10 Macam macam Gergaji Listrik beserta Fungsinya

macam macam gergaji listrik

10 Macam macam Gergaji Listrik beserta Fungsinya


Dalam dunia konstruksi, kerajinan, atau bahkan kegiatan sehari-hari di rumah, seringkali Anda dihadapkan pada pekerjaan yang memerlukan pemotongan material seperti kayu, logam, atau plastik. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda memerlukan gergaji listrik. Tersedia macam-macam gergaji listrik yang dapat Anda gunakan. Kalau begitu, simak uraian selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Gergaji Listrik?

Gergaji listrik adalah alat yang digunakan untuk memotong berbagai jenis material dengan lebih cepat, akurat, dan efisien dibandingkan dengan gergaji tangan konvensional. Kelebihan dari gergaji listrik adalah daya potong yang lebih besar, sehingga proses pemotongan material yang lebih tebal dan keras lebih mudah dilakukan. 

Cara penggunaan gergaji listrik cukup sederhana. Anda hanya perlu mengarahkan pisau gergaji ke material yang akan dipotong, mengaktifkan alatnya, dan secara perlahan menggunakannya. Melalui kontrol yang baik, gergaji listrik akan memberikan hasil pemotongan yang presisi dan halus.

Baca Juga: 12 Jenis-jenis Gergaji beserta Fungsi Khususnya Masing-masing

Macam-Macam Gergaji Listrik dan Fungsinya

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, bahwa terdapat macam-macam gergaji listrik yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Untuk memilih jenis gergaji listrik yang paling tepat, Anda perlu tahu terlebih dahulu berbagai jenis serta fungsinya. Yuk simak selengkapnya berikut ini. 

1. Jigsaw

Gergaji jigsaw adalah alat yang sangat fleksibel dan mampu mengeksekusi pemotongan dalam berbagai bentuk dan sudut yang kompleks. Keunggulannya terletak pada kemampuan gergaji ini untuk memotong kurva dengan presisi tinggi, sehingga sangat berguna untuk proyek-proyek yang melibatkan pemotongan yang tidak biasa seperti sirkuit listrik atau desain yang rumit. 

2. Circular Saw

Circular saw termasuk gergaji listrik serbaguna yang paling populer. Alat ini dirancang untuk pemotongan lurus yang akurat pada berbagai jenis material seperti kayu, logam, atau plastik. Gergaji listrik satu ini mampu melakukan pemotongan cepat dan bersih, sehingga menjadi pilihan ideal untuk pekerjaan konstruksi, perbaikan rumah, atau proyek tukang kayu. 

3. Gergaji Plunge

Gergaji plunge adalah sangat berguna untuk pemotongan vertikal pada berbagai jenis material. Desain gergaji ini akan membantu Anda menghasilkan hasil pemotongan dengan presisi tinggi. Tidak heran jika gergaji ini menjadi pilihan yang ideal untuk pembuatan lubang dalam kayu atau material lainnya. 

4. Mitre Saw

Mitre saw dirancang khusus untuk pemotongan sudut miring dengan presisi tinggi. Ini adalah pilihan terbaik ketika Anda perlu membuat potongan dengan sudut yang akurat, seperti yang sering terjadi dalam proyek bingkai gambar atau pemasangan lantai. Saat Anda menggunakan mitre saw, maka Anda akan mendapatkan hasil pemotongan yang sempurna pada sudut-sudut yang berbeda dengan mudah.

5. Sliding Mitre Saw

Sliding mitre saw adalah varian dari mitre saw yang memiliki kemampuan geser. Fitur ini membantu Anda untuk melakukan pemotongan lebar dengan cepat dan akurat. Alat ini sangat cocok untuk proyek-proyek besar yang melibatkan pemotongan material yang lebih luas, seperti panel kayu atau papan gypsum. Penggunaan sliding mitre saw ini dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda.

6. Scroll Saw

Scroll saw termasuk alat yang sangat spesifik, digunakan untuk pemotongan kayu yang sangat halus dan detail. Alat ini merupakan pilihan utama bagi para pengrajin yang menciptakan karya seni seperti ukiran kayu atau kerajinan yang membutuhkan pemotongan presisi. Scroll saw akan membantu Anda dalam membuat kurva dan detail yang rumit dengan keakuratan tinggi.

7. Hole Saw

Hole saw adalah jenis gergaji khusus yang dirancang untuk membuat lubang bulat dengan cepat dan efisien dalam berbagai jenis material seperti kayu, logam, atau plastik. Alat ini sering digunakan dalam proyek instalasi, seperti pemasangan pipa, pencahayaan, atau pekerjaan lain yang memerlukan pembuatan lubang dengan ukuran yang tepat. Hole saw dapat membantu Anda mencapai hasil yang bersih dan presisi dalam waktu singkat.

8. Table Saw

Table saw merupakan gergaji dengan meja tetap, dan material yang akan dipotong didorong melintasi pisau gergaji yang terangkat dari meja. Alat ini sangat kuat dan cocok untuk pemotongan yang memerlukan presisi tinggi. Melalui pengaturan yang tepat, Anda dapat melakukan pemotongan lurus dan sudut dengan sangat akurat. Table saw adalah pilihan yang tepat untuk proyek-proyek konstruksi yang membutuhkan pemotongan yang konsisten.

9. Reciprocating Saw

Reciprocating saw adalah jenis gergaji yang bergerak bolak-balik dengan cepat. Alat ini cocok untuk pemotongan cepat pada berbagai jenis material, termasuk kayu, logam, dan pipa. Kelebihan utamanya yaitu untuk mengatasi pemotongan yang kasar dan pemotongan yang memerlukan kecepatan. Jika Anda menggunakan reciprocating saw, maka Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam berbagai proyek.

Baca Juga: Cara Mengikir Gergaji Kayu dengan Benar

10. Band Saw

Band saw menggunakan pisau berbentuk loop yang bergerak secara kontinu. Ini adalah alat yang sangat berguna untuk pemotongan melingkar dan kurva yang rumit pada berbagai jenis material. Alat ini sering digunakan oleh pengrajin kayu dan pemrosesan logam. Saat Anda menggunakan band saw, Anda dapat menciptakan potongan yang halus dan akurat, bahkan dalam bentuk yang paling rumit sekalipun.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan Anda akan berbagai gergaji listrik, Anda dapat mengandalkan Kawan Lama Sejahtera sebagai mitra tepercaya. Di sini, tersedia macam-macam gergaji listrik berkualitas tinggi dengan hasil pemotongan yang presisi, termasuk bandsaw untuk kebutuhan pemotongan kayu dan logam yang akurat dan rumit. 

Jangan ragu mengunjungi Kawan Lama Sejahtera untuk mendapatkan gergaji listrik berkualitas tinggi yang akan membantu Anda menyelesaikan berbagai proyek dengan lebih efisien dan akurat. Dapatkan gergaji listrik terbaik hanya dari Kawan Lama Sejahtera sekarang juga!

Sumber rujukan:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.