5 Fungsi Air Dryer Beserta Jenis-Jenisnya

fungsi air dryer

5 Fungsi Air Dryer Beserta Jenis-Jenisnya



Fungsi air dryer dalam industri kompresor udara sangatlah penting untuk menjaga kualitas udara yang digunakan. Sebagai perangkat yang dirancang khusus, air dryer memiliki peran utama dalam menghilangkan kelembaban dan kotoran yang terkandung dalam udara terkompresi.


Melalui artikel ini, Anda akan memahami fungsi dan cara kerja air dryer pada kompresor, menjelajahi berbagai jenis air dryer compressor yang umum digunakan, serta mempelajari langkah-langkah perawatan yang diperlukan untuk menjaga kinerja optimal air dryer. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Apa Itu Air Dryer?

Air dryer umum dikenal sebagai pengering udara adalah suatu perangkat yang digunakan dalam industri kompresor udara untuk menghilangkan kelembaban dan kotoran dari udara terkompresi. Udara yang kering dan bebas dari kelembaban memiliki peran penting dalam menjaga kualitas dan kinerja peralatan yang menggunakan udara terkompresi.

Ketika udara dikompresi, terjadi peningkatan suhu yang kemudian mengakibatkan kondensasi air. Sebab itulah air dryer berfungsi untuk mengatasi masalah ini dengan menghilangkan kelembaban dan menghasilkan udara yang bersih, kering, dan siap digunakan dalam berbagai aplikasi industri.


Baca Juga: Gangguan Ini Sering Terjadi Pada Kompresor, Perhatikan 5 Cara Tepat Perawatannya


Fungsi dan Cara Kerja Air Dryer pada Compressor

Air dryer pada compressor memiliki fungsi dan cara kerja yang penting untuk memastikan udara terkompresi yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan cara kerja air dryer pada compressor:

1. Menghilangkan Kelembaban

Fungsi utama dari air dryer adalah menghilangkan kelembaban yang terdapat dalam udara terkompresi. Ketika udara dikompresi, terjadi peningkatan suhu yang menyebabkan uap air dalam udara terkondensasi menjadi air cair.

Air dryer bekerja dengan mengarahkan udara terkompresi melalui serangkaian proses pemisahan dan penghilangan uap air. Metode yang umum digunakan meliputi refrigerasi, adsorpsi, atau penggunaan membran untuk memisahkan dan menghilangkan kelembaban dari udara.

2. Mencegah Korosi

Kelembaban yang terdapat dalam udara terkompresi dapat menyebabkan korosi pada peralatan dan sistem yang menggunakan udara tersebut. Korosi dapat merusak komponen, mengurangi efisiensi, dan mempersingkat umur pemakaian peralatan sehingga kelembaban dalam udara dapat dikurangi secara signifikan. Anda juga dapat sekaligus mencegah terjadinya korosi dan menjaga keawetan peralatan.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

Udara yang bersih, kering, dan bebas dari partikel padat dan minyak sangat penting dalam berbagai aplikasi industri. Air dryer berperan penting dalam meningkatkan kualitas udara dengan menghilangkan partikel-partikel padat, minyak, dan kontaminan lainnya yang terkandung dalam udara terkompresi. Jadi nantinya, kualitas dan keandalan produk yang dihasilkan dapat ditingkatkan.

4. Mengurangi Biaya Perawatan

Kehadiran air dan partikel-padat dalam udara terkompresi dapat menyebabkan kerusakan pada sistem dan peralatan kompresor. Penggunaan air dryer membantu mengurangi risiko kerusakan akibat kelembaban dan partikel-partikel tersebut. Proses menghilangkan kelembaban dan kontaminan ini air dryer membantu menjaga kebersihan sistem, mengurangi kerusakan, dan mengurangi biaya perawatan dan penggantian komponen.

