8 Cara Merawat Aki Mobil yang Benar

cara merawat aki mobil

9 Cara Merawat Aki Mobil yang Benar


Apakah Anda tahu bahwa aki mobil adalah salah satu komponen mobil yang vital untuk menentukan kinerja dan keandalan mobil? Bayangkan jika Anda sedang dalam perjalanan penting dan tiba-tiba mobil mogok karena aki yang rusak atau kehabisan daya. Oleh sebab itu, memahami apa saja cara merawat aki yang tepat adalah hal penting bagi setiap orang.

Situasi yang tidak diinginkan seperti aki yang bermasalah pada dasarnya dapat dihindari dengan melakukan perawatan yang tepat pada aki mobil Anda. Dalam artikel ini, Kalista (Kawan Lama Solution Intellegent Assistance) akan menginformasikan cara merawat aki mobil dengan benar, sehingga Anda dapat menjaga mobilitas Anda dan menjelajahi jalan dengan percaya diri. Simak di bawah ini.

Cara Merawat Aki Mobil yang Benar

Sebagai pemilik mobil, sangat penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana cara merawat aki mobil dengan benar. Aki yang sehat dan terawat dengan baik akan memastikan performa mobil tetap optimal dan mencegah terjadinya masalah yang tidak diinginkan di tengah perjalanan. Berikut adalah cara merawat aki mobil yang benar yang bisa Anda terapkan:

1. Rutin Memanaskan Mobil

Salah satu cara yang efektif untuk merawat aki mobil adalah dengan panaskan mobil secara rutin sebelum digunakan berkendara. Proses pemanasan ini membantu meningkatkan kondisi aki dan mengisi daya yang mungkin telah berkurang selama mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, sangat disarankan untuk menyalakan mesin mobil selama beberapa menit setiap hari sebelum memulai perjalanan untuk menjaga sistem kelistrikan mobil tetap stabil.

2. Cek Ketersediaan Listrik di Dalam Aki

Sebagai langkah pencegahan, penting untuk secara berkala mengecek kondisi ketersediaan listrik di dalam aki mobil. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengukur tegangan aki. Melalui proses pemeriksaan tersebut, Anda dapat mengetahui apakah aki masih memiliki daya yang cukup atau tidak. Nantinya, jika tegangan aki terlalu rendah, segera lakukan pengisian daya menggunakan charger aki yang sesuai.

Baca Juga: Perbedaan Aki Kering dan Basah yang Perlu Anda Ketahui

3. Bersihkan Aki Secara Rutin

Membersihkan aki secara berkala merupakan langkah penting dalam menjaga kinerjanya. Pastikan kondisi aki mobil dalam keadaan mati dan lepaskan terminal negatif dan dilanjutkan positif terlebih dahulu sebelum membersihkannya.

Gunakan sikat berbulu lembut yang telah direndam dalam campuran air dan baking soda untuk membersihkan terminal aki dari kotoran, korosi, dan karat. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan pastikan terminal kering sebelum dipasang kembali.

4. Pastikan Beban Penggunaan Aki Tidak Berlebihan

Beban penggunaan aki yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan kinerja dan umur pakai aki mobil. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa beban penggunaan aki tidak melebihi kapasitas yang ditentukan.

Periksa sistem listrik mobil secara berkala untuk memastikan tidak ada komponen yang menyebabkan beban berlebih pada aki. Hindari juga penggunaan perangkat listrik yang tidak diperlukan saat mesin mobil tidak menyala.

5. Matikan Sambungan Listrik Saat Mobil Berhenti

Saat mobil berhenti atau tidak digunakan untuk jangka waktu tertentu, penting untuk mematikan semua sambungan listrik seperti lampu, radio, kabel aki, atau perangkat elektronik lainnya. Menyalakan perangkat listrik saat mesin tidak menyala dapat membebani aki dengan beban yang tidak perlu dan mengurangi masa pakai aki secara signifikan.

