5 Jenis Kacamata Keselamatan Kerja Beserta Fungsinya

jenis kacamata keselamatan kerja

5 Jenis Kacamata Keselamatan Kerja Beserta Fungsinya


Ketika berada di lingkungan kerja yang memerlukan perlindungan tambahan untuk mata Anda, tidak ada yang lebih penting daripada menggunakan kacamata keselamatan kerja. Kacamata keselamatan kerja dirancang khusus untuk melindungi mata dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di tempat kerja, seperti percikan bahan berbahaya, debu, dan bahkan serpihan benda keras. Namun Anda harus tahu bahwa ada berbagai jenis kacamata safety yang bisa digunakan untuk masing-masing kebutuhan.

Itu sebabnya dalam artikel ini Anda akan diajak memahami berbagai jenis kacamata keselamatan kerja dan fungsinya masing-masing sehingga penggunaannya tepat. Pasalnya penggunaan jenis kacamata keselamatan kerja yang tidak sesuai akan menurunkan perlindungan terhadap mata Anda. Jadi pastikan Anda paham berbagai fungsi dari masing-masing jenis kacamata keselamatan kerja yang akan dijelaskan berikut ini. 

Sudah siap belajar? Mari langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Kacamata Keselamatan Kerja?

Kacamata keselamatan kerjaatau yang juga dikenal sebagai kacamata pelindung atau kacamata keselamatan adalah alat pelindung diri (APD) yang khusus dirancang untuk melindungi mata dari berbagai risiko dan bahaya di lingkungan kerja. 

Tujuan utama penggunaan kacamata keselamatan kerja ialah untuk menjaga keselamatan mata pekerja atau pengguna saat berada di tempat kerja, di mana risiko cedera pada mata kemungkinan besar sangat tinggi. Kacamata keselamatan kerja memiliki sejumlah karakteristik khusus yang membedakannya dari kacamata biasa sehingga membuatnya menjadi alat yang sangat efektif dalam mencegah cedera mata.

Salah satu fitur utama dari kacamata keselamatan kerja berada pada lensanya yang kuat dan tahan terhadap pecahan. Itu berarti jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan benda keras atau serpihan menyentuh lensa maka lensa tersebut tidak akan pecah dan melukai mata. 

Lensa ini juga sering dilapisi dengan bahan yang tahan terhadap bahan kimia untuk melindungi mata dari cairan atau zat kimia berbahaya. Selain itu, kacamata keselamatan kerja juga sering memiliki desain yang rapat sehingga bisa melindungi mata dari percikan bahan berbahaya dan debu yang mungkin terjadi di lingkungan kerja.

Selain fitur teknisnya, kacamata keselamatan kerja juga mematuhi standar keselamatan kerja yang ketat dan diatur oleh lembaga pengawas. Hal ini berarti mereka telah diuji dan diverifikasi untuk memenuhi persyaratan keselamatan tertentu sehingga Anda dapat mempercayai keefektifan dan keandalan mereka dalam menjaga keselamatan mata. 

Baca Juga: 7 Jenis Sarung Tangan Safety dan Fungsinya

5 Jenis Kacamata Keselamatan Kerja dan Fungsinya

Berikut berbagai macam kacamata safety dan fungsinya masing-masing yang perlu Anda pahami.

1. Kacamata Goggles

Safety goggles memiliki desain yang menutupi mata dengan rapat dan biasanya dilengkapi dengan ventilasi untuk mencegah embun atau kabut. Mereka melindungi mata dari percikan cairan berbahaya, bahan kimia, dan debu. Kacamata goggles sering digunakan dalam industri kimia, laboratorium, atau lingkungan berisiko tinggi dengan bahan-bahan yang membahayakan mata.

