5 Fungsi Dial Indicator, Cara Kerja dan Tips Memilihnya

fungsi dial indicator

Ketahui Fungsi Dial Indicator dan Cara Kerjanya dalam Industri Manufaktur


Dalam dunia manufaktur dan teknik, penggunaan peralatan yang presisi sangat penting untuk memastikan hasil akhir yang optimal. Salah satu perangkat yang memegang peranan penting dalam hal ini adalah dial indicator. Fungsi alat ini sangat luas, dan pemahaman mendalam tentang cara kerjanya merupakan kunci untuk mencapai hasil yang akurat dalam berbagai aplikasi. 

Dari pengukuran ketebalan material hingga menentukan pergeseran atau perubahan kecil dalam suatu objek, dial indicator mampu memberikan informasi yang krusial bagi para profesional di bidang teknik dan produksi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek terkait fungsi dan cara kerja dial indicator. Simak di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Fungsi Dial Indicator

Dial indicator merupakan alat yang digunakan untuk mengukur dan mendeteksi perubahan kecil dalam suatu objek atau material. Berikut ini fungsinya:

1. Pengukuran Ketebalan Material

Dial indicator memberikan hasil pengukuran ketebalan material dengan tingkat akurasi tinggi. Melalui penggunaan kontak presisi, alat ini mampu memberikan data yang sangat tepat mengenai ketebalan logam, plastik, atau bahan lainnya. Pengukuran yang akurat ini penting dalam memastikan bahwa bahan yang digunakan memenuhi spesifikasi desain dan standar kualitas yang ditetapkan.

2. Pendeteksian Perubahan Kecil

Fungsi dial indicator ini menjadi kritis dalam mendeteksi perubahan kecil atau pergeseran dalam suatu objek. Melalui resolusi yang tinggi, alat ini dapat menangkap perubahan sekecil apapun, menjadi sangat berguna dalam situasi di mana presisi dan konsistensi dalam ukuran sangat diutamakan, seperti pada pengaturan mesin atau dalam lingkungan perakitan.

3. Uji Getaran

Dalam aplikasi uji getaran, dial indicator digunakan untuk mengukur amplitudo dan frekuensi getaran pada mesin atau struktur. Pengukuran ini membantu para insinyur dan teknisi untuk mengidentifikasi ketidakseimbangan atau masalah mekanis lainnya yang mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut. Hal ini mendukung pemeliharaan preventif dan peningkatan efisiensi operasional.

4. Pengukuran Posisi

Dial indicator berguna untuk mengukur dan memantau pergeseran atau perubahan posisi suatu komponen. Dalam pengaturan mesin dan perakitan presisi, penempatan yang tepat dari komponen sangat penting untuk memastikan kinerja yang optimal. Dial indicator memungkinkan para operator untuk memeriksa dan menyesuaikan posisi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

5. Pengukuran Keausan dan Deformasi

Dial indicator digunakan untuk mengukur keausan atau deformasi pada komponen mesin atau permukaan tertentu. Melalui akurasi tinggi, alat ini membantu dalam mengevaluasi umur pakai dan kinerja komponen. Pengukuran keausan yang tepat dapat memberikan informasi berharga untuk perencanaan pemeliharaan dan penggantian komponen sebelum mencapai titik keausan kritis.

Baca juga: Apa Fungsi Depth Gauge dalam Pengukuran?

Cara Kerja Dial Indicator

Cara kerja alat ini melibatkan beberapa komponen yang bekerja bersama-sama untuk mengukur perubahan kecil dalam suatu objek. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai cara kerja dial indicator:

1. Kontak dan Penunjuk

Dial indicator dilengkapi dengan kontak presisi yang dapat diposisikan pada permukaan objek yang akan diukur. Ketika kontak ini bersentuhan dengan objek, perubahan posisi atau dimensi akan ditransmisi ke mekanisme internal alat ini. Penunjuk pada alat ini akan bergerak sesuai dengan perubahan tersebut.

2. Mekanisme Penggerak

Dial indicator menggunakan mekanisme penggerak internal, seperti roda gigi dan pegas, untuk mengonversi perubahan fisik menjadi gerakan pada penunjuk dial. Pergeseran atau perubahan posisi objek yang terjadi menyebabkan putaran roda gigi internal, yang kemudian menggerakkan jarum penunjuk dial untuk menunjukkan hasil pengukuran.

3. Jarum Indikator

Jarum indikator terletak pada skala yang terukur dan bergerak seiring dengan perubahan yang dihasilkan oleh stylus. Skala ini biasanya berputar di sekitar dial indicator dan memiliki marka angka-angka untuk memberikan pembacaan yang akurat.

