Ketahui Cara Kerja Sistem Hidrolik pada Alat Berat

Mengenal Cara Kerja Sistem Hidrolik pada Alat Berat

Ketahui Cara Kerja Sistem Hidrolik pada Alat Berat



Anda mungkin pernah melihat alat berat seperti derek, forklift, atau bulldozer bekerja dengan mengangkat atau memindahkan beban berat dengan mudah. Pernahkah Anda memikirkan bagaimana mungkin alat-alat tersebut dapat melakukan tugas berat dengan begitu efisien? Jawabannya adalah sistem hidrolik! Supaya dapat dipahami dengan baik, Anda akan diajak mempelajari cara kerja sistem hidrolik. 


Bukan hanya cara kerjanya saja, tetapi juga definisi, keunggulan, dan kerugian penggunaan sistem hidrolik. Tentunya dengan memahami semua informasi ini, Anda diharapkan dapat mengambil keputusan yang matang ketika akan menggunakan sistem hidrolik dalam bisnis. Sudah siap belajar? Langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini! 


Sekilas tentang Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik adalah suatu sistem yang menggunakan fluida khusus, biasanya minyak hidrolik, untuk mentransmisikan tenaga dari satu titik ke titik lain dalam sebuah mesin atau perangkat. 


Prinsip kerja sistem hidrolik didasarkan pada hukum Pascal yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada fluida yang tertutup akan merambat ke seluruh bagian cairan dengan arah dan besar tekanan yang sama.


Dalam sistem hidrolik, ada beberapa komponen utama yang bekerja bersama untuk menciptakan tenaga dan mengalirkannya. Komponen utama tersebut meliputi pompa hidrolik, silinder hidrolik, katup hidrolik, reservoir, filter hidrolik, pipa dan selang hidrolik, serta tangki akumulator. 


Baca Juga: 3 Cara Mengasah Mata Bor yang Tumpul


Keuntungan Sistem Hidrolik

Keberadaan sistem hidrolik memberikan banyak keuntungan yang banyak membantu dalam kehidupan manusia sehari-hari. Cari tahu berbagai keuntungan menggunakannya berikut ini! 


1. Tenaga Besar dengan Ukuran Kompak

Kemampuan sistem hidrolik untuk menghasilkan tenaga besar dengan ukuran yang relatif kompak membuatnya banyak digunakan dalam berbagai bidang. Pompa hidrolik bekerja dengan menerapkan tekanan pada fluida yang akan menjalar ke seluruh sistem hidrolik. 


Fluida yang tidak dapat dirombak membuat tekanan tersebut secara konsisten diteruskan ke seluruh bagian sistem, termasuk ke silinder hidrolik yang berfungsi sebagai pemindah tenaga. 


Akibatnya, alat atau mesin yang menggunakan sistem hidrolik dapat menghasilkan tenaga besar dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan sistem mekanik atau elektrik. Hal ini memungkinkan alat berat atau mesin industri lainnya untuk melakukan pekerjaan yang berat dengan efisien dan mudah diatur.


2. Kemampuan Mengangkat dan Menggerakkan Beban Berat

Kemampuan untuk mengangkat dan menggerakkan beban berat dengan mudah menjadi keuntungan lain yang dimiliki sistem hidrolik. Alat berat seperti derek dan forklift menggunakan sistem hidrolik untuk mengangkat sekaligus memindahkan beban yang sangat berat. 


Tekanan hidrolik dalam silinder memungkinkan untuk mengangkat dan menurunkan beban secara tepat sehingga mengurangi risiko kerusakan atau bahaya dalam prosesnya. Keberadaan sistem hidrolik jelas membuat pekerjaan yang membutuhkan kekuatan besar dan akurasi dapat dilakukan dengan lebih aman.


3. Presisi Tinggi

Sistem hidrolik memiliki presisi tinggi dalam menggerakkan perangkat dan komponen. Penerapan tekanan hidrolik yang terukur secara akurat memungkinkan pengendalian yang tepat pada perangkat yang digerakkan. 


Ketepatan ini memainkan peran penting dalam berbagai aplikasi, terutama dalam proses manufaktur dan produksi yang memerlukan pemosisian atau gerakan yang presisi. Contohnya seperti pada mesin-mesin penggilingan atau pencetak, sistem hidrolik memastikan benda kerja diposisikan dengan tepat dan gerakan pemrosesan dilakukan dengan akurat. Jadi pada akhirnya produksi yang dihasilkan lebih konsisten dan berkualitas tinggi.


4. Kecepatan Variabel

Kecepatan kerja sistem hidrolik dapat diatur dengan mudah sesuai kebutuhan. Pengendalian kecepatan ini bisa dilakukan secara manual atau otomatis, tergantung pada perangkat kontrol yang digunakan. 


Kemampuan mengatur kecepatan ini memungkinkan adaptasi sistem hidrolik untuk berbagai tugas dan kebutuhan. Sebagai contoh, pada alat berat seperti excavator, operator dapat mengatur kecepatan gerakan lengan atau ember secara fleksibel untuk menghadapi berbagai kondisi kerja. 


