6 Cara Cas Aki Mobil yang Tepat

cara cas aki mobil

6 Cara Cas Aki Mobil yang Tepat

Aki menjadi salah satu komponen penting dalam sistem listrik mobil. Namun, adakalanya aki mobil menjadi lemah atau kehabisan daya dan perlu diisi ulang. Proses pengisian ulang aki mobil disebut juga dengan istilah cas aki mobil. Lalu, bagaimana cara cas aki mobil dengan tepat? 

Yuk langsung saja simak berbagai caranya di bawah ini dan penting untuk Anda ikuti. Apabila Anda mengikuti langkah-langkah yang benar, Anda dapat memastikan aki mobil tetap berfungsi optimal dan siap digunakan saat diperlukan.

6 Cara Cas Aki Mobil

Mengisi daya aki mobil adalah langkah penting dalam pemeliharaan kendaraan Anda. Aki yang kuat dan terisi penuh akan memastikan mobil Anda dapat diandalkan dalam perjalanan sehari-hari. Namun, bagi sebagian orang, proses cas aki mobil mungkin tampak rumit dan membingungkan. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan cara cas aki mobil yang tepat dengan langkah-langkah yang sederhana dan mudah diikuti.

1. Lepas Aki dari Mobil

Langkah pertama dalam proses cas aki mobil yang tepat adalah melepaskan aki dari mobil. Pastikan mobil dalam kondisi mati dan kunci kontak sudah dilepas. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya korsleting atau kecelakaan listrik yang dapat membahayakan keselamatan Anda. 

Setelah itu, cari lokasi aki di dalam mesin mobil. Biasanya, aki terletak pada bagian depan atau di belakang mesin, tergantung pada model mobil yang Anda miliki. Sebelum melepaskan aki, pastikan Anda telah membaca panduan penggunaan mobil atau menghubungi mekanik tepercaya untuk memastikan Anda melakukan langkah-langkah yang benar. 

Setelah menemukan lokasi aki, kenakan sarung tangan dan pastikan kabel positif dan negatif terlepas dari terminal aki. Biasanya, kabel positif berwarna merah dan kabel negatif berwarna hitam. Pastikan untuk tidak menyentuh terminal positif dan negatif secara bersamaan, karena dapat menyebabkan korsleting atau luka bakar.

Baca Juga: Perbedaan Aki Kering dan Basah yang Perlu Diketahui

2. Buka Tutup Aki dengan Hati-hati

Setelah melepaskan aki dari mobil, langkah selanjutnya membuka tutup aki dengan hati-hati. Tutup aki biasanya terletak di bagian atas aki dan dapat berupa penutup karet atau plastik. Periksa apakah ada kotoran atau kerak pada terminal aki. Jika ada, bersihkan dengan sikat aki atau lap yang bersih. 

Pastikan untuk tidak menghirup gas yang keluar dari aki, karena dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Setelah membersihkan terminal aki, lepaskan tutup aki dengan hati-hati. Beberapa aki memiliki tutup yang bisa dibuka dengan tangan, sedangkan yang lain mungkin memerlukan alat khusus. 

Jika Anda tidak yakin, lihat panduan penggunaan mobil atau konsultasikan dengan mekanik tepercaya. Pastikan untuk tidak menyentuh terminal positif dan negatif dengan jari Anda saat membuka tutup aki.

3. Sambungkan dengan Kabel Charger

Setelah tutup aki terbuka, langkah selanjutnya menyambungkan aki dengan kabel charger. Kabel charger biasanya terdiri dari dua kabel, yaitu kabel positif (biasanya berwarna merah) dan kabel negatif (biasanya berwarna hitam). 

Sambungkan ujung kabel positif ke terminal positif aki, dan sambungkan ujung kabel negatif ke terminal negatif aki. Pastikan kabel-kabel terpasang dengan erat dan tidak ada kelonggaran yang dapat menyebabkan korsleting.

