3 Cara Mengasah Mata Bor yang Tumpul

mengasah-mata-bor

3 Cara Mengasah Mata Bor yang Tumpul



Mengasah mata bor secara teratur merupakan praktik yang penting dalam menjaga kinerja dan keandalan alat ini. Ketajaman mata bor merupakan faktor krusial dalam menjamin efektivitas dan keberhasilan dalam melubangi material, terutama pada mata bor besi. Perlu Anda ketahui, mengasah mata bor adalah suatu tindakan yang membutuhkan perhatian dan ketelitian.

Jadi, proses mengasah tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa pengetahuan sedikitpun. Oleh karenanya, dalam artikel ini Kawan Lama akan membahas berbagai metode dan teknik mengasah mata bor yang dapat Anda terapkan untuk memastikan kinerja optimal alat ini. Sebelum mencoba mengasahnya, pastikan untuk membaca artikel berikut secara saksama hingga akhir.


3 Cara Mengasah Mata Bor


Berkaitan dengan penggunaan yang berkelanjutan, mata bor besi dapat mengalami perubahan menjadi lebih tumpul yang menyebabkan penurunan kekuatannya dalam melubangi material. Berikut ini beberapa metode yang umum digunakan dalam mengasah mata bor besi:


1. Cara Otomatis

Cara pertama yang akan kami bahas adalah mengasah mata bor secara otomatis. Metode ini melibatkan penggunaan alat pengasah khusus yang dirancang untuk memudahkan pengasahan mata bor dengan cepat dan efisien. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat mengasah mata bor otomatis:

  • Pastikan Anda memiliki alat pengasah mata bor otomatis yang sesuai dengan ukuran dan jenis mata bor yang Anda miliki. Periksa petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen untuk memastikan kesesuaian alat tersebut.
  • Tempatkan mata bor dengan hati-hati di alat pengasah, mengikuti petunjuk yang diberikan. Pastikan mata bor terpasang dengan kuat dan aman.
  • Hidupkan alat pengasah dan ikuti instruksi yang tertera. Biasanya, alat ini akan mengasah mata bor secara otomatis dengan gerakan maju-mundur yang cepat.
  • Selama proses pengasahan, pastikan Anda menggunakan pelumas atau pendingin yang direkomendasikan oleh produsen alat pengasah. Hal ini akan membantu mencegah mata bor dari overheat dan kerusakan yang mungkin terjadi.
  • Setelah pengasahan selesai, periksa mata bor untuk memastikan bahwa mata potongnya telah terasah dengan baik. Jangan lupa untuk bersihkan mata bor dan gerinda atau alat asah hingga tidak ada sisa kotoran di atasnya.


2. Cara Manual

Selain menggunakan alat otomatis, mata bor juga dapat diasah secara manual dengan menggunakan batu asah atau alat pengasah tangan. Meskipun membutuhkan sedikit keterampilan tangan dan ketelitian, metode ini tetap menjadi pilihan yang populer di kalangan pengguna mata bor. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengasah mata bor secara manual:

  • Pasang kepala pengasah dan roda gerinda pada posisinya yang tepat.
  • Peganglah tangkai mata bor dengan kuat agar terjamin keamanannya dan tidak goyah ketika digerakkan. Hal ini juga akan mengurangi risiko kecelakaan akibat kontak antara gerinda dan tangan.
  • Hidupkan grinder dengan mengaktifkannya, kemudian tempelkan gerinda pada mata bor besi. Pastikan gerakan grinder mengikuti jalur yang benar, yakni melawan gravitasi dengan gerakan yang konsisten dan berulang. Teruskan gerakan ini hingga mata bor terasah dengan baik, membentuk ujung yang lebih lancip.
  • Lanjutkan pengasahan dengan gerakan memutar yang konstan, sambil memperhatikan kehalusan dan kebersihan mata bor. Jika perlu, tambahkan air atau minyak pelumas sedikit demi sedikit untuk menjaga permukaan batu asah tetap basah.
  • Setelah beberapa kali pengasahan, periksa mata bor dengan saksama. Uji ketajaman mata bor dengan melakukan tes potong pada bahan yang sesuai. Jika mata bor masih belum tajam, lanjutkan proses pengasahan dengan gerakan yang lebih fokus pada bagian yang masih tumpul.
  • Setelah mata bor terasah dengan baik, gunakan sikat atau kain bersih untuk membersihkan sisa-sisa logam atau serpihan yang mungkin menempel pada mata bor.
  • Mengasah mata bor secara manual membutuhkan sedikit waktu dan usaha ekstra, tetapi dengan latihan yang teratur, Anda akan menguasai teknik ini dan mendapatkan hasil yang memuaskan.