2. Welding Glasses

Welding glasses dirancang khusus sebagai pelindung mata dari percikan logam panas dan radiasi UV yang dihasilkan selama proses pengelasan. Mereka memiliki lensa gelap yang melindungi mata dari cahaya terang dan memastikan pengguna dapat bekerja tanpa risiko terkena cedera mata akibat kilatan api pengelasan.

Baca Juga: Arti Warna Helm Safety Proyek dan Kegunaannya

3. Visor atau Browguard

Visor atau browguard adalah perangkat pelindung yang melindungi seluruh wajah dari berbagai risiko, termasuk percikan bahan berbahaya, serpihan, atau debu. Mereka sering digunakan dalam pekerjaan yang melibatkan penggunaan alat-alat yang berisiko tinggi, seperti gergaji mesin atau penggiling.

4. Safety Spectacles

Safety spectacles mengacu pada jenis kacamata keselamatan kerja dengan desain seperti kacamata biasa, tetapi dilengkapi dengan lensa yang berfungsi untuk melindungi mata terhadap pecahan dan bahan kimia. Mereka melindungi mata dari percikan bahan berbahaya dan serpihan. Safety spectacles umumnya nyaman dipakai sepanjang hari dan cocok untuk berbagai jenis pekerjaan.

5. Face Shield

Face shield merupakan perangkat pelindung wajah yang melindungi seluruh wajah, termasuk mata, dari berbagai risiko seperti percikan cairan berbahaya, serpihan, atau bahkan bahan kimia yang menguap. 

Jenis kacamata keselamatan kerja ini sering digunakan dalam pekerjaan yang memerlukan perlindungan ekstra terhadap wajah dari kecelakaan kerja, seperti saat bekerja dengan bahan kimia berbahaya atau alat-alat berat.

Komponen Kacamata Keselamatan Kerja

Setelah mengetahui berbagai jenis kacamata keselamatan kerja yang berbeda-beda, Anda juga perlu mengenali komponen-komponen yang terdapat didalamnya. Apa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah kacamata supaya bisa efektif dalam menjalankan peran sebagai kacamata pelindung? Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Lensa

Setiap kategori kacamata umumnya dilengkapi dengan lensa sebagai media yang memisahkan mata dari objek, sehingga mata tidak terpapar langsung pada objek selama aktivitas. Terdapat dua varian lensa yang umumnya digunakan dalam kacamata, yakni lensa mata standar bagi Anda yang tidak mengalami masalah penglihatan dan lensa pembaca bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan seperti minus, plus, hingga silindris.

2. Frame

Secara umum, bagian ini sering disebut sebagai rangka kacamata. Desain rangka kacamata sangat bervariasi, mulai dari model yang menutupi bagian depan mata, mencakup mata hingga sisi samping, hingga model yang melibatkan seluruh wajah. Jika dilihat dari bahan pembuatannya, rangka dapat terbuat dari plastik atau logam. Saat ini, rangka berbahan plastik lebih diminati karena beratnya yang lebih ringan.

3. Tali Pengikat Mata

Tali pengikat mata atau eye wire adalah elemen tali pengikat pada kacamata pelindung yang terhubung ke bagian belakang kepala atau hanya terikat di bagian telinga. Komponen ini umumnya terbuat dari berbagai jenis material, tetapi biasanya menggunakan bahan yang elastis seperti karet untuk memastikan kacamata pelindung dapat menempel erat pada mata.

4. Nose Pad

Nose pad berfungsi mencegah kacamata agar tidak mudah terjatuh, karena ditempatkan di bagian atas hidung. Umumnya pada kacamata keselamatan kerja, desain nose pad diintegrasikan langsung pada lensa dan rangka kacamata, membentuk lengkungan di sepanjang hidung dan dilengkapi dengan bantalan karet agar tetap kokoh.

5. Temple

Temple adalah komponen pada kacamata pelindung yang terletak dari bagian gagang samping hingga bagian melengkung di bagian belakang. Terdapat juga temple yang berbentuk tali, sehingga tidak melekat pada telinga tetapi terikat hingga ke bagian belakang kepala.

