9 Cara Menghilangkan Debu di Lantai Secara Praktis

Cara Menghilangkan Debu di Lantai

Table Of Content

9 Cara Menghilangkan Debu di Lantai Secara Praktis


Membersihkan lantai adalah tugas yang sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, baik di dalam rumah maupun di tempat kerja. Debu yang seringkali menumpuk di lantai bisa menjadi sumber alergi serta masalah pernafasan jika dibiarkan berlarut-larut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan debu di lantai secara praktis. 

Salah satu alat yang sangat efektif untuk melakukan tugas ini adalah menggunakan penyedot debu. Di Kawan Lama Sejahtera tersedia berbagai jenis penyedot debu yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan debu di lantai dengan cara yang praktis? Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini. 

9 Cara Menghilangkan Debu di Lantai Secara Praktis

Penyedot debu adalah alat yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah debu di lantai dengan cepat dan efisien. Bagaimana cara mengoperasikannya? Berikut beberapa cara menghilangkan debu di lantai secara praktis menggunakan penyedot debu yang dapat Anda implementasikan. 

1. Persiapkan Penyedot Debu yang Tepat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda memiliki penyedot debu yang tepat untuk pekerjaan ini. Ada berbagai jenis penyedot debu yang tersedia di Kawan Lama Sejahtera, seperti penyedot debu kering atau penyedot debu berkekuatan tinggi yang lebih canggih. Pilih penyedot debu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan alat tersebut dalam kondisi baik.

2. Bersihkan Permukaan Lantai dari Barang-barang Kecil

Sebelum Anda mulai menggunakan penyedot debu, pastikan untuk membersihkan permukaan lantai dari barang-barang kecil seperti mainan, kabel listrik, atau benda-benda kecil lainnya yang dapat menghalangi pergerakan penyedot debu. Hal ini akan memastikan penyedot debu dapat bekerja dengan optimal tanpa terhalang oleh hambatan di lantai.

Baca Juga: 5 Jenis Lantai Yang Cocok Untuk Perkantoran

3. Atur Ketinggian Penyedot Debu

Beberapa penyedot debu dilengkapi dengan opsi penyesuaian ketinggian. Pastikan Anda mengatur ketinggian penyedot debu sesuai dengan jenis lantai yang Anda miliki. Misalnya, untuk lantai keras seperti ubin atau kayu, Anda mungkin perlu mengatur ketinggian penyedot debu lebih rendah agar bisa membersihkan dengan lebih efisien.

4. Mulai Dari Ujung Ruangan dan Gerakkan Secara Perlahan

Ketika Anda mulai menggunakan penyedot debu, pastikan Anda memulainya dari ujung ruangan dan bergerak secara perlahan menuju pintu keluar. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak meninggalkan area yang belum dibersihkan. Selain itu, gerakkan penyedot debu dengan gerakan lurus dan lambat agar debu dapat diisap dengan baik.

5. Periksa dan Bersihkan Filter Secara Berkala

Selama Anda menggunakan penyedot debu, periksa filternya secara berkala. Filter yang kotor dapat mengurangi efektivitas penyedot debu dalam menangkap debu dan kotoran. Jika Anda melihat filter sudah kotor, segera bersihkan atau ganti dengan yang baru agar penyedot debu tetap bekerja dengan maksimal.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Dengan Benar

6. Gunakan Aksesoris dan Sisipan yang Sesuai

Banyak penyedot debu modern dilengkapi dengan aksesoris dan sisipan tambahan yang dirancang untuk membersihkan area tertentu dengan lebih efisien. Misalnya, ada sisipan khusus untuk membersihkan sudut-sudut sempit, perabotan, atau permukaan kain seperti sofa atau bantal. Manfaatkan aksesoris ini sesuai dengan kebutuhan Anda agar hasilnya lebih maksimal. 

7. Jadwalkan Pembersihan Rutin

Untuk menjaga lantai tetap bersih dan bebas debu, sangat penting untuk menjadwalkan pembersihan rutin. Buat jadwal yang sesuai dengan kebutuhan rumah atau tempat kerja Anda. Jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anggota keluarga yang rentan terhadap alergi, Anda mungkin perlu membersihkan lantai lebih sering, mungkin setiap hari atau setiap beberapa hari sekali.

8. Jaga Kualitas Udara di Dalam Rumah

Salah satu langkah penting dalam menghindari penumpukan debu di lantai adalah dengan menjaga kualitas udara di dalam rumah. Debu seringkali berasal dari udara, terutama jika Anda tinggal di daerah yang berdebu atau memiliki ventilasi yang kurang baik. 

Untuk mengatasi hal ini, pertimbangkan untuk menggunakan purifier udara atau alat pembersih udara dalam ruangan. Alat-alat ini akan membantu menjaga udara tetap bersih dan mengurangi jumlah debu yang jatuh ke lantai. Selain itu, pastikan untuk sering mengganti filter pada alat pembersih udara Anda agar tetap efektif.

Baca Juga: 3 Cairan Pembersih Lantai Yang Ampuh Membunuh Kuman

9. Kenali Area Tertentu yang Rentan Terhadap Debu

Setiap rumah memiliki area tertentu yang lebih rentan terhadap penumpukan debu daripada yang lain. Misalnya, di bawah perabotan, area di sekitar pintu atau jendela yang sering terbuka, dan ruang di mana hewan peliharaan Anda sering bermain. 

Kenali area-area ini dan berikan perhatian ekstra saat membersihkan lantai. Anda dapat menggunakan penyedot debu dengan aksesoris khusus atau menyisihkan lebih banyak waktu untuk membersihkan area tersebut secara menyeluruh. 

Jika Anda mengikuti cara menghilangkan debu dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa menghilangkan debu di lantai secara praktis dan efisien serta hasilnya lebih optimal. Gunakan penyedot debu secara rutin, tetapi jangan lupakan kebersihan lantai sehari-hari dengan menyapu atau mengelap lantai ketika diperlukan.

Setelah Anda selesai membersihkan lantai dengan penyedot debu, pastikan untuk membersihkan penyedot debu itu sendiri. Bersihkan kantung debu atau tempat penyimpanan debu sesuai dengan petunjuk produsen agar alat tersebut tetap dalam kondisi baik.

Pastikan juga Anda menggunakan penyedot debu berkualitas tinggi agar memberikan hasil yang optimal. Untuk memiliki salah satunya, Anda bisa berkunjung ke Kawan Lama Sejahtera. Tersedia berbagai jenis penyedot debu yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Yuk, kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga untuk mendapatkan penyedot debu sesuai dengan kebutuhan Anda!

Sumber rujukan:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.