7 Cara Menggunakan Lem Super Glue yang Benar Agar Lebih Awet

cara menggunakan lem super glue

7 Cara Menggunakan Lem Super Glue yang Tepat Agar Tahan Lama


Selain berkaitan dengan proses penerapan, cara menggunakan lem super glue juga perlu memperhatikan berbagai faktor yang dapat memengaruhi hasil akhirnya. Lem super glue mampu merekatkan berbagai jenis material dengan efektif dan tahan lama.

Lem super glue sering digunakan oleh berbagai kalangan dan beragam proyek, seperti proyek perbaikan, perekatan, hingga kerajinan profesional maupun rumah tangga. Keunggulannya dalam merekatkan berbagai jenis material dengan efektif menjadikannya pilihan utama bagi para pengrajin dan tukang perbaikan. Dalam artikel ini, Kawan Lama Solution akan mengupas tuntas sejumlah cara efektif untuk menggunakan lem super glue agar kuat dan tahan lama.

Apa Itu Lem Super Glue?

Lem super glue atau yang dikenal juga sebagai cyanoacrylate adhesive merupakan jenis lem yang sangat kuat dan cepat mengering. Super glue biasanya mengering dalam waktu singkat setelah diaplikasikan dan menghasilkan daya rekat yang kuat dan tahan lama. Lem ini terbuat dari bahan kimia yang dapat merekatkan berbagai jenis material dengan sangat baik, termasuk plastik, kaca, logam, karet, dan kayu dalam waktu singkat.

Bukan hanya itu saja, super glue juga sangat populer karena keunggulannya yang tahan lama dan ketahanan terhadap tekanan dan tarikan. Adapun ikatan yang terbentuk dari super glue tahan terhadap air, panas, dan bahan kimia sehingga hasil perbaikan Anda akan tahan lama. Selain itu, super glue hadir dalam berbagai bentuk dan aplikator yang mudah digunakan, bahkan untuk pemula.

Baca juga: 12 Macam macam Lem beserta Kegunaanya Masing-masing

Cara Menggunakan Lem Super Glue

Lem super glue mampu memberikan kekuatan dan tahan lama yang dibutuhkan untuk berbagai aplikasi perbaikan dan perekatan. Untuk menghasilkan pengaplikasian super glue yang kuat dan tahan lama, mari simak sejumlah cara menggunakan lem super glue dalam uraian berikut. 

1. Menyiapkan Lem Super Glue

Sebelum menggunakan lem super glue, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa botol lem dalam kondisi baik dan tertutup rapat. Hal ini diperlukan untuk mencegah udara dari luar masuk ke dalam botol dan menyebabkan lem mengering sebelum waktunya

Bukan hanya itu saja, pastikan juga bahwa nozzle tidak tersumbat oleh sisa-sisa lem sebelumnya. Kebersihan nozzle yang baik akan memastikan aliran lem lancar dan konsisten saat penggunaan yang menjadi faktor penting untuk mendapatkan hasil perekatan yang optimal.

2. Menyiapkan Media yang Akan Ditempelkan

Setelah menyiapkan lem super glue, selanjutnya adalah mempersiapkan permukaan yang akan ditempelkan. Saat menyiapkan media yang akan ditempelkan dengan super glue, Anda perlu memastikan bahwa permukaan bebas dari debu, kotoran, atau minyak. Debu dan kotoran yang menempel pada permukaan dapat mengurangi efektivitas lem.

Untuk membersihkan permukaan dengan lebih efektif, Anda dapat menggunakan pembersih khusus yang dirancang untuk membersihkan permukaan sebelum proses perekatan. Penggunaan bahan pembersih ini dapat membantu memastikan kebersihan permukaan secara menyeluruh. 

3. Mengaplikasikan Lem Super Glue

Ketika Anda mengaplikasikan lem super glue, penting untuk memperhatikan beberapa hal agar proses perekatan berjalan dengan baik. Anda perlu memastikan untuk menggunakan lem dengan hati-hati dan secara merata di seluruh permukaan yang akan ditempelkan.

