12 Jenis-jenis Gergaji beserta Fungsi Khususnya Masing-masing

jenis-jenis-gergaji

12 Jenis-jenis Gergaji beserta Fungsi Khususnya Masing-masing


Alat yang tak bisa diabaikan dalam dunia industri dan kerajinan adalah gergaji. Dalam proses pemotongan, jenis-jenis gergaji memiliki peran yang sangat penting. Namun, tidak ada satu jenis gergaji yang cocok untuk semua kebutuhan pemotongan sebab setiap jenisnya mungkin saja memiliki jenis gergaji tersendiri.

Terdapat berbagai jenis gergaji yang dirancang khusus sesuai dengan fungsi dan kebutuhan pemotongan yang beragam. Oleh karena itu, dalam artikel ini, Kawan Lama akan mengulas jenis-jenis gergaji beserta fungsinya secara mendetail, agar Anda memiliki pemahaman yang lebih dalam. Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.


12 Jenis-jenis Gergaji beserta Fungsinya

Ada berbagai jenis gergaji yang dirancang untuk keperluan dan bahan yang berbeda. Setiap jenis gergaji memiliki fungsinya sendiri. Oleh sebab itu, agar tak salah pilih jenis gergaji untuk kebutuhan Anda, simak ulasan jenis-jenis gergaji di bawah ini:

1. Gergaji Besi

Menjadi salah satu jenis gergaji yang paling umum dan banyak digunakan, gergaji besi adalah jenis gergaji terdiri dari pisau gergaji yang tajam dan terpasang pada kerangka yang terbuat dari besi.

Fungsinya sendiri adalah untuk memotong berbagai bahan seperti kayu, plastik, atau logam. Gergaji besi menjadi pilihan utama dalam proyek konstruksi, pembuatan furniture, dan berbagai kegiatan kerajinan lainnya. Keunggulan gergaji besi terletak pada kemampuannya untuk memotong bahan dengan cepat dan akurat.

2. Gergaji Tangan

Gergaji tangan juga merupakan jenis gergaji yang umum digunakan, bahkan mungkin hampir sebagian besar masyarakat memilikinya dalam rangkaian perkakas rumah tangga. Alat ini sering digunakan untuk memotong kayu, plastik, atau bahan lainnya yang cukup tebal. Kemampuan memotong bahan tebal ini didukung oleh jarak antar gigi yang renggang sehingga mampu membelah material.

Untuk menggunakan gergaji tangan dengan efektif, penting untuk memperhatikan beberapa hal. Pertama, pastikan pisau gergaji selalu tajam agar memotong dengan lancar. Selanjutnya, pegang alat dengan kuat dan stabil, dengan tangan yang tidak terlalu dekat dengan area yang akan dipotong. Gerakkan gergaji maju-mundur dengan gerakan yang konsisten dan kontrol yang baik untuk memastikan hasil pemotongan yang bersih.

3. Gergaji Tripleks

Tripleks memiliki karakter bahan yang tipis dan rentan patah. Sebab itu, pemotongannya pun tidak bisa dilakukan sembarangan melainkan perlu menggunakan jenis gergaji tripleks. Alat ini dirancang dengan pisau gergaji yang sangat halus dan gigi-gigi kecil yang terpasang rapat.

Fungsinya adalah untuk memotong kayu lapis dengan presisi tinggi, menghasilkan hasil pemotongan yang rapi dan halus. Gergaji tripleks menjadi pilihan yang ideal dalam proyek atap, tukang kayu atau pemasangan lantai kayu.

Dalam proyek tersebut, kayu lapis sering digunakan sebagai material karena kekakuan dan stabilitasnya. Namun, pemotongan kayu lapis memerlukan alat yang tepat agar tidak merusak permukaannya yang tipis.

4. Gergaji Jepang

Gergaji Jepang yang juga dikenal sebagai nokogiri merupakan jenis gergaji tradisional yang berasal dari Jepang. Alat ini memiliki ciri khas yang membedakannya dari jenis gergaji lainnya. Dalam desainnya, gergaji Jepang dilengkapi dengan pisau gergaji yang tipis serta tajam dan memiliki gigi-gigi yang dipahat secara teliti pada 2 sisi.

