Arti Warna Helm Keselamatan Kerja dan Kegunaannya

helm keselamatan kerja

Arti Warna Helm Keselamatan Kerja Proyek dan Kegunaannya


Helm keselamatan kerja adalah salah satu alat pelindung diri (APD) wajib bagi para pekerja proyek, terutama di bidang konstruksi. Jika Anda perhatikan, helm keselamatan kerja yang digunakan dalam proyek konstruksi terdiri dari beberapa warna. Lantas, apa arti warna helm keselamatan kerja tersebut?

Dalam artikel ini, Kawan Lama Sejahtera akan membahas apa arti warna helm keselamatan kerja dan kegunaannya untuk keselamatan di lingkungan proyek. Mari pahami betapa pentingnya helm keselamatan kerja pada uraian di bawah ini. 

Apa Itu Helm Keselamatan Kerja?

Helm keselamatan kerja adalah jenis helm khusus yang dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap risiko cedera kepala di lingkungan kerja yang berbahaya, seperti proyek konstruksi. Helm ini dibuat dengan bahan-bahan yang kuat dan tahan terhadap tekanan, serta memiliki desain yang ergonomis agar nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Bahan helm keselamatan kerja terdiri dua komponen utama, di antaranya bagian luar yang keras terbuat dari plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) atau fiberglass yang kokoh, dan bagian dalam yang empuk terbuat dari bahan seperti busa EPS (Expanded Polystyrene) untuk menyerap energi ketika terjadi benturan. 

Baca Juga: Hindari Kecelakaan Kerja, Berikut Alat Pelindung Diri K3 yang Wajib Diterapkan

Arti Warna Helm Keselamatan Kerja dan Kegunaannya

Setiap warna helm keselamatan kerja memiliki arti dan kegunaannya tersendiri dalam menjaga keselamatan. Warna helm bukan hanya estetika, melainkan identifikasi visual yang mempermudah pengorganisasian dan pengelompokan pekerja berdasarkan fungsi atau tugasnya. Berikut penjelasan mengenai arti warna helm keselamatan kerja yang umum digunakan beserta kegunaannya.

1. Helm Warna Kuning Terang

Helm berwarna kuning terang biasanya digunakan oleh pekerja konstruksi dan pengawas. Warna kuning mencolok membuat pekerja mudah dikenali, terutama di area kerja yang cukup sibuk. Pekerja dengan helm kuning sering memiliki peran penting dalam pengawasan proyek dan memastikan keamanan di lokasi kerja.

2. Helm Warna Biru

Helm berwarna biru biasanya dikenakan oleh pekerja teknisi atau operator mesin. Helm ini menandakan bahwa pekerja tersebut memiliki peran dalam mengoperasikan peralatan berat seperti mesin-mesin konstruksi. Warna biru membantu dalam mengidentifikasi dan mengkoordinasikan pekerja yang bertanggung jawab atas mesin-mesin tersebut.

3. Helm Warna Hijau

Helm berwarna hijau sering digunakan oleh pekerja yang terlibat dalam pekerjaan lingkungan, seperti pekerjaan yang terkait dengan keamanan lingkungan, pengawas lingkungan, atau pelestarian alam. Warna hijau mewakili kesadaran terhadap lingkungan dan tugas-tugas yang berhubungan dengan pelestarian alam.

4. Helm Warna Merah

Helm berwarna merah sering dikenakan oleh pekerja medis atau pertolongan pertama. Ini menunjukkan para pekerja memiliki pengetahuan khusus dalam menangani cedera atau kondisi medis di lokasi kerja. Helm merah adalah tanda bahwa ada bantuan medis yang tersedia jika diperlukan.

5. Helm Warna Putih

Helm warna putih biasanya dikenakan oleh manajer atau insinyur proyek. Ini adalah tanda bahwa pekerja tersebut memiliki tanggung jawab untuk mengawasi dan mengelola proyek secara keseluruhan. Helm putih mencerminkan peran kepemimpinan dan tanggung jawab besar terhadap keselamatan dan progres proyek.

6. Helm Warna Oranye

Helm warna oranye umumnya digunakan oleh pihak tamu proyek atau perusahaan yang hendak melakukan peninjauan, pemeriksaan, atau pengawasan terhadap jalannya suatu proyek. Selain itu, bagi seseorang yang berkeinginan masuk dan melakukan pengecekan di lokasi proyek juga diharuskan menggunakan helm keselamatan kerja ini.

