4 Tips Memilih Oli Gearbox yang Sesuai Jenis Kendaraan Anda

tips memilih oli gearbox

Panduan Tips Memilih Oli Gearbox dan Jenisnya yang Cocok untuk Kendaraan Anda


Siapa yang tidak ingin menjaga performa kendaraan agar tetap optimal dan bebas dari masalah yang dapat merugikan? Salah satu faktor kunci untuk meraih hal tersebut adalah dengan pemilihan oli gearbox yang tepat. Untuk itu, memahami tips memilih oli gearbox menjadi penting untuk memastikan sistem transmisi beroperasi dengan lancar dan efisien. 

Oli gearbox, atau sering disebut juga dengan oli transmisi, merupakan jenis minyak pelumas yang dirancang khusus untuk melumasi dan melindungi komponen dalam sistem transmisi kendaraan. Sistem transmisi ini m bertanggung jawab untuk mengatur perpindahan gigi dan mengoptimalkan perbandingan kecepatan antara mesin dan roda kendaraan..

Karena kegunaannya ini oli gearbox memiliki peran vital dalam operasi kendaraan sehingga memilih jenis oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan adalah langkah pintar untuk mencegah kerusakan dan pemakaian yang tidak optimal.

Fungsi Oli Gearbox

Oli gearbox memiliki beberapa fungsi penting dalam sistem transmisi kendaraan, terkhusus dalam memastikan kinerjanya. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari oli gearbox:

1. Pelindung Komponen CVT 

Oli gearbox berperan sebagai pelindung utama untuk komponen-komponen dalam transmisi Continuous Variable Transmission (CVT). Dalam kinerjanya, CVT menggunakan sabuk atau rantai untuk mengatur perpindahan gigi secara kontinu, dan oli gearbox membantu melumasi serta melindungi komponen-komponen tersebut dari keausan dan gesekan berlebihan.

2. Melancarkan Gerak Transmisi 

Fungsi oli gearbox lainnya adalah melumasi gigi-gigi dan komponen-komponen lain dalam transmisi. Melalui pemberian lapisan pelumas, oli ini membantu melancarkan perpindahan gigi, memastikan transisi yang mulus antara kecepatan-kecepatan yang berbeda, dan menjaga kinerja transmisi yang efisien.

3. Mengurangi Gesekan antar Komponen 

Salah satu fungsi kunci oli gearbox adalah mengurangi gesekan antara komponen-komponen di dalam transmisi. Dalam hal ini, dengan meredam gesekan, oli membantu mencegah keausan berlebihan, panas yang berlebihan, dan kerusakan pada gigi-gigi serta bantalan-bantalan, sehingga memperpanjang umur pakai komponen-komponen tersebut.

4. Meminimalkan Suara Bising Mesin 

Oli gearbox juga memiliki peran dalam meminimalkan suara bising yang dihasilkan oleh transmisi. Melalui pengurangan gesekan dan melumasi komponen-komponen, oli ini membantu menciptakan operasi transmisi yang lebih tenang serta mengurangi kebisingan yang dapat terjadi selama perpindahan gigi atau operasi transmisi normal.

Baca juga: Ketahui 7 Jenis Oli Mobil dan Kapan Waktu yang Tepat untuk Penggantian

Jenis Oli Gearbox 

Jenis oli gearbox yang sesuai untuk kendaraan Anda tergantung pada jenis transmisi kendaraan dan kebutuhan spesifiknya. Berikut beberapa jenis oli gearbox yang umum digunakan:

1. Oli Gearbox Mineral

Oli gearbox mineral dibuat dari bahan dasar mineral alami, seperti minyak mentah. Oli jenis ini memiliki viskositas yang stabil dan biasanya lebih terjangkau secara ekonomis dibandingkan dengan oli sintetis. 

Meskipun oli mineral umumnya memberikan pelumasan yang baik, tetapi cenderung memiliki kinerja yang sedikit lebih rendah dalam suhu ekstrem dan mungkin memerlukan penggantian lebih sering dibandingkan dengan oli sintetis.

2. Oli Gearbox Semi-Sintetis 

Jenis oli gearbox lainnya adalah tipe semi-sintetis yang merupakan kombinasi dari bahan dasar mineral dan bahan sintetis. Campuran ini menciptakan oli dengan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan oli mineral konvensional, terutama dalam hal stabilitas viskositas dan kemampuan pelumasan pada suhu ekstrem. Oli semi-sintetis sering juga dianggap sebagai pilihan yang baik untuk penggunaan umum yang menginginkan keseimbangan antara kinerja dan biaya.