Salah satu keunggulan gergaji Jepang adalah kualitas pisau gergajinya. Pisau yang tipis memungkinkan pemotongan yang presisi dengan sedikit kerugian serat kayu. Gigi-gigi yang dipahat dengan teliti pada pisau gergaji Jepang juga memungkinkan pemotongan halus dan mulus, menghasilkan permukaan kayu yang lebih bersih.

5. Gergaji Rantai

Dalam industri kayu, gergaji rantai telah menjadi alat yang tak tergantikan. Kemampuannya untuk memotong kayu dengan cepat dan akurat membuatnya menjadi pilihan yang ideal dalam pekerjaan penggergajian, pembangunan, atau bahkan pemeliharaan kebun. Sedangkan, dalam industri kehutanan, gergaji rantai digunakan dalam penebangan pohon besar dengan efisiensi yang tinggi.

Pisau rantai yang berputar dengan kecepatan tinggi dan gigi-gigi yang tajam memotong kayu dengan gesit dan mudah. Gergaji rantai juga dilengkapi dengan mekanisme pelumasan otomatis untuk menjaga kinerja pisau dan memperpanjang umur alat.

Namun, karena kekuatannya yang besar, gergaji rantai membutuhkan perhatian khusus terhadap keselamatan saat digunakan. Anda harus memakai perlindungan diri seperti helm pelindung, sarung tangan, dan pelindung telinga untuk melindungi diri dari risiko yang mungkin terjadi selama pemotongan.

6. Scroll Saw

Scroll saw, alat yang sering digunakan dalam kerajinan kayu, adalah jenis gergaji yang digunakan untuk memotong bahan tipis dengan detail halus dan kedalaman yang pas. Keunggulan utama dari scroll saw adalah kemampuannya untuk membuat potongan-potongan kecil dengan lengkungan dan detail yang rumit.

Alat ini dilengkapi dengan pisau gergaji yang tipis dan lurus yang bergerak naik-turun dengan cepat. Gerakan ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan alat dengan presisi tinggi saat memotong bahan.

Dalam menggunakan scroll saw, penting untuk memperhatikan beberapa faktor. Pastikan pisau gergaji dalam kondisi yang baik dan tajam agar memotong dengan baik. Selain itu, pengaturan kecepatan alat harus disesuaikan dengan bahan yang akan dipotong. Bahan yang lebih keras membutuhkan kecepatan yang lebih rendah, sedangkan bahan yang lebih lunak dapat dipotong dengan kecepatan yang lebih tinggi.


Baca Juga: 5 Tips Material Handling yang Efektif dan Aman di Tempat Kerja


7. Keyhole Saw

Pada umumnya, keyhole saw digunakan pada benda kerja yang memiliki sudut kecil atau memotong bagian tengah papan kayu dengan cara membuat celah di bagian tengahnya. Selain itu, alat ini juga berguna dalam perbaikan rumah, terutama saat melakukan pemotongan pada panel dinding untuk akses pipa atau kabel yang tersembunyi.

Desain pisau yang tipis dan berujung lebih kecil pada keyhole saw memungkinkan pengguna untuk membuat pemotongan yang akurat dan detail pada bahan. Pisau ini juga memiliki gigi-gigi yang tak rapat, memungkinkan pemotongan yang mulus dan tepi yang rapi. Kemampuan gergaji ini dalam membuat lubang dengan kurva atau melingkar memungkinkan pengguna untuk menciptakan desain yang menarik dan unik.

8. Jigsaw

Jigsaw dilengkapi dengan pisau gergaji yang panjang, tipis, dan bergerigi yang bergerak maju-mundur dengan cepat. Gerakan ini memungkinkan pengguna untuk mengendalikan pemotongan dengan presisi dan mengikuti pola yang telah ditandai sebelumnya.

Keunggulan utama dari jigsaw adalah kemampuannya untuk melakukan pemotongan yang presisi dengan berbagai bentuk dan sudut. Alat ini sangat berguna dalam proyek kerajinan, pembuatan model, atau bahkan pemasangan listrik. Dalam kerajinan kayu, jigsaw memungkinkan pengguna untuk membuat potongan-potongan yang rumit, seperti relief, pola artistik, atau hiasan pada furniture.