7. Helm Warna Cokelat

Helm keselamatan kerja warna cokelat adalah menunjukkan bahwa pemakainya diperuntukkan bagi orang-orang yang bekerja di sektor pengelasan atau bidang pekerjaan lain yang melibatkan suhu tinggi untuk mengindarkan kecelakaan kerja.

Baca Juga: 7 Jenis Sarung Tangan Safety dan Fungsinya

Manfaat Menggunakan Helm Keselamatan Kerja Saat di Proyek

Menggunakan helm keselamatan kerja bukan hanya tentang mematuhi peraturan, melainkan juga tentang melindungi diri sendiri dan rekan kerja. Berikut ini beberapa manfaat penting penggunaan helm keselamatan kerja di lingkungan proyek yang perlu Anda ketahui. 

1. Perlindungan Kepala

Helm keselamatan kerja dirancang khusus untuk melindungi kepala pekerja dari berbagai ancaman, termasuk benturan keras, benda-benda yang jatuh, atau bahaya lainnya yang umum terjadi di lokasi kerja konstruksi atau proyek lainnya. Dibekali dengan desain yang kokoh dan material berkualitas, helm keselamatan kerja mampu menyerap energi dari benturan yang terjadi. 

2. Identifikasi Peran dan Fungsi

Selain sebagai alat perlindungan, helm keselamatan kerja juga memiliki peran penting dalam mengidentifikasi peran dan fungsi masing-masing pekerja di lokasi proyek. Dalam hal ini, pemimpin proyek dan rekan kerja dapat dengan mudah mengenali pekerja yang memiliki tanggung jawab tertentu. Hal ini memudahkan koordinasi dan komunikasi antar pekerja, sehingga proyek dapat berjalan lebih efisien dan aman. 

3. Kepatuhan Terhadap Peraturan

Penggunaan helm keselamatan kerja bukan hanya masalah keselamatan pribadi, tetapi juga salah satunya adalah masalah kepatuhan terhadap peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Setiap negara memiliki peraturan yang mengharuskan penggunaan helm keselamatan kerja di lingkungan proyek. 

Kepatuhan terhadap peraturan ini sangat penting, karena bukan hanya melindungi pekerja, tetapi juga memastikan proyek berjalan sesuai dengan standar keselamatan yang telah ditetapkan oleh otoritas terkait.

Baca Juga: Ketahui Fungsi Engine Stand dan Cara Menggunakannya

4. Mengurangi Risiko Cedera

Risiko cedera kepala di lingkungan proyek bisa jadi sangat tinggi, terutama ketika berbagai jenis pekerjaan berlangsung bersamaan. Ketika Anda mengenakan helm keselamatan kerja, risiko cedera kepala dapat diminimalisasi secara signifikan. Helm ini dirancang untuk menyerap energi dari benturan, sehingga mampu mengurangi dampak cedera. 

Penting untuk diingat bahwa penggunaan safety helmet atau helm keselamatan kerja adalah tanggung jawab bersama. Semua pekerja dan pengawas proyek harus memastikan semua orang di lokasi kerja menggunakan helm keselamatan kerja yang sesuai dengan warna yang menunjukkan peran dan fungsi masing-masing.

Jadi, ketika Anda melihat seorang pekerja proyek mengenakan helm dengan warna tertentu, ingat bahwa helm tersebut adalah simbol keselamatan dan tanggung jawab dalam pekerjaan para pekerja. 

Anda baru saja memahami arti warna helm keselamatan kerja dan kegunaannya. Sebagai pekerja proyek atau pengawas, pastikan Anda selalu mematuhi aturan penggunaan helm keselamatan kerja, karena keselamatan adalah hal yang utama.

Jika Anda sedang mencari safety helmet berkualitas untuk proyek Anda, kunjungi Kawan Lama Sejahtera untuk menemukan berbagai produk helm proyek yang dapat memberikan perlindungan maksimal untuk pekerja Anda. Yuk kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga. 

Sumber rujukan:

  • https://sintesatrainindo.com/arti-warna-helm-safety/#:~:text=Helm%20safety%20warna%20biru%20digunakan,oleh%20pekerja%20baru%20atau%20magang.
  • https://www.wika-beton.co.id/artikel-det/Makna-dari-5-Warna-Helm-Proyek-yang-Digunakan-Pekerja-Konstruksi34/ind
  • https://bpjt.pu.go.id/berita/ketahui-beda-warna-helm-proyek-dan-kegunaannya
Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.