10 Jenis Kikir beserta Fungsinya

jenis kikir

13 Jenis Kikir beserta Fungsinya



Alat kikir adalah salah satu perkakas tangan yang digunakan dalam industri dan kerajinan untuk menghaluskan dan membentuk permukaan benda kerja. Dalam proses tersebut, kikir berperan penting dalam membentuk, meratakan, dan menghaluskan permukaan benda kerja. Namun, tentu saja memilih jenis kikir tidak boleh sembarangan.

Anda perlu mempertimbangkan fungsi dan kegunaan setiap jenis kikir sebelum menggunakannya. Dalam artikel ini, Kawan Lama akan menjelaskan secara rinci dan lengkap tentang fungsi dan berbagai jenis kikir agar Anda tak salah pilih alat. Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Fungsi Utama Alat Kikir

Alat kikir memiliki fungsi utama yang sangat penting dalam proses pengolahan material. Fungsi-fungsi ini memainkan peran yang signifikan dalam menciptakan hasil yang presisi dan berkualitas. Melalui penggunaan alat kikir yang tepat, permukaan benda kerja dapat dihaluskan, bentuk dapat dibentuk, dan ketepatan dapat dicapai. Adapun fungsi utama dari alat kikir antara lain:

1. Meratakan Permukaan

Salah satu fungsi utama alat kikir adalah untuk meratakan dan menghaluskan bidang benda kerja. Alat kikir mampu menghilangkan permukaan yang tidak rata pada material dengan mengikis lapisan yang tidak diinginkan. Dalam industri manufaktur, alat kikir digunakan untuk meratakan permukaan logam, kayu, dan material lainnya agar memiliki ketebalan yang seragam.

2. Menghilangkan Tepi Tajam

Alat kikir juga digunakan untuk menghilangkan tepi tajam pada benda kerja. Setelah proses pemotongan atau pembentukan, seringkali terbentuk tepi yang kasar dan berbahaya. Dari penggunaan alat kikir yang tepat, tepi tersebut dapat dihaluskan sehingga aman untuk digunakan dan tidak melukai pengguna atau orang lain yang berinteraksi dengan benda tersebut.

3. Membentuk Permukaan

Selain meratakan permukaan, alat kikir juga dapat digunakan untuk membentuk permukaan benda kerja. Oleh karenanya, keberadaan alat kikir membolehkan pengguna membuat bentuk atau corak tertentu pada benda kerja. Hal ini berguna dalam proses seni dan kerajinan, serta dalam pembuatan produk-produk yang membutuhkan permukaan dengan desain yang khusus.

4. Menghilangkan Karat dan Cat Lama

Fungsi lain dari alat kikir adalah untuk menghilangkan karat dan cat lama pada permukaan benda kerja. Dalam proses restorasi atau perawatan, alat kikir digunakan untuk membersihkan permukaan logam yang telah terkena karat atau cat yang sudah mengelupas. Hal ini membantu permukaan logam lebih sempurna dan siap digunakan saat diaplikasikan dengan lapisan baru.

5. Menghaluskan Sambungan Las

Alat kikir juga digunakan dalam proses pengelasan. Setelah melakukan pengelasan, seringkali sambungan las memiliki kekasaran yang perlu dihaluskan. Alat kikir dengan gerigi halus digunakan untuk mengikis permukaan sambungan las sehingga menghasilkan hasil yang lebih rata dan seragam. Hal ini penting untuk memastikan kekuatan dan keindahan sambungan las tersebut.

6. Menyempurnakan Detail Pekerjaan

Dalam proses pembuatan perhiasan atau kerajinan tangan lainnya, alat kikir sering digunakan untuk menyempurnakan detail pekerjaan. Pasalnya, dengan alat kikir ini Anda dapat mengukir, menghaluskan, dan membentuk permukaan benda kerja dengan detail yang sangat halus.

7. Membuat Lubang dan Saluran

Selain fungsi-fungsi sebelumnya, alat kikir juga dapat digunakan untuk membuat lubang dan saluran pada benda kerja. Dalam industri manufaktur, alat kikir khusus yang disebut kikir bor digunakan untuk membuat lubang dengan diameter yang diinginkan pada material seperti logam atau plastik. Selain itu, alat kikir juga digunakan untuk membuat saluran atau alur pada permukaan benda kerja, yang berguna dalam berbagai aplikasi teknik.

Baca Juga: Tips Menjaga Performa Angle Grinder Agar Tetap Andal Digunakan

Jenis Kikir dan Fungsinya Masing-masing

Selain fungsi utamanya, alat kikir juga memiliki berbagai jenis yang dirancang untuk tugas-tugas tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis bentuk kikir yang umum digunakan beserta fungsinya masing-masing:

1. Jenis Kikir Bulat

Dikenal dengan ujung yang melengkung, kikir bulat digunakan untuk menghaluskan permukaan dengan lengkungan atau melingkar, seperti lubang silinder atau permukaan melengkung pada logam atau kayu.

