Wet and Dry Vacuum Cleaner: Pengertian dan Cara Menggunakannya

wet and dry vacuum cleaner adalah

Wet and Dry Vacuum Cleaner: Pengertian dan Cara Menggunakannya


Wet and dry vacuum cleaner adalah alat yang dirancang khusus untuk membersihkan berbagai jenis kotoran, seperti debu, rambut, serpihan makanan, dan bahkan cairan yang tumpah. Penggunaan vacuum cleaner di rumah atau tempat kerja sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Alasan utama mengapa penggunaan vacuum cleaner begitu penting yaitu efisiensi dan kemudahan dalam membersihkan area yang luas. Dibandingkan dengan sapu dan pel biasa, vacuum cleaner dapat membersihkan debu dan kotoran dengan lebih cepat dan efektif. 

Tidak hanya itu, penggunaan vacuum cleaner juga mengurangi risiko alergi dan penyakit pernafasan, karena mampu menangkap partikel debu halus yang sulit terlihat. Tersedia berbagai jenis tipe vacuum cleaner yang dapat Anda gunakan, yaitu wet and dry. Kedua jenis vacuum cleaner tersebut bisa Anda temukan di Kawan Lama Sejahtera. 

Untuk mengetahui lebih jelas tentang dua jenis vacuum cleaner basah dan kering tersebut, mari simak uraian lengkap di bawah ini. 

Apa Itu Wet Vacuum Cleaner?

Vacuum cleaner basah atau sering disebut wet vacuum cleaner adalah jenis vacuum cleaner yang dirancang khusus untuk membersihkan cairan yang tumpah atau bercampur dengan debu dan kotoran. 

Vacuum cleaner ini memiliki tangki khusus untuk menampung cairan yang disedot. Penggunaan wet vacuum cleaner dapat dilakukan ketika Anda akan membersihkan tumpahan air, minuman, atau bahkan banjir kecil di dalam rumah atau tempat kerja. Alat ini dapat mengisap cairan dengan efisien tanpa merusak mesinnya.

Baca Juga: 3 Cara Merawat Injector Cleaner Agar Tetap Awet

Apa Itu Dry Vacuum Cleaner?

Vacuum cleaner atau dry vacuum cleaner adalah termasuk jenis vacuum cleaner yang paling umum digunakan. Alat ini dirancang untuk membersihkan debu, serpihan makanan, rambut, dan berbagai jenis kotoran kering lainnya dari lantai, karpet, dan permukaan lainnya. 

Vacuum cleaner kering bekerja dengan mengisap partikel-partikel kering ke dalam tangki debu atau kantung penyaringnya. Alat ini sangat berguna untuk membersihkan debu dan kotoran sehari-hari di rumah atau tempat kerja Anda. 

Bedanya Vacuum Cleaner Wet and Dry

Mesin penghisap debu basah (Wet) beroperasi dengan mengisap air melalui selang, kemudian air tersebut dapat disimpan dalam tangki atau diarahkan kembali melalui saluran tertentu. Di sisi lain, penyedot debu kering (Dry) bekerja dengan menghisap debu dan kotoran kering dari permukaan yang tidak basah, seperti lantai, permadani, serta sofa. Saat udara terhisap, partikel kotoran dan debu tersebut akan disaring oleh filter yang ada di dalamnya dan dikumpulkan dalam tangki yang khusus disediakan.

Baca Juga: 10 Cara Menggunakan Vacuum Cleaner dengan Tepat

Cara Menggunakan Wet and Dry Vacuum Cleaner

Wet dry vacuum cleaner adalah alat yang sangat berguna dalam menjaga kebersihan di berbagai area, baik di rumah maupun di tempat kerja. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, dan pemahaman tentang cara menggunakannya dengan benar sangat penting untuk mencapai hasil pembersihan yang efisien dan efektif. Mari simak langkah-langkah penggunaan kedua jenis vacuum cleaner ini dengan lebih detail.

