5 Jenis Gergaji Mesin Kayu beserta Fungsinya

jenis gergaji mesin kayu

5 Jenis Gergaji Mesin Kayu beserta Fungsinya


Apabila Anda pekerja konstruksi dan penggemar kerajinan kayu profesional, gergaji mesin kayu adalah salah satu alat yang perlu Anda miliki. Penting juga untuk Anda mengetahui berbagai jenis gergaji mesin kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Gergaji mesin kayu adalah alat yang sangat multifungsi untuk melakukan berbagai jenis pemotongan dan pengukiran pada kayu dengan presisi yang tinggi. Untuk memastikan Anda memiliki alat yang sesuai dengan pekerjaan Anda, sangat penting untuk memahami berbagai jenis gergaji mesin kayu yang tersedia. Kalau begitu, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Gergaji Mesin Kayu?

Sebelum memasuki pembahasan tentang jenis-jenis gergaji mesin kayu, mari mulai dengan pemahaman dasar tentang apa itu gergaji mesin kayu. Gergaji mesin kayu adalah alat listrik atau mesin yang dirancang khusus untuk memotong kayu dengan cepat, akurat, dan efisien. Alat ini sangat berguna dalam berbagai proyek kayu, mulai dari memotong papan, membuat cetakan, hingga mengukir dengan detail halus.

Gergaji mesin kayu memiliki beberapa komponen utama, termasuk pisau gergaji (blade), meja kerja (worktable), dan motor yang menggerakkan pisau gergaji. Bentuk pisau gergaji ini beragam, tergantung pada jenis gergaji mesin kayu yang digunakan. Beberapa gergaji mesin kayu memiliki pisau berbentuk pita (band saw), sementara yang lain memiliki pisau berputar (circular saw) atau pisau bergerigi (chainsaw).

Selain itu, gergaji mesin kayu juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, seperti pelindung pisau dan sistem pengaman untuk mencegah cedera saat penggunaan. Dalam penggunaan sehari-hari, gergaji mesin kayu sangat memudahkan pekerjaan dan meningkatkan efisiensi.

Baca Juga: Alat-Alat Pertukangan Kayu Dasar yang Wajib Dimiliki

Jenis Gergaji Mesin Kayu dan Fungsinya

Setiap jenis gergaji mesin kayu memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga cocok digunakan untuk tugas-tugas tertentu. Maka dari itu, penting bagi Anda memahami apa saja jenis gergaji mesin kayu tersebut. Berikut jenis gergaji mesin kayu yang umum digunakan dan fungsinya.

1. Gergaji Rantai atau Chainsaw

Gergaji rantai, atau yang lebih dikenal sebagai chainsaw, adalah jenis gergaji mesin kayu yang sering digunakan untuk pemotongan kayu yang lebih besar dan kasar. Gergaji rantai memiliki pisau berbentuk rantai dengan gigi-gigi tajam yang berputar dengan kecepatan tinggi. 

Alat ini sangat efektif dalam menebang pohon, memotong kayu gelondongan, dan melakukan pemotongan kasar lainnya. Chainsaw ideal digunakan untuk pemotongan kayu yang sangat tebal dan keras. Gergaji rantai ini cocok untuk pekerjaan di luar ruangan seperti penebangan pohon, mempersiapkan kayu bakar, atau membersihkan cabang-cabang besar.

2. Jigsaw

Gergaji jigsaw adalah jenis gergaji mesin kayu yang memiliki pisau tipis dan bergerigi yang bergerak naik-turun dengan cepat. Ini adalah alat yang sangat presisi yang sering digunakan untuk pemotongan melingkar atau berliku pada kayu, plastik, atau logam tipis.

Jigsaw cocok untuk pemotongan detail dan bentuk yang rumit. Anda dapat menggunakannya untuk mengukir bentuk rumit, membuat lukisan kayu, atau memotong kayu tipis dengan presisi tinggi.

Baca Juga: 10 Peralatan Mekanik Dasar dan Fungsinya

3. Circular Saw

Gergaji circular, atau sering disebut circular saw, merupakan jenis gergaji mesin kayu yang memiliki pisau berputar dengan gigi tajam. Alat ini sangat kuat dan digunakan untuk pemotongan lurus pada berbagai jenis kayu dan bahan lainnya.

Circular saw adalah alat serbaguna yang cocok untuk pemotongan lurus atau memotong papan kayu dengan cepat. Gergaji ini ideal digunakan dalam proyek konstruksi, pemasangan lantai kayu, atau proyek kayu besar lainnya.

4. Scroll Saw

Gergaji scroll adalah jenis gergaji mesin kayu yang dirancang khusus untuk pemotongan detail dan halus. Pisau scroll saw bergerak naik-turun dengan sangat presisi, memungkinkan Anda untuk mengukir detail rumit pada kayu. Scroll saw merupakan pilihan terbaik untuk pemotongan yang memerlukan presisi tinggi, seperti mengukir ornamen kayu, membuat puzzle kayu, atau menghasilkan karya seni kayu yang rumit.

Baca Juga: 10 Jenis Kikir beserta Fungsinya

5. Miter Saw

Miter saw merupakan alat yang digunakan untuk membuat potongan sudut dengan presisi tinggi pada kayu. Alat ini memiliki meja kerja yang dapat diputar dan pisau gergaji berputar untuk memotong sudut yang tepat. Miter saw sangat berguna dalam proyek-proyek yang memerlukan potongan sudut, seperti pembuatan bingkai gambar, pemasangan molding, atau proyek konstruksi interior.

Pemahaman yang baik tentang perbedaan jenis gergaji mesin kayu ini akan membantu pekerjaan Anda jadi lebih efektif. Bagaimanapun juga, untuk memiliki hasil terbaik, Anda perlu alat yang berkualitas tinggi. Kawan Lama Sejahtera adalah pilihan yang tepat untuk itu. 

Di Kawan Lama Sejahtera tersedia gergaji kayu atau bandsaw berkualitas tinggi yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan, harganya juga terjangkau. Jadi tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga!

Sumber rujukan:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.