4 Fungsi Vacuum Cleaner

4 Fungsi Vacuum Cleaner dan Jenis-jenisnya

4 Fungsi Vacuum Cleaner


Vacuum cleaner, atau sering disebut penyedot debu, adalah alat yang sering digunakan dalam menjaga kebersihan rumah atau ruangan. Alat ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi canggih, sehingga fungsi vacuum cleaner ini sangat penting dalam menjaga perawatan rumah Anda. 

Alat ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam membersihkan berbagai jenis permukaan di dalam rumah, tetapi juga memiliki beberapa fungsi penting yang mungkin belum semua orang tahu. Apa saja fungsinya? Yuk langsung simak saja di bawah ini. 


4 Fungsi Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner menjadi salah satu alat penting dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Alat ini terus berkembang, vacuum cleaner tidak hanya menjadi alat untuk membersihkan debu dan kotoran, tetapi juga memiliki beragam fungsi penting lainnya. Yuk simak berbagai fungsi vacuum cleaner tersebut berikut ini. 


1. Membersihkan Debu dan Kotoran Halus dengan Lebih Efektif

Fungsi utama dari vacuum cleaner tentu saja untuk membersihkan debu dan kotoran halus dari permukaan, baik di lantai, karpet, dan lain sebagainya. Alat ini bekerja dengan cara mengisap partikel-partikel kecil tersebut ke dalam tabung penyedotnya menggunakan tekanan udara yang kuat. 

Sebagai hasilnya, bahkan debu yang sulit dijangkau di sudut-sudut sempit ruangan pun dapat terangkat dengan mudah. Anda tidak perlu lagi repot-repot menyapu dan mengumpulkan debu dengan tangan, karena vacuum cleaner mampu menyelesaikan tugas ini dengan lebih efisien.


2. Mengurangi Risiko Alergi dan Penyakit Pernafasan

Salah satu manfaat yang sering diabaikan dari penggunaan vacuum cleaner adalah kemampuan alat ini untuk mengurangi risiko alergi dan penyakit pernafasan. Debu, tungau, serbuk, dan partikel kecil lainnya yang terperangkap di permukaan lantai atau furnitur dapat menjadi pemicu alergi dan masalah pernafasan. 

Saat Anda menggunakan vacuum cleaner yang dilengkapi dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air), partikel-partikel ini dapat disedot dan disaring, sehingga udara yang keluar dari alat tersebut lebih bersih dan bebas dari alergi. Ini sangat bermanfaat bagi Anda yang rentan terhadap alergi atau memiliki masalah pernafasan seperti asma.


Baca Juga: 7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet


3. Menghemat Waktu dan Tenaga

Membersihkan rumah atau ruangan dengan metode tradisional seperti menyapu dan mengelap dapat memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak, terutama jika area yang harus dibersihkan cukup luas. Vacuum cleaner mengatasi masalah ini dengan efisiensi tinggi. Anda dapat membersihkan permukaan lantai, karpet, dan furnitur dengan cepat dan efisien. Ini sangat membantu dalam menjaga kebersihan sehari-hari tanpa menguras energi Anda.


4. Mengatasi Rambut dan Binatang Peliharaan

Bagi pemilik binatang peliharaan, rambut hewan yang rontok seringkali menjadi masalah tersendiri. Vacuum cleaner hadir sebagai solusi efektif untuk mengatasi masalah ini. Alat ini dapat dengan mudah mengisap rambut hewan peliharaan yang menempel di berbagai permukaan, seperti sofa, karpet, dan bantal. Anda pun dapat menjaga kebersihan ruangan dari rambut hewan yang tidak sedap dipandang dengan mudah.

 

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Karat pada Besi secara Mudah


5 Jenis-jenis Vacuum Cleaner


Vacuum cleaner hadir dalam berbagai bentuk dan jenis, masing-masing memiliki keunggulan dan fokus penggunaan yang berbeda. Dari model yang mampu mengatasi debu hingga yang dapat membersihkan tumpahan cairan, serta alat-alat khusus untuk mengatasi alergi. Yuk simak masing-masing jenis vacuum cleaner tersebut berikut ini. 