Tips Memilih Kacamata Keselamatan Kerja

Setelah Anda mengetahui berbagai macam jenis kacamata keselamatan kerja dan juga fungsinya, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah tips memilihnya agar penggunaannya tepat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Perhatikan Harga dan Masa Pakai

Ketika memilih kacamata pelindung, sebaiknya tidak tergoda oleh produk yang memiliki harganya murah. Pasalnya, sulit untuk mengetahui sejauh mana kualitas atau bahan yang digunakan dapat diandalkan. Penting juga untuk memperhatikan masa pakai kacamata, termasuk seberapa lama kacamata dapat digunakan pada tingkat kinerja terbaik.

Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk menginvestasikan dalam kacamata keselamatan kerja berkualitas tinggi meskipun harganya lebih mahal, namun tentunya masa pakainya akan lebih lama.

2. Pilih Kacamata Sesuai Kebutuhan

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih kacamata sesuai dengan kebutuhan secara spesifik. Sebagai contoh, jika Anda bekerja di industri otomotif dan sering melakukan kegiatan pengelasan, maka face shield dapat menjadi pilihan terbaik karena mampu melindungi area mata, termasuk wajah Anda sekalipun.

3. Pastikan Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Penting juga untuk memastikan jenis bahan yang digunakan pada kacamata keselamatan kerja. Sebagian besar kacamata K3 yang tahan lama terbuat dari material polikarbonat. Bahan ini memiliki kekuatan yang tinggi dan tidak mudah retak atau pecah, sehingga memberikan tingkat perlindungan terbaik saat digunakan dalam kegiatan apapun.

4. Perhatikan Masa Garansi

Sebelum membeli kacamata keselamatan kerja, sebaiknya pilih produk yang disertai dengan masa garansi. Fitur ini sangat penting untuk dipertimbangkan agar Anda bisa menghemat biaya apabila kacamata mengalami kerusakan dalam masa garansi. Namun, perlu dicatat bahwa kacamata keselamatan kerja bergaransi umumnya hanya ditawarkan oleh merek tertentu saja.

5. Kondisi Frame Kacamata dalam Keadaan Baik

Tips terakhir yang perlu diperhatikan saat memilih kacamata keselamatan adalah memeriksa frame dan lensa dengan teliti. Pastikan bahwa frame dan lensa tersebut tidak mengalami cacat atau keretakan. Hal ini cukup penting dilakukan, terutama jika Anda sedang berbelanja secara langsung di toko fisik atau secara offline.

Baca Juga: Solusi Area Kerja Aman, Produktivitas Terjamin

Kacamata keselamatan kerja bukanlah alat yang dapat diabaikan dalam lingkungan kerja yang berisiko. Penggunaannya dapat mencegah cedera serius pada mata dan memastikan bahwa Anda dapat bekerja dengan aman. 

Oleh sebab itu pastikan untuk memilih jenis kacamata keselamatan kerja yang sesuai dengan pekerjaan Anda dan selalu gunakan sesuai dengan petunjuk produsen. Jika Anda memerlukan kacamata keselamatan kerja berkualitas, langsung saja cari di Kawan Lama Solution! Jangan abaikan keamanan mata Anda dan beli kacamata keselamatan kerja berkualitas sesuai kebutuhan di Kawan Lama Solution sekarang juga! 

Sumber: 

  • https://news.indotrading.com/ampuh-lindungi-mata-dari-cidera-kenali-berbagai-jenis-kacamata-safety-dan-cara-memilihnya/
  • https://sellcons.com/blog/id/kenali-berbagai-jenis-kacamata-safety
  • https://teknikece.com/alat-pelindung-diri/kacamata-safety/ 
  • https://www.tokosafetymurah.com/fungsi-kacamata-safety/#Tips_Memilih_Kacamata_Safety_APD_untuk_Pelindung_Mata

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.