4. Mekanisme Penahan dan Nol

Dial indicator dilengkapi dengan mekanisme penahan untuk menstabilkan jarum ketika tidak digunakan. Selain itu, ada fungsi nol yang memungkinkan pengguna untuk mengatur indikator ke nol untuk mengkompensasi perubahan kecil yang mungkin terjadi selama penggunaan.

5. Pembacaan dan Interpretasi

Pengguna membaca hasil pengukuran pada skala yang terukur di sekitar dial indicator. Pembacaan ini memberikan informasi mengenai perubahan dimensi atau pergeseran objek yang diukur. Skala dapat berupa satuan panjang, sudut, atau unit pengukuran lainnya tergantung pada kebutuhan aplikasi.

Baca juga: 8 Macam Macam Measurement Tools dan Fungsinya

Tips Memilih Dial Indicator

Memilih dial indicator yang tepat memainkan peran kunci dalam memastikan keakuratan dan keandalan pengukuran. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih alat ini yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Akurasi dan Resolusi

Ketika memilih dial indicator, akurasi dan resolusi menjadi faktor utama. Pastikan untuk memilih alat dengan tingkat akurasi yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda. Resolusi yang tinggi juga penting, terutama ketika Anda perlu mengukur perubahan kecil atau pergeseran objek. Semakin tinggi akurasi dan resolusi, semakin dapat diandalkan alat tersebut untuk pengukuran presisi.

2. Rentang Pengukuran

Pilih dial indicator dengan rentang pengukuran yang sesuai dengan skala dimensi objek yang akan diukur. Penting untuk memastikan bahwa alat tersebut dapat menangani berbagai ukuran objek yang mungkin muncul dalam pekerjaan Anda. Hal ini memberikan fleksibilitas dan keterjangkauan alat dalam berbagai aplikasi.

Baca juga: 6 Manfaat Kalibrasi Alat Ukur dan Contohnya

3. Konstruksi dan Ketahanan

Perhatikan konstruksi fisik dial indicator, pastikan terbuat dari bahan yang tahan terhadap kondisi lingkungan di tempat kerja Anda. Ketahanan terhadap debu, cairan pendingin, dan keausan adalah hal penting, terutama jika alat akan digunakan dalam lingkungan yang kasar atau industri berat.

4. Kemudahan Penggunaan

Pilih yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti mekanisme penahan untuk stabilitas, skala yang mudah dibaca, dan kemudahan pengaturan nol. Faktor ergonomis juga perlu dipertimbangkan, termasuk kenyamanan pegangan dan kemudahan pengaturan.

5. Aksesori dan Pilihan Konektivitas

Beberapa dial indicator memiliki opsi konektivitas yang memungkinkan transfer data ke perangkat lain, seperti komputer atau perangkat lunak pengukuran. Pastikan untuk memeriksa ketersediaan aksesori tambahan atau kemungkinan konektivitas yang dapat meningkatkan fungsionalitas alat sesuai dengan kebutuhan pengukuran Anda.

6. Brand dan Reputasi Produsen

Akhirnya, pertimbangkan merek dan reputasi produsen. Produsen terkemuka cenderung menawarkan produk berkualitas tinggi dan dukungan pelanggan yang baik. Mencari ulasan dari pengguna lain atau merujuk pada merek yang sudah dikenal dapat memberikan keyakinan tambahan dalam memilih dial indicator yang tepat untuk kebutuhan.

Baca juga: Mengenal 2 Jenis Termometer Digital

Pemahaman mendalam mengenai cara kerja dan fungsi dial indicator memiliki peranan penting dalam dunia teknik dan manufaktur. Alat ini bukan hanya sekadar instrumen pengukur, tetapi merupakan kunci untuk mencapai presisi dalam berbagai aplikasi, mulai dari pengukuran ketebalan material hingga deteksi perubahan kecil yang krusial. 

Untuk memperoleh dial indicator berkualitas tinggi dan anda Anda dapat menemukan beragam pilihan dial indicator Mitutoyo yang sesuai dengan kebutuhan teknis dan manufaktur Anda di Kawan Lama Solution. Kunjungi situs web Kawan Lama Solution dan hubungi tim layanan pelanggan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan bantuan dalam menentukan pilihan terbaik sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. 

Sumber referensi:

  • https://insize.co.id/dial-test-indicator-apa-fungsinya/ 
  • https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-dial-indikator 


Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.