7 Jenis-Jenis Kompresor beserta Fungsinya

jenis jenis kompresor

7 Jenis-Jenis Kompresor beserta Fungsinya


Apakah Anda ingin mengetahui tentang berbagai jenis kompresor yang ada di pasaran? Amari mengenal jenis-jenis kompresor yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi industri dan rumah tangga. Mulai dari kompresor piston yang umum, hingga kompresor sentrifugal yang inovatif. Semua informasinya telah tersedia di sini. Supaya Anda tidak salah pilih dan mendapatkan hasil maksimal seperti yang diharapkan, coba baca informasi di bawah ini sampai akhir!


Jenis-Jenis Kompresor beserta Fungsinya

Kompresor yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari nyatanya memiliki jenis yang berbeda, sesuai kebutuhan penggunanya. Saat digunakan dengan tepat maka kompresor bisa menjadi suatu alat yang dapat membantu meningkatkan produktivitas. Itu sebabnya pahami dahulu berbagai jenisnya dari penjelasan berikut ini.


1. Kompresor Piston

Kompresor piston adalah salah satu jenis kompresor yang paling umum digunakan. Prinsip kerjanya mirip dengan mesin pembakaran dalam, yakni piston akan bergerak naik dan turun dalam silinder untuk menghasilkan tekanan udara.

Kompresor piston cocok untuk aplikasi yang membutuhkan tekanan tinggi, seperti penggunaan pneumatik dan industri otomotif. Keunggulan kompresor piston bisa Anda lihat dari kemampuannya dalam menghasilkan tekanan yang stabil, keandalan tinggi, serta biaya awal yang relatif rendah.

2. Kompresor Sentrifugal

Kompresor sentrifugal menggunakan prinsip sentrifugal untuk meningkatkan tekanan udara. Nantinya udara diisap masuk ke pusat rotor dan dipercepat ke luar dengan kecepatan tinggi.

Kompresor ini lebih cocok untuk aplikasi industri yang membutuhkan aliran udara besar dengan tekanan yang relatif rendah. Keunggulan dari kompresor sentrifugal ialah ukurannya yang compact tetapi tetap memiliki keandalan tinggi dan mampu menghasilkan aliran udara yang konsisten.

Baca Juga: Sering Terjadi Gangguan Seperti Ini? Perhatikan 8 Cara Merawat Kompresor

3. Kompresor Screw

Kompresor screw menggunakan dua rotor sekrup yang berputar satu sama lain untuk menghasilkan tekanan udara. Ruang antara rotor menyempit dan mengompres udara saat rotor berputar. Kompresor ini mempunyai sistem pendingin internal sehingga cara merawatnya lebih mudah.

Kompresor screw digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan aliran udara yang stabil dan tekanan yang konsisten, seperti industri makanan dan minuman. Keunggulan kompresor screw termasuk efisiensi yang tinggi, operasi yang hampir tanpa getaran, dan kebisingan yang rendah.

4. Kompresor Aksial

Kompresor aksial menggunakan bilah rotor yang dirancang secara khusus untuk mengompres udara dalam arah aksial. Udara diisap melalui ruang antara bilah dan dipercepat ke luar.

Cara kerja kompresor aksial umumnya digunakan dalam aplikasi industri yang membutuhkan aliran udara tinggi dengan tekanan yang relatif rendah. Keunggulan kompresor aksial termasuk efisiensi yang tinggi, desain yang ringkas, serta kemampuannya dalam menghasilkan udara yang besar.

5. Kompresor Rotari

Kompresor jenis rotari beroperasi dengan menggunakan ulir atau sekrup yang mampu berputar dalam silinder. Silinder ini berperan dalam mendorong udara atau gas dalam arah sejajar dengan perputaran sekrup. Dalam proses pemindahan gas, kompresor ini menggunakan katup dan memanfaatkan perbedaan tekanan.

Keunggulan dari kompresor rotari meliputi tingkat kebisingan yang rendah dan getaran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis kompresor lainnya, sehingga jenis kompresor ini banyak digunakan.

6. Kompresor Angin

Selanjutnya, terdapat perangkat yang disebut sebagai kompresor udara atau kompresor angin yang didorong langsung (direct driven). Kompresor ini berfungsi sebagai penggerak yang terhubung secara langsung dengan pompa udara. Keunggulan utama dari kompresor ini adalah kemampuan pengisian yang cepat, yang bisa beroperasi pada kecepatan sampai 2.850 rpm.

7. Kompresor Angin Mini

Kemudian, ada juga kompresor udara mini. Kompresor angin ini dirancang khusus untuk menghasilkan aliran udara tanpa tekanan yang signifikan. Umumnya, kompresor angin mini ini digunakan dalam air brush untuk keperluan pengecatan yang sederhana.