Sebaiknya, hindari penggunaan terlalu banyak lem karena dapat mengakibatkan kelebihan lem menetes atau bahkan menonjol keluar dari sisi permukaan yang ditempelkan. Hal ini dapat membuat hasil menjadi tidak estetis dan mengganggu kualitas perekatan secara keseluruhan.

Baca juga: 8 Cara Menggunakan Lem Besi

4. Menggunakan Super Glue Bersama Baking Soda

Metode pemanfaatan super glue bersama baking soda menjadi salah satu trik yang populer dalam dunia perbaikan dan kerajinan. Langkah pertama dalam metode ini adalah mengaplikasikan lem super glue secara merata di atas permukaan yang akan ditempelkan. Setelah itu, taburkan baking soda di atas lem yang masih basah secara perlahan.

Baking soda akan segera bereaksi dengan super glue dan membentuk sebuah ikatan yang keras dan kokoh. Proses pengeringan akan membuat baking soda dan super glue mengeras bersama dan membentuk sebuah lapisan yang padat dan kuat. 

5. Menunggu Lem Kering

Meskipun lem super glue dapat mengering dalam hitungan menit, tetapi penting untuk membiarkan lem mengering selama 24 jam untuk memastikan hasil yang optimal. Ini akan memberikan waktu bagi lem untuk benar-benar mengeras dan membentuk ikatan yang kuat antara permukaan yang ditempelkan.

Anda juga bisa menggunakan hair dryer dengan kecepatan rendah atau kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan lem super glue. Langkah ini membantu mempercepat proses pengeringan tanpa khawatir kualitas kekuatan perekatan.

6. Menutup Kemasan Lem Super Glue

Setelah selesai menggunakan lem super glue, pastikan untuk menutup kemasan dengan rapat. Jika botol tidak ditutup dengan rapat, udara luar dapat masuk dan mengeringkan lem di dalamnya sehingga menyebabkan kemungkinan pengerasan atau penurunan daya rekat.

Menutup kemasan lem super glue dengan rapat setelah penggunaan dapat memperpanjang masa pakai produk dan menjaga keefektifan lem untuk penggunaan berikutnya. Ini termasuk langkah sederhana yang penting untuk memastikan bahwa Anda dapat mengandalkan lem super glue untuk proyek-proyek mendatang.

7. Menyimpan Lem di Tempat Sejuk dan Kering

Menyimpan lem super glue di tempat yang sejuk dan kering sangat penting untuk mempertahankan kualitas dan keefektifannya. Sebaiknya, hindarkan lem super glue dari paparan sinar matahari langsung dan suhu yang ekstrem.

Adapun area penyimpanan yang ideal adalah ruangan yang memiliki suhu stabil dan rendah, seperti lemari penyimpanan dalam rumah atau gudang yang terkondisi dengan baik. Melalui cara ini, Anda dapat memastikan bahwa lem super glue tetap dalam kondisi optimal untuk digunakan dalam proyek masa depan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Sealant, Jenis Beserta Fungsinya

Demikianlah informasi seputar cara menggunakan lem super glue untuk hasil yang lebih kuat dan tahan lama, mulai dari persiapan lem super glue, media yang akan digunakan, proses mengelem, hingga penyimpanan lem setelah digunakan. Melalui penerapan sejumlah langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat menggunakan lem super glue dengan lebih efisien dan mendapatkan hasil yang optimal dalam setiap proyek.

Apabila Anda sedang mencari lem super glue untuk kebutuhan proyek, langsung aja cek situs web Kawan Lama Solution. Kami menyediakan berbagai macam super glue, termasuk lem sealent dan lem adhesive berkualitas. Tak perlu khawatir, produk yang dijual Kawan Lama Solution telah terjamin kualitasnya untuk memastikan hasil yang optimal dalam setiap proyek Anda.

Jangan biarkan kesempatan terlewat begitu saja! Kunjungi situs web Kawan Lama Solution hari ini untuk melihat lebih banyak pilihan dan dapatkan lem super glue sesuai kebutuhan Anda.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.