5. Menjaga Efisiensi Kompresor

Udara yang kering dan bebas dari kelembaban membantu menjaga efisiensi kompresor. Kelembaban dalam udara terkompresi dapat mengurangi kinerja kompresor, yang pada gilirannya akan memengaruhi produktivitas dan efisiensi sistem keseluruhan. Dengan menggunakan air dryer, udara yang masuk ke kompresor akan lebih bersih, kering, dan siap digunakan, sehingga menjaga kinerja optimal dan efisiensi kompresor.

Jenis-jenis Air Dryer Compressor

Terdapat beberapa jenis air dryer yang umum digunakan pada compressor, masing-masing dengan karakteristik dan kelebihan yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis air dryer compressor yang sering digunakan:

1. Refrigerated Air Dryer

Refrigerated air dryer menjadi salah satu tipe air dryer compressor yang cukup banyak digunakan. Pasalnya, tipe ini menggunakan sistem pendinginan untuk menghilangkan kelembaban dari udara terkompresi.

Udara yang terkompresi tersebut mengalir melalui pipa-pipa yang melingkari refrigerant. Dalam proses pendinginan ini, uap air dalam udara terkondensasi menjadi air cair dan kemudian dipisahkan dari udara. Sehingga hasilnya adalah udara yang lebih kering sebelum masuk ke sistem.

2. Desiccant Air Dryer

Tipe lain yang umum digunakan adalah desiccant air dryer. Pada jenis ini, desikan seperti silika gel atau alumina digunakan untuk menghilangkan kelembaban dari udara terkompresi. Prosesnya melibatkan dua tahap yaitu adsorpsi dan regenerasi.

Pada tahap adsorpsi, desikan menyerap uap air dari udara terkompresi. Sedangkan pada tahap regenerasi, desikan dipanaskan untuk menghilangkan kelembaban yang telah diserap sehingga desikan dapat digunakan kembali.

3. Membrane Air Dryer

Membrane air dryer menggunakan membran semipermeabel untuk memisahkan uap air dari udara terkompresi. Udara terkompresi mengalir melalui membran, di mana molekul-molekul air yang lebih kecil dapat melewati membran tersebut, sedangkan molekul-molekul udara yang lebih besar terhalang. Melalui proses ini, air yang terkandung dalam udara terkompresi dapat dipisahkan dan dikeluarkan, menghasilkan udara yang lebih kering.

4. Heatless Air Dryer

Heatless air dryer adalah jenis air dryer yang menggunakan desikan dan tekanan udara untuk menghilangkan kelembaban dari udara terkompresi. Terdapat dua kolom desikan yang bergantian dalam prosesnya.

Pada satu kolom, desikan menyerap uap air dari udara terkompresi, sementara kolom lainnya melakukan regenerasi dengan menggunakan tekanan udara. Melalui pengalihan aliran udara secara periodik, heatless air dryer dapat memberikan udara yang kering secara kontinu.

5. Blower Purge Air Dryer

Blower purge air dryer merupakan jenis air dryer yang menggunakan blower untuk melakukan regenerasi desikan. Udara terkompresi mengalir melalui kolom desikan yang jenuh dengan kelembaban, kemudian blower mengalirkan udara kering untuk melakukan regenerasi desikan. Kelebihan blower purge air dryer adalah penggunaan udara yang lebih rendah dibandingkan dengan heatless air dryer, sehingga mengurangi konsumsi energi.


Baca Juga: 7 Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Awet


Cara Perawatan Air Dryer

Perawatan yang baik dan teratur sangat penting untuk menjaga kinerja optimal air dryer. Dengan melakukan perawatan yang tepat, air dryer dapat bekerja dengan efektif dan memiliki umur pemakaian yang lebih panjang. Berikut adalah beberapa langkah perawatan yang dapat dilakukan:

1. Pembersihan Filter

Filter pada air dryer perlu dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan partikel yang menempel. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan sikat lembut atau kompresor udara untuk membersihkan filter dari debu dan kotoran yang menempel. Pastikan untuk mematikan air dryer sebelum membersihkan filter.