Tips Memilih Jenis Kompresor Angin yang Tepat

Keempat jenis kompresor angin di atas jelas punya keunggulannya masing-masing yang tidak bisa Anda samakan. Supaya tidak salah pilih, pastikan Anda sudah tahu apa yang menjadi kebutuhan dalam menggunakan kompresor. Dari sini barulah kompresor yang tepat bisa dipilih untuk memberikan hasil yang optimal. Bisa juga ikuti tips-tips berikut agar Anda lebih mudah memilih jenis kompresor angin yang tepat.

1. Tentukan Kebutuhan Anda

Langkah pertama dalam memilih jenis kompresor angin yang tepat adalah dengan menentukan kebutuhan Anda. Pertimbangkan aplikasi yang akan Anda gunakan, contohnya seperti keperluan industri, perbaikan rumah tangga, atau kegiatan hobi. Pastikan Anda mengetahui tekanan dan aliran udara yang dibutuhkan untuk tugas-tugas tersebut.

2. Perhatikan Kapasitas dan Daya Kompresor

Kapasitas dan daya kompresor angin juga jadi salah satu aspek yang harus diperhatikan. Kapasitas mengacu pada jumlah udara yang dapat dihasilkan oleh kompresor, sedangkan daya mengacu pada tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan kompresor. Pastikan kompresor yang Anda pilih memiliki kapasitas yang mencukupi untuk pekerjaan yang akan dilakukan, tetapi juga sesuai dengan daya listrik yang tersedia.

3. Ukuran dan Portabilitas

Pertimbangkan juga ukuran dan portabilitas kompresor yang akan dipilih. Jika Anda membutuhkan mobilitas tinggi, pilihlah kompresor yang ringan dan mudah dibawa. Namun jika Anda akan menggunakan kompresor secara tetap di lokasi tertentu, ukuran yang lebih besar dengan tangki udara yang lebih besar bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Sumber Tenaga

Kompresor angin yang dijual di pasaran saat ini sudah dapat didukung oleh dua energi berbeda, yakni listrik dan bahan bakar, seperti bensin atau diesel. Masing-masing sumber kompresor angin pasti punya kelebihannya masing-masing sehingga Anda harus mempertimbangkan kebutuhan lebih matang. Kompresor dengan sumber listrik pastinya akan lebih mudah digunakan karena Anda tidak perlu membeli bensin secara berkala. Tinggal sambungkan pada stopkontak maka kompresor akan langsung menyala.

Namun penggunaan kompresor dengan sumber bensin juga lebih fleksibel serta tidak tergantung pada listrik yang bisa saja tiba-tiba mati. Kompresor masih bisa tetap beroperasi karena tersedia bahan bakar yang cukup untuk membuatnya hidup.

5. Kualitas dan Keandalan

Pastikan Anda memilih kompresor angin berkualitas tinggi yang dapat diandalkan dalam jangka panjang. Sebelum melakukan pembelian, cobalah untuk memeriksa merek dan baca ulasan pelanggan untuk mendapatkan gambaran mengenai kualitas dari kompresor yang akan Anda beli.

Perhatikan juga garansi yang diberikan oleh produsen kompresor tersebut. Pemberian garansi menjadi bukti bahwa kualitas kompresor bisa dipertanggung jawabkan sehingga Anda dapat dengan tenang memilihnya.

6. Tingkat Kebisingan

Perhatikan juga tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh kompresor. Jika Anda menggunakan kompresor di area yang sensitif terhadap kebisingan maka sebaiknya pilih kompresor dengan tingkat kebisingan yang rendah.

7. Suku Cadang dan Layanan Purnajual

Pastikan Anda dapat dengan mudah mendapatkan suku cadang dan layanan purnajual untuk kompresor yang dipilih. Hal ini sangat penting diperiksa agar Anda tidak kesulitan pada masa mendatang. Pahami juga bagaimana Anda bisa mengakses purnajual serta layanan customer servis untuk menanyakan berbagai informasi yang membingungkan.

8. Sesuaikan dengan Anggaran

Terakhir, sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Tentukan anggaran yang tersedia untuk membeli kompresor angin dan carilah yang sesuai. Jangan lupa untuk mempertimbangkan nilai jangka panjang dan kualitas yang diberikan oleh kompresor tersebut sehingga Anda tidak menyesal pada kemudian hari.

Baca Juga: 3 Cara Ini Bikin Alat Injector Cleaner Tetap Awet

Dalam memilih jenis-jenis kompresor yang tepat, Anda telah mengetahui pentingnya mempertimbangkan kebutuhan, kapasitas, portabilitas, sumber tenaga, kualitas, dan faktor lainnya.

Untuk mendapatkan kompresor berkualitas terbaik, Kawan Lama adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Kawan Lama menyediakan berbagai pilihan kompresor dengan kualitas terjamin dan performa yang andal. Berbagai komponen pembuatnya juga menggunakan teknologi terbaik sehingga Anda bisa merasakan performa mesinnya yang luar biasa.

Tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk membeli kompresor yang Anda butuhkan di Kawan Lama sekarang juga!

Sumber:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.