Kegunaan kikir bulat sangatlah penting dalam proses pembuatan atau perbaikan benda kerja yang membutuhkan sentuhan akurat dan halus. Melalui gerakan melingkar yang dihasilkan oleh kikir bulat, permukaan yang dibentuk dapat dihaluskan secara presisi, menciptakan hasil akhir yang estetis dan rapi.

2. Jenis Kikir Setengah Bulat

Jenis kikir selanjutnya adalah kikir setengah bulat dipakai untuk menghaluskan permukaan yang memiliki lengkungan setengah lingkaran atau bentuk melengkung lainnya. Jenis kikir yang satu ini biasanya dimanfaatkan dalam pengolahan material yang memiliki tepi melengkung.

Misalnya saat menekuk bahan logam atau membentuk kayu menjadi lengkungan setengah bulat. Keunggulan kikir setengah bulat terletak pada kemampuannya meratakan dan menghaluskan permukaan dengan presisi tinggi, memastikan hasil akhir yang halus dan memukau.

3. Jenis Kikir Rata

Kikir rata memiliki ujung yang datar dan berperan dalam menghaluskan permukaan datar atau lurus pada benda kerja. Fungsinya sendiri dapat dikatakan krusial dalam proses pengolahan material dengan permukaan datar yang memerlukan tingkat kehalusan dan ketepatan yang tinggi.

Sebagai contoh, dalam industri permesinan, kikir rata digunakan untuk meratakan permukaan datar pada komponen mesin atau alat dengan tingkat presisi tertentu. Selain itu, penggunaan kikir rata juga terlihat dalam kerajinan kayu, di mana alat ini memberikan sentuhan halus pada permukaan meja, rak, atau benda kerajinan lainnya yang memiliki karakteristik permukaan datar.

4. Jenis Kikir Double Cut

Mengusung gerigi pada kedua sisi, kikir double cut memungkinkan penggunaan yang lebih cepat dalam mengikis material. Jenis kikir ini cocok untuk menghilangkan material yang lebih keras atau kasar, seperti logam padat atau bahan keramik.Kikir double cut didesain untuk mempercepat proses pengikisan material.

Dalam penggunaannya, kikir ini sangat efisien dan cepat dibandingkan dengan kikir biasa. Terutama dalam industri, kikir double cut hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk untuk memenuhi kebutuhan setiap penggunanya.

5. Jenis Kikir Segitiga atau Kikir Pisau

Kikir segitiga, yang sesuai dengan namanya, dibuat dalam bentuk segitiga sama kaki. Jenis kikir ini ideal digunakan untuk menghaluskan sudut-sudut kecil atau daerah yang sulit dijangkau pada permukaan benda kerja. Jenis kikir ini sangatlah bermanfaat dalam industri dan kerajinan yang membutuhkan presisi dalam membentuk sudut-sudut tajam, seperti pembuatan perhiasan atau alat-alat presisi.

Dari penggunaannya, Anda dapat mengikis material pada sudut-sudut yang sempit dan meratakan permukaan dengan presisi yang tinggi. Selain itu, kikir segitiga juga sering digunakan dalam kerajinan kayu untuk menghaluskan sudut-sudut pada pembuatan rak atau meja dengan desain khusus.

6. Jenis Kikir Jepit

Umum dikenal dengan ujung yang runcing, kikir jepit digunakan untuk membuat alur atau saluran dengan bentuk yang presisi pada benda kerja. Kikir ini sangat berguna dalam proses pembuatan atau perbaikan benda kerja yang membutuhkan saluran atau alur dengan bentuk khusus, misalnya dalam pembuatan gigi pada roda gigi atau dalam industri otomotif.

Jadi, Anda dapat mengikis material dengan presisi tinggi dan mendapatkan hasil yang akurat sesuai dengan desain yang diinginkan. Bukan hanya itu saja, kikir jepit juga digunakan dalam industri perhiasan untuk menciptakan alur pada permukaan logam yang digunakan sebagai tempat pemasangan batu permata.

7. Jenis Kikir Crochet

Dikenal dengan ujung yang melengkung, kikir crochet digunakan untuk menghilangkan sisa material yang tertinggal pada permukaan benda kerja. Kikir ini sangatlah berguna dalam proses finishing dan perbaikan benda kerja yang memerlukan kehalusan dan kebersihan permukaan, seperti dalam industri otomotif atau perbaikan logam.

