7 Macam-macam Gergaji Tangan beserta Fungsinya

macam macam gergaji tangan

7 Macam-macam Gergaji Tangan beserta Fungsinya


Gergaji tangan adalah salah satu alat yang sering digunakan dalam dunia konstruksi, kerajinan kayu, dan berbagai proyek DIY (Do It Yourself). Alat ini memiliki berbagai jenis dan fungsi yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Maka dari itu, penting bagi Anda memahami macam-macam gergaji tangan agar bisa diimplementasikan sesuai dengan fungsinya. Kalau begitu, yuk simak di bawah ini. 

Apa Itu Gergaji Tangan?

Gergaji tangan merupakan alat pemotong yang digerakkan dengan tangan manusia. Alat ini umumnya terdiri dari sebilah pisau gergaji yang dipasang pada kerangka atau pegangan yang ergonomis. 

Pisau gergaji ini memiliki gigi-gigi tajam yang dirancang untuk memotong berbagai jenis material, seperti kayu, plastik, logam, dan lain sebagainya. Gergaji tangan digunakan dengan cara menggerakkan pisau gergaji maju-mundur melalui bahan yang akan dipotong.

Kelebihan gergaji tangan adalah portabilitasnya yang tinggi, sehingga Anda dapat dengan mudah membawanya ke lokasi kerja yang berbeda. Selain itu, gergaji tangan juga lebih terjangkau daripada gergaji listrik. Namun, penggunaan gergaji tangan memerlukan keahlian khusus dalam memotong agar hasilnya presisi.

Baca Juga: 5 Jenis Gergaji Mesin Kayu beserta Fungsinya

Macam-macam Gergaji Tangan dan Fungsinya

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya bahwa gergaji tangan memiliki berbagai jenis. Bagi Anda yang akan menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, penting memahami jenis-jenis dan fungsinya. Yuk simak berikut ini. 

1. Handsaw

Handsaw adalah jenis gergaji tangan yang paling umum digunakan. Gergaji ini memiliki pisau panjang dengan gigi-gigi tajam yang biasanya digunakan untuk memotong kayu. Ada dua jenis gergaji handsaw yang umum digunakan, yaitu gergaji tangan biasa dan gergaji tangan belah (rip saw). 

Gergaji tangan biasa digunakan untuk memotong kayu sepanjang serat kayu, sedangkan gergaji tangan belah digunakan untuk memotong kayu melintang serat. Gergaji handsaw sangat berguna dalam proyek-proyek konstruksi kayu, seperti memasang perabotan atau bingkai.

2. Crosscut Saw

Crosscut saw, seperti namanya, digunakan untuk melakukan pemotongan melintang pada serat kayu. Gigi-gigi pada gergaji ini dirancang untuk memberikan hasil potongan yang bersih dan presisi. Gergaji crosscut saw sangat cocok untuk memotong kayu lapis, papan, atau balok dengan tepi yang rata. Alat ini sering digunakan dalam pekerjaan konstruksi dan pengrajin kayu.

3. Backsaw

Backsaw memiliki punggung yang datar dan gigi-gigi tajam yang halus. Ini membuatnya ideal untuk pemotongan yang akurat dan halus, seperti dalam pembuatan bingkai foto atau pengerjaan detail pada proyek kayu. Gergaji backsaw sering digunakan oleh tukang kayu karena kemampuannya dalam memberikan hasil pemotongan yang presisi.

Baca Juga: 10 Macam macam Gergaji Listrik beserta Fungsinya

4. Keyhole Saw

Gergaji keyhole saw, juga dikenal sebagai gergaji lubang kunci, adalah alat yang dirancang khusus untuk pemotongan lubang kecil atau area yang sulit dijangkau. Gergaji ini memiliki pisau yang ramping dan ujung runcing yang memungkinkan Anda untuk memotong dengan akurat di tempat-tempat yang sulit dijangkau. Ini sangat berguna dalam pekerjaan instalasi, seperti memasang saklar listrik atau memasang kunci pintu.

5. Coping Saw

Coping saw adalah alat yang digunakan untuk memotong kurva atau bentuk yang rumit pada kayu atau material ringan lainnya. Gergaji ini memiliki pisau yang tipis dan ujung yang bisa diputar, sehingga dapat membantu Anda untuk mengikuti pola yang kompleks. Gergaji coping saw sering digunakan dalam pengerjaan kayu untuk membuat detail hiasan atau potongan berbentuk melengkung.

6. Jigsaw

Gergaji jigsaw merupakan alat yang digunakan untuk memotong kurva atau bentuk yang rumit pada kayu, plastik, atau logam tipis. Gergaji ini memiliki pisau tipis yang bergerak naik-turun dengan gerakan maju-mundur. Gergaji jigsaw sangat berguna dalam pembuatan detail hiasan, pola, atau pemotongan yang memerlukan presisi tinggi. Alat ini sering digunakan dalam proyek seni kayu atau pengerjaan interior.

Baca Juga: 10 Peralatan Mekanik Dasar dan Fungsinya

7. Hacksaw

Gergaji jenis ini memiliki kemiripan bentuk dengan gergaji coping saw, tetapi memiliki gigi gergaji yang lebih rapat dibandingkan dengan jenis gergaji lainnya. Biasanya, gergaji hacksaw digunakan untuk melakukan pemotongan pada material pipa dan plastik. Apabila gigi gergaji pada hacksaw sudah tumpul, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. 

Dalam dunia konstruksi, kerajinan kayu, dan proyek DIY, gergaji tangan adalah alat yang penting dan serbaguna. Setelah Anda mengetahui macam-macam gergaji tangan di atas beserta fungsinya, Anda bisa dengan mudah memilih salah satunya sesuai dengan jenis pemotongan yang akan Anda lakukan. 

Jika Anda memerlukan gergaji tangan atau bandsaw berkualitas tinggi yang mampu menghasilkan pemotongan yang presisi, Anda dapat mencarinya di Kawan Lama Sejahtera, penyedia peralatan konstruksi tepercaya. 

Melalui penggunaan alat yang tepat, Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan akurat. Jadi tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga. 

Sumber rujukan:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.