5 Tips Usaha Cuci Mobil dan Motor yang Harus Diperhatikan

tips usaha cuci mobil dan motor

5 Tips Usaha Cuci Mobil dan Motor yang Harus Diperhatikan


Tahukah Anda, menurut data dari GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Indonesia), pada tahun 2019 terdapat peningkatan kepemilikan kendaraan sebesar 133.617.012 unit atau meningkat sebesar 5,3%. Dengan melihat kenaikan kepemilikian kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, menandakan bahwa semakin membuka peluang usaha cuci mobil dan motor.

Apalagi melihat kondisi sekarang ini dimana masyarakat sudah menjalankan mobilitasnya secara normal, tentunya mereka membutuhkan perawatan cuci mobil dan motor. Sangat sayang dilewatkan kondisi seperti ini, apabila Anda tidak melihat peluang bisnis yang ada.


Berapa Modal Usaha Cuci Mobil?

Sebelum Anda mengetahui tips memmulai bisnis jasa cuci mobil atau motor, penting untuk memahami berapa modal yang perlu Anda persiapkan. Seiring berkembangnya zaman, terdapat berbagai jenis bisnis cuci mobil dan motor dengan modal yang beragam.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami jenis bisnis cuci mobil yang akan dijalankan. Hal ini akan membantu Anda dalam mempunyai gambaran tentang jenis usaha cuci mobil yang cocok dengan pasar yang ditargetkan.


1. Usaha Cuci Manual

Jenis usaha ini adalah yang paling sederhana dan umum ditemui hingga kini, di mana mobil dicuci secara manual oleh tenaga manusia. Modal awal dari usaha ini cukup terjangkau dibandingkan dengan jenis usaha cuci mobil lainnya. Biasanya, Anda perlu memiliki modal kurang lebih 10 juta rupiah, belum termasuk biaya sewa lokasi usaha dan biaya karyawan.

Karena proses pencucian mobil atau motor dilakukan secara manual, maka proses tersebut umumnya memerlukan waktu yang relatif lama. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan dan strategi yang cermat untuk meningkatkan efisiensi layanan usaha cuci mobil Anda menjadi lebih baik.


Baca Juga: Mengenal Teknik Bubut, Fungsi Dan Contohnya


2. Usaha Cuci Hidrolik

Selanjutnya, usaha cuci mobil dengan sistem hidrolik. Proses mencuci mobil dengan sistem hidrolik memiliki keunggulan khusus, yaitu kemampuannya untuk mencapai area bawah mobil yang sulit dijangkau tanpa bantuan mesin hidrolik.

Jika Anda berencana untuk memulai bisnis cuci mobil dengan jenis ini, Anda harus menyiapkan modal yang cukup tinggi, yakni berkisar di angka 30 juta rupiah untuk memasang sistem mesin hidrolik.


3. Usaha Cuci Robotic

Terakhir, ada jenis usaha cuci mobil otomatis menggunakan teknologi robotik yang saat ini sangat diminati dan mulai populer di kalangan banyak orang. Selain proses cuci mobil lebih cepat, sistem ini juga memberikan kenyamanan kepada pelanggan dengan tidak perlu keluar dari mobil selama proses pencucian.

Namun, modal awal yang mesti Anda persiapkan tentunya cukup besar untuk membeli teknologi cuci mobil robotik otomatis. Selain itu, Anda juga perlu memiliki lahan yang luas untuk memulai jenis usaha cuci mobil ini sebab pemasangan sistem otomatis ini memerlukan ruang yang cukup besar.


Baca Juga: Bisnis Perbengkelan Era Modern: Strategi dan Taktik Kreatif Meraup Cuan


Apa Saja Tips Usaha Cuci Mobil dan Motor?

Sebelum memulai bisnis cuci mobil dan motor ada baiknya memperhatikan beberapa tips memulai usaha cuci mobil dan motor yang disampaikan oleh Dhany Ilham Wiraganda dan Audriyan Firandi pemilik SRC Carwash dalam webinar Virtual Customer Gathering Kawan Lama, Kiat Sukses Optimalisasi dan Level-up Bisnis Anda, hari Jumat (17/12) lalu:


1. Analisis Swot

Tips membuka usaha cuci mobil dan tips usaha cuci motor yang pertama adalah menjabarkan ilmu dasar SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) terlebih dulu, sehingga dapat mengetahui apa yang harus Anda tinggalkan, lalu apa yang ditonjolkan, dan siapa target market Anda. Kemudian dari sini, Anda dapat menyusun rencana usaha cuci mobil dan motor.


2. Lokasi

Bicara usaha cuci mobil dan motor, lokasi menjadi faktor paling penting. Syarat utamanya ialah, lokasi yang dekat dan mudah dijangkau oleh customer. Apabila lokasi Anda di pinggir kota dengan banyak pemukiman padat penduduk, ini lampu hijau! Anda dapat mengubahnya menjadi tempat usaha cuci mobil dan motor. Selanjutnya, Anda juga harus pikirkan, apakah lokasi tersebut dekat dengan sumber air dan juga memiliki sumber listrik yang baik.


