5 Jenis Vacuum Cleaner, Sesuaikan Kebutuhanmu!

jenis vacuum cleaner

7 Jenis Vacuum Cleaner, Sesuaikan Kebutuhanmu!


Pernahkah Anda merasa kesulitan membersihkan debu dan kotoran di rumah? Vacuum cleaner adalah solusi praktis yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Tersedia berbagai jenis vacuum cleaner yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Supaya Anda bisa mempertimbangkan akan menggunakan jenis vacuum cleaner yang mana, penting untuk tahu jenis-jenisnya yang akan diuraikan dengan lebih lengkap di bawah ini. 

Apa Itu Vacuum Cleaner?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai jenis vacuum cleaner yang berbeda, mari pahami terlebih dahulu apa itu vacuum cleaner. Alat penyedot debu yang sering disebut juga dengan vacuum cleaner adalah alat elektronik yang digunakan untuk membersihkan rumah dari debu jenis apapun, kotoran, dan serpihan lainnya dari berbagai permukaan, seperti lantai, karpet, dan furnitur. 

Vacuum cleaner bekerja dengan cara mengisap udara bersama dengan debu dan kotoran melalui nozzle atau kepala pembersihnya. Udara yang diisap masuk ke dalam tabung atau kantong penyaring di dalam vacuum cleaner, di mana debu dan partikel kotoran disaring. Udara bersih kemudian dilepaskan kembali ke lingkungan. 

Sementara itu, mesin yang ada di dalam vacuum cleaner menciptakan perbedaan tekanan udara yang kuat, yang menghasilkan aliran udara yang kuat untuk mengisap kotoran. Beberapa vacuum cleaner juga dilengkapi dengan berbagai jenis penyaring, seperti HEPA filters, untuk menghilangkan alergi dan partikel mikroskopis lainnya dari udara yang kembali ke ruangan. 

Baca Juga: Wet and Dry Vacuum Cleaner: Pengertian dan Cara Menggunakannya

7 Jenis Vacuum Cleaner sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis vacuum cleaner yang berbeda, masing-masing dirancang untuk tugas pembersihan yang khusus. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa jenis vacuum cleaner yang berbeda beserta keunggulannya. 

1. Vacuum Cleaner Upright

Vacuum cleaner tipe ini adalah yang paling umum dan mudah ditemui. Alat penyedot debu ini dirancang dengan memiliki pegangan yang mudah digenggam. Vacuum cleaner jenis ini ideal digunakan untuk membersihkan lantai dan karpet. Keunggulan vacuum cleaner upright yaitu kemudahan penggunaan dan kapasitas penyimpanan yang besar. Namun, vacuum cleaner ini bisa jadi kurang fleksibel saat digunakan di ruang yang sempit.

2. Vacuum Cleaner Canister

Vacuum cleaner jenis ini memiliki desain yang berbeda dengan unit utama dan selang fleksibel yang terhubung ke kepala pembersih. Alat penyedot debu ini sangat efektif dalam membersihkan sudut-sudut yang sulit dijangkau, seperti bawah furnitur atau tangga. Vacuum cleaner canister sering dilengkapi dengan beragam aksesori yang membuat alat penyedot debu ini cocok untuk membersihkan berbagai permukaan.

3. Vacuum Cleaner Stick

Vacuum cleaner stick adalah pilihan alternatif dengan bobot yang sangat ringan dan mudah digunakan. Jenis penyedot debu ini dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang, sehingga Anda tidak perlu repot dengan kabel listrik. Vacuum cleaner jenis ini cocok digunakan untuk membersihkan area kecil dan permukaan yang halus. 

4. Vacuum Cleaner Handheld

Vacuum cleaner handheld adalah alat penghisap debu yang paling portabel dan cocok untuk membersihkan area-area kecil, seperti interior mobil, bercak kecil, atau tumpahan. Alat ini sangat mudah digunakan dan disimpan. Namun, karena ukurannya yang kecil, kapasitas penyimpanan debu sangat terbatas, dan Anda mungkin perlu mengosongkannya secara lebih rutin.

5. Robotic Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner jenis ini merupakan inovasi terbaru dalam teknologi pembersihan. Alat ini bekerja secara otomatis dan dapat diprogram untuk membersihkan ruangan Anda tanpa perlu pengawasan langsung. Robot vacuum cleaner memiliki teknologi sensor-sensor yang membantu menghindari hambatan, sehingga memiliki daya hisap lebih baik serta proses pembersihan pun jadi lebih mudah dan efisien.

6. Vacuum Cleaner Drum

Jenis vacuum cleaner drum menunjukkan tingkat fleksibilitas jangkauan yang serupa dengan penyedot debu canister, tetapi wadah penyaring debunya memiliki bentuk drum yang lebih kecil.

