Mengenal Jenis-Jenis Bak Sampah Dan Fungsinya

jenis bak sampah

Mengenal Jenis-Jenis Bak Sampah Dan Fungsinya


Pernahkah Anda berpikir betapa pentingnya peran bak sampah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar? Bak sampah bukan hanya sekadar wadah untuk membuang sampah, melainkan juga merupakan bagian integral dari sistem pengelolaan limbah yang efisien. Namun sebelum Anda dapat mengolahnya, pahami dahulu apa saja jenis-jenis bak sampah yang ada. 

Pemahaman yang baik tentang jenis bak sampah tersebut pada akhirnya akan membantu Anda melakukan pengolahan sampah yang benar. Pasalnya pengolahan yang tidak benar atau tidak tepat malah akan merusak lingkungan yang Anda tinggali. 

Coba langsung simak berbagai jenis bak sampah yang ada berikut ini! 

Jenis Bak Sampah dan Fungsinya

Berikut berbagai jenis bak sampah dan fungsinya yang harus Anda ketahui untuk memilah sampah dengan benar dan tepat. 

1. Bak Sampah Organik (Warna Hijau)

Bak sampah organik biasanya diidentifikasi dengan penggunaan warna hijau. Umumnya sampah yang termasuk dalam kategori ini berasal dari bahan-bahan organik, seperti sisa makanan, daun, kotoran binatang, buah, dan bahan lainnya yang dapat terurai. 

Nantinya setelah diolah, bahan-bahan organik bisa memiliki fungsi baru, yakni sebagai kompos untuk memberikan nutrisi kepada tanaman. 

2. Bak Sampah Anorganik (Warna Kuning)

Bak sampah berwarna kuning biasanya ditujukan untuk sampah anorganik dan digunakan untuk membuang sampah yang tidak dapat terurai secara alami, seperti plastik, kertas laminasi, atau barang-barang yang terbuat dari logam. 

Kalau organik bisa diolah untuk menjadi kompos, sampah organik hanya bisa diolah menjadi barang baru alias didaur ulang. Contohnya seperti plastik kemasan yang dianyam oleh ibu-ibu PKK. Melalui penggunaan bak sampah ini, Anda sedang membantu mengidentifikasi dan memisahkan sampah anorganik agar dapat diolah atau dibuang sesuai dengan regulasi lingkungan.

3. Bak Sampah Non-Organik Berbahan Kertas (Warna Biru)

Bak sampah non-organik berbahan kertas diidentifikasi menggunakan warna biru agar masyarakat dapat memisahkan sampah yang terbuat dari kertas, karton, atau bahan serupa lainnya. Ketika sudah dipisahkan maka bahan-bahan ini akan didaur ulang untuk mengurangi kebutuhan akan pemilihan sumber daya alam.

Baca Juga: 7 Cara Mengolah Sampah Organik dan Anorganik

4. Bak Sampah B3 Alias Non-Organik Berbahaya (Warna Merah)

Berikutnya ada juga bak sampah non-organik B3 (bahan berbahaya dan beracun), yang sering dikenali dengan warna merah. Jenis sampah yang akan dibuang pada jenis bak sampah ini biasanya mengandung bahan-bahan berbahaya bagi lingkungan atau kesehatan manusia. Hal ini termasuk pecahan kaca, bahan kimia beracun, limbah medis, atau bahan berbahaya dan beracun lainnya. 

Tentu sampah berbahaya tersebut dipisahkan dengan tujuan lingkungan terjaga dan tidak ada masyarakat yang terkena penyakit berbahaya. Bahkan ada jasa tersendiri yang menangani sampah ini sehingga keselamatan bersama dapat benar-benar tercipta.

5. Bak Sampah Residu (Warna Abu-abu)

Terakhir ada bak sampah residu yang diidentifikasi menggunakan warna abu-abu. Jenis bak sampah ini digunakan untuk membuang berbagai sampah yang tidak masuk ke dalam kategori-kategori sebelumnya. Beberapa sampah yang termasuk di dalamnya ialah plastik biasa, kardus yang tidak dapat didaur ulang, atau barang-barang yang tidak memiliki tempat khusus. 

Tujuan Membedakan Bak Sampah

Membedakan jenis bak sampah memiliki tujuan yang penting dalam pengelolaan limbah dan menjaga kebersihan lingkungan. Mari pahami tujuan-tujuan tersebut melalui penjelasan berikut.

1. Pengelolaan Sampah yang Efisien

Salah satu tujuan utama dalam membedakan bak sampah adalah untuk mengelola sampah dengan lebih efisien. Melalui pemilahan sampah berdasarkan jenisnya maka Anda sedang memudahkan proses pemilahan dan daur ulang. 

Itu berarti sampah yang dapat didaur ulang akan langsung diidentifikasi dan diolah kembali, sementara sampah yang tidak dapat didaur ulang akan dielakkan dari pembuangan yang tidak efisien.