9. Miter Saw

Miter saw, dikenal juga sebagai gergaji sudut, adalah jenis gergaji yang digunakan untuk memotong sudut atau belah. Jenis gergaji ini memiliki kemampuan unik yang memungkinkan pemotongan sudut dengan presisi tinggi. Salah satu keunggulan utama dari miter saw adalah kemampuannya untuk dimiringkan hingga sudut 45 derajat, baik ke arah kiri maupun kanan.

Sebelum menggunakannya, pastikan pisau gergaji dalam kondisi yang baik dan tajam agar memotong dengan baik. Atur sudut potongan yang diinginkan dengan hati-hati dan pastikan pengunci sudut terkunci dengan baik sebelum melakukan pemotongan.

Selain itu, perhatikan posisi bahan yang akan dipotong dan pastikan agar terjepit dengan kuat dan stabil untuk menghindari gesekan atau pergeseran yang dapat memengaruhi hasil pemotongan.

10. Crosscut Saw

Dalam proyek konstruksi, crosscut saw menjadi andalan dalam memotong balok kayu, papan, atau panel dengan presisi tinggi. Kemampuannya yang akurat memungkinkan pemotongan yang tepat dan menghasilkan sambungan yang kokoh dan rapat.

Pasalnya, gigi pada pisau gergaji dirancang secara khusus untuk memotong kayu dengan sedikit kerusakan serat dan menghasilkan permukaan potongan yang rapi. Jadi, dapat dikatakan bahwa alat ini sangat berguna dalam berbagai proyek, seperti konstruksi, penyelesaian interior, atau pembuatan furniture.

11. Veneer Saw

Veneer saw umumnya digunakan dalam proses pemasangan veneer, di mana alat ini memungkinkan pemotongan yang akurat dan tepi yang rapi pada lembaran veneer. Dilengkapi dengan pisau yang tipis, gergaji ini meminimalkan risiko kerusakan atau pecahnya lapisan kayu yang tipis saat pemotongan dilakukan.

Fungsi utama dari veneer saw adalah untuk memotong veneer dengan ketebalan yang konsisten, sehingga nantinya menghasilkan lembaran lapisan tipis yang sempurna untuk digunakan pada permukaan berbagai produk kayu. Ketebalan veneer yang konsisten penting dalam mencapai hasil akhir yang estetis dan profesional pada mebel, pintu, atau panel kayu lainnya.

12. Flooring Saw

Dalam proses instalasi lantai, flooring saw menjadi alat yang sangat berguna. Penggunaannya memungkinkan pemotongan yang tepat pada papan lantai, baik untuk penyesuaian sudut maupun bentuk ruangan. Selain itu, dalam perbaikan lantai, flooring saw membantu memotong papan lantai yang rusak atau tidak rata, sehingga memungkinkan penggantian yang sesuai.

Baca Juga: Tips Menjaga Performa Angle Grinder Agar Tetap Andal Digunakan

 

Pada dasarnya, jenis gergaji ini memang dibuat untuk memotong bahan lantai dengan presisi tinggi. Alat ini menjadi andalan dalam proses instalasi atau perbaikan lantai, memberikan pemotongan yang tepat dan akurat.

Dalam mengenal dan memahami jenis-jenis mesin gergaji, Anda dapat melihat bahwa setiap alat memiliki fungsi yang berbeda dan dapat digunakan dalam berbagai jenis proyek. Sebab itu, penting untuk memilih jenis gergaji yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis material yang akan dipotong agar produksi yang dilakukan dapat menghasilkan produk yang maksimal.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki mesin gergaji yang berkualitas? Kawan Lama, sebagai distributor peralatan dan mesin industri tepercaya, menawarkan pilihan lengkap mesin gergaji dengan kualitas terbaik.

Dapatkan keunggulan dalam pekerjaan industri bisnis Anda dengan memilih mesin gergaji dari Kawan Lama. Jelajahi koleksi produk terbaik dan temukan peralatan dan mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Sumber:

https://www.klopmart.com/article/detail/jenis-gergaji

https://teknikece.com/jenis-gergaji/

https://megaperkakas.com/jenis-dan-macam-macam-gergaji/ 

https://fixcomart.com/blog-detail/Perkakas%20&%20Otomotif/macam-macam-jenis-gergaji

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.