Inilah 6 Manfaat Kalibrasi Alat Ukur dan Contohnya

manfaat kalibrasi alat ukur

Inilah 6 Manfaat Kalibrasi Alat Ukur dan Contohnya


Kalibrasi merupakan rangkaian aktivitas pengukuran instrumen ukur, baik secara langsung atau perbandingan sebagai standar acuan, yang mana dokumentasi dan metode kalibrasinya terukur serta tertelusur ke standar Nasional dan Internasional.

Kalibrasi menjadi penting karena membantu memastikan pengukuran yang akurat dalam suatu lini produksi. Pengukuran yang akurat merupakan dasar dari kualitas, keamanan, dan inovasi sebagian besar produk dan layanan. Selain itu, kalibrasi meningkatkan jaminan pengukuran presisi yang diperlukan dalam penelitian, pengembangan, dan inovasi, serta produksi jutaan produk dan layanan di seluruh dunia. Kesalahan pengukuran akan mengakibatkan efek yang fatal, terlebih di industri seperti industri kimia, pangan, minyak dan gas, dan juga petrokimia.


Apa Itu Kalibrasi Alat Ukur?

Proses kalibrasi merupakan proses verifikasi yang digunakan untuk memeriksa apakah suatu alat ukur agar tetap sesuai dengan spesifikasinya, desain, hingga fungsi. Dengan melakukan kalibrasi, Anda dapat mengidentifikasi perbedaan hasil pengukuran antara alat ukur satu dengan alat ukur lainnya.


Baca Juga: Optimalkan Food Safety Melalui Perawatan Alat Pembersih yang Berkualitas


Mengapa Harus Melakukan Kalibrasi Alat Ukur?

Mengapa kalibrasi perlu dilakukan? Pada dasarnya, melakukan kalibrasi pada alat laboratorium dilakukan untuk memenuhi persyaratan sistem manajemen mutu, seperti ISO 9000, dan juga untuk memenuhi kebutuhan audit.


Apa Saja Manfaat Kalibrasi Alat Ukur?

Oleh sebab itu perlunya kalibrasi pengakuratan alat ukur perlu dilakukan. Berikut ini 6 manfaat kalibrasi untuk bisnis Anda:


1. Memenuhi standar nasional maupun Internasional

Alat ukur yang berstandar internasional tentunya sudah memiliki standarisasi yang diakui oleh seluruh dunia. Dengan melakukan kalibrasi alat ukur, maka hasil ukur akan diterima dimanapun di dunia, karena mengacu pada Standar Satuan Internasional.


2. Mengurangi tingkat kegagalan produksi

Alat ukur yang tidak dikalibrasi akan menjamin hasil produksi sesuai dengan standar yang ditetapkan, sehingga menghindari adanya penyimpangan dalam proses pengukuran di laboratorium. Pasalnya, apabila terjadi penyimpangan proses pengukuran, akan mengakibatkan kegagalan dalam proses produksi yang membuat produk menjadi cacat.


4. Meningkatkan akurasi

Membuktikan dan memastikan instrumen yang digunakan dapat bekerja secara akurat dan presisi adalah salah satu tujuan kalibrasi alat ukur. Sehingga produk yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang baik.


5. Menjaga dan meningkatkan kualitas produk

Kalibrasi juga dapat menentukan kelayakan alat ukur yang digunakan, apakah masih layak dijadikan tolak ukur atau sudah mengalami penyusutan kualitas. Dengan alat ukur yang baik, akan meningkatkan kualitas produk, sehingga dapat menjaga tingkat kepercayaan konsumen maupun lembaga pengawas terhadap perusahaan Anda.


6. Menghemat biaya

Dengan melakukan kalibrasi secara berkala, artinya Anda menghemat biaya audit perusahaan karena alat-alat ukur Anda telah tersertifikasi sesuai standar. Karena apabila tidak melakukan kalibrasi, akan terjadi banyak penyimpangan yang akan merugikan perusahaan Anda. Jadi, selain memastikan kualitas produk, kalibrasi juga membantu perusahaan Anda dalam mengontrol biaya.


Baca Juga: Pentingnya Pembersihan Pipa dalam Bisnis F&B, Pulp & Paper dan Otomotif


Kapan Anda harus Melakukan Kalibrasi Alat Ukur?

Kalibrasi alat ukur perlu dilakukan secara berkala. Untuk sebagian besar industri, standarnya adalah mengkalibrasi setiap tahun. Berapa lamanya tergantung dari seberapa sering alat tersebut digunakan atau alat tersebut mengalami penurunan performa.

Paparan atau tekanan udara tertentu juga dapat memengaruhi kualitas dari alat. Saat Anda memperoleh hasil dari tes kalibrasi, Anda akan berada dalam posisi untuk menyesuaikan frekuensi kalibrasi, dan/atau meningkatkan ke instrumen pengukuran yang lebih akurat. Berikut ini adalah beberapa kondisi, dimana sebuah alat ukur perlu dikalibrasi, diantaranya:


  • Peralatan laboratorium masih dalam kondisi baru.
  • Peralatan yang baru selesai diinstalasi.
  • Peralatan yang masih dalam operasional.
  • Peralatan yang telah selesai diperbaiki.
  • Peralatan yang telah habis masa kalibrasinya.
  • Peralatan yang memiliki kecacatan, walaupun masa kalibrasinya belum habis.
  • Peralatan yang dari hasil pengamatannya masih diragukan.


Baca Juga: Peralatan Operasional Kebersihan Berstandar Internasional untuk Bisnis F&B yang Berkualitas


Apa Saja Contoh Alat Ukur yang Perlu Dikalibrasi?

Di dalam lingkup industrial terdapat beberapa alat ukur laboratorium yang perlu dikalibrasi secara teratur untuk menjaga fungsi dan spesfikasinya, berikut diantaranya.


1. Timbangan Analitik

Kalibrasi timbangan analitik di laboratorium kesehatan sangat krusial karena digunakan untuk mengukur takaran bahan. Biasanya, alat ini perlu menjalani kalibrasi setiap bulan atau setahun sekali.


2. Oven Laboratorium

Oven laboratorium memiliki peran penting dalam mengeringkan atau memanaskan sampel. Perlu dilakukan kalibrasi secara teratur pada alat ini untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.


3. Spectrofotometer

Kalibrasi pada spektrofotometer diperlukan untuk memastikan bahwa pengukuran absorban atau transmitan tetap akurat.


4. Micropipet

Micropipet digunakan untuk memindahkan cairan dalam volume kecil dari satu wadah ke wadah lainnya. Karena micropipet dapat mengalami penurunan kinerja, maka dari itu diperlukan kalibrasi secara rutin.


5. Centrifuge

Centrifuge digunakan untuk memisahkan organel sel dengan kecepatan yang tinggi. Untuk menjaga kinerjanya tetap baik, perlu diadakan kalibrasi secara berkala.


Kawan Lama menyediakan berbagai produk yang sudah dilengkapi dengan sertifikat kalibrasi sesuai standar Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang sudah diuji di laboratorium kalibrasi dan diakui di Indonesia serta memenuhi kebutuhan industri dengan standar internasional untuk ISO 9001:2008 dan ISO 17025.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.