3 Fungsi Rompi Safety sebagai APD Keselamatan Kerja

fungsi rompi safety

5 Fungsi Rompi Safety sebagai APD Keselamatan Kerja


Pemakaian rompi safety di lokasi proyek sangat penting untuk menjaga para pekerja dari risiko berbahaya. Ada rompi berwarna merah, tetapi ada juga yang oranye. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya apa arti warna dari setiap rompi safety tersebut? Perlu Anda pahami bahwa setiap warna memiliki fungsi rompi safety yang berbeda. 

Supaya Anda tidak salah menggunakannya, Kalista (Kawan Lama Solution Intellegent Assistance) sudah menyiapkan informasi lengkap tentang fungsi dan arti dari warna-warnanya. Kemudian temukan juga rompi safety apa yang dibutuhkan agar agar Anda mendapatkan perlindungan yang tepat. Langsung baca informasinya di bawah ini! 

Fungsi Rompi Safety sebagai APD Proyek

Rompi safety bukan hanya pakaian biasa, tetapi merupakan perlengkapan yang memiliki manfaat untuk melindungi Anda di lokasi proyek. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai fungsi utama dari rompi safety sebagai alat pelindung diri (APD). Pastikan Anda menyimaknya dengan saksama. 

1. Visibilitas Tinggi

Warna cerah dan mencolok pada rompi safety, seperti oranye, kuning stabilo, atau merah, bertujuan untuk memberikan visibilitas tinggi kepada pemakainya. Di lokasi proyek yang sering kali penuh dengan aktivitas dan peralatan berat, rompi ini membuat Anda lebih terlihat oleh rekan-rekan kerja, aktivitas lalu lalang kendaraan, dan di dalam kondisi gelap. 

Hal inilah yang akan membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh ketidakmampuan pengemudi untuk melihat pekerja di lingkungan yang sibuk.

Baca Juga: Arti Warna Helm Keselamatan Kerja dan Kegunaannya

2. Identifikasi Sebagai Pekerja

Rompi safety seringkali mencakup tanda-tanda identifikasi seperti logo perusahaan atau nama pemakai. Keberadaannya membantu dalam mengidentifikasi pekerja di lokasi proyek dan memastikan bahwa hanya orang yang berwenang dan dilatih yang berada di area tersebut. 

Tanda-tanda ini juga memudahkan manajemen untuk memantau kehadiran pekerja dengan lebih efisien dan memastikan semua pekerja yang harus hadir benar-benar bekerja sesuai ketentuan.

3. Perlindungan Tubuh Bagian Atas

Rompi safety adalah perlengkapan yang melindungi bagian atas tubuh Anda. Mereka dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap bahaya akibat kontak dengan benda tajam, percikan bahan kimia, dan benda-benda jatuh yang mungkin mengenai tubuh bagian atas. Selain itu beberapa rompi safety juga dilengkapi dengan saku-saku tambahan yang berguna untuk menyimpan alat-alat kecil keperluan proyek.

4. Harga yang Terjangkau

Dari aspek harga, umumnya, rompi safety K3 adalah salah satu alat pelindung tergolong terjangkau. Oleh karena itu, ini bukanlah alasan bagi perusahaan untuk tidak menyediakan safety vest kepada pekerjanya yang bekerja di area berisiko tinggi guna mengurangi potensi kecelakaan kerja.

5. Kenyamanan

Meskipun tidak semua jenis rompi safety memiliki sifat tahan air, namun beberapa varian safety vest khusus dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap air hujan, dan sekaligus membantu mengurangi dampak terpapar angin saat pemakainya berkeringat.

Selain rompi keselamatan kerja, terdapat berbagai alat pelindung diri lainnya yang perlu dipakai ketika berada di lingkungan proyek, termasuk helm pelindung, kacamata pelindung, sepatu keselamatan, sarung tangan, sampai alat pelindung telinga.