2. Memeriksa Suhu Kerja

Periksa suhu kerja air dryer secara berkala untuk memastikan bahwa suhu tetap dalam rentang yang dianjurkan oleh produsen. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat memengaruhi kinerja air dryer dan mengurangi efisiensinya. Jika ditemukan suhu yang tidak normal, perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut atau memanggil teknisi yang berpengalaman untuk mengevaluasi masalah yang mungkin terjadi.

3. Memeriksa Kelembaban Keluaran

Periksa kelembaban udara yang keluar dari air dryer menggunakan alat pengukur kelembaban. Pastikan bahwa kelembaban udara yang keluar sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh produsen.

Adanya perbedaan yang signifikan dapat mengindikasikan adanya masalah pada air dryer yang perlu segera ditangani. Jadi, pengecekan rutin ini penting untuk memastikan bahwa air dryer bekerja dengan efektif dalam menghilangkan kelembaban dari udara terkompresi.

4. Memeriksa dan Membersihkan Saluran Udara

Periksa saluran udara pada air dryer untuk memastikan tidak ada penyumbatan atau kerusakan. Saluran udara yang terhalang dapat menghambat aliran udara yang keluar dari air dryer.

Jika ditemukan penyumbatan, bersihkan saluran udara dengan hati-hati menggunakan sikat atau alat pembersih yang sesuai. Pastikan saluran udara bebas dari kotoran atau debris yang dapat mengganggu aliran udara.

5. Jadwalkan Pemeriksaan Rutin oleh Teknisi

Selain perawatan mandiri, penting juga untuk menjadwalkan pemeriksaan rutin oleh teknisi yang berpengalaman. Teknisi dapat melakukan pemeriksaan lebih mendalam, termasuk memeriksa komponen-komponen penting, melakukan penggantian suku cadang yang rusak, dan melakukan pengaturan yang diperlukan untuk menjaga kinerja optimal air dryer. Pemeriksaan rutin ini akan membantu mendeteksi masalah potensial sejak dini dan mencegah kerusakan yang lebih serius pada air dryer.

 

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini, Sebelum Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor



Dalam industri kompresor udara, pemahaman yang baik tentang fungsi air dryer adalah kunci untuk menjaga kualitas udara yang optimal. Air dryer berperan penting dalam menghilangkan kelembaban dan kotoran dari udara terkompresi, sehingga memastikan udara yang digunakan bebas dari kontaminan yang dapat merusak peralatan dan mengurangi efisiensi sistem.

Sebagai langkah tepat untuk memastikan kualitas udara yang optimal dalam operasional industri, mempertimbangkan untuk memilih air dryer dari Kawan Lama adalah pilihan yang tepat. Kawan Lama, sebagai penyedia solusi alat dan mesin industri tepercaya, menyediakan berbagai jenis air dryer yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

Mengandalkan pengalaman dan kualitas setiap produknya, Kawan Lama dapat memberikan air dryer berkualitas tinggi yang tidak hanya efektif dalam menghilangkan kelembaban dari udara terkompresi, tetapi juga andal dalam menjaga kebersihan dan kualitas udara yang dihasilkan.

Kualitas produk yang ditawarkan oleh Kawan Lama dijamin, sehingga Anda dapat mempercayakan kebutuhan air dryer Anda. Tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama sekarang juga!

 

Sumber:

https://www.atlascopco.com/id-id/compressors/air-compressor-blog/tipe-dan-fungsi-air-dryer-kompresor#:~:text=Air%20Dryer%20atau%20pengering%20udara,kerusakan%20produk%2C%20dan%20kegagalan%20fungsi.

https://minaabadimekanika.co.id/apakah-fungsi-air-dryer/

https://www.teknikmart.com/blog/pengertian-air-dryer-dan-jenisnya/

https://blog.indonetwork.co.id/prinsip-kerja-air-dryer-compressor/

https://blog.tekkindo.com/2020/01/27/apa-fungsi-air-dryer-dan-apakah-anda-memerlukannya/ 


Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.