1. Wet Vacuum Cleaner

Penggunaan wet vacuum cleaner perlu dilakukan dengan hati-hati. Pertama, pastikan Anda telah mengganti tas penyaringnya dengan filter yang sesuai untuk cairan. Filter ini akan mencegah cairan masuk ke dalam mesin dan merusaknya. 

Selanjutnya, pasang selang isap yang sesuai dan sambungkan kepala isap yang cocok. Pastikan semua komponen terpasang dengan rapat. Setelah itu, hidupkan vacuum cleaner dan arahkan kepala isap ke area yang basah. 

Penting untuk melakukan gerakan perlahan dan hati-hati agar alat ini bisa mengisap cairan secara efisien tanpa ada kebocoran. Setelah selesai, matikan vacuum cleaner dan kosongkan tangki cairan dengan hati-hati, lalu bersihkan filternya untuk penggunaan berikutnya.

2. Dry Vacuum Cleaner

Penggunaan dry vacuum cleaner lebih sederhana. Langkah pertama, periksa dan bersihkan tas penyaring atau kantung penyaring jika diperlukan. Pastikan filter dalam kondisi baik. Pasang selang dan kepala isap sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Setelah semuanya terpasang dengan baik, hidupkan vacuum cleaner dan gerakkan kepala isap ke area yang ingin Anda bersihkan. Lakukan gerakan maju-mundur secara teratur untuk mengisap debu dan kotoran. 

Perhatikan kapasitas tas penyaring, dan jika sudah penuh, matikan vacuum cleaner dan bersihkan atau ganti tas penyaringnya. 

Cara Merawat Vacuum Cleaner Wet and Dry

Salah satu komponen vacuum cleaner wet and dry adalah filter. Akan tetapi, kita seringkali lupa untuk melepaskan filter saat memakainya untuk menyedot kotoran cair, dan memasangnya lagi saat membersihkan debu kering. Hal ini dapat menyebabkan risiko kebakaran pada motor vacuum cleaner.

Kemudian, Anda disarankan untuk menghindari penggunaan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran yang berukuran besar supaya nozzle (ujung pipa) vacuum cleaner tidak mampet. Selain itu, penting untuk mengganti kantong debu setiap bulan agar tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri, kuman, dan penyakit di lingkungan rumah Anda.

Setelah penggunaan, sangat penting juga untuk menyimpan vacuum cleaner di tempat yang tepat. Pastikan alat ini disimpan dalam ruangan yang kering dan bersuhu stabil untuk menghindari kerusakan akibat kelembapan. 

Selain itu, pastikan kabel listriknya dililit dengan rapi dan disimpan di tempat yang tidak mudah terinjak atau tersandung. Jangan lupa membersihkan selang, kepala isap, dan semua aksesori yang digunakan setelah penggunaan dan pastikan semuanya kering sebelum disimpan.

Baca Juga: Komponen Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui 

Melalui perawatan dan penyimpanan yang tepat, Anda dapat memastikan vacuum cleaner akan tetap berfungsi dengan baik dan memiliki umur pakai yang lebih panjang. Untuk membeli vacuum cleaner berkualitas, Anda dapat mengunjungi toko Kawan Lama Solution, yang menawarkan berbagai pilihan vacuum cleaner dengan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Wet and dry vacuum cleaner adalah jenis penyedot debu yang tersedia juga di Kawan Lama Solution. Kedua jenis vacuum cleaner tersebut dibekali dengan teknologi canggih, sehingga kemampuan membersihkan ruangan di rumah atau tempat kerja Anda jadi lebih optimal.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama Solution sekarang juga untuk mendapatkan alat pembersih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber rujukan:

  • https://hyprowira.com/blog/wet-and-dry-vacuum-cleaner
  • https://www.momsmoney.id/news/ini-bedanya-wet-dan-dry-vacuum-cleaner
  • https://deermaindonesia.com/blog/pasti-belum-pada-tahu-apa-itu-vacuum-cleaner-wet-dry
  • https://www.ruparupa.com/blog/berkenalan-vacuum-cleaner-wet-and-dry/amp/

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.