1. Vacuum Kering

Jenis vacuum cleaner ini adalah solusi ideal untuk mengatasi debu, serbuk, dan kotoran-kotoran ringan yang tersebar di berbagai permukaan rumah. Vacuum kering mampu mengangkat partikel-partikel kecil dan menampungnya dalam wadah khusus. 

Sebagian besar model vacuum kering juga dilengkapi dengan filter yang memiliki kemampuan menangkap partikel-partikel kecil tersebut, sehingga udara yang dihembuskan kembali ke ruangan menjadi lebih bersih. 

Ini sangat penting bagi Anda yang sensitif terhadap alergi atau masalah pernafasan, karena dapat membantu mengurangi jumlah alergen yang beredar di udara. Dibekali dengan desain yang kompak dan efisien, vacuum kering menjadi alat yang tidak hanya membantu membersihkan, tetapi juga menjaga kualitas udara di sekitar Anda. 


2. Vacuum Basah

Vacuum jenis ini merupakan pilihan yang tepat ketika Anda menghadapi situasi tumpahan cairan atau air di rumah. Vacuum basah mampu mengatasi kelembapan dan cairan yang sering sulit diatasi dengan alat pembersih lainnya. 

Alat ini memiliki desain yang tahan terhadap cairan dan biasanya dilengkapi dengan wadah khusus yang dapat menampung air dan cairan yang diisap. 

Sebagai contoh, ketika tumpahan air atau minuman berada di lantai atau permukaan lainnya, vacuum basah dapat secara efektif mengisap dan mengeringkan area tersebut, serta mencegah risiko tumbuhnya jamur atau bau tidak sedap akibat kelembapan berlebih. 


3. Vacuum Debu

Vacuum cleaner jenis ini dirancang khusus untuk menangani debu dan partikel mikroskopis yang sering sulit diidentifikasi oleh mata telanjang. Vacuum debu memiliki daya isap yang kuat untuk mengangkat debu-debu kecil yang menempel di permukaan rumah. 

Salah satu keunggulannya adalah penggunaan teknologi filter HEPA yang mampu menyaring partikel-partikel kecil, termasuk alergen seperti debu tungau dan serbuk sari, sehingga udara yang dikeluarkan oleh vacuum debu menjadi lebih bersih. 


4. Vacuum Tungau

Vacuum cleaner jenis ini memiliki fokus khusus dalam mengatasi masalah tungau debu, alergi, dan partikel kecil lainnya yang seringkali sulit diatasi. Dirancang dengan teknologi yang akurat, vacuum tungau mampu mengisap dan mengumpulkan tungau serta partikel-partikel mikroskopis dari permukaan seperti kasur, bantal, dan furnitur. 

Dilengkapi dengan alat-alat khusus yang canggih, vacuum tungau dapat mengatasi area-area yang tersembunyi atau sulit dijangkau, sehingga tidak hanya permukaan tetapi juga area dalam seperti lipatan kasur dapat dibersihkan secara efektif. 


5. Vacuum 3 in 1

Vacuum cleaner jenis ini merupakan solusi serbaguna yang menggabungkan beberapa fungsi pembersihan dalam satu alat. Biasanya mencakup tiga fungsi utama, yaitu vacuum kering, vacuum basah, dan blower. 

Ketika diperlukan untuk mengatasi debu dan kotoran kering, Anda dapat menggunakan mode vacuum kering. Sedangkan ketika menghadapi tumpahan cairan atau kelembapan, mode vacuum basah dapat dengan cepat menangani situasi tersebut. 

Tidak hanya itu, adanya fungsi blower juga memberikan kemampuan untuk membersihkan area yang sulit dijangkau dengan cara mengembangkan udara. Melalui alat yang serba bisa ini, Anda dapat lebih fleksibel dalam merespons berbagai kebutuhan pembersihan di rumah atau lingkungan sekitar Anda.


Baca Juga: 5 Cara Merawat Mesin Mobil dengan Baik dan Benar


Cara Menggunakan Vacuum Cleaner dengan Benar


Vacuum cleaner adalah alat yang sangat efektif dalam menjaga kebersihan rumah atau ruangan Anda. Namun, untuk memaksimalkan hasil dan menjaga kinerjanya, penting untuk menggunakan vacuum cleaner dengan benar. Kalau begitu, mari simak langkah-langkah yang tepat dalam menggunakan vacuum cleaner untuk mendapatkan hasil pembersihan yang optimal berikut ini. 


