8 Cara Menggunakan Lem Besi

cara menggunakan lem besi

8 Cara Menggunakan Lem Besi


Kalau Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggabungkan logam dengan sangat kuat tanpa harus mengelasnya maka penggunaan lem besi bisa dijadikan alternatif yang cerdas. Namun Anda tidak bisa sembarangan membeli dan menggunakannya tanpa pengetahuan dasar. Sebaiknya Anda mempelajari cara menggunakan lem besi terlebih dahulu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Perlu dipahami bahwa lem besi sendiri mengandung berbagai campuran yang membuatnya bisa merekatkan besi dengan sangat kuat. Penggunaannya yang sering dipilih dalam bidang konstruksi juga membuktikan bahwa pembuatan lem besi benar-benar harus diperhatikan dengan baik.

 

Kalau begitu mari pelajari cara menggunakan lem besi dengan benar pada poin berikut ini!

 

Baca Juga: Portable Strapping Tools, Alat Praktis Mudahkan Pengemasan Dengan Cepat dan Aman


8 Cara Menggunakan Lem Besi

Perlu Anda pahami bahwa penggunaan lem besi sangat kuat bahkan termasuk bahan yang tahan terhadap panas. Hal ini menjadikannya tidak mudah lepas seperti lem kertas pada umumnya yang bisa terkelupas saat terkena air. Supaya Anda tidak merekatkan lem besi pada bahan yang salah hingga membahayakan diri sendiri, perhatikan cara menggunakannya di bawah ini!

1. Bersihkan Permukaan Secara Menyeluruh

Langkah pertama dalam menggunakan lem besi ialah dengan mempersiapkan permukaan besi atau bahan logam lainnya yang akan digabungkan. Anda bisa mulai membersihkan permukaannya secara menyeluruh untuk memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran, minyak, atau debu.

 

Bila diperlukan, Anda bisa menggunakan pembersih yang sesuai, seperti alkohol atau penghapus cat. Kemudian pastikan juga bahwa permukaan benar-benar kering dari berbagai macam cairan sebelum melanjutkan penggunaan lem besi.

2. Pilihan Tepat untuk Lem Besi

Pilihlah jenis lem besi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa jenis lem besi yang tersedia, seperti lem epoksi atau lem khusus untuk logam. Bacalah petunjuk penggunaan pada kemasan lem besi dan pastikan Anda memilih lem yang sesuai dengan aplikasi yang akan dilakukan.

 

Jika Anda tidak yakin, tidak ada salahnya mengonsultasikan pemilihan jenis lem besi ini dengan ahli atau toko peralatan untuk mendapatkan saran yang tepat.

3. Pengaplikasian Lem yang Tepat

Selanjutnya, aplikasikan lem besi secara merata pada permukaan yang akan digabungkan. Gunakan alat aplikator yang sesuai, seperti kuas atau spatula, dan pastikan lem diaplikasikan secara merata tanpa adanya gelembung udara.

 

Hindari pengaplikasian lem yang terlalu tebal alias terlalu banyak karena hal ini dapat membuat waktu pengeringan menjadi lebih panjang. Selain waktu yang lebih panjang, penggunaan lem dalam jumlah yang tidak tepat juga perlu diwaspadai karena dapat memengaruhi kualitas dan kekuatan sambungan. Itu sebabnya lebih baik Anda menggunakannya sesuai anjuran pemakaian.

4. Gabungkan Permukaan dengan Presisi

Setelah mengaplikasikan lem, segera gabungkan kedua permukaan besi yang akan disambungkan dengan presisi. Pastikan posisi dan penyesuaian sudutnya tepat agar hasil sambungan menjadi akurat.

 

Kemudian berikan tekanan pada kedua permukaan dengan kuat selama beberapa saat untuk memastikan lem meresap dan mengering dengan baik. Anda bisa menggunakan bantuan alat sehingga tidak ada pergeseran atau gerakan pada sambungan selama proses pengeringan berlangsung.

 

5. Keringkan dengan Waktu yang Tepat

Apabila penggabungan selesai, Anda masih harus membiarkan lem besi mengering selama periode waktu yang telah ditentukan pada petunjuk penggunaan. Waktu pengeringan tentu tidak bisa disamakan karena sangat bergantung pada jenis lem yang digunakan dan kondisi lingkungan Anda berada.

 

Hindari mengganggu atau membebani sambungan sebelum lem benar-benar kering karena hal ini dapat mengurangi kekuatan sambungan. Jika diperlukan, Anda bisa membiarkannya mengering dengan menggunakan penahan atau penjepit untuk menjaga posisi sambungan tetap berada di tempatnya sampai proses pengeringan selesai.

6. Periksa dan Perbaiki Jika Diperlukan

Setelah lem benar-benar kering, periksa sambungan secara teliti. Pastikan tidak ada kelemahan atau kekurangan pada sambungan. Jika ditemukan bagian yang perlu diperbaiki atau diperkuat, aplikasikan lem tambahan dan ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Pastikan sambungan logam menjadi kuat, tahan lama, dan sesuai dengan yang Anda harapkan.

7. Simpan Lem Besi dengan Baik

Apabila semua proses penyambungan menggunakan lem besi selesai maka sudah seharusnya Anda menyimpan sisa lem besi dengan baik. Pastikan bahwa kemasan lem tertutup rapat dan disimpan di tempat yang kering serta terlindung dari suhu ekstrem.

 

Hal ini akan memastikan kualitas lem besi tetap terjaga dan siap digunakan kembali pada masa mendatang. Jangan lupa untuk membaca petunjuk penyimpanan pada kemasan lem besi sehingga Anda bisa benar-benar menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

8. Jaga Keamanan dan Ventilasi

Terakhir tetapi yang paling penting, jangan lupa untuk selalu memprioritaskan keamanan diri sendiri dan orang lain saat menggunakan lem besi. Pastikan ruangan tercukupi dengan sirkulasi udara yang baik untuk menghindari terhirupnya uap yang mungkin timbul dari lem.

 

Untuk berjaga-jaga, Anda dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan, masker, dan kacamata untuk melindungi diri dari kontak langsung dengan lem atau paparan uap yang tidak diinginkan. Pasalnya uap dari lem besi tidak boleh sampai terhirup dan masuk ke dalam organ tubuh Anda.

 

Ikuti setiap langkah dan petunjuk keamanan yang tertera pada kemasan lem besi sehingga tidak akan terjadi masalah ketika Anda menggunakannya.

 

Saat mengetahui cara menggunakan lem besi yang tepat maka Anda telah memiliki pengetahuan yang penting untuk menggabungkan dua atau lebih benda logam secara kuat dan tahan lama. Menggunakan lem besi dengan benar merupakan kunci untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dalam berbagai proyek dan aplikasi.

 

Jika Anda membutuhkan lem besi berkualitas untuk memenuhi kebutuhan, Kawan Lama menjadi tempat yang tepat untuk membelinya. Kawan Lama menyediakan berbagai pilihan lem perekat yang pastinya bisa membantu Anda dalam menyatukan berbagai barang yang rusak.

 

Kualitasnya pun sudah tidak diragukan lagi dengan penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi. Jangan ragu untuk mengunjungi Kawan Lama dan temukan lem perekat yang sesuai dengan kebutuhan Anda sekarang juga!



Sumber:

https://www.klopmart.com/article/detail/inilah-cara-menggunakan-lem-besi-dengan-tepat-dan-aman

https://www.loctiteproducts.com/en/know-how/fix-stuff/metal-glue.html 





Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.