Baca Juga: 6 Cara Mencuci Tangan Yang Benar

2. Kebersihan Lingkungan

Membedakan bak sampah juga berkontribusi pada kebersihan lingkungan. Bak sampah yang sesuai dengan jenis sampahnya akan membantu mencegah sampah berserakan di lingkungan sekitarnya. 

Melakukan hal ini akan memudahkan Anda dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan indah tanpa adanya tumpukan sampah yang mengganggu. Perlu diingat bahwa menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya masalah estetika, tetapi juga berdampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

3. Kesehatan Masyarakat

Membedakan bak sampah juga berhubungan langsung dengan kesehatan masyarakat. Melalui pemilahan sampah yang berpotensi berbahaya atau infeksius maka Anda dapat mencegah penyebaran penyakit di masyarakat. 

Jangan berpikir bahwa penyebaran penyakit hanya akan terjadi di daerah sampah berbahaya terbuang saja. Jika tidak ditangani dengan benar, penyebaran penyakit ini bisa mengakibatkan bahaya endemi hingga pandemi. Jadi pastikan Anda melakukan pemilahan yang benar dan membuang sampah pada tempatnya.

4. Pengurangan Dampak Lingkungan

Membedakan bak sampah dapat membantu mengurangi dampak lingkungan. Melalui daur ulang dan pengolahan sampah yang baik maka Anda dapat mengurangi kebutuhan akan tempat pembuangan sampah akhir yang seringkali menjadi masalah lingkungan yang serius. Jadi Anda dapat melindungi alam dan ekosistem yang rentan dari polusi dan kerusakan akibat pembuangan sampah yang tidak tepat.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Cairan Pembersih Kaca Jendela

5. Edukasi dan Kesadaran Lingkungan

Membedakan bak sampah juga merupakan alat penting untuk mendidik dan meningkatkan kesadaran lingkungan di masyarakat. 

Ketika orang-orang melihat bak sampah yang dibedakan dengan baik, mereka lebih cenderung mengikuti praktik yang ramah lingkungan dalam pembuangan sampah. Nantinya hal ini akan menghasilkan perubahan perilaku positif yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Cara Membuang Sampah dengan Tepat

Setelah mengetahui jenis bak sampah berdasarkan warna dan fungsinya, berikutnya Anda perlu memahami bagaimana cara membuang sampah dengan tepat. Berikut tips yang bisa Anda ikuti.

  • Persiapkan Bak Sampah Terpisah: Persiapkan wadah sampah terpisah untuk kategori organik, anorganik, serta daur ulang.
  • Manfaatkan Tanda Pengenal: Gunakan label atau tanda pengenal agar Anda bisa lebih mudah mengidentifikasi jenis sampah.
  • Berikan Penjelasan kepada Anggota Keluarga: Sampaikan kepada semua anggota keluarga. rekan, atau sahabat Anda tentang sistem pengelolaan sampah yang telah ditetapkan.
  • Lakukan Pembersihan Rutin: Rutin membersihkan sampah untuk mencegah tumpukan yang berlebihan.
  • Buang Sampah Sesuai Kategori: Pastikan pembuangan sampah sesuai dengan kategorinya masing-masing.
  • Praktikkan Daur Ulang: Manfaatkan barang yang masih bisa didaur ulang dengan tepat.
  • Mengompos Sampah Organik: Membuat kompos dari sampah organik untuk mengurangi produksi limbah dan bermanfaat sebagai pupuk tanaman.
  • Selalu Kosongkan Tempat Sampah: Pastikan tempat sampah selalu kosong setelah digunakan untuk pemakaian selanjutnya.
  • Ajak Anak-anak Terlibat: Libatkan anak-anak Anda untuk belajar cara membuang sampah dengan benar.
  • Jaga Kedisiplinan: Pertahankan kedisiplinan dalam mengelola sampah dengan bijak untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Melalui penjelasan di atas, Anda tentu jadi lebih paham mengenai berbagai jenis bak sampah dan fungsinya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Anda pun jadi bisa melakukan pengelolaan limbah secara lebih efisien. 

Jika Anda tertarik melakukan perjalanan pengelolaan sampah, mulailah dengan memiliki bak sampah sesuai jenisnya. Pastikan Anda punya bak sampah yang cukup untuk membuang semua jenis bak sampah tersebut. Anda bisa mencari bak sampah yang dibutuhkan untuk rumah, lingkungan, atau kantor di Kawan Lama Sejahtera sekarang juga. 

Kawan Lama Sejahtera punya berbagai jenis dan bentuk bak sampah sehingga Anda bisa melakukan pemisahan sampah dengan baik. Coba temukan bak sampah yang Anda butuhkan di Kawan Lama Sejahtera sekarang! 

Sumber: 

  • http://dlh.tapinkab.go.id/2016/06/tempat-sampah-5-warna.html
  • https://ditsmp.kemdikbud.go.id/yuk-mengenal-5-jenis-sampah/
  • https://www.halodoc.com/artikel/alasan-penting-memisahkan-sampah-organik-dan-anorganik
  • https://www.universaleco.id/blog/detail/keuntungan-memilah-sampah-organik-dan-anorganik/31 
Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.