3. Pemilihan Alat dan Bahan

Dalam pemilihan alat dan bahan harus direncanakan dengan sangat baik, karena ini tulang punggung bisnis cuci mobil dan motor. Namun sebelumnya Anda perlu menentukan, jenis usaha cuci seperti apa yang akan Anda jalankan, seperti misalnya usaha cuci hidrolik, cuci robotik, atau cuci manual.

Sementara, untuk peralatan standar yang dibutuhkan di antaranya hidrolik, vacuum cleaner, hand pole, sampo khusus, lap, selang air, ember, dan masih banyak lagi. Misalnya untuk pemilihan sampo, Anda bisa memilih sampo yang biasa dan touchless.

Di sini kami menggunakan sampo touchless untuk menghindari lecet pada kendaraan. Selain itu perhatikan juga alat-alat cuci lainnya. Untuk alat, kami menggunakan High Pressure Cleaner (HPC), karena lebih bersih dan prosesnya lebih cepat, ujar Dhany Ilham Wiraganda, pemilik SRC Carwash.


4. Kendala dan Solusi

Dalam menjalani usaha cuci mobil dan motor, hal yang harus dipersiapkan ialah kendala yang ada di lapangan. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan cari solusinya:

  • Existing kompetitor: Belajar dari kompetitor dengan melihat kekurangannya dan jadikan itu sebagai kelebihan di lokasi Anda.
  • Sistem upah karyawan: Gunakan skema gaji pokok dan harian. Usahakan pekerjakan karyawan-karyawan di lingkungan sekitar (socio-preneur).
  • Monitoring system: Dengan menerapkan sistem kasir digital, Anda dapat memantau transaksi setiap harinya.
  • Keamanan lingkungan: untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar, Anda bisa melakukan pendekatan ke masyarakat sekitar.
  • Alat dan bahan: Alat-alat ini merupakan aset, maka pilihlah alat sesuai kebutuhan (target market), lalu buat SOP-nya agar sustainability-nya lebih lama. Jadi apabila suatu saat nanti bisnis ini mau dialihkan, barang-barang tersebut bisa dijual kembali.


Baca Juga: Ketahui Prinsip Kerja Mesin Bubut beserta Komponen Penyusunnya


5. Pendekatan Bisnis

Dari sisi pendekatan bisnis, di sini ilmu marketing harus kita kuasai, karena banyak hal yang bisa kita lakukan dengan jurus marketing untuk menarik calon customer, di antaranya:


  • Customer: Anda harus siap menerima kritik dan saran dari customer, apabila bisnis Anda ingin menjadi lebih baik. Ingatkan kepada seluruh karyawan untuk selalu menerapkan 3S, yakni Senyum, Salam, dan Sapa kepada customer untuk menciptakan kebiasaan dan perilaku yang baik. Prioritaskan hubungan baik dengan customer. 
  • Karyawan: Selain fasilitas yang memadai, agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada customer, Anda juga harus melatih karyawan, baik dari segi hard skill dan soft skill. Dari sisi hard skill, karyawan Anda harus memiliki kemampuan mencuci mobil serta mengoperasikan alat-alat yang ada. Sementara dari sisi soft skill, karyawan juga harus dilatih untuk bisa bersikap baik kepada customer. Karyawan juga harus bisa mampu menjawab keluhan dari customer. Oleh sebab itu Anda harus melatih karyawan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada customer.
  • Teknologi: Dalam proses pendekatan ke customer, Anda dapat memanfaatkan kekuatan social media untuk menyebarkan informasi terkait promo dan lainnya. Perhatikan pula promo-promo menarik untuk customer. Anda bisa memberikan promo-promo menarik. Misalnya kalau di kami cuci steam 10 kali, bisa dapat bensin 5 liter. Selain itu, kita lihat seperti sekarang ini cuacanya kan tidak menentu. Nah, apabila 24 jam setelah dicuci kemudian kendaraan kena hujan, maka akan kami ganti cuci secara gratis, tegas Audriyan Firandi, pemilik SRC Carwash.
  • Komunitas: Anda bisa bekerja sama dengan komunitas, seperti memberikan diskon komunitas. Ajak mereka berdiskusi, apa yang mereka inginkan dan mau dari tempat cuci mobil. “Anda bisa menggandeng komunitas, dengan membuat event tiap 3 bulan. Ajak mereka untuk membantu promo usaha Anda. Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan bisnis partner lainnya‚ ujar Audriyan.
  • Pekerjaan : Anda tidak mungkin membuat para pelanggan menunggu terlalu lama. Maka, solusi agar turn over kendaraan dalam sehari tinggi, Anda dapat menggunakan alat High Pressure Cleaner (HPC) yang dapat bekerja secara maksimal agar prosesnya lebih cepat dan rapi.


Nah, kebayang kan apa saja yang Anda butuhkan untuk memulai usaha cuci mobil dan motor. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda. Mau tahu alat-alat yang Anda butuhkan untuk usaha cuci mobil dan motor, langsung kunjungi www.kawanlama.com. Sales consultant kami siap membantu untuk memilih peralatan terbaik yang sesuai kebutuhan Anda.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.