk membersihkan lantai sehari-hari.

7. Alat Pel Tradisional 

Alat pel tradisional dengan ember dan kain pel juga masih digunakan secara luas. Mereka adalah pilihan yang ekonomis dan dapat digunakan untuk berbagai jenis lantai.

Penting untuk diingat bahwa cara membersihkan lantai bisa berbeda tergantung pada jenis lantai yang Anda miliki (misalnya, keramik, kayu, atau vinyl). Pastikan Anda menggunakan pembersih yang sesuai untuk jenis lantai tersebut dan ikuti petunjuk perawatan yang disarankan oleh produsen.

Pastikan untuk mempertimbangkan jenis lantai Anda, anggaran, dan preferensi pribadi Anda saat memilih alat pel lantai. Selalu ikuti petunjuk penggunaan dan perawatan produsen untuk memastikan hasil pembersihan yang terbaik.

Untuk itu, pastikan untuk memilih peralatan kebersihan rumah yang terbaik untuk membantu pekerjaan Anda. Jika Anda sedang mencari pilihan peralatan kebersihan rumah tangga berkualitas  yang bisa membantu Anda meringankan pekerjaan rumah, Kawan Lama Sejahtera punya solusinya. 

Alat-alat kebersihan rumah tangga yang bisa Anda dapatkan di Kawan Lama Sejahtera sudah pasti terjamin kualitasnya, jadi Anda tidak perlu ragu. Yuk, kunjungi Kawan Lama Sejahtera dan jadikan rumah Anda sebagai tempat ternyaman bagi Anda dan keluarga tercinta. 

Sumber rujukan: 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.