Pastikan Anda mengikuti urutan penyambungan yang benar, yaitu terlebih dahulu menghubungkan kabel positif, kemudian kabel negatif. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya korsleting saat menyambungkan kabel-kabel charger ke aki mobil. Pastikan juga untuk tidak menyentuh kedua terminal aki secara bersamaan, karena dapat menyebabkan kejutan listrik.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Aki Mobil yang Benar

4. Hidupkan Charger dan Atur Posisi yang Tepat

Bila Anda telah menyambungkan kabel charger dengan benar, hidupkan charger dan atur posisinya dengan tepat. Charger aki mobil biasanya dilengkapi dengan berbagai pengaturan, seperti arus pengisian dan tegangan. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan charger dan mengatur pengaturan yang sesuai dengan jenis dan kapasitas aki mobil Anda.

Selain itu, pastikan charger diletakkan di tempat yang aman dan stabil. Hindari meletakkan charger di dekat bahan yang mudah terbakar atau dalam kondisi yang lembap. Pastikan juga charger terhubung dengan sumber listrik yang stabil dan aman. Jika ada kerusakan atau kabel yang rusak pada charger, jangan mencoba menggunakannya dan segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

5. Tunggu Hingga Proses Pengisian Aki Selesai

Setelah mengatur charger, tunggu hingga proses pengisian aki selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki mobil dapat bervariasi tergantung pada kapasitas aki dan pengaturan charger. Sebagai referensi umum, proses pengisian aki dapat memakan waktu beberapa jam hingga mencapai kondisi yang optimal.

Selama proses pengisian, perhatikan indikator pada charger. Biasanya, terdapat lampu indikator yang menunjukkan status pengisian aki, seperti lampu merah ketika pengisian sedang berlangsung dan lampu hijau ketika aki telah sepenuhnya terisi. Jika terjadi masalah atau lampu indikator tidak berfungsi dengan normal, segera hentikan proses pengisian dan periksa charger atau konsultasikan dengan mekanik tepercaya.

Baca Juga: Fungsi Inflator Untuk Ban Kendaraan Anda

6. Matikan Alat Cas dan Tutup Aki Seperti Semula

Jika aki sudah terisi penuh, matikan charger dan cabut kabel dari terminal aki dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak menyentuh terminal positif dan negatif secara bersamaan saat melepas kabel charger. 

Setelah itu, tutup kembali aki dengan hati-hati dan pastikan tutup terpasang dengan baik. Tutup aki yang terpasang dengan benar akan mencegah kebocoran asam aki dan menjaga aki tetap dalam kondisi yang baik.

Apabila semua langkah telah selesai, Anda bisa memasang kembali aki ke mobil dengan hati-hati. Pastikan kabel positif terhubung ke terminal positif, dan kabel negatif terhubung ke terminal negatif. Pastikan juga kabel-kabel terpasang dengan erat dan tidak ada kelonggaran yang dapat menyebabkan masalah listrik.

Cara cas aki mobil yang tepat membutuhkan langkah-langkah yang hati-hati dan teliti. Pastikan untuk selalu membaca panduan penggunaan mobil dan charger, serta mengikuti instruksi yang diberikan. 

Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam melakukan cas aki mobil, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik tepercaya atau bawa mobil Anda ke bengkel terdekat. 

Apabila Anda membutuhkan charger aki mobil berkualitas untuk melengkapi proses cas aki mobil yang tepat, Anda bisa membeli charger aki mobil di Kawan Lama. Di sini tersedia beragam peralatan dan perlengkapan otomotif, termasuk charger aki mobil dengan kualitas terjamin.

Dapatkan charger aki mobil berkualitas tinggi di Kawan Lama dan pastikan Anda memiliki alat yang tepat untuk mengisi daya aki mobil dengan efisien. Kunjungi toko Kawan Lama secara online atau datang langsung ke toko fisik untuk melihat berbagai pilihan charger aki mobil yang tersedia. 

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan staf yang berpengalaman di Kawan Lama untuk mendapatkan rekomendasi charger aki mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan informasi penting mengenai spesifikasi charger aki mobil sesuai kebutuhan, Anda bisa berkunjung ke website Kawan Lama sekarang juga.

Sumber rujukan:

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/begini-5-cara-mengecas-aki-mobil-yang-benar/ 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.