1. Persiapkan Ruangan

Sebelum memulai proses penggunaan vacuum cleaner, penting untuk mempersiapkan ruangan dengan baik. Pastikan ruangan sudah cukup bersih dari benda-benda besar seperti mainan atau pakaian yang dapat menghambat gerakan alat. 

Memastikan permukaan lantai atau area yang akan Anda bersihkan relatif bebas dari hambatan akan membuat vacuum cleaner bergerak dengan lebih lancar dan efektif. 

Selain itu, jika Anda menggunakan jenis vacuum cleaner canister atau upright yang menggunakan kabel listrik, pastikan kabel tidak terlilit atau menghalangi jalur alat, sehingga Anda dapat bergerak dengan leluasa tanpa terkendala.


2. Pilih Aksesori yang Tepat

Sebelum Anda memulai proses pembersihan dengan vacuum cleaner, penting untuk memilih aksesori yang sesuai dengan jenis permukaan yang akan Anda bersihkan. Banyak vacuum cleaner dilengkapi dengan berbagai macam aksesori seperti nozzle, brush, atau crevice tool. 

Pemilihan aksesori yang tepat akan sangat memengaruhi hasil pembersihan. Misalnya, jika Anda ingin membersihkan karpet, menggunakan brush pada vacuum cleaner akan membantu mengangkat debu dan kotoran yang lebih dalam di serat karpet. 

Sementara itu, ketika akan membersihkan sudut-sudut sempit atau celah yang sulit dijangkau, pilihan yang tepat adalah menggunakan nozzle kecil atau crevice tool.


3. Atur Ketinggian Sikat

Jika vacuum cleaner yang Anda gunakan dilengkapi dengan pengaturan ketinggian sikat, pastikan untuk mengatur tingkat tersebut sesuai dengan jenis lantai atau karpet yang akan Anda bersihkan. Pengaturan ini memainkan peran penting dalam memastikan efektivitas pembersihan yang optimal. 

Misalnya, jika Anda sedang membersihkan lantai, sebaiknya atur ketinggian sikat pada posisi yang lebih rendah agar vacuum cleaner dapat mendekat ke permukaan dan mengangkat debu dengan lebih baik. 

Di sisi lain, ketika Anda membersihkan karpet yang lebih tebal, mengatur ketinggian sikat pada posisi yang lebih tinggi akan mencegah sikat terjebak di dalam serat karpet. Saat Anda melakukan pengaturan ketinggian sikat yang sesuai, Anda akan memaksimalkan efisiensi alat dan menghasilkan pembersihan yang lebih mendalam.


4. Gerakkan Secara Lambat

Ketika menggunakan vacuum cleaner, pastikan untuk menggerakkan alat dengan kecepatan yang perlahan saat bergerak maju dan mundur. Gerakan perlahan ini memegang peranan penting dalam memastikan hasil pembersihan yang efektif. 

Menggerakkan alat terlalu cepat dapat mengurangi efisiensi isapan, sehingga kotoran dan debu mungkin tidak terangkat dengan baik. Gerakan perlahan juga membantu dalam meratakan sikat atau aksesori alat, sehingga debu dan kotoran dapat diangkat dengan lebih efektif.

Bagaimana, apakah Anda sudah cukup paham apa saja fungsi vacuum cleaner selain untuk membersihkan berbagai permukaan di dalam rumah? Jika sudah, sekarang Anda akan lebih mudah dalam memilih jenis vacuum cleaner yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 


Kawan Lama Sejahtera memiliki peralatan kebersihan industri, di antaranya menyediakan jenis vacuum cleaner yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Dibekali dengan teknologi canggih dan spesifikasi yang mumpuni, vacuum cleaner tersebut mampu membersihkan rumah Anda dengan optimal. 


Kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga untuk mendapatkan vacuum cleaner tersebut. 

Sumber rujukan:

https://eraspace.com/artikel/post/kenali-5-fungsi-vacuum-cleaner-selain-untuk-menyedot-debu

https://berita.99.co/jenis-vacuum-cleaner/ 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.