7 Cara Membuat Cairan Pembersih Kaca Jendela

cara membuat cairan pembersih kaca jendela

7 Cara Membuat Cairan Pembersih Kaca Jendela


Bagaimana cara membuat cairan pembersih kaca jendela? Anda pasti pernah mengalami situasi ketika jendela-jendela rumah atau kantor Anda tampak kusam dan kotor. Kaca jendela yang bersih dan berkilau tidak hanya meningkatkan tampilan bangunan, tetapi juga memungkinkan cahaya matahari masuk dengan lebih baik. 

Namun, seringkali pembersih kaca komersial dapat mengandung bahan kimia yang berbahaya atau mahal. Oleh karena itu, Kawan Lama Sejahtera akan membagikan kepada Anda enam cara membuat cairan pembersih kaca jendela sendiri, yang efektif dan aman untuk digunakan. Mari simak langkah-langkahnya dalam artikel berikut ini.

7 Cara Membuat Cairan Pembersih Kaca Jendela Sendiri

Cairan pembersih kaca yang efektif adalah kunci untuk mencapai hasil yang memuaskan. Daripada mengandalkan produk komersial yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya, Anda dapat dengan mudah membuat sendiri solusi pembersih kaca yang aman dan efektif. Berikut ini adalah enam cara membuat cairan pembersih kaca jendela yang dapat Anda coba:

1. Menggunakan Cairan Pembersih Kaca Dasar

Metode pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan cairan pembersih kaca dasar yang mudah disiapkan di rumah. Anda hanya memerlukan beberapa bahan sederhana seperti air, cuka putih, dan cairan pencuci piring. 

Campurkan tiga bagian air dengan satu bagian cuka putih dan satu sendok teh cairan pencuci piring. Aplikasikan campuran ini pada kaca jendela dengan kain bersih dan lembut, lalu lap hingga bersih.

2. Cairan Pembersih Kaca dengan Penggunaan Alkohol

Alternatif lain adalah mencampurkan alkohol isopropil dengan air untuk membuat cairan pembersih kaca yang efektif. Anda bisa menggunakan campuran 70% alkohol isopropil dan 30% air. Tuangkan campuran ini ke dalam botol semprot dan semprotkan pada permukaan kaca jendela. Gosoklah dengan kain bersih hingga kotoran dan noda hilang.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Kaca Jendela Agar Kinclong Kembali

3. Cairan Pembersih Kaca dengan Asam Sitrat

Cairan pembersih kaca dengan asam sitrat adalah salah satu pilihan yang efektif dan ramah lingkungan. Anda dapat membuat cairan ini dengan mencampurkan dua sendok makan asam sitrat dalam satu liter air hangat. 

Setelah mencampurkannya, tuangkan campuran ini ke dalam botol semprot dan semprotkan pada kaca jendela. Bersihkan kaca dengan kain lembut dan amati kilau yang dihasilkan oleh cairan pembersih ini.

4. Cairan Pembersih Kaca dengan Air Lemon

Bagi Anda yang ingin memberikan aroma segar pada kaca jendela, campuran beraroma jeruk bisa menjadi pilihan. Campurkan dua cangkir air dengan dua sendok makan perasan air jeruk lemon. 

Gunakan campuran ini untuk membersihkan kaca jendela, lalu lap hingga mengkilap. Aroma jeruk akan meninggalkan kesan segar di ruangan Anda dan membantu cermin tidak lagi terlihat kusam.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Debu di Lantai Secara Praktis

5. Cairan Pembersih Kaca dengan Sabun Cuci Piring

Jika Anda menghadapi noda yang sulit dihilangkan pada kaca jendela, cairan pembersih berbasis busa bisa menjadi solusi. Campurkan satu cangkir air dengan satu sendok makan sabun pencuci piring yang ringan, kemudian kcok campuran ini hingga membentuk busa. Jika sudah, aplikasikan busa pada kaca, gosok perlahan dengan spons, dan bilas dengan air bersih. Pastikan mengeringkannya dengan kain kering untuk hasil terbaik.

6. Cairan Pembersih Kaca dari Cuka

Kondisi kabut yang sering mengganggu kaca jendela dapat diatasi dengan cairan pembersih anti-kabut dengan memanfaatkan cuka. Caranya pun cukup mudah, campurkan satu cangkir air dengan dua sendok makan alkohol isopropil dan dua sendok makan cuka putih. 

Oleskan campuran ini pada kaca dan biarkan selama beberapa saat agar mengering, baru kemudian bilas dengan air bersih. Cairan ini akan membantu mencegah kaca yang buram akibat embun yang menempel.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Lantai Vinyl dengan Cepat

7. Cairan Pembersih Kaca dari Kaporit

Cairan pembersih kaca dengan baking soda ini sangat efektif dalam menghilangkan noda minyak, bekas jari, atau kotoran lain yang menempel pada kaca. Selain itu, baking soda juga dapat membantu menghilangkan bau yang tidak diinginkan pada kaca jendela. Berikut adalah cara membuat cairan pembersih kaca dari baking soda. 

Siapkan campuran dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda ke dalam satu cangkir air hangat. Aplikasikan campuran baking soda ini pada kaca jendela yang perlu dibersihkan menggunakan kain bersih dan lembut. Gosok perlahan, kemudian bilas kaca dengan air bersih untuk menghilangkan sisa baking soda dan kotoran yang terangkat. Keringkan kaca dengan kain bersih atau kertas koran untuk menghasilkan kilau yang bersih.

Dari berbagai cara membuat cairan pembersih kaca jendela yang telah disebutkan di atas, Anda sekarang memiliki banyak opsi untuk menjaga kaca jendela bersih dan berkilau. Anda dapat memilih metode yang sesuai dengan preferensi dan bahan yang tersedia di rumah. Hal yang terpenting adalah cairan pembersih kaca jendela buatan sendiri ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga aman untuk digunakan sehingga menghindarkan Anda dari paparan bahan kimia berbahaya.

Jika Anda mencari alat-alat pembersih yang berkualitas untuk membantu menjaga kebersihan jendela dan permukaan lainnya di bangunan komersial maupun rumah Anda, Kawan Lama Sejahtera menyediakan berbagai produk hygienic cleaning tools yang dapat membantu memudahkan proses pembersihan dan tentunya memberikan hasil yang lebih optimal.

Kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang untuk melihat koleksi lengkapnya dan temukan alat-alat yang akan membuat tugas perawatan rumah Anda lebih efisien dan mudah. Jangan biarkan jendela kotor mengganggu pandangan Anda, mulailah perjalanan perawatan yang lebih maksimal segera.

Sumber:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.