3. Cara Semi Manual

Cara ketiga adalah metode semi manual yang menggabungkan penggunaan alat otomatis dengan sentuhan akhir manual. Metode ini memungkinkan Anda untuk memperoleh kecepatan pengasahan otomatis sambil tetap mengontrol prosesnya. Ikuti adalah langkah-langkah berikut ini:


  • Siapkan alat pengasah mata bor semi manual yang sesuai dengan jenis mata bor yang Anda gunakan. Pastikan untuk memahami petunjuk penggunaan yang tertera pada alat tersebut terlebih dahulu.
  • Tempatkan mata bor dengan benar di alat pengasah semi manual sesuai petunjuk yang diberikan. Setelah itu, cek dan pastikan mata bor terpasang dengan aman dan kokoh.
  • Hidupkan alat pengasah dan biarkan mesin mengasah mata bor secara otomatis selama beberapa detik.
  • Setelah pengasahan otomatis selesai, matikan alat pengasah dan periksa keadaan mata bor. Jika masih diperlukan, lakukan sentuhan terakhir dengan menggunakan metode pengasahan manual yang telah dijelaskan sebelumnya.


Metode semi manual ini memberikan keseimbangan antara kecepatan dan kontrol dalam pengasahan mata bor. Anda dapat memperoleh hasil yang memuaskan dalam waktu singkat dengan memadukan teknologi otomatis dan sentuhan akhir manual.


Baca Juga: Tips Menjaga Performa Angle Grinder Agar Tetap Andal Digunakan


Tips Pengecekan Mata Bor yang Telah Diasah


Setelah Anda mengasah mata bor dengan salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya, penting untuk melakukan pengecekan guna memastikan bahwa mata bor telah terasah dengan baik. Berikut ini beberapa tips pengecekan yang perlu Anda perhatikan:


1. Periksa Kebersihan Mata Bor

Pastikan bahwa mata bor telah bersih dari sisa-sisa logam yang menempel pada sisi potongnya. Bersihkan mata bor dengan menggunakan sikat atau kain bersih sebelum melakukan pengecekan lebih lanjut. Pastikan Anda menghilangkan semua sisa-sisa yang dapat memengaruhi kinerja mata bor.


2.Lakukan Tes Potong

Gunakan mata bor yang telah terasah untuk melakukan tes potong pada bahan yang sesuai. Amati apakah mata bor dapat melakukan pemotongan dengan lancar dan memberikan hasil yang baik. Jika mata bor masih tidak bekerja dengan baik, ulangi proses pengasahan untuk memperbaiki ketajamannya.


3. Periksa Kekuatan Mata Bor

Perhatikan apakah mata bor tetap kuat dan tidak bengkok setelah pengasahan. Apabila Anda melihat adanya kerusakan atau bengkok pada mata bor, segera gantilah dengan mata bor yang baru untuk menjaga keamanan dan kualitas pekerjaan Anda.


4. Simpan Mata Bor dengan Benar

Setelah Anda yakin bahwa mata bor telah terasah dengan baik, penting untuk menyimpannya dengan benar. Tempatkan mata bor dalam wadah atau rak yang sesuai untuk melindunginya dari kerusakan dan memudahkan akses saat Anda membutuhkannya. Jangan biarkan mata bor terkena benturan atau bersentuhan dengan benda-benda keras yang dapat merusaknya.


Dalam dunia konstruksi dan industri, mengasah mata bor merupakan praktik yang tak terhindarkan untuk menjaga keandalan alat ini. Jadi, Anda dapat melaksanakan pekerjaan dengan lebih baik dan efisiensi yang tinggi. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan dan menggunakan alat pelindung diri yang sesuai saat melakukan pengasahan dan pengecekan mata bor.


Ketajaman mata bor memiliki dampak langsung pada kualitas dan kecepatan dalam melakukan pekerjaan melubangi material. Ketika mata bor menjadi tumpul, kekuatan dalam mengebor akan menurun, menyebabkan hasil yang tidak memuaskan dan memperlambat proses kerja. Melalui proses mengasah ini, nantinya Anda dapat memastikan bahwa alat tersebut selalu dalam kondisi optimal dan siap digunakan.


Jika Anda ingin mengasah mata bor dengan lebih efisien dan mendapatkan hasil yang maksimal, jangan ragu untuk mencoba mata bor amplas dari Kawan Lama. Dapatkan alat yang berkualitas tinggi dan dirancang khusus untuk mempermudah pengasahan mata bor Anda.


Kunjungi segera Kawan Lama dan temukan berbagai pilihan mata bor amplas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tingkatkan produktivitas dan ketajaman alat Anda sekarang juga!

 

Sumber:

https://kpssteel.com/educational/cara-asah-mata-bor-besi-yang-tumpul-dengan-mudah/

https://www.klopmart.com/article/detail/3-cara-mengasah-mata-bor-besi-yang-sudah-tumpul

https://dayacipta.co.id/dnews/62/cara-mengasah-mata-bor-manual-dan-menggunakan-mesin.html 

https://gofir.co.id/panduan-mengasah-mata-bor-besi/ 



Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.