7. Vacuum Cleaner Backpack

Sesuai namanya, vacuum cleaner ini adalah model portabel yang dapat dibawa di belakang tanpa kabel. Namun, sebelum digunakan, pastikan untuk mengisi daya baterai terlebih dahulu agar dapat memberikan kinerja maksimal saat membersihkan debu di bagian atap atau gorden yang sulit dijangkau oleh jenis vacuum cleaner seperti upright atau canister. Biasanya, model ini sering digunakan oleh jasa pembersihan rumah yang dapat membersihkan setiap sudut rumah, termasuk lantai hingga area yang sulit dijangkau.

Baca Juga: 4 Fungsi Vacuum Cleaner

Tips Memilih Vacuum Cleaner

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis vacuum cleaner, penting untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagaimana cara memilihnya? Anda bisa simak beberapa tips memilih vacuum cleaner di bawah ini. 

1. Perhatikan Jenis Permukaan atau Lantai

Ketika Anda memilih vacuum cleaner, sangat penting untuk mempertimbangkan jenis lantai yang akan Anda bersihkan. Ini karena berbagai jenis vacuum cleaner dirancang untuk berbagai jenis permukaan lantai dan sudut rumah. Misalnya, vacuum cleaner yang dirancang khusus untuk karpet mungkin memiliki sikat penggigit yang dapat mengangkat kotoran dari serat karpet dengan lebih baik. Jadi, penting untuk memperhatikan jenis lantai atau permukaan yang akan Anda bersihkan. 

2. Perhatikan Ukuran Ruangan

Ukuran ruangan yang akan Anda bersihkan juga harus menjadi pertimbangan dalam memilih vacuum cleaner. Jika Anda memiliki ruangan yang luas, seperti ruang tamu besar atau ruang keluarga yang terbuka, vacuum cleaner dengan kapasitas penyimpanan yang besar mungkin lebih cocok. 

Vacuum cleaner dengan kantung penyaring yang lebih besar atau kapasitas kotak debu yang lebih besar akan memungkinkan Anda untuk membersihkan lebih lama tanpa perlu mengosongkan penyaringan secara berkala. 

Sebaliknya, jika Anda hanya perlu membersihkan area yang kecil, seperti kamar tidur atau area dapur, vacuum cleaner dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil atau yang lebih ringkas akan lebih praktis dan mudah disimpan.

3. Pertimbangkan Alergi dan Asma

Alergi dan asma bisa menjadi masalah serius bagi beberapa individu, dan vacuum cleaner dapat berperan penting dalam mengurangi alergen di rumah. Jika Anda atau anggota keluarga Anda memiliki alergi atau asma, sangat penting untuk mempertimbangkan vacuum cleaner dengan sistem filtrasi yang baik. 

Vacuum cleaner dengan HEPA filter atau filter penyaringan tinggi lainnya dapat menangkap partikel alergen, seperti debu, tungau debu, dan bulu hewan peliharaan dengan sangat efektif. Ini akan membantu menjaga kualitas udara di rumah Anda tetap bersih dan sehat.

Baca Juga: Komponen Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui

4. Pertimbangkan Kebutuhan Penyimpanan

Sebelum membeli vacuum cleaner, pastikan Anda memiliki tempat yang cukup untuk menyimpannya dengan nyaman. Vacuum cleaner datar atau yang dapat dilipat mungkin lebih mudah disimpan di bawah tempat tidur atau lemari jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. 

Di sisi lain, vacuum cleaner yang lebih besar dan berat akan memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan, seperti garasi atau ruang gudang. Jika Anda tinggal di apartemen atau rumah dengan ruang penyimpanan yang terbatas, mungkin Anda bisa mempertimbangkan vacuum cleaner yang lebih ringkas atau yang dapat dengan mudah disimpan di lemari kecil. 

Dari jenis-jenis vacuum cleaner yang telah dijelaskan di atas, mana yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari? Untuk mencari vacuum cleaner berkualitas tinggi, Anda bisa mendapatkannya di Kawan Lama Solution. Tersedia berbagai jenis vacuum cleaner dengan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jangan ragu untuk mengunjungi situs Kawan Lama Solution untuk melihat spesifikasi vacuum cleaner dengan lebih lengkap. Kalau begitu, yuk kunjungi Kawan Lama Solution sekarang juga!

Sumber rujukan:

  • https://berita.99.co/jenis-vacuum-cleaner/
  • https://www.ruparupa.com/ms/artikel-jenis-vacuum-cleaner 
  • https://ikame.co.id/jenis-dan-fungsi-vacuum-cleaner/

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.