Penggunaan kikir crochet pada dasarnya dapat membantu pekerjaan seperti mengikis dan membersihkan sisa-sisa material yang terdapat pada permukaan benda kerja sehingga dapat menghasilkan produk yang bersih dan rapi. Kikir crochet juga sering digunakan dalam pembuatan perhiasan untuk menghaluskan permukaan logam dan menghilangkan sisa-sisa soldering atau perakitan.

8. Jenis Kikir Curved Cut

Kikir curved cut umumnya digunakan pada jenis permukaan benda kerja yang berbentuk melingkar atau melengkung. Kikir ini tentu memiliki manfaat yang menguntungkan dalam proses pembuatan atau perbaikan benda kerja yang memiliki lengkungan atau bentuk melingkar, seperti pembuatan alat musik atau pahatan kayu.

Jenis kikir curved cut sendiri biasanya juga digunakan dalam industri permesinan untuk menghaluskan bagian permukaan komponen mesin yang memiliki lengkungan atau bentuk melingkar.

9. Jenis Kikir Persegi Panjang

Dalam keadaan datar, kikir persegi panjang berfungsi untuk menghaluskan permukaan datar dan menyiku antara bidang satu dengan bidang lain secara presisi tinggi. Jenis kikir ini sangat bermanfaat dalam industri permesinan dan konstruksi untuk meratakan permukaan datar pada komponen mesin, bahan logam, atau bahan kayu.

Jenis kikir persegi atau persegi panjang memiliki karakteristik yang unik, dengan tiga sisi datar dan satu sisi memiliki alur cekung. Alat mekanis ini sering digunakan dalam proses penghalusan permukaan bundar pada fret gitar dan berbagai instrumen musik lainnya.

Kikir persegi atau persegi panjang digunakan untuk menyempurnakan ujung fret dengan permukaan datar yang dimilikinya. Dalam proses ini, alat kikir ini menghilangkan ujung tajam yang masih ada setelah fret dipotong sesuai dengan panjang yang diinginkan.

10. Jenis Kikir Pilar

Kikir pilar, juga dikenal sebagai kikir silinder, memiliki bentuk yang menyerupai pilar atau silinder dengan ujung yang runcing. Jenis kikir ini sering digunakan untuk menghaluskan permukaan dalam lubang atau alur yang sempit, seperti pada mesin bor atau komponen presisi lainnya.

Fungsi utama dari kikir pilar adalah untuk merapikan dan membentuk permukaan dalam lubang atau alur yang sulit dijangkau oleh alat kikir lainnya. Dalam industri permesinan, kikir pilar digunakan untuk memberikan finishing yang halus pada permukaan dalam lubang.

11. Jenis Kikir Kasar

Kikir yang memiliki tingkat kasar bastard umumnya dipakai pada tahap pengerjaan awal. Gigi pada kikir ini sangat menonjol karena dirancang untuk mengatasi pemakanan bahan yang tebal. Jarak antara gigi pada kikir tersebut cukup longgar.

12. Jenis Kikir Halus

Kikir ini dimanfaatkan untuk tahap akhir. Gigi kikir ini lebih rapat dibandingkan dengan kikir kasar atau sedang. Biasanya, alat ini dipakai untuk menyempurnakan permukaan benda kerja atau untuk mencapai dimensi benda kerja yang akurat.

13. Jenis Kikir Sedang

Kikir yang memiliki tingkat kasar sedang dipakai untuk pekerjaan yang lebih ringan dan dapat diaplikasikan pada tahap finishing. Jarak antara gigi pada kikir ini cenderung lebih rapat daripada dengan kikir yang memiliki tingkat kasar bastard.

Pemahaman yang mendalam mengenai berbagai jenis kikir menjadi kunci penting dalam dunia industri. Dalam proses pengolahan material, pemilihan jenis kikir yang tepat dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil akhir, kualitas, dan efisiensi kerja. Nantinya hal ini tentu akan memaksimalkan kinerja Anda dan mencapai standar kualitas yang tinggi dalam produksi.

Selain penting mengenal jenis kikir yang tepat sesuai kebutuhan sebelum digunakan, memilih mesin kikir yang tepat juga perlu dilakukan agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan tentunya dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Jangan khawatir, Kawan Lama siap membantu Anda mendapatkan seluruh peralatan industri berkualitas salah satunya mesin kikir.

Kawan Lama merupakan distributor resmi banyak brand mesin dan peralatan industrial ternama dan berkualitas. Jadi, Anda bisa menemukan segala kebutuhan untuk bisnis yang tentunya dengan pelayanan cepat serta memuaskan. Tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama sekarang juga dan lengkapi kebutuhan alat dan mesin bisnis di sini.

Sumber:

  • https://www.pengelasan.net/jenis-kikir/#12_Persegi_Panjang
  • https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kikir_(alat_tangan)
  • https://teknikece.com/jenis-kikir/ 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.