3. Oli Gearbox Sintetis

Tipe oli gearbox terakhir adalah jenis sintetis dibuat dari senyawa kimia. Oli jenis ini memiliki stabilitas viskositas yang tinggi dalam berbagai kondisi suhu dan dapat memberikan pelumasan yang optimal bahkan pada suhu rendah atau tinggi. Oli sintetis juga cenderung memiliki daya tahan terhadap oksidasi dan degradasi yang lebih baik, sehingga memungkinkan interval penggantian yang lebih panjang. 

Kendaraan yang memerlukan kinerja tinggi, seperti mobil sport atau kendaraan yang digunakan dalam kondisi berat, sering kali mendapatkan manfaat dari penggunaan oli gearbox sintetis.

Baca juga: 4 Cara Membaca Kode Oli

Tips Memilih Oli Gearbox 

Memilih oli gearbox yang tepat untuk kendaraan Anda merupakan langkah krusial dalam menjaga kinerja optimal dan umur pakai sistem transmisi. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih oli gearbox yang sesuai:

1. Perhatikan Jenis dan Tipe Kendaraan

Memperhatikan jenis dan tipe kendaraan adalah langkah awal yang sangat penting dalam pemilihan oli gearbox. Jenis transmisi, baik itu otomatis, manual, atau CVT, memiliki persyaratan oli yang berbeda. 

Sebagai contoh, kendaraan komersial atau off-road mungkin memerlukan formulasi oli yang lebih tahan terhadap beban dan kondisi ekstrem. Oleh karena itu, memahami spesifikasi dan desain transmisi kendaraan Anda menjadi dasar dalam menentukan jenis oli yang sesuai.

Baca juga: 7 Cara Mengganti Filter Oli pada Mobil dengan Mudah

2. Lihat Viskositas Oli 

Viskositas oli gearbox menjadi faktor kunci dalam menjamin pelumasan yang optimal. Pemilihan viskositas yang tepat tergantung pada kondisi iklim, suhu operasional, dan rekomendasi produsen. 

Oli dengan viskositas yang sesuai akan memberikan perlindungan maksimal pada berbagai kondisi suhu, mulai dari musim dingin yang dingin hingga suhu panas di bawah sinar matahari. Untuk itu, pastikan Anda memilih viskositas oli berdasarkan kondisi lingkungan penggunaan kendaraan. 

3. Sesuaikan dengan Spesifikasi API 

Melihat spesifikasi API juga akan sangat membantu dalam memastikan bahwa oli gearbox memenuhi standar kualitas tertentu. API memberikan klasifikasi dan sertifikasi berdasarkan uji kualitas, sehingga Anda dapat memilih oli yang sesuai dengan persyaratan dan standar industri. 

Memahami level dan kelas API yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan membantu menjaga kualitas dan kinerja oli sesuai dengan standar tertinggi.

4. Sesuaikan dengan Suhu Kerja 

Kondisi suhu di lokasi penggunaan kendaraan dapat memengaruhi pilihan oli gearbox. Jika kendaraan digunakan dalam suhu ekstrem, baik panas atau dingin, pemilihan oli yang dapat berkinerja baik di rentang suhu tersebut sangat penting. Oli yang dirancang khusus untuk suhu ekstrem dapat memberikan pelumasan yang andal dan melindungi komponen transmisi dari keausan dan kerusakan.

Baca juga: 9 Peralatan Bengkel Otomotif Beserta Fungsinya

Memilih oli gearbox yang tepat merupakan langkah kritis untuk menjaga performa kendaraan Anda. Untuk itu, memahami berbagai tips memilih oli gearbox yang tepat, mulai dari viskositas yang sesuai hingga spesifikasi kinerja yang dibutuhkan sangat berguna untuk memastikan bahwa komponen krusial pada kendaraan, seperti gearbox dapat beroperasi dengan optimal dan tahan lama.

Untuk memudahkan proses perawatan oli gearbox, Anda juga bisa memanfaatkan alat servis oli yang praktis dan efisien. Alat servis oli unggulan dari Kawan Lama Solution hadir untuk memberikan kemudahan dalam penggantian oli kendaraan Anda. Bersama dengan teknologi canggih dan desain yang ergonomis, alat servis oli ini dapat menjadi mitra terbaik dalam perawatan kendaraan Anda.

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas perawatan kendaraan Anda. Segera hubungi Kawan Lama Solution dan temukan alat servis oli terbaik untuk kebutuhan Anda. 

Sumber referensi:

  • https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-oli-gardan 
  • https://dupersol.id/tips-memilih-oli-gearbox-dan-jenisnya/


Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.