6. Periksa Ketinggian Cairan Aki

Beberapa jenis aki mobil membutuhkan perawatan khusus terkait ketinggian air di dalamnya. Sebab itu, jangan lupa untuk cek secara berkala ketinggian air aki pada mobil Anda. Jika air aki terlalu rendah, tambahkan air bebas mineral yang sudah disuling atau air aki khusus hingga mencapai level yang diperlukan.

Namun, perhatikan petunjuk dari pabrik aki terkait batas maksimal dan minimal ketinggian air yang diperbolehkan. Agar lebih aman, sebaiknya pengisian air aki dilakukan di bengkel resmi atau bengkel tepercaya untuk menghindari kerusakan komponen akibat penggunaan air yang tidak sesuai.

7. Hindari Menyalakan AC dan Sistem Hiburan Saat Mesin Tidak Menyala

Kebiasaan menyalakan sistem AC atau sistem hiburan seperti radio atau DVD player saat mesin mobil tidak menyala dapat membebani aki dengan berat yang tidak perlu. Hal ini akan menguras daya aki secara cepat dan mengurangi masa pakai aki. Hindarilah kebiasaan ini dan pastikan bahwa semua perangkat listrik dimatikan saat mesin mobil tidak berjalan.

8. Gunakan Aki Sesuai dengan Kebutuhan Mobil

Pemilihan aki yang tepat sesuai dengan kebutuhan mobil Anda juga merupakan faktor penting dalam merawat aki. Jadi agar awet dan tahan lama, selalu gunakan aki kering yang memiliki kapasitas dan jenis yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil. Pasalnya, menggunakan aki yang kapasitasnya terlalu kecil atau terlalu besar dapat memengaruhi kinerja aki dalam menyuplai daya listrik dan sistem listrik mobil secara keseluruhan.

9. Hindari Menggunakan Aksesoris Mobil Secara Berlebihan

Mungkin diantara Anda, melakukan modifikasi pada mobil merupakan kegiatan yang sangat memuaskan. Umumnya, mereka akan mengubah atau menambahkan komponen pada mobil untuk meningkatkan penampilannya. Namun, tak disangka bahwa tindakan tersebut dapat menjadi penyebab kekurangan daya pada aki mobil meskipun aki tersebut masih baru.

Pada dasarnya, beberapa aksesoris seperti sistem audio tambahan atau lampu mobil tambahan memiliki potensi untuk menguras daya aki secara berlebihan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari hal ini untuk merawat aki mobil lebih awet.

Baca Juga: 6 Cara Cas Aki Mobil yang Tepat

Kapan harus Mengganti Aki Mobil? Inilah Cirinya

Selain merawat aki dengan benar, penting untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk mengganti aki mobil. Penggantian pada waktu yang tepat akan mencegah terjadinya masalah yang lebih serius. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa aki mobil harus diganti:

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Jika mesin mobil sulit atau bahkan tidak dapat dihidupkan meskipun aki dalam kondisi penuh, kemungkinan besar aki sudah tidak mampu menghasilkan daya listrik yang cukup. Hal ini dapat menjadi tanda bahwa aki perlu diganti dengan yang baru.

2. Usia Pemakaian

Umur aki juga menjadi faktor penting dalam menentukan kapan aki harus diganti. Secara umum, aki mobil memiliki umur sekitar 2 hingga 5 tahun tergantung pada kualitas dan perawatannya. Jika aki sudah melewati batas usianya, sebaiknya pertimbangkan untuk menggantinya meskipun belum menunjukkan gejala kerusakan.

3. Lampu dan Klakson Mobil Melemah

Apabila Anda mendapati lampu mobil terlihat redup atau klakson tidak berbunyi dengan kuat seperti biasanya, ini bisa menjadi indikasi bahwa aki tidak lagi memberikan daya listrik yang cukup. Dalam kondisi ini, Anda perlu mengganti aki dengan yang baru agar sistem kelistrikan yang terhubung pada aki seperti lampu dan klakson dapat berfungsi dengan normal kembali.