Tingkatan Rompi Safety

Tidak semua rompi safety diciptakan sama sehingga mereka didesain berdasarkan kebutuhan. Itu sebabnya rompi safety dibedakan berdasarkan warna dan kebutuhan yang spesifik. Mari telusuri beberapa tingkatan rompi safety yang sering digunakan dan pahami apa yang membedakan mereka satu sama lain berikut ini.

1. Rompi Safety Warna Merah

Rompi safety berwarna merah dalam proyek konstruksi memiliki arti dan fungsi yang sangat penting sebagai identifikasi serta perlindungan bagi petugas pertolongan pertama atau petugas medis. Warna merah yang mencolok pada rompi ini mengidentifikasi mereka sebagai tim kesehatan dan keselamatan yang siap memberikan pertolongan darurat ketika dibutuhkan. 

Rompi safety warna merah ini memastikan bahwa petugas medis dapat dikenali dengan cepat oleh rekan-rekan kerja dan pengemudi sehingga memungkinkan tindakan medis yang cepat dan efektif saat terjadi kecelakaan atau insiden kesehatan di lokasi proyek. Rompi warna merah ini juga digunakan secara khusus oleh petugas pemadam kebakaran untuk menandakan adanya situasi darurat. 

Baca Juga: Mengenal 3 Fungsi Sepatu Boot dalam K3 Perusahaan

2. Rompi Safety Warna Kuning Stabilo atau Hijau

Rompi safety berwarna kuning stabilo atau hijau adalah yang sering dikenakan oleh pekerja umum di lokasi proyek. Warna-warna cerah ini bertujuan untuk memberikan visibilitas tinggi sehingga membuat pekerja lebih terlihat di lingkungan proyek yang penuh dengan aktivitas dan peralatan berat.

Rompi ini juga akan membantu dalam mengidentifikasi pekerja di lapangan sehingga mereka lebih terlihat oleh rekan-rekan kerja, pengemudi kendaraan, dan pengawas proyek. Seiring dengan visibilitas tinggi, rompi warna kuning stabilo atau hijau ini seringkali mencakup logo perusahaan atau tanda-tanda identifikasi lain yang memungkinkan manajemen untuk memantau kehadiran dan aktivitas pekerja dengan lebih efisien.

3. Rompi Safety Warna Oranye

Rompi safety berwarna oranye umumnya dikenakan oleh pekerja lalu lintas, pengaturan lalu lintas, atau pekerja yang beroperasi di sekitar kendaraan berat. Warna oranye adalah pilihan yang umum digunakan untuk menunjukkan keterlibatan dalam pengaturan lalu lintas dan keselamatan berlalu lintas. 

Rompi safety oranye membantu pengemudi dan pengguna jalan lainnya untuk mengidentifikasi pekerja yang berada di dekat jalan atau kendaraan serta mengingatkan mereka untuk berhati-hati.

Baca Juga: Solusi Area Kerja Aman, Produktivitas Terjamin

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami penjelasan mengenai fungsi rompi safety yang sudah dijelaskan di atas? Penting bagi Anda untuk mengenali nilai dan peran penting yang dimiliki oleh rompi safety sehingga keselamatan di tempat kerja dapat terjaga dengan baik.

Untuk memastikan keselamatan dalam proyek-proyek mendatang, pastikan Anda menggunakan berbagai peralatan keselamatan lainnya, termasuk body harness, helm keselamatan, dan sepatu safety

Investasi dalam perlengkapan keselamatan yang tepat bukan hanya melindungi nyawa dan integritas fisik, tetapi juga memberikan Anda ketenangan pikiran saat bekerja di lingkungan yang penuh risiko.

Jangan pernah mengabaikan pentingnya alat keselamatan dan temukan alat yang Anda butuhkan di Kawan Lama Sejahtera sekarang! 

Sumber:

  • Pusat Safety
  • kumparan.com
  • indotrading.com
  • Klopmart

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.