Selain itu pada mesin produksi, kecepatan proses dapat diatur agar sesuai dengan kebutuhan produksi dan mampu meningkatkan efisiensi keseluruhan proses.


Baca Juga: 9 Komponen Mesin Diesel Beserta Fungsinya


Kerugian Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik, meskipun memiliki banyak keuntungan, juga memiliki beberapa kerugian yang perlu diperhatikan. Berikut penjelasan lengkap mengenai masing-masing kerugian dari sistem hidrolik. 


1. Kerugian Energi

Salah satu kerugian utama dari sistem hidrolik berada pada aspek energi. Ketika fluida hidrolik mengalir melalui sistem maka akan ada gesekan antara fluida dan permukaan dalam komponen hidrolik. 


Gesekan ini menyebabkan energi hilang dalam bentuk panas yang menyebabkan efisiensi kerja sistem hidrolik menjadi berkurang. Jumlah kerugian energi ini tergantung pada kualitas komponen, perawatan, dan sistem hidrolik secara keseluruhan. 


Dalam beberapa kasus, kerugian energi ini justru dapat mengakibatkan konsumsi energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan sistem mekanik atau elektrik.


2. Perawatan yang Memerlukan Keterampilan Khusus

Perawatan sistem hidrolik memerlukan keterampilan khusus dan pengetahuan tentang komponen serta cara kerjanya. Setiap komponen dalam sistem hidrolik harus dijaga kebersihannya, kebocoran harus diperiksa secara berkala, dan tekanan serta suhu fluida harus selalu dipantau. 


Jika tidak dirawat dengan baik maka sistem hidrolik dapat mengalami masalah seperti kebocoran, perubahan tekanan yang tidak diinginkan, atau bahkan kerusakan pada komponen. Perawatan rutin dan pemeliharaan yang tepat akan memastikan sistem hidrolik berfungsi dengan baik dan bertahan lama.


3. Dampak Lingkungan

Penggunaan minyak hidrolik dalam sistem dapat memiliki dampak lingkungan, terutama jika terjadi kebocoran atau pembuangan yang tidak sesuai. Minyak hidrolik yang bocor ke lingkungan dapat mencemari tanah dan air sehingga menyebabkan polusi lingkungan yang berdampak buruk bagi ekosistem serta kesehatan manusia. 


Untuk mengurangi dampak lingkungan, Anda perlu melakukan penanganan secara hati-hati terhadap minyak hidrolik yang telah digunakan, termasuk pengelolaan limbah dan daur ulang minyak bekas.


4. Biaya dan Ketersediaan Fluida Hidrolik

Fluida hidrolik merupakan komponen penting dalam sistem hidrolik. Kualitas dan ketersediaan fluida hidrolik yang baik sangat penting untuk memastikan kinerja dan keandalan sistem. Penggantian dan pembelian fluida hidrolik berkualitas bisa menjadi biaya yang signifikan, terutama dalam sistem hidrolik besar.


Baca Juga: 4 Jenis-Jenis Kompresor beserta Fungsinya


Cara Kerja Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik bekerja berdasarkan prinsip hukum Pascal yang menyatakan bahwa tekanan yang diterapkan pada suatu cairan di dalam wadah tertutup akan merambat secara merata ke segala arah. 


Pada awalnya, komponen pompa hidrolik akan diaktifkan untuk memompa fluida ke dalam silinder hidrolik. Tekanan cairan yang dihasilkan ini akan membuat piston di dalam silinder bergerak.


Ketika tekanan cairan diterapkan pada satu sisi piston maka gaya tekanan akan diubah menjadi gaya mekanis yang menggerakkan piston ke arah berlawanan. Dalam sistem hidrolik yang lebih kompleks, katup kontrol dan manifold digunakan untuk mengatur aliran fluida sehingga memungkinkan pengendalian gerakan dengan presisi.


Dalam berbagai aplikasi, seperti mesin-mesin industri, alat berat, dan sistem pengereman mobil, sistem hidrolik mengubah tekanan fluida menjadi gerakan mekanis yang kuat dan presisi tinggi. 


Tentunya Anda tidak perlu heran mengapa beban yang sangat berat bisa dipindahkan dengan mudah karena adanya sistem hidrolik ini. Apakah Anda jadi tertarik menggunakannya untuk memudahkan proses dalam bisnis? 


Jika iya maka Anda bisa mengunjungi Kawan Lama Sejahtera untuk mencari alat hidrolik berkualitas yang akan membantu efisiensi dalam proses bisnis. Tidak perlu ragu lagi menggunakannya karena Kawan Lama Sejahtera hanya menawarkan produk terbaik untuk kepuasan seluruh penggunanya. 


Dapatkan peralatan yang andal dan tangguh untuk menghadapi tuntutan industri dengan performa terbaik dengan alat hidrolik hanya dari Kawan Lama Sejahtera! Semoga informasi cara kerja sistem hidrolik yang dijelaskan dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda! 


Sumber: 

https://www.ciptahydropower.com/sistem-hidrolik/

https://hydraulichose.id/sistem-hidrolik/

https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/pengertian-hidrolik/#:~

https://www.ciptahydropower.com/cara-kerja-hidrolik/ 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.