4. Tegangan Aki Berkurang

Melakukan pemeriksaan tegangan aki secara teratur adalah cara yang baik untuk mengetahui apakah aki perlu diganti. Jika tegangan aki terus menurun atau tidak mencapai level yang optimal, artinya aki sudah mengalami penurunan kinerja dan mungkin perlu diganti dengan yang baru.

Baca Juga: 6 Cara Jumper Aki Mobil dengan Aman

5. Air Aki Tampak Lebih Keruh

Pada dasarnya, kondisi air aki juga dapat menjadi petunjuk bahwa aki perlu diganti. Jika air terutama pada aki basah terlihat keruh atau berubah warna menjadi cokelat atau keabu-abuan, kondisi tersebut bisa menjadi tanda bahwa aki mengalami masalah internal.

Air yang keruh biasanya menunjukkan adanya kerak atau endapan yang dapat menghambat kinerja aki. Jika kondisi ini tidak dapat diperbaiki dengan pembersihan kerak di dalam aki atau penggantian air dengan yang baru, maka jalan satu-satunya adalah mengganti aki.

6. Muncul Bau Mesin Saat Mobil Dinyalakan

Penting untuk diingat bahwa bau mesin yang tidak sedap saat mobil dinyalakan bukanlah masalah yang sepele. Bau tersebut dapat menunjukkan adanya kerusakan serius pada aki, dan mengabaikannya dapat mengakibatkan masalah yang lebih parah, seperti kegagalan sistem listrik atau kerusakan komponen lainnya.

Jika Anda mencurigai adanya bau yang tidak normal saat mobil dinyalakan, segera konsultasikan dengan teknisi ahli yang berpengalaman agar mobil mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Melalui informasi cara merawat aki di atas, apakah Anda kini sudah memahami apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga aki tetap bekerja secara optimal? Melakukan serangkaian cara merawat aki mobil di atas bukan hanya mampu memperpanjang usia penggunaan aki saja, tetapi juga membantu Anda memperkecil pengeluaran dalam hal perbaikan.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun Anda melakukan perawatan dengan baik, adakalanya aki mobil membutuhkan penggantian atau perawatan kecil untuk mengembalikan performa akinya. Salah satunya adalah dengan melakukan pengecasan pada aki mobil untuk mengembalikan daya aki agar kembali berfungsi secara optimal dengan charger aki mobil.

Selain mengisi daya aki, charger aki juga dapat digunakan untuk mempertahankan kondisi optimal aki. Sebab, beberapa charger aki dilengkapi dengan fitur pemeliharaan atau pemulihan yang dapat membantu menjaga kondisi aki agar tetap baik. Untuk memenuhi kebutuhan alat tersebut, Kawan Lama adalah pilihan e-commerce yang paling tepat.

Bukan hanya menyediakan produk alat dan mesin industrial serta otomotif yang lengkap, Kawan Lama juga selalu menyediakan produk berkualitas dari berbagai brand ternama. Untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis otomotif Anda, segera kunjungi www.kawanlama.com dan wujudkan aki mobil yang bekerja optimal setiap saat. 

Sumber:

  • https://otomotif.bisnis.com/read/20200722/275/1269730/10-langkah-merawat-aki-mobil-supaya-awet
  • https://www.auksi.co.id/detail-artikel/7-cara-merawat-aki-mobil-agar-awet-dan-tidak-mudah-soak
  • https://nissan.co.id//artikel/artikel-features-and-tips/cara-merawat-aki-agar-awet-dalam-jangka-waktu-yang-panjang.html
  • https://garasi.id/artikel/simak-begini-ciri-ciri-aki-mobil-harus-diganti/62cfc6a21b83d30455508555
  • https://lifepal.co.id/media/ciri-ciri-aki-mobil-harus-diganti/

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.