Optimalkan Food Safety Melalui Perawatan Alat Pembersih yang Berkualitas

Optimalkan Food Safety Melalui Perawatan Alat Pembersih yang Berkualitas

Table Of Content

Optimalkan Food Safety Melalui Perawatan Alat Pembersih yang Berkualitas


Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini beberapa lini seperti restoran, bar, kafe, katering, dan penyedia layanan makanan termasuk industri yang terkena imbasnya. Banyak dari mereka yang menutup operasinya dan bahkan ada pula yang akhirnya gulung tikar. Untuk restoran, kafe dan bar yang akan membuka usaha mereka kembali setelah menutup operasinya, tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, terutama soal food safety dan pengendalian Covid-19 di tempat usaha mereka.

Tahukah Anda bahwa alat pembersih adalah sumber vektor kontaminasi. Menurut data dari Campden BRI, setelah melakukan pengambilan sampel mikrobiologis dari pengolahan makanan, menunjukkan bahwa 47% alat pembersih dari sample tersebut mengandung bakteri Listeria Monocytogenes (L. Mono).


Sementara, penelitian tahun 2017ditemukan bahwa 67% peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam pabrik pengolahan terkontaminasi L Mono, bahkan setelah dibersihkan sekalipun. Maka, pentingnya perawatan alat pembersihan perlu dilakukan agar tidak terdapat bakteri yang bersarang.


Untuk meminimalkan risiko, maka alat pembersih yang menjadi sumber dan kontaminasi silang harus dibersihkan, didisinfeksi dan dipelihara dengan tepat. Untuk itulah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya:

  • metode/ protokol pembersihan dan desinfeksi harus dikembangkan dan divaliadasi berdasarkan penilaian risiko.
  • Pembersihan dan disinfeksi alat pembersih harus dilakukan secara rutin dan terjadwal berdasarkan penilaian risiko
  • dokumentasi dan catatan tindakan harus disimpan, sehingga dapat digunakan secara internal untuk mendukung audit ketika diperlukan.

 

Pentingnya perawatan cleaning tools

Seperti yang kita ketahui bersama, pembersihan merupakan langkah penting dalam pengelolaan keamanan dan mutu pangan, sehingga pemeliharaan alat pembersih oleh industri F&B menjadi hal yang krusial. Hal ini dapat meminimalisir risiko mikroba, alergen, dan kontaminasi silang benda asing. Proses ini dapat memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain:

  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembersihan, sehingga mengurangi downtime yang diperlukan untuk membersihkan
  • Meningkatkan keamanan pangan, kualitas dan umur simpan
  • Mengurangi limbah
  • Meminimalkan risiko penarikan produk
  • Melindungi/meningkatkan reputasi dan pendapatan bisnis makanan
  • Meminimalkan risiko penuntutan dan pengurangan biaya terkait.


Pentingnya perawatan cleaning tools yang baik diatur oleh Global Food Safety Initiative (GFSI) dan tercermin dalam persetujuan mereka terhadap skema keamanan pangan Global food safety. Termasuk British retail Consortium (BRC) dan Food Safety System Certification (FSSC) . Berikut syarat peralatan kebersihan manual yang digunakan dalam pengolahan makanan dan industri jasa, untuk membantu keamanan dan Global food safety serta mengoptimalkan efikasi pembersihan dan kontrol peralatan. Menurut skema Global food safety berikut ini syarat alat pembersihan yang ideal,yaitu:

  • Dirancang secara higienis sesuai dengan tujuan
  • Diidentifikasi dengan tepat untuk tujuan penggunaan, seperti misalnya warna diberi kode atau label.
  • Dibersihkan dan disimpan dengan cara yang higienis untuk mencegah kontaminasi
  • Peralatan yang digunakan untuk pembersihan di tempat yang berisiko tinggi dan area high-care harus memiliki visual yang khas dan didedikasikan untuk digunakan di area itu.


Vikan sebagai solusi alat pembersih dengan Teknologi UST (Ultra Safe Technology) yaitu memiliki bulu sikat di-moulding satu per satu, dapat mengurangi risiko kontaminasi silang. Pola bulu sikat yang didesain oleh pakar Vikan memungkinkan para operator membersihkan lebih cepat dan efisien mengurangi biaya operasional. Selain itu, sertifikasi, dokumentasi, serta pengujian standard Eropa yang dimiliki Vikan sangat sesuai dengan kebijakan higienis di berbagai perusahaan food & beverage, farmasi, dan FMCG.

Vikan adalah pemimpin dalam Hygienic Cleaning Tools yang memberikan solusi melalui keamanannya. PT Kawan Lama Sejahtera menjadi distributor untuk memberikan solusi alat pembersih yang mengedepankan keamanan. Untuk lebih detail silakan kunjungi web www.kawanlama.com

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.